Nenek moyang kita seorang pelaut, siapa yang bikin kapalnya?
.
.
.
Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dengan luas lautan mencapai 2/3 dari luas total negara ini, sudah sepantasnya kita menaruh perhatian lebih di sektor maritim.
Tidak bisa dipungkiri, kondisi Indonesia saat ini masih jauh dari ideal alias pengelolaan di bidang maritim masih belum optimal.
Masalah perikanan misalnya, masih terdapat banyak pencurian ikan walaupun sudah banyak ditenggelamkan ~
Tetapi dilain sisi, kebanyakan nelayan kita masih menggunakan alat-alat yang seadanya sehingga susah bersaing dengan nelayan asing tersebut.
Selain sektor perikanan, sebagai negara kepulauan, dengan jumlah pulau lebih dari 17.000 transportasi laut merupakan hal yang sangat vital di negara ini.
Transportasi laut dapat meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antar pulau mengingat transportasi udara yang tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan terutama menengah-bawah.
Maka dari itu tentu saja sangat diperlukan sumberdaya yang bisa melakukan pengembangan-pengembangan di bidang maritim.Salah satu penghasil sumberdaya tersebut adalah Prodi Teknik Prkapalan.
.
.
.
Lalu, apa itu Teknik Perkapalan?
Prodi Teknik Perkapalan merupakan bidang yangmempelajari proses perancangan dan pembangunan kapal atau bangunan apung lainnya.
Tentu dalam melakukan perancangan dan pembangunan, banyak aspek yang perlu diperhatikan seperti standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, keselamatan, kultural, hingga sosial dan lingkungan laut.
Tidak sedikit orang yang salah paham bahwa lulusan teknik perkapalan akan bekerja sebagai pelayar dan berlayar di lautan.
Perlu diketahui bahwa Program studi yang lulusannya berlayar di lautan adalah lulusan sekolah pelayaran seperti Politeknik Ilmu Pelayaran atau Akademi Maritim.
.
.
.
Di Indonesia, salah satu Perguruan Tinggi yang paling serius untuk mengembangkan sektor maritim adalah Institut Teknologi Sepuluh November.
Buktinya di ITS terdapat Fakultas Teknologi Kelautan yang terdiri dari 4 Departemen yaitu:
Daebak ITS ♡
Sementara, untuk Prodi Teknik Perkapalan di kampus lainnya biasanya masih berada di bawah Fakultas Teknik.
Di Universitas Indonesia misalnya, dimana prodi ini berada di bawah Fakultas Teknik khususnya pada Departemen Teknik Mesin.
Kenapa kami menyampaikan ini, karena penting untuk kamu ketahui bahwa biarpun nama suatu prodi itu 100% sama, tak menjamin apa yang dipelajari juga 100% sama.
Di UI misalnya, karena satu departemen sama teknik mesin, jadi kuliahnya akan lumayan banyak belajar tentang mesin khususnya mesin atau sistem perkapalan.
Sementara di ITS, masalah mesin lebih banyak didalami di Program Studi Teknik Sistem Perkapalan.
Sehingga dari penempatan prodi saja sudah dapat dilihat kalau di UI materinya lebih luas karena belajar sistem perkapalan juga, sementara di ITS lebih fokus karena sudah terbagi menjadi beberapa prodi.
Intinya harus diingar bahwa setiap kampus memiliki kebijakan dan kurikulum yang berbeda-beda. Ada yang lebih ke arah ini, ada yang lebih ke arah itu.
Maka dari itu, mengenal lebih dalam kampus tujuanmu adalah hal yang penting. Bukan hanya akreditasinya, tapi juga kurikulum, fasilitas, harga outfit mahasiswanya dan lain-lain. Oke?
.
.
.
Bagaimana kisanak? Sampai disini sudah ada gambaran tentang Prodi Teknik Perkapalan?
Tertarique?
Sebelum Sebelum memutuskan pilihan dan agar kamu tidak salah jalan, kenali lebih dalam lagi tentang Progra Studi Sarjana Teknik Perkapalan dengan membaca ulasan ini sampai tuntas. Oke?
Semangat!
#1
Pemerintah saat ini telah menempatkan industri kemaritiman sebagai salah satu sektor yang diprioritaskan pengembangannya. Sektor tersebut meliputi industri galangan kapal dan penunjangnya. Ini merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan Indonesia menjadiporos maritim dunia.
Di era revolusi industri 4.0, industri galangan kapal dinilai strategis berperan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu, dengan karakteristiknya yang padat karya, padat modal dan padat teknologi, industri galangan kapal memerlukan penanganan dan perhatian yang serius dari pemerintah agar semakin kompetitif di kancah domestik dan internasional.
✤ Sumber: kemenperin.go.id
#2
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan peta jalan (road map) pembangunan industri perkapalan di Indonesia hingga tahun 2025 nanti. Industri ini diharapkan bisa memproduksi dan mereparasi semua jenis kapal dari yang berukuran kecil hingga besar.
Target yang ditetapkan untuk Tahun 2020, klaster industri perkapalan nasional sudah mampu memproduksi kapal berkapasitas 200 ribu ton bpbot mati(dead weight tonnage/DWT) untuk semua jenis kapal, mulai dari kapal barang, kapal penumpang, dan kapal tanker bisa diproduksi.
✤ Sumber: kemenperin.go.id
#3
PT Penataran Angkatan Laut (PT PAL) Indonesia adalah BUMN galangan kapal, baik untuk keperluan militer maupun sipil. Perusahaan yang berlokasi di Ujung, Surabaya sudah berhasil membuat banyak jenis kapal perang seperti Kapal Cepat Rudal (KCR), Perusak Kawal Rudal (PKR), dan Landing Platform Dock (LPD). Berbagai Kapal Perang tersebut tidak hanya digunakan oleh TNI Angkatan Laut tetapi juga akan diekspor ke negara-negara Asia Tenggara dan Afrika.
Terbaru pada Tahun 2020 PT PAL berhasil memproduksi Kapal Selam yang merupakan hasil kerja sama atau kolaborasi dengan Korea Selatan. Pencapaian ini membuat Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mampu memproduksi Kapal Selam
✤ Sumber: pal.co.id
Pengantar Teknik Perkapalan
Memberikan kompetensi dasar tentang bangunan kapal dan pendekatan untuk perancangan. Sejarah Perkembangan Bangunan Kapal; Jenis - Jenis Bangunan Air; Lembaga Klasifikasi dan Badan Internasional; Pembagaian dan Konstruksi Utama Bangunan Kapal; Ukuran Utama Kapal; Gerak Kapal; Proses Perancangan Kapal; Gambar Rancangan Awal; Stabilitas Gerakan Kapal; Hambatan dan Propulsi; Tonnage dan Lambung Timbul; Metode Pembangunan Kapal.
Menggambar Teknik
Peserta kelas dapat melakukan transfer informasi secara akurat melalui gambar yang sesuai dengan aturan standar menggambar teknik yang telah disetujui oleh International Standard Organization (ISO). Mahasiswa mengerti teori dan prosedur menggambar teknik berdasarkan standar ISO. Mahasiswa mampu membaca, melakukan interpretasi, dan transfer informasi gambar dua/tiga dimensi dari suatu komponen atau konstruksi. Mahasiswa mampu menggambar proyeksi orthogonal berdasarkan standar ISO.
Visualisasi Dan Permodelan Kapal
Memberikan pemahaman tentang prinsip perancangan awal kapal dan menggunakan software perancangan kapal CAD (Computer Aided Design)
Material Kapal
Setelah mengambil Mata kuliah ini, mahasiswa/i diharapkan memahami jenis material yang digunakan berdasarkan kondisi operasi kapal, meliputi pemahaman kualitatif dan kuantitatif. Pemahaman kualitatif meliputi pemahaman sifat-sifat material yang menjadi bagian dari struktur kapal. Pemahaman kuantitatif meliputi perhitungan pada sifat-sifat material akibat pengaruh eksternal seperti besarnya elongasi akibat pembebanan eksternal pada suatu jenis material.
Teori Bangunan Kapal
Memberikan pemahaman dalam melakukan perhitungan hidrostatika kapal, stabilitas dinamis dan gerak kapal
Matematika Teknik
Mata ajaran Metode Numerik bermaksud untuk melengkapi kemampuan analitik seorang mahasiswa agar mampu menggunakan konsep-konsep matematik lanjutan dalam mencari solusi persoalan keteknikan.
Termodinamika Dasar
Memberikan pemahaman dasar tentang hukum dasar termodinamika dan aplikasinya dalam kehidupan nyata serta memahami dasar perancangan sistem termodinamika
Struktur Kapal 1
Memberikan pemahaman dan kompetensi dalam melakukan perhitungan konstruksi memanjang dan melintang, Pemilihan profile dan pelat dari kapal
Metode Numerik
Tujuan dari mata-ajaran ini adalah agar mahasiswa mengetahui dengan baik dan mampu menerapkan proses dan metoda (algoritma) perhitungan numerik keteknikan dalam dunia komputasi secara riil berbasis komputer dan parameter yang mempengaruhi kecepatan dan keakuratan hasil perhitungan.
Proses Manufaktur Kapal
Modul ini mempelajari Proses manufaktur kapal secara umum, Proses Forming & Shaping, Proses Pengerjaan Pelat Kapal dan Proses Pemesinan. Komponen yang diharapkan adalah setelah mengikuti mata ajar ini mahasiswa mampu mencapai kompetensi memahami proses manufaktur pada kapal.
Teknik Las
Modul ini mempelajari ilmu-ilmu dasar dari pengelasan, penyambungan dan pemotongan, istilah dan definisi pengelasan, desain pengelasan beserta perhitungannya, lambang dan prosedur pengelasan. Komponen yang diharapkan adalah setelah mengikuti mata ajar ini mahasiswa mampu mencapai kompetensi dasar-dasar Teknik Las.
Ekonomi Teknik
Memberikan pemahaman dalam menggunakan konsep-konsep matematik lanjutan dalam mencari solusi persoalan Teknik Perkapalan.
Sistem Daya Kapal
Mahasiswa memahami prinsip sistem pembangkit daya kapal, baik saat ini maupun yang akan datang.
Hidrodinamika Kapal
Setelah mengambil Mata Kuliah ini, mahasiswa diharapkan mengetahui Ilmu dasar hidrodinamika kapal, ilmu-ilmu dasar gelombang permukaan bebas dan gaya gelombang, ilmu-ilmu dasar aliran viscous dan aliran permukaan bebas
Struktur Kapal 2
Memberikan pengetahuan dan pemahaman jenis-jenis konstruksi pada struktur kapal dan kompetensi dalam melakukan perancangan konstruksi struktur kapal.
Termofluida
Mahasiswa mampu memahami berbagai mekanisme perpindahan energi kalor antara dua sistem, bila ada perbedaan suhu dan mampu menghitung laju perpindahan kalornya. Mampu memecahkan berbagai masalah perpindahan kalor dengan menggunakan parameter tak berdimensi.
Permesinan Kapal
Memahami jenis dan konsep sistem utama, sistem pendukung, pelumasan, dan pendinginan permesinan kapal
Tugas Merancang Kapal 1
Memahami dan menguasai langkah dan memonitoring perancangan kapal Analisa Tugas (owner requirement); Studi pustaka ; Estimasi sementara : Displacement, ukuran utama, dan bentuk kapal; Estimasi sementara tenaga pengerak; sketsa sementara garis-garis kapal dan memonitong perhitungan CSA (Curve of Sectional Area); Sketsa sementara rencana umum (G.A); Penilaian awal isi ruang muat, stabilitas, lambung timbul, dan trim; Perkiraan kasar tinggi bebas ruang muat; penempatan sekat kedap air sementara bagi kapal penumpang
Sistem Fluida Dan Perpipaan Kapal
Memahami berbagai jenis sistem fluida dan perpipaan serta prinsip yang diterapkan pada kapal
Hambatan & Propulsi Kapal
Memberikan pemahaman dalam melakukan perhitungan hambatan dan propulsi kapal secara teoritis maupun dengan menggunakan pemodelan.
Perancangan Kamar Mesin Kapal
Mahasiswa mampu merancang tata letak dan argonomik penunjang permesinan kapal
Tugas Merancang Kapal 2
Memahami menghitung dan memonitoring sistem perlengkapan penunjang perancangan kapal Penentuan berat dan displacement kapal ; penetapan ukuran utama dan koefisien kapal ; penetapan gambar rencana garis ; perhitungan hidrostatika kapal ; Rencana gading utama ; rencana profil dan geladak ; Perancangan sistem tata udara dan Perancangan Sistem Perawatan Kapal ; Pemilihan Alat Komunikasi dan navigasi termasuk lampu ; safety plan.
Sistem Elektronika Kapal
Memahami prinsip kerja, pengoperasian dan aplikasi elektronika di kapal. Dasar-dasar electronika; Komponen Pasif; Semikonduktor; Komponen Elektronika; Sistem Digital; Rangkaian Digital Kombinasional; Rangkaian Digital Sekuensial; PLC; Perencanaan Elektronika Sederhana. Teori dasar rangkaian DC; Teori dasar rangkaian listrik AC, prinsip kerja Motor DC, Macam-macam MDC; pengoperasian MDC, Prinsip kerja Motor AC, Macammacam MAC, Pengoperasian MAC; Prinsip kerja generator, Drop tegangan generator;...
Sistem Kelistrikan Kapal
Memahami prinsip kerja, pengoperasian dan aplikasi kelistrikan di kapal. Pengenalan istilah dalama sistem rekayasa pengendalian dan otomatisasi; Propotional plus integral plus derevative control; Penerapan permodelan matematika untuk mengetahui performance sistem kendali orde I dan orde II serta aplikasi bidang Marine Enginnering; Reprensentasi sinyal respon sistem orde I dan orde II; Analisis respon transient sistem orde I dan orde II;...
Kinematika Dan Dinamika
Agar mahasiswa mempunyai pemahaman pokok-pokok kunci dan konsep kinematika dan dinamika sistem mekanikal dan juga mampu menganalisa gerak, kecepatan, percepatan gaya serta keseimbangan.
Getaran Kapal
Memahami pendeteksian sumber konsep getaran sistem permesinan Getaran system permesinan: Getaran bebas, Redaman, Getaran transient, Getaran paksa, Getaran dengan dua derajat kebebasan, Getaran torsional, lateral dan longitudinal pada system propulsi kapal; Percobaan pengukuran getaran
Pemeliharaan Dan Reparasi Kapal
Mampu melakukan pemeliharaan dan kendali pada sistem permesinan kapal. Pengantar keandalan sistem, Review konsep Fundamental reliability, Network Modelling system sederhana, Network Modelling system, Pengantar Markov dan Simulasi Monte Carlo, Rantai Diskrit Markov dan Proses Kontinyu Markov.
Alat Bantu Kapal
Memberikan pengetahuan dan pemahamam mengenai teori, sistim, cara kerja dan teknologi perlengkapan kapal. Perlengkapan Jangkar dan Alat Tambat; Peralatan Bongkar Muat; Jendela dan Pintu Kedap Air; Peralatan Ventilasi; Peralatan Keselamatan; Perlengkapan Navigasi dan Komunikasi; Peralatan Pemadam Kebakaran; Peralatan Kemudi Kapal; Tangga Kapal dan Pagar Pelindung; Alat Pemisah Kandungan Minyak; Pompa dan System Instalasinya.
Tugas Merancang Kapal 3
Memahami menghitung dan memonitoring sistem permesinan dan perancangan kapal
Sistem Tata Udara & Refrigerasi
mahasiswa mampu menganalisis rancangan sistem refrigerasi dan sistem tata udara untuk kapal
Survey & Inspeksi Kapal Dan Bangunan Laut
Memahami survey yang diterapkan pada class dan statutory untuk approval pengoperasian kapal
Bangunan Lepas Pantai
Memberikan pengetahuan, pemahaman mengenai teori, dan prinsip bangunan lepas pantai mencakup jenis, fungsi, dan teknologi bangunan lepas pantai serta teknik dalam melakukan perancangan strukturnya.
Manajemen Transportasi Laut Dan Kepelabuhanan
Memberikan pengetahuan, dan pemahaman mengenai berbagai pendekatan pengelolaan transportasi laut dan kegiatan kepelabuhanan yang juga mencakup faktor resiko, keselamatan, dan ekonomi
Hukum Dan Peraturan Kemaritiman
Memberikan pengetahuan, dan pemahaman mengenai hukum dan peraturan yang berlaku pada kegiatan kemaritiman baik nasional maupun internasional.
Kapal Khusus
Memberikan pengetahuan, pemahaman dan kompetensi kepada mahasiswa dalam melakukan perancangan kapal untuk berbagai keperluan khusus.
Manajemen Produksi Kapal
Memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai berbagai teknik dan pengelolaan galangan kapal.
Optimasi Sistem Energi
Kuliah ini memberikan pemahaman tentang pemodelan matematik, simulasi dan optimisasi suatu sistem energi melalui suatu pendekatan ekonomis dan teknik. Kuliah Optimimasi Sistem Energi bermaksud untuk melengkapi kemampuan seorang mahasiswa agar dapat memahami model matematik,simulasi dan optimasi suatu sistem termal.
Manajemen Energi Maritim
Kuliah ini memberikan pemahaman tentang analisis maksimalisasi energy yang dihasilkan dari bahan bakar minimum, juga analisis maksimalisasi kerja yang dihasilkan dari energy awal minimum
Keselamatan Kemaritiman
Menyediakan pepngetahuan dan pemahaman terkait perlindungan keselamatan dan barang melalui peraturan, manajemen dan pengembangan segala bentuk teknologi transportasi kemaritiman.
Teknik Las Lanjut
Memberikan pengetahuan, pemahaman mengenai teori, prinsip dan desain pengelasan serta assesmen terhadap kualitas dan aplikasi pengelasan
✤ Sumber: Kurikulum PS Teknik Perkapalan Universitas Indonesia
Clara Yunita
Mengapa memilih Jurusan Teknik Perkapalan?
Well, ini merupakan pertanyaan yang sungguh sering saya dapat from friends or even my friend's friend. Sebetulnya saya sendiri bukanlah terlahir dari keluarga yang menggeluti dunia maritim. But then I guest this is what God has already planned for me.
Ada banyak yang saya peroleh setelah masuk jurusan ini, I feel that I'm literally become someone better than past, and I met so many kind of people from many social statuses. And course, something new to study, the naval architecture.
Basically I love design much, like when I was little, I drew house's layout in my free time, but then nowadays there's not only layout that I design, there also construction, welding and so on which I study here.So this like a new experience of life.
Apa saja yang dipelajari?
Basically, jurusan ini fokus pada desain dari kapal, dimana meliputi segala aspek yang diperlukan agar sebuah kapal dapat dibangun. Memang tak bisa dipungkiri bahwa kapal adalah suatu objek which totally complicated.
Aspek-aspek tersebut antara lain seperti mekanika teknik, teori dasar bangunan kapal, proses produksi dan reparasi kapal, regulasi-regulasi, konstruksi hingga welding atau pengelasan.
Ya, pengelasan merupakan pengalaman yang menakjubkan dalam beberapa tahun terakhir di hidup saya. Tak pernah terbayangkan sebelumnya bagi saya untuk mencoba sendiri mengelas sebuah rak buku pada suatu pratikum mata kuliah di semester 5 lalu...
✤ Baca selengkapnya di clurlie.blogspot.com
Industri Maritim terus berkembang sehingga kebutuhan akan ahli di bidang tersebut semakin meningkat. Lulusan Prodi Teknik Perkapalan banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan kapal baik BUMN seperti PT.PAL maupun Perusahaan Swasta di bidang perkapalan lainnya. Peran yang dapat diambil diantaranya:
Selain itu, lulusan yang ahli dalam mengembangkan transportasi apung ini juga dibutuhkan di perusahaan minyak dan gas mengingat perusahaan jenis ini banyak menggunakan kapal sebagai alat transportasinya, Tenaga Pengajar/Dosen atau Peneliti Perguruan Tinggi, dan tentu saja tidak menutup kemungkikan untuk menjadi Wirausaha di bidang perkapalan.
Program Studi Sarjana Teknik Perkapalan Akreditasi A
Program Studi Sarjana Teknik Perkapalan Akreditasi B
Program Studi Sarjana Teknik Perkapalan Akreditasi C
✤ Sumber: banpt.or.id diakses 21 April 2021
Untukmu kamu yang lebih suka praktek atau ingin masa studi yang lebih singkat, mungkin tertarik kuliah di politeknik.
Salah satunya PPNS atau Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. PPNS menyediakan 11 Program Studi yang terdiri dari D3 dan D4 a.k.a Sarjana Terapan sebagai berikut:
Untuk informasi lebih lengkap dapat kamu lihat pada website resminya di ppns.ac.id