Soal No.92 Pengetahuan dan Pemahaman Umum
1Rivalitas pabrik ponsel cerdas seolah tanpa batas. 2Nyaris tiap waktu mereka melahirkan produk-produk teranyar dengan beragam fitur. 3Pada 2022, sejumlah produsen mengeluarkan jagoannya. 4Para analis menyebutkan bahwa pabrik ponsel cerdas itu akan merayu konsumen, antara lain dengan generasi ponsel 5G. 5Bukan tanpa alasan mereka melakukan itu. 6Koneksi 5G menawarkan kecepatan mumpuni untuk mengakses internet.
7Operator-operator telekomunikasi kini telah menyediakan layanan 5G di Indonesia walaupun memang masih di beberapa kota besar. 8Akan tetapi, pada 2022 ini, tren akan semakin banyak. 9Saat ini jaringan 5G sudah tersedia di sejumlah titik, mulai dari DKI Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Balikpapan, sampai Bali. 10Koneksi 5G menawarkan kecepatan jaringan yang sangat tinggi sehingga akan memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas di ponsel yang membutuhkan koneksi jaringan cepat.
Kata merayu dalam kalimat (4) berasosiasi dengan ....
(A) Penggunaan
(B) Penjualan
(C) Pembelian
(D) pemilikan
(E) pemanfaatan
Untuk menentukan kata yang berasosiasi dengan "merayu" dalam konteks kalimat (4), kita harus memahami makna dan penggunaan kata "merayu" dalam konteks tersebut.
Kalimat (4): "Para analis menyebutkan bahwa pabrik ponsel cerdas itu akan merayu konsumen, antara lain dengan generasi ponsel 5G."
Dalam konteks ini, "merayu" digunakan untuk menggambarkan upaya pabrik ponsel cerdas dalam menarik atau mempengaruhi konsumen untuk tertarik pada produk mereka. Ini berhubungan dengan kegiatan pemasaran atau penjualan, di mana tujuan utamanya adalah untuk memotivasi konsumen agar tertarik membeli atau menggunakan produk.
Mari kita tinjau setiap opsi:
- (A) Penggunaan: Kata "penggunaan" lebih terkait dengan cara produk digunakan oleh konsumen, bukan dengan upaya untuk menarik konsumen.
- (B) Penjualan: "Penjualan" adalah proses memasarkan dan menjual produk kepada konsumen. Ini sangat sesuai dengan konteks "merayu" di mana tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan.
- (C) Pembelian: "Pembelian" adalah tindakan membeli oleh konsumen. Meskipun terkait, ini lebih merupakan hasil dari proses "merayu," bukan asosiasi langsung dengan tindakan merayu itu sendiri.
- (D) Pemilikan: "Pemilikan" berhubungan dengan kepemilikan produk oleh konsumen setelah pembelian. Ini bukan asosiasi langsung dengan tindakan merayu.
- (E) Pemanfaatan: "Pemanfaatan" berkaitan dengan cara produk digunakan. Seperti "penggunaan," ini lebih fokus pada tahap setelah pembelian, bukan pada proses merayu konsumen.
Dari opsi-opsi tersebut, (B) Penjualan adalah pilihan yang paling sesuai. Ini karena "merayu" dalam konteks ini berhubungan dengan upaya pabrik untuk meningkatkan penjualan produk mereka dengan menarik minat konsumen.
Soal latihan akan terus ditambahkan setiap bulan.
