Soal No.82 Pengetahuan dan Pemahaman Umum
1Transformasi, kreativitas, inovasi, dan produktivitas yang meningkat selama masa Covid-19 ini menguatkan keyakinan kita bahwa perguruan tinggi di Indonesia mampu menghasilkan karya unggul. 2Sinergi lintas disiplin keilmuan, lintas perguruan tinggi, dan lintas institusi terbukti mampu menghasilkan karya inovatif. 3Transformasi digital harus diarahkan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan menciptakan kolaborasi antarperguruan tinggi serta dunia industri. 4Penguatan infrastruktur jaringan internet menjadi agenda yang harus segera dituntaskan. 5Penguatan kemampuan dosen dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran dan pengembangan platform pembelajaran menjadi tugas bersama.
6Program pemulihan ekonomi berbasis kekuatan kampus perlu dirancang dan diimplementasikan. 7Berbagai program kampus merdeka dapat diimplementasikan untuk mewujudkan itu, baik melalui kegiatan KKN, mahasiswa membangun desa, mahasiswa penggerak UMKM, mahasiswa kerelawanan, maupun mahasiswa kewirausahaan. 8Di dalam setiap kesulitan terkandung peluang melimpah. 9Kreativitas dan semangatlah yang akan menemukan kemudahan dan peluang tersebut. 10Saat ini bagi civitas akademika untuk bangkit menggali kreativitas dan energi positif demi membangun hari esok yang lebih baik, membangun Indonesia maju, Indonesia makmur, sejahtera, dan berkeadilan.
Bentuk per-an pada kata perguruan dalam kalimat (1) mempunyai kesamaan makna dengan bentuk per-an dalam kalimat....
(A) Kedua kata itu menunjukkan pertalian bentuk dan makna sehingga mempermudah penutur jadi memahami keduanya dengan baik.
(B) Laman ini memuat pelajaran untuk siswa SD seperti matematika, bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan sebagainya.
(C) Sebanyak tiga kapal berbendera negara asing terpantau sedang melakukan aktivitas di perairan tersebut.
(D) Hasil penelitian menunjukkan bahwa persuratkabaran pada masa reformasi berbeda dengan masa sebelumnya.
(E) Setiap pelabuhan pasti dapat mendorong kemajuan di sektor maritim khususnya perkapalan.
Dalam "perguruan tinggi," afiks "per-an" digunakan untuk menunjukkan tempat atau institusi yang berkaitan dengan aktivitas mengajar atau pendidikan.
- (A) Tidak relevan: Pilihan ini tidak memberikan contoh penggunaan kata dengan afiks "per-an." Sebaliknya, ini adalah pernyataan umum tentang pemahaman kata dan tidak menyediakan contoh spesifik yang berkaitan dengan struktur "perguruan."
- (B) Laman: Kata "laman" tidak menggunakan afiks "per-an" dan oleh karena itu tidak sesuai dengan struktur "perguruan tinggi" yang kita cari. "Laman" adalah kata yang berdiri sendiri dan tidak menunjukkan tempat atau aktivitas tertentu terkait dengan afiks "per-an."
- (D) Persuratkabaran: Walaupun "persuratkabaran" menggunakan afiks "per-an," kata ini tidak menunjukkan tempat atau institusi. "Persuratkabaran" merujuk pada media atau cara penyampaian berita dan informasi, bukan tempat atau kegiatan tertentu seperti yang ditunjukkan dalam "perguruan tinggi."
- (E) Perkapalan: Sementara "perkapalan" memang menggunakan afiks "per-an," kata ini tidak merujuk pada tempat atau institusi yang berkaitan dengan aktivitas tertentu. Sebaliknya, "perkapalan" berkaitan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kapal atau pelayaran, bukan tempat atau institusi tertentu.
Dengan demikian, (C) "Perairan" adalah pilihan yang paling tepat karena struktur dan maknanya paling mendekati "perguruan tinggi," dengan kedua kata tersebut menggunakan afiks "per-an" untuk menunjukkan tempat yang berkaitan dengan aktivitas tertentu.
Soal latihan akan terus ditambahkan setiap bulan.