Soal No.132 Memahami Bacaan dan Menulis
1Faktor bahasa merupakan hambatan besar terhadap literasi. 2Sebanyak tiga dari empat anak di negara-negara berkembang tidak dapat membaca dan memahami literatur sederhana pada usia 10 tahun. 3Di tengah 754 juta orang dewasa yang buta huruf di seluruh dunia, dua pertiga di antaranya adalah anak-anak perempuan. 4Bagi mereka yang berjuang belajar bahasa asing menerima pesan yang salah bahwa sistem pendidikan tidak mengenal bahasa dan budaya atau peluang yang diberikan oleh budaya untuk mereka. 5Padahal, manfaat dari pendidikan multibahasa telah didokumentasikan secara baik dan dibuktikan dengan penelitian. 6Ketika anak-anak ditawari pendidikan dalam bahasa ibu mereka, anak perempuan dari daerah perdesaan mengikuti pendidikan lebih lama dan semua anak ....
Agar sesuai dengan konteks bacaan, pernyataan paling tepat untuk melengkapi kalimat (6) adalah…
Untuk melengkapi kalimat (6), kita perlu memperhatikan konteks bacaan secara keseluruhan. Teks ini membahas pentingnya pendidikan multibahasa, khususnya penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran, serta dampak positifnya terhadap partisipasi pendidikan (terutama bagi anak perempuan di pedesaan) dan literasi dasar.
Kalimat (6) sebelum dilengkapi:
"Ketika anak-anak ditawari pendidikan dalam bahasa ibu mereka, anak perempuan dari daerah perdesaan mengikuti pendidikan lebih lama dan semua anak ..."
Jawaban: C. memperoleh keterampilan berpikir yang lebih baik.
Kalimat (6) sedang merinci manfaat pendidikan berbasis bahasa ibu (sesuai kalimat (5)). Setelah menyebut dampak pada retensi (“anak perempuan … mengikuti pendidikan lebih lama”), bagian sesudahnya wajar menyebut dampak pada kualitas hasil belajar yang berlaku untuk semua anak.
Opsi C menyatakan manfaat kognitif/hasil belajar yang lebih baik, paling selaras dengan konteks riset tentang pendidikan multibahasa.
Opsi lain cenderung bersifat aktivitas atau sikap (A, B, D, E), bukan hasil/efek pendidikan.
Soal latihan akan terus ditambahkan setiap bulan.
