Soal No.126 Pengetahuan dan Pemahaman Umum
1Sejak pertama kali diluncurkan, program Merdeka Belajar sukses mengakselerasi kualitas pendidikan. 2Melalui program tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berhasil memperkuat beragam aspek pendidikan. 3Mulai dari kurikulum, penguatan siswa dan tenaga pengajar, hingga bantuan pendidikan. 4Merdeka Belajar merupakan suatu pendekatan pendidikan yang membuat peserta didik dapat memilih pelajaran yang diminati secara merdeka. 5Hal itu dilakukan agar peserta didik dapat mengoptimalkan bakatnya sehingga mereka dapat memberikan sumbangan terbaik dalam berkarya bagi bangsa. 6Merdeka Belajar merupakan konsep pengembangan pendidikan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan (keluarga, guru, institusi pendidikan, dunia industri, dan masyarakat) menjadi agen perubahan. 7Ada tiga indikator keberhasilan program Merdeka Belajar, yaitu partisipasi peserta belajar dam pendidikan Indonesia yang merata, pembelajaran yang efektif, dan ketiadaan ketertinggalan peserta didik.
Kata dalam bacaan tersebut yang memiliki makna sebenarnya adalah ...
(A) diluncurkan (kalimat 1)
(B) memperkuat (kalimat 2)
(C) membuat (kalimat 4)
(D) berkarya (kalimat 5)
(E) ketertinggalan (kalimat 7)
Kita diminta untuk menentukan kata yang paling memiliki makna sebenarnya dalam konteks penggunaannya.
Mari kita lihat masing-masing kata yang dianalisis:
- (A) diluncurkan (kalimat 1) - Berarti memulai atau mengeluarkan pertama kali. Meskipun ini tampak sebenarnya, kata ini juga bisa memiliki konotasi metaforis dalam konteks inisiatif atau program.
- (B) memperkuat (kalimat 2) - Berarti menjadikan lebih kuat. Dalam konteks bacaan, ini digunakan secara metaforis untuk menggambarkan penguatan aspek pendidikan.
- (C) membuat (kalimat 4) - Memiliki arti menciptakan atau menghasilkan, yang dalam konteks ini digunakan untuk menggambarkan tindakan membuat kebijakan yang memungkinkan siswa memilih pelajaran.
- (D) berkarya (kalimat 5) - Berarti memiliki pekerjaan tetap atau mencipta dalam seni, yang mungkin digunakan dalam konteks luas untuk menggambarkan kontribusi kreatif siswa.
- (E) ketertinggalan (kalimat 7) - Mengacu pada kondisi tertinggal dari yang lain, yang memiliki konotasi negatif dalam konteks pendidikan.
Berdasarkan analisis ini, jawaban yang paling tepat adalah (C) membuat dari kalimat 4, yang berarti menciptakan atau menghasilkan dalam penggunaannya untuk menggambarkan tindakan program Merdeka Belajar dalam memberi siswa kebebasan untuk memilih pelajaran. Kata ini digunakan dengan makna sebenarnya, sesuai dengan deskripsi literalnya dalam konteks tersebut.
Soal latihan akan terus ditambahkan setiap bulan.