Ulasan Program Studi Sarjana
Teknologi Pendidikan


ZEBRACROSS.ID - 03/05/2021

Kenapa Pak Jokowi di memilih Menteri Pendidikan yang memiliki latar belakang di bidang Teknologi?

Ya karena memang salah satu upaya untuk memajukan kualitas pendidikan adalah dengan memanfaatkan Teknologi.

Lalu apa itu Program Studi Teknologi Pendidikan?

Sesuai namanya, prodi ini merupakan perpaduan antara Teknologi dan Pendidikan.

Beberapa mata kuliah di bidang teknologi yang akan didapatkan oleh mahasiswa prodi ini seperti Pembuatan Web atau E-learning, Mengedit Video, bahkan membuat animasi. Sementara mata kuliah di bidang Pendidikan seperti Pengembangan Kurikulum, Desain Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran dan masih banyak lagi.

Intinya Mahasiswa Prodi ini akan belajar bagaimana meningkatkan mutu pendidikan bantuan teknologi sehingga proses belajar menjadi lebih menarik dan efektif.

Pertanyaan besar yang membuat banyak orang ragu untuk memilih prodi ini adalah prospek kerja lulusannya.

Jawabannya adalah "tidak usah khawatir, sayang"

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, tentu menuntut adanya sumber daya manusia yang mampu untuk memanfaatkan setiap perkembangan tersebut.

Apalagi setelah melihat kondisi pengarajan saat pandemi. Terlihat bagaimana teknologi memiliki peran yang sangat vital agar pengajaran bisa tetap dilakukan.

Sebagai gambaran, lulusan prodi ini banyak bekerja di Dinas Pendidikan, Kementrian Pendidikan khususnya di

  • Pusat Data Teknologi dan Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin),
  • Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTP),
  • Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK),
  • Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP),
  • Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat)

Selain itu, lulusan ini juga bisa berkarir di

  • Lembaga Penyiaran
  • Pusat Sanggar Belajar
  • Lembaga Pendidikan, dan sebagainya.

Daaannn yang paling menarik tentu saja membuka perusahaan rintisan (startup) di bidang Teknologi Pendidikan (EdTech) seperti Quipper, Zenius, dan Ruangguru

Selain itu, dengan Kompetensi di bidang Teknologi dan Gelar S.Pd, banyak pula lulusannya yang menjadi Pengajar multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan.

Bagaimana?

Masih ragu dengan masa depan lulusan prodi ini?

Percayalah bahwa tidak mungkin suatu kampus membuka Program Studi hanya untuk menghasilkan pengangguran :))


Apalagi berdasarkan data BANPT tahun 2021, Prodi ini telah dibuka di 23 Kampus dimana 9 diantaranya sudah mendapatkan akreditasi A. Artinya banyak permasalahan di bidang pendidikan yang masih belum terselesaikan dan membutuhkan lulusan-lulusan teknologi pendidikan.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengambil Prodi ini?

Sebelum memutuskan pilihan, kenali lebih dalam lagi dengan membaca ulasan Prodi ini sampai tuntas.
Semangat!

Psikologi Pendidikan

Mengkaji konsep, sejarah perkembangan, dan sistematika psikologi: kaitan psikologi dengan ilmu-ilmu lain; teknik-teknik mempelajari perilaku; aliran-aliran psikologi; fungsi-fungsi psikis; konsep, sejarah kajian, tipologi, proses pembentukan dan teori-teori kepribadian; dan aplikasi psikologi dalam praktik pendidikan.


Filsafat Dan Teori Pendidikan

Mengkaji arti filsafat, aliran-aliran filsafat, metode pembahasan filsafat, sistematika filsafta dasar-dasar pengetahuan, hakekat ilmu metode ilmiah, hakekat pendidikan, ontologi ilmu pendidikan, epistimologi ilmu pendidikan, aksiologi ilmu pendidikan, alairan-aliran filsafat pendidikan, studi tentang fenomenal sosial, teori-teori pendidikan klasik, abad pertengahan dan modern, filsafat pendidikan nasional, pendidikan etika, logika, dan estetika dalam kerangka sistem pendidikan nasional.


Sosiologi Dan Antropologi Pendidikan

Mengkaji konsep-konsep dasar sosiologi meliputi: pengertian dan teori sosiologi, tipologi masyarakat, dinamika social, integrasi sosial, stratifikasi sosial, kaitan antara sosiologi dan pendidikan, pendidikan (hakikat, proses, institusi) dalam kerangka sosiologis, serta kajian sosiologis terhadap penerapan teknologi pendidikan.


Pengantar Pendidikan

Mengkaji konsep pendidikan, aliran filsafat pendidikan, manusia dan pendidikan, landasan dan prinsip pendidikan, teori dan aliran serta pemikiran para tokoh pendididikan yang berpengaruh, pendidikan dan pembangunan, pendidikan kini dan masa depan.


Perkembangan Peserta Didik

Mengkaji konsep pertumbuhan dan perkembangan anak, karakteristik-karakteristik dan tugas-tugas perkembangan, periode-periode perkembangan, karakteristik masing-masing periode perkembangan, karakteristik perkembangan dan implikasinya dalam pendidikan.


Belajar Dan Pembelajaran

Mengkaji konsep dan landasan pembelajaran, komponen-komponen utama dalam pembelajaran (tujuan, isi/konten, strategi/metode, media, evaluasi), pilar-pilar belajar Unesco, desain dan model dan tipe umum pembelajaran,


Teknologi Pendidikan

Mengkaji pengertian dan perkembangan konsep, karakteristik teknologi pendidikan, kawasan/domain Teknologi Pendidikan, penerapan teknologi pendidikan dan beberapa contoh di Indonesia, perkembangan teknologi pendidikan di negara-negara maju dan negara-negara sedang berkembang.


Profesi Teknologi Pendidikan

Mengkaji pengertian, landasan, ciri-ciri profesi; organisasi profesi, tujuan organisasi profesi, prinsip kerja, kode etik profesi; pengelolaan dan penerapan organisasi profesi. Pemikiran-pemikiran yang berkembangan dalam asosiasi profesi teknologi pendidikan tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional.


Pengantar Kurikulum

Mengkaji konsep yang meliputi pengertian, rasionel, komponen-komponen kurikulum, prinsip dasar perubahan kurikulum, landasan perubahan kurikulum, tipe-tipe kurikulum, tingkatan kurikulum, dan pendekatan-pendekatan kurikulum.


Media Pembelajaran

Mengkaji pengertian, dasar penggunaan media, fungsi, jenis, karakteristik, dan klasifikasi media pembelajaran fungsi masing-masing jenis media pembelajaran. Pemilihan dan pemanfaatan media sesuai dengan tingkat dan karakteristik audiens.


Pengembangan Sumber Belajar

Mengkaji konsep dan macam-macam sumber daya pembelajaran, tujuan, fungsi kegiatan dasar lembaga sumber daya pembelajaran, karakteristik sumber belajar, latihan menyusun pengembangan atau pengadaan lembaga sumber daya pembelajaran jalur pendidikan formal dan non formal.


Manajemen Pusat Sumber Belajar

Mengkaji konsep, fungsi dan karaktersitik kegiatan lembaga sumber belajar (LSB), perkembangan LSB, struktur organisasi, perencanaan pembiayaan dalam pengelolaan LSB, penentuan personel dan fungsi-fungsinya.


Komunikasi Pendidikan

Mengkaji konsep dan implementasi penerapan komunikasi pendidikan, model-model pengelolaan informasi, komunikasi satu arah, dua arah, multi arah. Keterampilan berkomunikasi baik langsung maupun tidak langsung. Implementasi Pemikiran lanjutan sebagai landasan berlangsungnya proses komunikasi pendidikan yang efektif.


Komunikasi Massa

Mengkaji konsep dasar komunikasi massa, teori dan model komunikasi massa, penelitian dan pengembangan kinerja serta dampak media massa, aspek sosial dan hukum komunikasi massa, dan implementasi komunikasi massa dalam bidang pendidikan.


Teknologi Kepenyiaran

Mengkaji konsep dasar teknologi broadcasting, perkembangan teknologi broadcasting, ragam dan fitur teknologi broadcasting, praktek aplikasi teknologi broadcasting. Mengkaji konsep dasar jurnalistik, teknik jurnalistik, konsep opini, fakta, dan berita (news), ragam reportase, pola penulisan berita, penyuntingan berita, hukum dan etika pemberitaan, jurnalistik media cetak dan elektronik.


Dasar-Dasar Komputer

Mengkaji definisi komputer klasifikasi komputer berdasarkan ukuran dan kemampuan menangani data elemen-elemen siklus pemrosesan informasi tipe pemrosesan data (batch, interactive, on-line, real-time) ,data dan informasi komponen utama perangkat keras komputer dan dan fungsinya, identifikasi perangkat keras yang berkaitan dengan fungsi telekomunikasi, beberapa jenis periferal yang termasuk dalam golongan input, output, dan input output, dan identifikasi jenis perangkat keras sebagai alat bantu pembelajaran.


Pembelajaran Berbasis Online

Mengkaji konsep dasar e-learning, komponen-komponen e-learning, elemen-elemen dasar halaman web, konsep desain dan struktur e-learning berbasis HTML, XHTML, CSS dan teknologi web terkini, konsep dasar bahasa script (JavaScript dan PHP), dan tren teknologi elearning seperti CLMS (content and learning management systems), blog, wiki.


Desain Pesan

Mengkaji konsep desain pesan, berbagai faktor yang berpengaruh pada proses dan hasil rancangan pesan, prinsip-prinsip desain pesan dan komunikasi, jenis-jenis desain pesan, spesifikasi isi, tujuan, dan sasaran (audiiens), berbagai teknik dan model perancangan pesan, baik pesan verbal maupun non verbal (bahasa tubuh), tekstual dan visual. Merancang dan menampilkan hasil rancangan pesan yang dipilih sesuai dengan bidang studi.


Desain Pembelajaran

Mengkaji rancangan sistem pembelajaran, tujuan pembelajaran, merancang strategi pembelajaran, strategi pengembangan bahan ajar, mengevaluasi unjuk kerja, format dan model rancangan pembelajaran, model dan format rancangan pembelajaran dan keterampilan dalam hal menyusun rancangan pembelajaran.


Teori Pembelajaran

Mengkaji tentang teori-teori pokok dalam pembelajaran, karakteristik pebelajar (individual differences), minat belajar, motivasi belajar, gaya belajar, kemampuan intelektual, dan dalam implikasinya dalam penentuan tujuan pembelajaran, bahan ajar, media pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran.


Model Dan Strategi Pembelajaran

Mengkaji konsep dasar strategi, model-model pembelajaran (pengolahan informasi, pengubahan perilaku, personal, dan sosial), macam-macam strategi pembelajaran, strategi pembelajaran inovatif, pemilihan dan penerapan strategi pembelajaran.


Manajemen Pembelajaran

Mengkaji manajemen pembelajaran versus manajemen kelas, fungsi, substansi dan problema manajemen pembelajaran, manajemen pembelajaran sebagai kegiatan teknis dan manajerial, model manajemen pembelajaran tradisional, model manajemen pembelajaran aktif-inovatif, model-model manajemen pembelajaran individual, model-model manajemen pembelajaran individual dan kelompok, model manajemen pembelajaran berbasis kompetensi, model manajemen pembelajaran jarak jauh.


Evaluasi Pembelajaran

Mengkaji konsep dasar evaluasi program pendidikan dan pembelajaran, ruang lingkup evaluasi program: komponen-komponen evaluasi program, jenis-jenis evaluasi program, kerangka evaluasi program, pendekatan evaluasi program, model-model evaluasi program, rancangan, pengembangan instrument, dan pelaksanaan evaluasi program, prosedur pelaksanaan evaluasi program, dan pelaporan hasil evaluasi program.


Difusi Inovasi Pendidikan

Mengkaji pengertian, tujuan dan unsur-unsur difusi inovasi, ciri-ciri inovasi, agen pembaharu, proses pengambilan keputusan tentang adopsi inovasi, peranan saluran dan wahana komunikasi serta faktor penghambat dan penunjang dalam keberhasilan difusi inovasi pendidikan, strategi dan kerangka kerja difusi inovasi teknologi pendidikan.


Lingkungan Belajar

Mengkaji konsep-konsep dasar lingkungan belajar, tipe dan karakteristik lingkungan belajar, prinrip dan pola pendayaanguaan lingkungan belajar. Penataan lingkungan dalam upaya menciptakan kenyamanan belajar menjadi kajian penting dalam matakuliah ini.

Pengembangan Bahan Belajar

Mengkaji Konsep-konsep dasar penulisan bahan pembelajaran, tipe dan karakteristik bahan ajar cetak, strategi belajar dan pengorganisasian isi bahan pembelajaran, pengelolaan gambar, ilustrasi, merancang penulisan bahan pembelajaran, layout bahan pembelajaran, validasi bahan pembelajaran.


Pengembangan Media Grafis

Mengkaji konsep/pengertian, fungsi, karakteristik, unsur dan prinsip disain, klasifikasi, langkah-langkah-langkah disain produksi, teknik merancang dan membuat disain grafis, memproduksi, dan memvalidasi media grafis.


Pengembangan Media Tiga Dimensi

Mengkaji bagaimana mengembangkan pembelajaran berkarakter animasi (tiga dimensi) dan dapat diartikan sebagai (tiga dimensi) upaya untuk mengekspresikan gagasan, materi, isi kepada orang lain dalam wujud animasi atau bahan tiga dimensi yang dibuat menggunakan bantuan teknologi komputer/ digital dan analog


Pengembangan Media Foto

Mengkaji dasar-dasar fotografi, yang berisi tentang pengenalan bagian-bagian kamera foto, alat-alat dan bahan pendukung fotografi, teknik pemotretan, teknk dan pengaturan pencahayaan, diafragma, kecepatan dan jarak, serta komposisi dan teknik visualisasi pengambilan gambar; tahap produksi foto, yang berisi tentang rancangan foto pembelajaran, persiapan pemotretan, serta validasi karya foto pembelajaran; tahapan produksi slide-suara, berisi tentang rancangan slide-suara untuk pembelajaran, produksi, dan pemantapan hasil produksi.


Pengembangan Media Audio/Radio

Mengkaji pengertian, karakteristik, klasifikasi media audio format program audio, pengorganisasian personil produksi, pengenalan dan penggunaan studio rekaman dan peralatannya, langkah-langkah penyusunan rancangan yang meliputi penentuan ide, perumusan tujuan, perumusan pokok materi, pengembangan treatment, penulisan naskah dan produksi media audio dan penyiaran untuk keperluan pembelajaran.


Pengembangan Media Video

Mengkaji pengertian media video, klasifikasi media video, berlatih menggunakan peralatan untuk pembuatan media video, pengorganisasian kerabat kerja produksi, perencanaan program, penulisan naskah, pembuatan grafis, praktek produksi, penyusunan format evaluasi dan karakter validasi. Mengkaji konsep dasar sinematografi dan filmologi, teknik sinematografi, manajemen produksi sinema, praktek pengembangan naskah/skenario film, praktek produksi film, praktek pasca-produksi film.


Pembelajaran Berbasis Web

Mengkaji pengembangan berbasis web dan konten, antara lain: perencanaan evaluasi, perencanaan tata letak, implementasi teknologi berbasis web pada lingkungan belajar terbatas, implementasi evaluasi (formatif-sumatif). Perencanaan konten berdasarkan jenjang, jalur, jenis pendidikan, serta validasi web dan konten.


Pembelajaran Berbasis Mobile

Mengkaji pengembangan aplikasi mobile dan konten, antara lain: perencanaan evaluasi, perencanaan tata letak, implementasi teknologi aplikasi mobile pada lingkungan belajar terbatas, implementasi evaluasi (formatif-sumatif). Perencanaan konten berdasarkan sistem operasi terbuka dan berbayar.


Program Pendidikan Dan Pelatihan

Mengkaji program Pendidikan dan Pelatihan, landasan, prinsip, ruang lingkup, jenis program diklat, jenjang, dan jalur program Pendidikan dan Pelatihan.


Manajemen Perpustakaan

Mengkaji hakekat, fungsi dan peran perpustakaan serta pengelolaan dalam proses belajar mengajar, organisasi, manajemen, tata kerja dan pengelolaannya serta penyusunan katalogisasi, baik secara manual maupun digital.


Statistik Pendidikan

Mengkaji fungsi dan peranan statistic pendidikan, jenis-jenis data dan variable penelitian, analisis deskriptif dan inferensial, pengukuran dan koefisien korelasi, teknik-teknik komputasi dua variabel atau lebih meliputi analisis perbedaan (test-t), analisis variansi dan analisis regresi, statistik parametrik dan non parametric, dan latihan menganalis data dengan perangkat computer.


Penelitian Kuantitatif

Mengkaji pendekatan penelitian kuantitatif; model dan jenis penelitian kuantitatif; penelitian eksperimen. Mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian, tujuan penelitian eksperimen dalam bidang teknologi pendidikan, penentuan metode dan teknik pengumpulan data, penyusunan instrumen penelitian, pengumpulan data, mengolah data, analisis dan interpretasi data, penarikan kesimpulan, penentuan alternatif pemecahan, serta penyusunan skripsi dalam penelitian kuantitatif.


Penelitian Kualitatif

Mengkaji pendekatan penelitian kualilatif; model dan jenis penelitian kualitatif. Mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian, tujuan penelitian kualitatif dalam bidang teknologi pendidikan, penentuan metode dan teknik pengumpulan data, penyusunan instrumen penelitian, pengumpulan data, mengolah data, analisis dan interpretasi data, penarikan kesimpulan, penentuan alternatif pemecahan, serta penyusunan skripsi dalam penelitian kualilatif.


Penelitian Pengembangan

Mengkaji pendekatan dalam penelitian pengembangan; model dan jenis penelitian pengembangan. Mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian, tujuan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan, penentuan metode dan teknik pengumpulan data, penyusunan instrumen penelitian, pengumpulan data, mengolah data, analisis dan interpretasi data, penarikan kesimpulan, penentuan alternatif pemecahan, penyusunan skripsi dalam penelitian pengembangan.


Evaluasi Media Pembelajaran

Mengkaji tentang konsep dan prosedur tentang evaluasi media dan teknologi pembelajaran; kajian teoritik terhadap masalah inti, dan prosedur pemilihan metode penelitiannya; teknik penulisan rancangan evaluasi media pembelajaran.


Sistem Operasi Dan Program Aplikasi

Mengkaji definisi perangkat lunak aplikasi komputer perkantoran (office), pengenalan perangkat lunak aplikasi pengolah kata, pengenalan perangkat lunak aplikasi pengolah angka, pengenalan perangkat lunak aplikasi presentasi. Ketrampilan dalam membuat dokumen kata, angka dan presentasi berbantuan perangkat lunak aplikasi komputer perkantoran.


Pemrograman Visual

Mengkaji konsep-konsep, teknik merancang, membuat dan mengembangkan program aplikasi yang berbasis sistem operasi grafis, serta memproduksi program aplikasi visual dengan menggunakan program pengembang perangkat lunak aplikasi


Pemrograman Database

Mengkaji definisi perangkat lunak aplikasi komputer perkantoran, pengenalan perangkat lunak aplikasi pengolah kata, pengenalan perangkat lunak aplikasi pengolah angka, pengenalan perangkat lunak aplikasi presentasi. Ketrampilan dalam membuat dokumen kata, angka dan presentasi berbantuan perangkat lunak aplikasi komputer perkantoran.


Manajemen Sistem Informasi

Mengkaji konsep informasi (arti, karakteristik, komponen, fungsi, kegunaan), sistem informasi, pengelolaan informasi, audit informasi (hardware, software, akuntabilitas, sistem), arti dan peran sistem informasi dalam bidang pendidikan, serta penerapan manajemen sistem informasi dalam Teknologi Pendidikan.


Pengembangan Multimedia Pembelajaran

Mengkaji konsep dasar multimedia, program interaktif multimedia yang meliputi: perancangan, konfigurasi dan pengolahan data berupa gambar, teks, suara dan musik, serta program animasi 2D dan 3D dalam satu kesatuan program interaktif, pengertian multimedia pembelajaran, merancang pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia, dan produksi dan pengembangan multimedia pembelajaran.


Teknologi Jaringan

Mengkaji konsep dasar teknologi jaringan komputer, perangkat-perangkat pendukungnya, perencanaan, perancangan, teknologi jaringan tanpa kabel, protokol-protokol pendukungnya dan ketrampilan dalam instalasi jaringan komputer beserta pengkabelannya.


Pendekatan Kurikulum

Mengkaji berbagai pendekatan dalam pengembangan kurikulum, pendekatan top-down, pendekatan buttom-up, sentralistik dan desentralistik,


Model Pengembangan Kurikulum

Mengkaji konsep dan jenis-jenis model: Taba, Sailor, Oliva, komponen model, tahaptahap pengembangan model, perbedaan antar model


Evaluasi Kurikulum

Mengkaji pengertian dan wawasan evaluasi kurikulum, istilah teknis dalam evaluasi kurikulum, ruang lingkup, kriteria, pendekatan, desain dan prosedur evaluasi kurikulum, evaluasi ide dan dokumen kurikulum, model-model evaluasi kurikulum.


Perbandingan Kurikulum

Mengkaji perbandingan kurikulum, landasan dan kekhasan tiap kurikulum. Mempelajari perbandingan penerapan kurikulum di lingkup nacional regional, maupun berbagai negara. Mengkaji perbandingan penerapan kurikulum antar waktu.


Kurikulum Muatan Lokal

Mengkaji landasan, tujuan, pengertian, ruang lingkup, pengembangan muatan lokal dalam kurikulum, proses pengembangan, integrasi lengkap komponen-komponen kurikulum, pihak yang terlibat, rambu-rambu, standar kompetensi dan kompetensi dasar.


Andragogi

Mengkaji landasan, tujuan, pengertian, kekhasan, ruang lingkup andragogi (pendidikan orang dewasa). Trend and issues dalam andragogi. Implikasinya terhadap perancangan dan pengembangan pola pembelajaran yang efektif.


Rancangan Dan Strategi Program Pendidikan Dan Pelatihan

Mengkaji rancangan dan strategi program Pendidikan dan Pelatihan, analisis kebutuhan terhadap program pendidikan dan pelatihan, pengembangan strategi program.


Manajemen Program Pendidikan Dan Pelatihan

Mengkaji fungsi, ruang lingkup dan kedudukan manajemen sistem pelatihan, perencanaan, pelaksaan dan evaluasi diklat, model-model manajemen diklat.


Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan

Mengkaji konsep dasar evaluasi program pendidikan dan pembelajaran, ruang lingkup evaluasi program: komponen-komponen evaluasi program, jenis-jenis evaluasi program, kerangka evaluasi program, pendekatan evaluasi program, model-model evaluasi program, rancangan, pengembangan instrument, dan pelaksanaan evaluasi program, prosedur pelaksanaan evaluasi program, dan pelaporan hasil evaluasi program.


Pengembangan SDM Dan Masyarakat

Mengkaji pengembangan SDM dan masyarakat, karakteristik sosial masyarakat, potensi masyarakat, pembaharuan, agen pembaharu (agent of change), pola-pola pengembangan masyarakat, program pengembangan masyarakat.


Kemampuan Dasar Mengajar

Mengkaji karakteristik performansi guru dan kompetensi guru, keterampilan dasar mengajar, supervisi klinis, evaluasi dan tindak lanjut: keterampilan membuka dan menutup pelajaran, bertanya dasar dan lanjut, penguatan, menjelaskan, variasi, pembelajaran kelompok kecil dan perorangan, memimpin diskusi kelompok kecil, dan keterampilan dasar mengelola kelas.


Kewirausahaan Dan Kreatifitas Teknologi Pendidikan

Mengkaji konsep kewirausahaan, landasan, tujuan, ruang lingkup, jiwa kewirausahaan. Mengembangan program kreatifitas kewirausahaan dalam teknologi pendidikan yang visibel, terukur, dan unggul. Merancang, mengembangkan, melakukan, dan mengevaluasi.


Penulisan Karya Ilmiah

Mengkaji pengertian dan tujuan penulisan karya ilmiah, memahami dan mengkaji berbagai hal dalam teknik menyusun dan menyajikan karya ilmiah. Mengkaji hakikat dan karakteristik karya ilmiah, prinsip-prinsip penciptaan karya ilmiah, dan teknik menyusun karya ilmiah, serta menyajikan karya ilmiah baik secara tertulis maupun secara lisan yang efektif.


Seminar Proposal Penelitian

Menyajikan rancangan penelitian yang mencakup identifikasi masalah, telaah macam masalah; merumuskan masalah baik umum maupun khusus, memahami hakikat setiap masalah; mengkaji landasan teoritik masalah; menemukan hubungan variabel dan mengidentifikasi permasalahan berdasarkan domain TEP.


Kuliah Kerja Lapangan

Kajian dalam memperoleh wawasan langsung dan riil dari lapangan tentang bidang garapan dan pekerjaan dalam profesi teknologi pendidikan, internalisasi untuk menumbuhkan sikap optimis berkarya dan berkembang dalam bidang teknologi pendidikan.


Kajian Dan Praktik Lapangan

Kajian dan praktek dalam mengidentifikasi masalah, perencanaan, produksi, evaluasi, logistik dan pemanfaatan sumber belajar sks komponen sistem instruksional secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan pembentukan tenaga profesional bidang teknologi pendidikan. Pengembangan program dan praktik langsung di istansi yang relevan.


Kuliah Kerja Nyata

Kuliah kerja nyata dalam hal cara-cara mengintegrasikan dan mengaplikasikan berbagai ilmu dalam merumuskan serta memecahkan permasalahan pembangunan: hakikat masalah, teknik memecahkan masalah, contoh langsung pemecahan masalah pembangunan secara pragmatis berdasarkan ilmu, teknologi, dan seni, memandirikan masyarakat dalam memecahkan masalah pembangunan.


Skripsi

Mengkaji permasalahan dalam teknologi pendidikan secara spesifik, perumusan latar belakang masalahan, masalah dan tujuan, pengembangan hipotesis, mengkaji landasan teroretik, pengembangan pendekatan penelitian, pengembangan instrumen, pengumpulan data, analisis data, pembebahasan dan diskusi temuan penelitian, penarikan kesimpulan. Pengemasan laporan penelitian berdasarkan pedoman penulisan karya ilmiah yang berlaku.


✤ Sumber: Kurikulum PS Sarjana Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang

Pendidik/Pelatih (Trainer) Di Bidang Teknologi Pendidikan

Pendidik/Pelatih (Trainer) yang profesional memiliki kemampuan pedagogik dan keilmuan di bidang teknologi pendidikan, serta mampu mengelola pembelajaran secara kreatif, inspiratif, inovatif, memotivasi, menantang dan menyenangkan.


Peneliti Di Bidang Teknologi Pendidikan

Peneliti Bidang Teknologi Pendidikan yang mampu melakukan riset tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah pendidikan dan pembelajaran.


Tenaga Ahli Pengembang Teknologi Pembelajaran

Menguasai konsep dasar teoretik bidang teknologi pendidikan secara mendalam, mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang tersebut, dan mampu mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis, serta mampu membangun hubungan interpersonal yang produktif.


Wirausahawan Teknologi Pendidikan

Membangun kewirausahaan mandiri melalui penerapan teori dan praktik teknologi pendidikan untuk menciptakan dan mengembangkan usaha sendiri yang inovatif dan kompetitif.


✤ Sumber: Teknologi Pendidikan Undiksha

Nadila Dinda Pratiwi

Sebuah pertanyaan mungkin akan bermunculan dalam pikiran seseorang yang baru menemukan kata “Teknologi Pendidikan”, bahkan juga untuk beberapa mahasiswa jurusan TP yang telah memasuki tahun kedua, yaitu “apa sebenarnya Teknologi Pendidikan itu dan akan jadi apa nantinya?”.

Sepertinya para mahasiswa tahun senior dan alumni TP sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di luar kepala.

Mereka yang masuk ke jurusan ini dengan ‘tidak sengaja’ mengaku bahwa sebelumnya mereka berpikir “What The Hell!”, namun sekarang berubah jadi “What The Paradise!”.

Mereka sama sekali tidak merasa menyesal, justru bersyukur karena ternyata jurusan TP sangat mulia dan fleksibel. Dari tersesat, jadi terarah. Ibaratnya dunia pendidikan itu adalah sebuah drama, guru itu sebagai aktor, dan TP adalah sutradaranya...


✤ Baca selengkapnya di nadila-official.blogspot.com

⚠ DISCLAIMER: Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for "fair use" for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.
❉ Bagikan kepada teman dan musuhmu ❉