Ulasan Program Studi Sarjana
Teknik Penerbangan


ZEBRACROSS.ID - 03/05/2021

Mari awali pembahasan dengan informasi pada bulan Oktober 2019 dimana PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mengekspor tiga pesawat dengan nilai transaksi mencapai US$60 juta (sekitar Rp840 M). Dua untuk Thailand dan satu lagi untuk Nepal.

Dan yang paling baru, diawal Tahun 2020 PT Dirgantara Indonesia telah mendapatkan komitmen untuk pengiriman pesawat ke Sinegal dan Filipina.

Dan tentunya masih banyak lagi negara-negara yang percaya dengan kemampuan Negara kita dalam menciptakan 'burung besi' :)

Kita patut berbangga karena Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang mampu memproduksi pesawat secara utuh.

.

.

.

Pertumbuhan industri penerbangan di Indonesia memang terus meningkat.

Hal ini tentu didukung oleh hebatnya insinyur pesawat Indonesia. Tentunya yang paling terkenal adalah Alm. BJ Habibie.

Program studi Teknik Penerbangan (Aviation Engineering) merupakan tempat terlahirnya insinyur-insinyur hebat tersebut.

Jadi, Apa itu Teknik Penerbangan?

Teknik Penerbangan adalah program studi yang menghasilkan lulusan dengan kemampuan utama untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah dalam merancang dan membuatwahana terbang.

Jadi, sebenarnya prodi ini tidak terbatas pada pesawat terbang, melainkan segala sesuatu yang berkaitan dengan wahana terbang, seperti Drone, Helikopter, hingga Roket.

.

.

.

Bukan rahasia lagi jika di Indonesia, ITB merpakan kampus yang paling maju dalam masalah penerbangan.

Bahkan berdasarkan data BANPT, hanya ITB yang menyediakan Prodi di bidang Teknik Penerbangan dengan Akreditasi A.

Memang sihhh, baru ITB yang terakreditasi A, tapiii bukan berarti Prodi yang lain itu buruk.

International University Liaison atau IULI misalnya, walaupun akreditasinya masih C. Tapi kampus tersebut sangat menarik.

Kenapa?

Karena IULI didirikan oleh Ilham Akbar Habibie pada tahun 2014.

Melanjutkan visi ayahnya (Alm. BJ Hibibie), Ilham Habibie banyak terlibat dalam perkembangan dunia penerbangan di Indonesia. Selain sebagai pendiri IULI, Ilham habibie juga merupakan Komisaris PT Regio Aviasi Industri. Produsen Pesawat R80 yang ditargetkan mengudara tahun 2025.

Tentu dengan kondisi industri penerbangan tanah air yang semakin maju dan berkembang, Pendidikan di bidang ini juga akan semakin maju dan berkembang pula.

.

.

.

Bagaimana kisanak? Sampai disini sudah ada sedikit gambaran tentang apa itu Teknik Penerbangan?

Tertarique?

Sebelum memutuskan pilihan, kenali lebih dalam lagi tentang Teknik penerbangan dengan membaca ulasan ini sampai tuntas. Oke?

Semangat!

#1

PT Dirgantara Indonesia (Persero) memproduksi berbagai jenis pesawat terbang untuk memenuhi kebutuhan maskapai penerbangan sipil, operator militer dan kebutuhan misi khusus. Berpengalaman dalam bidang desain pesawat terbang, PTDI mampu merancang pesawat terbang baru dan mengubah konfigurasi dan struktur sistem pesawat untuk tujuan misi khusus seperti patroli laut, pengawasan dan penjaga pantai.

Beberapa produksinya adalah N219 Nurtanio, NC212 Family, CN235 Family, CN295, dan masih banyak lagi termasuk pesawat tanpa awak atau drone.


✤ Sumber: indonesian-aerospace.com


#2

Pesawat R80 dirancang dengan desain yang ekonomis, berteknologi tinggi dan ramah lingkungan. Pesawat ini juga dapat menampung 80-90 penumpang dan menyediakan waktu evakuasi lebih cepat. Desain kokpit yang modern menganut konsep unit lebih banyak dengan kebutuhan ruang yang lebih sedikit. Hingga kini pesawat R80 telah dipesan oleh berbagai maskapai. Antara lain Nam air sebanyak 100 unit, Kalstar 25 unit, Trigana Air 20 unit dan Aviastar 10 unit.

Pesawat milik Regio Aviasi Industri (RAI) ini diharapkan dapat memperkuat fondasi perekonomian nasional. Mengingat, industri penerbangan menjadi kunci dalam memberdayakan kekuatan ekonomi antar daerah di negara kepulauan seperti Indonesia.


✤ Sumber: katadata.co.id


#3

Indonesia memiliki pabrik pengembangan teknologi pesawat tanpa awak alias drone pertama di Asia Tenggara. Pabrik yang berada di Jalan Raya Sentul 23, Kadumangu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat itu, di bawah naungan PT Farmindo Inovasi Teknologi.

Perusahaannya juga sudah mendirikan sekolah drone untuk memenuhi kebutuhan calon pilot drone di Indonesia, baik untuk sektor keamanan dan pertahanan negara, maupun kebutuhan sipil. Sekolah drone PT FIT memiliki tiga pelatihan, yaitu Kelas Basic, meliputi materi cara pengendalian drone beserta aspek keselamatannya hingga menjadi pilot drone yang baik.

Kedua, Kelas Captain, mencakup seluruh materi keselamatan menggunakan drone, kendali drone secara manual serta pengenalan ground control system untuk mengendalikan drone. Ketiga, Kelas Instructure. Kelas ini untuk memenuhi kebutuhan pelatihan bagi pilot drone yang ingin menjadi pelatih.


✤ Sumber: nasional.kompas.com

Pengenalan Teknik Dirgantara

Memberikan pengenalan tentang Teknik penerbangan yang meliputi definisi, sasaran, tantangan, lingkungan penerbangan (atmosfir & luar angkasa), persyaratan desain dan disiplin keilmuan yang membentuk teknik penerbangan yang terdiri dari ilmu-ilmu dasar aeronautika dan astronautika (aerodinamika, struktur pesawat udara, prestasi propulsi, mekanika terbang dan astrodinamika) dan ilmu-ilmu aeronautika lanjut (aeroelastisitas, aeroakustik,sistem dasar pesawat udara, proses desain dan produksi pesawat udara dan sistem operasi penerbangan)


Matematika Teknik I

Matakuliah ini berisi teori kalkulus multi variable dan ruang vector serta aplikasinya dalam bidang fisika dan rekayasa.


Rekayasa Thermal

Keadaan dan property termodinamika, properti "simple compressible substance", persamaan keadaan, kerja dan panas, proses termodinamika, Hukum termodinamika I untuk system tertutup dan terbuka, entalpi, aplikasi hukum I, siklus Carnot, silus pendingin dan pompa kalor, Hukum ke II termodinamika, Entropi, hubungan termodinamika, siklus: Otto, Diesel, Brayton, pengantar perpindahan panas, konduksi tunak, konduksi tak tunak, konveksi bebas dan paksa, radiasi.


Kinematika Dan Dinamika

Kuliah ini memperkenalkan prinsip dasar dinamika benda kaku, meliputi gerak benda (kinematika) dan hubungannya dengan gaya-gaya sebagai sebab atau akibat gerak tersebut (kinetika). Gerak benda ditinjau dalam berbagai sistem koordinat yang sesuai dengan masalah yang dihadapi. Kemudian hubungan antara gerak dan gaya-gaya diperoleh dari persamaan gerak, yang diturunkan menggunakan hukum Newton secara langsung, penerapan metoda energi serta prinsip impuls-momentum.


Matematika Teknik II

Matakuliah ini berisi Teori matrix dan Persamaan Diferensial Biasa serta aplikasinya dalam bidang fisika dan rekayasa. Topik yang dibahas meliputi : Linear transformation and matrices, system of linear equations, Gauss-Jordan elimination methods, Gauss Seidel methods, Determinant, Cramers‟s rule,Eigenvalues and eigenvectors, Characteristic polynomials, matrix diagonalization, Symmetric, skew symmetric, orthogonal operators 1st order ODE, Homogeneous 2nd Order ODE, nonhomogeneous 2nd order ODE, Higher Order ODE, Sistem of Linear ODE.


Statistika

Perkuliahan Statistika bertujuan agar mahasiswa dapat memahami cara berpikir dengan konsep ketidakpastian dan peluang. Kuliah membahas dasar-dasar teori peluang, distribusi peluang, pengujian hipotesis, hingga penggunaan statistik dalam bidang teknik maupun manajemen. Pendekatan dilakukan dengan studi kasus berupa eksperimen yang dilakukan mahasiswa.


Instrumentasi, Pengukuran Dan Eksperimen

Matakuliah ini berisi pengenalan terhadap teori dan praktek pengukuran dan instrumentasi yang lazim digunakan dibidang teknik kedirgantaraan. Materi yang diberikan meliputi: dasar-dasar pengukuran, analisis error dan data, elektronika terapan, wheatstone bridges, pengkondisian sinyal, data sampling, data akusisi, wind tunnel, teknik pengukuran: gaya, tekanan, aliran, strain, displacement, gerak, getaran, dan mekanika terbang.


Mekanika Fluida

Kuliah ini akan membahas konsep-konsep dasar mekanika fluida serta aplikasinya dalam bidang teknik. Media Fluida: konsep kontinum, property gas, dimensi, viskositas, tegangan fluida, analisis dimensional Kinematika fluida: turunan substansial, rotasi, regangan, vortisitas sirkulasi,fungsi arus, garis arus, jejak arus. Mekanika Fluida: konservasi massa, momentum, dan energi,Persamaan Bernoulli, gaya-gaya fluida, gaya apung,gaya pada permukaan benda,...


Analisis Aerodinamika Dan Prestasi Terbang I

Mempelajari prestasi atau unjuk kerja suatu pesawat udara sepanjang lintas terbangnya, dari tinggal landas (take off), menanjak (climb), terbang jelajah (cruise), terbang laying (glide), terbang belok (turn) dan pendaratan (landing).


Astrodinamika

Pengantar Astronautika (lingkungan luar angkasa, sistem dasar wahana antariksa yang meliputi: perlindungan thermal, komunikasi, power, kendali sikap, propulsi), masalah orbit dua benda, manuver orbit operasional (sirkularisasi, orbital boost, de-orbit, ganti inklinasi, memutar apsidal, memutar titik nodal), orbit dua benda sebagai masalah harga awal (orbit elliptik, parabolik dan hiperbolik), trajektori antar planet (termasuk manuver gravity assist).


Material Pesawat Dan Metoda Manufaktur II

Mata kuliah ini membahas sifat-sifat mekanik dan proses manufaktur titanium dan bahan komposit yang pemakaiannya pada struktur pesawat semakin luas. Dibahas pula berbagai jenis kegagalan pada bahan logam dan bahan komposit yaitu fracture, fatigue, korosi. Pada akhir kuliah dibahas metoda inspeksi untuk mendeteksi cacat pada bahan dan struktur.


Analisis Teknik Dan Metode Numerik

Matakuliah ini berisi transformasi Laplace, Fourrier, Pengenalan Persamaan Diferensial Parsial dan metoda numerik serta aplikasinya dalam bidang fisika dan rekayasa. Topik yang dibahas meliputi : transformasi Laplace, Fourier, pengenalan PDE : hyperbolic, parabolic, eliptic, error analysis, numerical calculation of system of linear equations, numerical calculation of eigenvalues , root finding, Regressions, Interpolations, Numerical Differentiation, Numerical Integrations


Aerodinamika I

Kuliah ini berisi dasar-dasar aerodinamika inkompresibel, serta aplikasinya dalam bidang aeronotika. Kinematika fluid, konservasi massa dan momentum untuk aliran inkompresibel, Asumsi dalam mekanika fluida, Teorema Kelvin, Dasar Aliran Potensial inkompresibel, Teorema Kutta-Joukowski Geometry Airfoil dan Sayap, Kondisi batas, Kondisi Kutta, Teori Airfoil tipis, trailing vortex, Induced Drag, Vortex sheet, Hukum Bio Savart, Teorema Helmholtz,Model garis angkat Prandt'l, efek taper dan twist, Pengenalan metoda panel,...


Analisis Aerodinamika Dan Prestasi Terbang II

Mempelajari prestasi atau unjuk kerja suatu pesawat udara sepanjang lintas terbangnya, dari tinggal landas (take off), menanjak (climb), terbang jelajah (cruise), terbang layang (glide), terbang belok (turn) dan pendaratan (landing).


Getaran Mekanik

Kuliah ini membahas gerak osilasi atau getaran suatu sistem mekanik serta gaya-gaya penyebab atau akibat dari getaran tersebut. Pembahasan meliputi: Getaran bebas sistem linier satu derajat kebebasan (SDOF), persamaan gerak getaran bebas, frekuensi alami, kondisi awal dan pengaruh redaman. Getaran paksa SDOF, persamaan getaran paksa, respon terhadap gaya harmonik, pengaruh redaman serta respon terhadap gaya non harmonik.


Analisis Dan Perancangan Struktur Ringan I

Menggambarkan proses pengembangan struktur pesawat terbang di Industri; dan persyaratan kelayakan peran untuk komponen pesawat. Kemudian, membahas peran dan tata letak komponen pesawat utama. Aplikasi dan pemilihan material juga dijelaskan. Hal ini diikuti oleh analisis beban pesawat untuk menentukan beban desain kritis untuk struktur utama.


Sistem Pesawat Udara I

Pada kuliah ini diberikan pemahaman persyaratan fungsional, pengguna dan regulasi dari sistem-sistem pesawat udara. Sistem-sistem yang akan dibahas antara lain Environmental Control Systems, Ice Protection, Pneumatic (Bleed Air), Fuel Systems, Flight Control, Hydraulics, Landing Gear, Electrical Power, dan Instruments.


Aerodinamika II

Kuliah ini berisi dasar-dasar aerodinamika kompresibel, serta aplikasinya dalam bidang aeronotika. Konservasi energi, aliran tak tunak 1D, akustik, kecepatan suara, aliran tunak 1D, gelombang kompresi dan ekspansi, proses pembentukan gelombang kejut,kondisi lompatan, gelombang kejut normal,aliran potensial kompresibel.


Dinamika Terbang

Kuliah ini membahas beberapa hal tentang dasar sistem linier dan teori kendali klasik. Masalah yang ditinjau meliputi representasi model matematika sistem dinamik, baik dalam bentuk state space ataupun fungsi transfer, pemahaman tentang sistem lingkar terbuka dan tertutup, penggunaan umpan balik, analisis kestabilan, analisis dinamik pada domain frekuensi dan domain waktu, desain gain umpan balik dengan metode root locus, dan penerapan pada sistem kendali terbang


Analisis Dan Perancangan Struktur Ringan II

Kuliah ini berisi tentang pemodelan dan analisis struktur pesawat terbang dengan materi tentang sejarah perkembangan struktur pesawat terbang; fungsi setiap komponen utama; pemodelan struktur dan beban utama yang bekerja pada struktur tersebut; analisis besar dan aliran tegangan akibat beban torsi, momen lentur dan gaya lintang, serta tekanan dalam (internal pressures) pada struktur berdinding tipis dan semi-monocoque.


Sistem Transportasi Udara

Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami berbagai aspek hukum, teknik, operasi dan manajemen dalam industri penerbangan, khususnya airline. Kuliah membahas dasar-dasar hukum dan kebijakan transportasi udara, baik nasional maupun internasional. Materi mencakup industri jasa penerbangan, seperti maskapai penerbangan dan bandar udara, operasi dan pengelolaan lalu lintas udara, serta industri jasa perawatan pesawat udara.


Propulsi Pesawat Terbang

Kuliah ini berisi pengertian dasar sistem propulsi, analisis siklus dan mesin propulsi, prinsip kerja dan analisis komponen-komponen mesin propulsi karakteristik mesin, analisis off-design mesin propulsi, kebisingan, emisi polutan


Sistem Pesawat Udara II

Mata kuliah Sistem Pesawat Udara II memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang teknik-teknik komunikasi dan penentuan kedudukan serta kecepatan wahana dirgantara melalui penggunaan gelombang elektromagnetik dan pengukuran-pengukuran konfigurasi geometri relative wahana tersebut dengan acuan-acuan yang dipilih. Mata kuliah ini memberikan konsep dasar dan prinsip komunikasi dan navigasi pada pesawat udara, serta membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar tentang kedua system tersebut yang operasional dewasa ini.


Aspek Lingkungan Teknik Dirgantara

Matakuliah ini membahas aspek-aspek lingkungan yang berkaitan dengan kegiatan industri penerbangan, yaitu lingkungan alami dan buatan. Dampak kegiatan penerbangan pada lingkungan akan dibahas, antara lain Polusi udara (atmosfer), Polusi suara (noise), Getaran (vibration), Sampah (waste material), Pemakaian air Pencermaran tanah (soil), Penggunaan energi (berlebih). Aspek keamanan dan keselamatan penerbangan, termasuk akan keselamatan kerja dibahas.


Teori Kendali

Kuliah ini membahas beberapa hal tentang dasar sistem linier dan teori kendali klasik. Masalah yang ditinjau meliputi representasi model matematika sistem dinamik, baik dalam bentuk state space ataupun fungsi transfer, pemahaman tentang sistem lingkar terbuka dan tertutup, penggunaan umpan balik, analisis kestabilan, analisis dinamik pada domain frekuensi dan domain waktu, desain gain umpan balik dengan metode root locus, dan penerapan pada sistem kendali terbang


Desain Pesawat Udara

Pada kuliah ini, akan diberikan proses dan daur perancangan pesawat udara; analisis pasar dan penentuan spesifikasi perancangan; konsep dan ide perancangan konfigurasi; penentuan ukuran awal; pertimbangan dan penentuan geometri badan, sayap dan ekor; estimasi berat dan kesetimbangan; perancangan layout dan ukuran roda pendarat; analisis aerodinamika, prestasi dan dinamika terbang serta analisis ekonomi. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan proses perancangan dalam tugas kelompok (5-6 mahasiswa) dengan bimbingan dosen


Rekayasa Perawatan Pesawat Udara

Kuliah ini memberikan dasar-dasar rekayasa perawatan pesawat udara. Kuliah mencakup: Tinjauan terhadap keselamatan penerbangan dan biaya operasi; tinjauan ulang terhadap teori dan model peluang; failure density functions; konsep perawatan; Reliability-Centred Maintenance, MSG-3; Regulasi dan organisasi; Reliability Program, pengenalan terhadap perencanaan dan penjadualan perawatan.


Aerodinamika Komputasi

Kuliah ini berisi dasar-dasar CFD, persamaan atur aliran, perilaku matematik persamaan-persamaan differensial parsialteknik diskretisasi dan metoda kestabilan numerik, skema eksplisit dan implicit, skema persamaan eliptik, parabolic dan hiperbolik, , kondisi batas, pembuatan grid terstruktur dengan metoda aljabar dan penyelesaian persamaan differensial parsial, metoda volume hingga, metoda koreksi tekanan, penyajian hasil numeric dan validasi


Teori Lapisan Batas

Setelah telah mengambil kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat: a) Memahami dan dapat menyelesaikan permasalahan aliran viskos dan turbulen di sekitar permukaan. b) Menggunakan berbagai metoda analitis untuk mendapatkan harga tegangan geser pada permukaan benda. c) Menggunakan berbagai metoda analitis untuk memprediksi posisi tansisi.


Masalah Khusus Aerodinamika Dan Propulsi

Mata kuliah ini membahas isu-isu strategis dan up-to-date dalam Aerodinamika dan Propulsi. Kuliah akan dititikberatkan pada diskusi interaktif dan studi literatur dalam mengkaji isu-isu strategis tersebut. Peran aktif mahasiswa sangat diharapkan melalui partisipasi individu maupun kelompok


Masalah Khusus Mekanika Terbang

Mata kuliah ini membahas isu-isu strategis dan up-to-date dalam Mekanika Terbang. Kuliah akan dititikberatkan pada diskusi interaktif dan studi literature dalam mengkaji isu-isu strategis tersebut. Peran aktif mahasiswa sangat diharapkan melalui partisipasi individu maupun kelompok.


Dinamika Dan Pengendalian Satelit

Memahami dinamika, kestabilan dan kendali sikap wahana antariksa di ruang angkasa tanpa atau dengan pengaruh torsi melalui penurunan dan simulasi persamaan gerak sikap benda kaku, benda kaku dengan redaman dan benda kaku dengan benda berputar


Metode Elemen Hingga

Mata kuliah ini berisi pengenalan konsep dasar metode komputasi untuk menghitung tegangan dan deformasi pada suatu struktur, mulai dari kasus batang aksial, batang lentur, struktur rangka dan kasus 2-D sederhana


Beban Pesawat Udara

Kuliah beban pesawat udara dirancang untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa parameter utama yng mempengaruhi beban pada tiap komponen pesawat terbang. Disebabkan tingginya saling keterkaitan antara disiplin ilmu teknik Aeronotika, antara lain aerodinamika, prestasi terbang, dan struktur ringan, maka kuliah ini adalah tentang teknologi. Materi ini berupa pengantar beban pesawat, baik pembebanan eksternal maupun internal yang bekerja pada pesawat udara ketika berada di udara maupun di darat.


Mekanika Struktur Komposit

Mata kuliah ini membahas tentang penggunaan bahan komposit pada perancangan struktur, baik di struktur kedirgantaraan maupun non-kedirgantaraan. Pengantar bahan komposit, sistem serat dan matriks, metode manufacture, mikromekanika, teori lamina, teori laminat klasik, analisis tegangan, jenis-jenis kerusakan, kriteria kegagalan, analisis kegagalan pada struktur komposit, NDT, sambungan baut, sambungan rekat, buckling, beban impak, struktur sandwich.


Masalah Khusus Struktur Ringan

Mata kuliah ini membahas isu-isu strategis dan up-to-date dalam Struktur Ringan. Kuliah akan dititikberatkan pada diskusi interaktif dan studi literatur dalam mengkaji isu-isu strategis tersebut. Peran aktif mahasiswa sangat diharapkan melalui partisipasi individu maupun kelompok.


Kelaikan Udara

Mata kuliah ini memberikan tinjauan terhadap prosedur operasi pesawat udara; faktor-faktor dan praktek pendukung keselamatan dalam proses rancang bangun, produksi dan sertifikasi pesawat udara, dan prosedur operasi yang harus dipenuhi operator pesawat udara dan lingkungan operasi yang mendukung keselamatan penerbangan. Pendekatan dilakukan dengan studi kasus perancangan, produksi, operasi dan perawatan pesawat udara, sehingga mahasiswa mempunyai gambaran aplikasi praktis dari materi kuliah.


Masalah Khusus Operasi Dan Perawatan Pesawat Udara

Mata kuliah ini membahas isu-isu strategis dan up-to-date dalam perencanaan transportasi udara. Kuliah akan dititikberatkan pada diskusi interaktif dan studi literatur dalam mengkaji isu-isu strategis tersebut. Peran aktif mahasiswa sangat diharapkan melalui partisipasi individu maupun kelompok.


Sistem Avionika

Mata kuliah Sistem Avionik memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang berbagai sistem avionik yang dipakai pada pesawat udara. Bahasan yang diberikan meliputi konsep dasar dan prinsip kerja sistem-sistem avionik, baik yang digunakan pada pesawat sipil maupun militer yang operasional dewasa ini.


✤ Sumber: Kurikulum PS Dirgantara Institut Teknologi Bandung

Pramudita Satria Palar

...Enam tahun lamanya saya dididik oleh dosen-dosen dengan kompetensi tinggi dimana saya sendiri juga banyak mencari pendidikan informal dengan cara bergabung dan aktif di berbagai organisasi dan kepanitiaan.

Menjalani tiga tahun pertama awal pendidikan Sarjana dengan secara teratur membolak-balik buku teks Aerodinamika, Struktur, getaran mekanik, dan berbagai bidang lainnya telah meyakinkan saya bahwa ilmu ini adalah ilmu yang saya cintai dan akan saya terus pelajari sampai kapanpun.

Sederhana saja, motivasi saya untuk mengikuti tes masuk ke jurusan ini pun sangat simpel: saya suka melihat pesawat terbang. Melihat pesawat terbang, wahana luar angkasa, Sputnik, dan Space Shuttle, selalu menimbulkan perasaan spesial di diri saya; betapa hebatnya umat manusia dalam menciptakan karya-karya teknologi tersebut.

Tentunya dengan menjadi mahasiswa di jurusan penerbangan ITB, bisa dipastikan telinga saya tidak akan pernah lepas dari mendengar kisah-kisah dan sepak terjang perkembangan teknologi dirgantara di Indonesia itu sendiri.

Sering sekali saya mendengar cerita-cerita tentang jatuh bangun para insinyur penerbangan Indonesia dalam membangun pendidikan dan industri penerbangan di Indonesia. Nama-nama hebat dan besar seperti Oetarjo Diran, Harijono Djojodiharjo, Sulaiman Kamil, Said Djauhardsah Jenie, dan B. J. Habibie kemudian mendorong saya untuk terus menelurusi lebih dalam lagi kisah orang-orang yang saya sebut sebagai bagian dari generasi awal pahlawan teknologi dirgantara di Indonesia.

...

Saya pikir banyak sekali mahasiswa Aeronotika dan Astronotika ITB merasakan hal yang sama: termotivasi oleh kejayaan teknologi dirgantara Indonesia di masa lalu dan memiliki rasa kagum yang sama terhadap figur seperti B.J. Habibie dan Oetarjo Diran.

Pertanyaan selanjutnya adalah: Dengan rasa bangga dan kagum tersebut, apa yang bisa mahasiswa lakukan untuk membentuk masa depan teknologi dirgantara Indonesia yang lebih maju dan lebih baik?


✤ Baca selengkapnya di pramsatriapalar.wordpress.com

Secara umum, terdapat dua sektor lapangan kerja bagi lulusan Program Studi Teknik Dirgantara/Penerbangan di Indonesia, yaitu sektor industri kedirgantaraan dan sektor lembaga penerbangan. Sektor industri kedirgantaraan meliputi:

  • Industri manufaktur (PT. DI)
  • Industri komponen kedirgantaraan, baik komponen-komponen avionika/optronika (LEN, PT. INTI), hidrolika/landing-gear, maupun komponen standar.
  • Industri jasa, yang meliputi jasa perawatan (ACS-PT. DI, GMF-AeroAsia, INDO-PELITA, MMF, Koharmat-AU), jasa angkutan udara (airlines, air charter, seperti PT. GIA, PT. MNA, dll.), maupun jasa telekomunikasi satelit (Satelindo, PSN, Telkom, Kohanudnas).

Sektor lembaga penerbangan yang juga membutuhkan sarjana Aeronotika dan Astronotika, meliputi:

  • Lembaga penelitian (Puspiptek/BPPT, Dislitbang AU, LAPAN).
  • Lembaga pendidikan (ITB, AAU, Sekbang-AU, dll.)
  • Lembaga pemerintahan (Departemen Perhubungan).

Mengingat industri kedirgantaraan merupakan industri global, kesempatan juga terbuka untuk memasuki pasar tenaga kerja internasional. Beberapa lulusan Program Studi ini saat ini bekerja di industri manufaktur pesawat dunia, seperti Embraer, Brasil; Boeing, Amerika Serikat; de Havilland, Canada dan juga Airbus, Eropa (Perancis, Jerman dan Inggris).

Beberapa lulusan lain bekerja di industri jasa penerbangan internasional seperti Cathay Pacific dan Air Asia, serta di lembaga penelitian/pendidikan luar negeri, seperti NLR, Belanda; NTU, Singapura.

Di samping lapangan kerja dalam bidang penerbangan di atas, lulusan Aeronotika dan Astronotika juga dapat bekerja di bidang-bidang engineering lainnya seperti industri otomotif, industri konstruksi umum, oil company, teknologi informasi, konsultan teknik dll.


✤ Sumber: Teknik Dirgantara ITB

Program Studi Sarjana Teknik Penerbangan

  • Universitas Nurtanio (B)
  • Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (B)
  • Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (B)
  • International University Liaison (C)

Program Studi Sarjana Teknik Dirgantara

  • Institut Teknologi Bandung (Unggul)
  • Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (B)
  • Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (B)

✤ Sumber: banpt.or.id diakses 21 April 2021

Politeknik Penerbangan Indonesia atau yang disingkat PPI merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Saat ini PPI memiliki 10 Program Studi yaitu:

  1. DIV Penerbang (Pilot)
  2. DIV Teknik Pesawat Udara
  3. DIV Teknik Navigasi Udara
  4. DIV Teknik Listrik Bandara
  5. DIV Lalu Lintas Udara
  6. DIII Teknik Bangunan dan Landasan
  7. DIII Teknik Mekanikal Bandar Udara
  8. DIII Penerangan Aeronautika
  9. DIII Pertolongan Kecelakaan Pesawat
  10. DIII Operasi Bandar Udara

Informasi lebih lengkap mengenai PPI bisa dilihat di website resmi PPI dan informasi mengenai Seleksi Penerimaan Calon Taruna dapat dilihat di Website Resmi SIPENCANTAR.

⚠ DISCLAIMER: Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for "fair use" for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.
❉ Bagikan kepada teman dan musuhmu ❉