Ulasan Program Studi Sarjana
Teknik Komputer


ZEBRACROSS.ID - 03/05/2021

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi sudah meresapi segala aspek kehidupan manusia.

Dengan kemajuan teknologi khususnya teknologi komputasi, banyak hal positif yang didatangkan.

Untuk memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan baik, tetunya dibutuhkan ahli-ahli di bidang teknologi komputasi.

Saat ini, sudah berkembang berbagai macam program studi pada rumpun ilmu komputer.

Jadi, agar bisa membedakan dan tidak bingung antara satu dengan yang lain, kami akan jelaskan secara singkat domain dan batasan-batasan setiap program studi tersebut.

.

.

.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan Perguruan Tinggi di Indoensia membuat kurikulum dengan mengacu kepada Computing Curricula (CC2005) yang diterbitkan oleh The Joint Task Force for Computing Curricula.

CC2005 merupakan panduan dalam menyediakan program studi sarjana di bidang komputer yang terdapat 5 sub disiplin yaitu:

  1. Computer Engineering (Teknik Komputer)
  2. Computer Science (Ilmu Komputer/ Informatika)
  3. Information Systems (Sistem Informasi)
  4. Information Technology (Teknologi Informasi)
  5. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)

CC2005 membagi 5 (lima) lapisan fokus keilmuan komputasi, meliputi:

  • Arsitektur dan perangkat keras komputer;
  • Sistem infrastruktur;
  • Teknologi dan rekayasa perangkat lunak;
  • Teknologi aplikasi; dan
  • Sistem informasi dan manajemen organisasi.

CC2005 juga menetapkan dua arah metode pengembangan yaitu:

  • Pengembangan teoritis, yang mencakup teori, prinsip-prinsip dan inovasi;
  • Pengembangan aplikatif yang mencakup pengembangan aplikasi, implementasi dan konfigurasi.
Gambar Sistem Informasi

Dari diagram diatas dapat dilihat arah atau penekanan suatu program studi. Dimana ada yang lebih teoritis, ada yang lebih aplikatif, ada yang 22nya. Ada yang fokusnya di software, ada yang di hardware, ada yang 22nya.

Selain itu, pada gambar tersebut juga terlihat bahwa semua bidang beririsan satu sama lain. Artinya biarpun spesialisasinya berbeda-beda namun tetap saling melengkapi dan saling berkaitan satu sama lain.

.

.

.

Nah, sekarang mari berfokus membahas lebih dalam mengenai program studi Teknik Komputer (CE).

Gambar Sistem Informasi

Seperti yang dapat dilihat pada gambar diatas, dapat diketahui bahwa program studi Teknik Komputer lebih menekankan perangkat keras daripada perangkat lunak.

Pada cc2005 juga disebutkan bahwa Teknik Komputer mempelajari tentang perangkat lunak hanya untuk keperluan untuk mengembangkan perangkat terintegrasi.

Saat ini, area yang dominan dalam teknik komputasi adalah embedded system yaitu pengembangan suatu perangkat yang memiliki komponen perangkat lunak dan perangkat keras yang tertanam di dalamnya.

Bebrapa contoh perangkat embedded system seperti laptop, tablet, smartphone, smartwatch, mungkin juga smartpeople?

.

.

.

Saat ini, dijaman tiktok Revolusi Industri 4.0 tengah booming istilah Internet of Things atau disingkat IoT.

Iot adalah dimana berbagai macam perangkat akan terkoneksi dengan internet dan bisa terintegrasi/berhubungan satu sama lain. Intinya akan banyak pernagkat pintar kedepannya.

Kulkas jadi pintar, Mesin Cuci jadi pintar, TV jadi pintar, dan semoga netizen pun jadi pintar ~

Nahhhh, salah satu tujuan Program Studi Teknik Komputer adalah menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan perangkat-perangkat pintar tersebut.

Bagaimana tertarik?

Sebelum memutuskan pilihan dan agar kamu tidak salah jalan, kenali lebih dalam lagi tentang Progra Studi Sarjana Teknik Komputer dengan membaca ulasan ini sampai tuntas.

Semangat!

Dasar Sistem Digital + P

Dalam kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari semua tahapan perancangan dan implementasi dari sebuah sistem dijital. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu menganalisis rangkaian sistem digital sederhana, dan mampu membuat rancangan sistem digital menggunakan blok kombinasional dan sekuensial sederhana. Kuliah ini juga melibatkan beberapa kegiatan praktikum di laboratorium untuk melakukan desain, implementasi dan verifikasi sistem logika dijital. Beberapa perangkat keras dan perangkat lunak simulasi untuk rangkaian digital akan digunakan.


Pengantar Teknik Komputer + P

Kuliah ini merupakan sebuah pengantar pada dunia teknik komputer. Pada kuliah ini akan dibahas dasar-dasar yang dibutuhkan dalam pendidikan teknik komputer. Setelah mahasiswa mengikuti kegiatan mata kuliah ini, maka mahasiswa akan mampu menjelaskan perangkat yang terdapat dalam sistem komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Melalui kuliah ini, mahasiswa juga akan mampu merancang algoritma sederhana dalam pseudocode dan dapat mengimplementasikan algoritma tersebut dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.


Dasar Rangkaian Elektronika

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari komponen-komponen serta rangkain dasar elektronika. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan properti material dan cara kerja komponen elektronika dasar, seperti diode, transistor, op-amp, filter dan sebagainya.


Rangkaian Listrik

Kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai dasar rangkaian listrik. Setelah mengikutu kuliah ini mahasiswa akan mampu menganalisis rangkaian listrik dan elektronika sederhana menggunakan teknik yang sesuai. Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis rangkaian resistif, AC dan DC yang menjadi komponen dasar dalam teknik elektro.


Prakt. Rangkaian Listrik Dan Elektronik

Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari secara praktik komponen-komponen serta rangkain dasar elektronika dan rangkaian listrik. Setelah mengikuti praktikum ini, mahasiswa mampu menganalisis cara kerja rangkaian listrik dan elektronika sederhana menggunakan teknik yang sesuai


Algoritma

Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari cara mengevaluasi algoritma. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu menjelaskan dasar analisis algoritma; mampu menjelaskan algoritma klasik; mampu mengevaluasi algoritma berdasarkan kompleksitasnya


Organisasi Dan Arsitektur Komputer

Pada mata kuliah ini akan dibahas mengenai arsitektur dan organisasi dari sistem komputer. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu membedakan makna organisasi komputer dan arsitektur komputer, mampu menganalisis arsitektur komputer, khususnya desain instruksi-set, korelasi antara clock-speed dan kinerja CPU dan pengaruh struktur bus untuk kecepatan komputasi, mampu menguraikan peran memori cache dalam meningkatkan waktu akses memori, termasuk organisasinya dan metode updates. Mahasiswa juga akan mampu mengembangkan program-program kecil menggunakan set instruksi dasar dari hypothetical processor. Mahasiswa juga akan mampu menguraikan pengaruh teknik pemrograman untuk kecepatan komputasi. Mahasiswa juga akan mampu menganalisis desain prosesor canggih dalam meningkatkan komputasi kinerja seperti pipelining, prosesor paralel dan prosesor multicore


Struktur Diskrit

Pada kuliah ini mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar matematika diskrit dan menerapkannya untuk memeriksa dan mempelajari teknik-teknik komputasi modern dan membangun landasan untuk menganalisis masalah dalam teknik komputer dan mengembangkan solusi. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu membuat set dan fungsi, menerapkan teknik pembuktian serta, mampu menggunakan teori graph, tree, iterasi dan rekursi dalam berbagai kasus permasalahan di bidang teknik komputer


Pemrograman Lanjut

Pada mata kuliah ini akan dipelajari mengenai pemrograman menggunakan bahasa tingkat tinggi. Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan pemrograman modular dalam bentuk fungsi (by value dan by reference); mampu mengimplementasikan algoritma rekursi ke dalam bahasa C; mampu menggunakan array dalam program C; mampu membuat program dengan struktur data; mampu membuat program dengan struktur data dinamis


Perancangan Sistem Digital + P

Pada mata kuliah ini akan dibahas mengenai prinsip-prinsip dalam merancang sistem digital. Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mendesain dan menganalisis rangkaian sekuensial dan rangkaian kombinasional dengan menggunakan bahasa pemodelan hardware definition language (HDL) dan mampu melakukan sintesis ke dalam perangkat PLD seperti CPLD dan FPGA.


Sistem Berbasis Komputer

Pada mata kuliah ini akan dibahas mengenai teknologi mikroprosesor dan mikrokontroler. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu melakukan proses antarmuka ke alat I/O; mampu membuat program sederhana dalam bahasa Assembly untuk sistem embedded; mampu merancang sistem embedded sederhana meggunakan mikrokontroler


Praktikum Sistem Berbasis Komputer

Pada mata kuliah ini mahasiwa akan mempelajari secara praktek cara memprogram mikroprosesor dan mikrokontroler serta merangkai sistem embedded berbasis mikrokontroller. Setelah mengikuti praktikum ini diharapkan mahasiswa mampu melakukan proses antarmuka ke alat I/O, mampu membuat program sederhana dalam bahasa Assembly untuk sistem embedded dan mampu merancang sistem embedded sederhana meggunakan mikrokontroler 8051 dan ARM


Jaringan Komputer Dan Praktikum

Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari topik-topik mengenai jaringan komputer yang dibahas secara komprehensif dari layer 1 hingga layer 7. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu menerapkan berbagai protokol TCP/IP dan teknologi jaringan ethernet serta pengalamatan yang tepat dalam jaringan sederhana, mampu mengimplementasikan jaringan sederhana berbasis VLAN dan menerapkan berbagai routing protokol seperti static routing, RIP, Single Area OSPF serta memanfaatkan Access Control List, DHCP dan NAT untuk mendukung kemampuan jaringan, dan mampu menerapkan fitur akses kontrol dasar dalam jaringan komputer dan mampu memanfaatkan konsep pengalamatan dinamis dan menerapkan network address translation dalam jaringan komputer sederhana


Rekayasa Perangkat Lunak

Pada kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari cara merancang perangkat lunak dengan tahapan yang benar dan mampu mendokumentasikannya. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu membuat rancangan perangkat lunak menggunakan tahapan software life cycle yang benar dengan tingkat risiko yang diinginkan, mampu membuat rancangan perangkat lunak dengan tahapan yang benar; mampu mendokumentasikan tahapan rancangan perangkat lunak


Sistem Embedded 1

Pada mata kuliah ini, mahasiswa belajar membuat rancangan sistem tertanam (perangkat keras dan perangkat lunak) untuk aplikasi khusus. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu membuat rancangan sistem embedded dengan sensor dan aktuator secara sinkron dan asinkron


Sistem Operasi

Pada mata kuliah ini akan dibahas mengenai prinsip dasar sistem operasi generasi awal dan terkini. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan mampu menjelaskan sistem pengelolaan sumber daya sistem komputer, mampu menjelaskan teknik-teknik manajemen memori; mampu menjelaskan teknik-teknik manajemen penyimpanan data; mampu menjelaskan teknik-teknik manajemen sumber daya komputer; mampu menjelaskan arsitektur distributed systems


Desain Dan Manajemen Jaringan Komputer Dan Praktikum

Pada mata kuliah ini akan dipelajari cara merancang jaringan dengan skala yang lebih besar dengan mempertimbangkan aspek skalabilitas dan reliabilitas. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu mengimplementasikan berbagai teknik LAN redudancy dan Link Aggregation untuk meningkatkan skabalitas dan reliabilitas jaringan, mampu menggunakan OSPF dan EIGRP Routing protokol dalam skala jaringan yang lebih besar, serta mampu mendesain jaringan WAN dan Internet serta menerapkan prinsip dan prosedur manajemen jaringan


Sistem Basis Data Dan Praktikum

Pada kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep sistem basis data dan aplikasinya. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa mampu merancang basis data terstruktur dalam perancangan perangkat lunak dan mengimplementasikannya ke dalam sistem basis data SQL


Jaringan Telekomunikas

Pada kuliah ini akan dibahas mengenai sistem jaringan telekomunikasi. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan mampu menjabarkan prinsip dan metode dasar teknik telekomunikasi serta penggunaan perangkat telekomunikasi dalam sistem jaringan, mampu menjabarkan teknik-teknik modulasi dan multiplexing; mampu menjelaskan fungsi perangkat telekomunikasi dalam sistem jaringan


Keamanan Jaringan Komputer Dan Praktikum

Pada mata kuliah ini akan dipelajari teknik-teknik keamanan dalam jaringan komputer. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis dan mengimplementasikan aspek keamanan pada jaringan komputer, mampu menganalisa keamanan dan integritas data serta melakukan proteksi, mampu menerapkan teknikteknik authentikasi dan kriptografi dalam keamanan jaringan dan web.


Sistem Embedded 2 Dan Praktikum

Pada mata kuliah ini, mahasiswa belajar mengoptimalkan sumber daya dalam sistem embedded yang meliputi CPU, memory dan sumber daya lainnya. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan mampu membuat rancangan sistem embedded lanjut dengan memperhatikan hemat daya energi dan keperluan mobile dan networking


Pemrograman Berorientasi Objek Dan Praktikum

Pada kuliah ini akan dipelajari cara membuat program dengan konsep berorientasi objek. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mengimplementasikan rancangan perangkat lunak ke dalam bahasa pemrograman berorientasi objek; Mampu mendeklarasikan konsep pemrograman berorientasi objek (class, constructor, scope of variables); Mampu menjabarkan objek-objek dasar (array, array list, koleksi objek, iterator); mampu menjabarkan konsep perancangan class (coupling, kohesi, refactroing, inheritance, polymorph, subtitusi); mampu menerapkan pemrograman berbasis GUI, exception handling dan multithreading.


Teknologi Nirkabel

Pada mata kuliah ini, mahasiswa belajar dasar-dasar teknologi nirkabel termasuk cara kerja, teknik-teknik, dan standarisasi pada jaringan nirkabel dan mobile. Setelah mengikuti mata kuliah ini, peserta mampu menjelaskan dasar-dasar teknologi nirkabel, teknik-teknik pada jaringan nirkabel, standar teknologi IEEE 802.11, 802.15 serta mampu menganalisis proyeksi teknologi nirkabel masa depan.


Praktikum Jaringan Telekomunikasi

Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam melakukan eksperimen-eksperimen yang menganalisa dan mendemonstrasikan konsep-konsep teknik telekomunikasi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa mampu menjelaskan teknik-teknik modulasi dan multiplexing; mampu menjabarkan cara kerja semua komponen perangkat telekomunikasi dalam sistem jaringan


Interaksi Manusia Dan Komputer

Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari dan menerapkan pendekatan analitis dan teori HCI dalam memproduksi sebuah prototipe interaksi manusia dan komputer yang berkualitas tinggi, efektif, dan efisien. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa akan mampu Mampu membuat rancangan dan menganalisis antarmuka sebuah sistem berbasis komputer manusia.


Manajemen Proyek Teknologi Informasi

Pada mata kuliah ini akan dibahas mengenai prinsip manajerial pada proyek IT. Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan manajemen proyek, termasuk manajemen tim, penjadwalan, konfigurasi proyek, manajemen informasi, dan desain rencana proyek


Pemrosesan Sinyal Multimedia

Pada mata kuliah ini akan dibahas mengenai teknologi dalam pemrosesan sinyal multimedia untuk mendukung penyampaian informasi multimedia. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan mampu melakukan analisis sinyal multimedia dalam jaringan menggunakan teknik-teknik yang sesuai. Mahasiswa akan mampu menjabarkan komponen-komponen dalam file multimedia, teknik kompresi multimedia, mampu melakukan pengolahan dan analisis data multimedia seperti gambar, suara dan video. Mahasiswa juga akan mampu menerapkan algoritma pengolahan citra digital untuk menganalisis informasi di dalamnya.


✤ Sumber: kurikulum PS Sarjana Teknik Komputer Universitas Indonesia

Programmer

Memiliki kemampuan perancangan, pengembangan perangkat lunak pada perangkat berbasis komputer dan jaringan, dilengkapi dengan kemampuan merancang dan mengimplementasikan basis data sebagai bagian dari sistem berbasis komputer.

Contoh profesi: Programmer, Embedded Software Developer, Embedded Software Tester, Firmware Engineer


Perekayasa Sistem Komputer & Embedded System

Memiliki kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan solusi utuh dari sistem berbasis komputer dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak. Profil lulusan tersebut juga memilki pemahaman yang mendalam terkait arsitektur dan organisasi komputer, arsitektur sistem terdistribusi serta pemrosesan parallel. Profil lulusan ini dilengkapi dengan melakukan interfacing, pemilihan model komunikasi antar perangkat, model perangkat bergerak, I/O, akusisi data, aktuator dan fitur low power.

Contoh profesi: Computer Engineer/ Computer System Engineer, Embedded System Engineer, Firmware Engineer


Perekayasa Jaringan Komputer

Memiliki kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan infrastruktur jaringan komputer pada Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Internet, serta memiliki kemampuan dalam penggunaan aplikasi dan perangkat testing sebagai alat bantu pekerjaan dan mampu mengoperasikan perangkat-perangkat jaringan komputer, manajemen bandwidth dan implementasi keamanan pada tingkat jaringan.

Contoh profesi: Network Engineer/Network Administrator


Perekayasa Sistem Dan Layanan Berbasis Jaringan

Memiliki kemampuan untuk merencanakan, mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, memelihara dan mendokumentasikan infrastruktur server baik untuk perangkat keras, perangkat lunak dan sistem operasi. Mampu mengimplementasikan dan melakukan analisa aplikasi pemberi layanan (service), infrastruktur pembagian beban layanan (load balancing), pengelolaan sistem secara terdistribusi (cloud) dan manajemen sumber daya dinamis (virtualization). Memiliki kemampuan dalam manajemen backup dan restore dilengkapi dengan pemahaman dan kemampuan mengelola sistem keamanan ditingkat infrastruktur.

Contoh Profesi: Server Administrator, System Administrator


Perekayasa Sistem Cerdas Dan Otomasi

Memiliki kemampuan untuk melakukan integrasi bidang ilmu teknik komputer dan penerapan algoritma kecerdasan buatan untuk menyelesaikan permasalahan. Profil ini dilengkapi dengan kemampuan dalam melakukan akuisisi data melalui sensor, pengenalan sinyal, suara, atau citra untuk dikomputasi dengan mekanisme kontrol, dan menentukan proses aktuator.

Contoh Profesi: Smart System Engineer/developer


✤ Sumber: Tenik Komputer UB

Program Studi Teknik Komputer Akreditasi Unggul

  • Universitas Indonesia

Program Studi Teknik Komputer Akreditasi A

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Program Studi Teknik Komputer Akreditasi B

  • Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Universitas Telkom
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Syiah Kuala
  • Universitas Dinamika
  • Universitas Brawijaya

Program Studi Teknik Komputer Akreditasi Baik

  • Universitas Teknokrat Indonesia
  • Sekolah Tinggi Teknologi 10 November
  • Universitas Sains Cut Nyak Dhien
  • Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Universitas Wiralodra
  • Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta
  • Institut Teknologi Batam
  • Universitas Negeri Makassar

Program Studi Teknik Komputer Akreditasi C

  • Universitas Amikom Yogyakarta
  • Universitas Hamzanwadi
  • Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika & Teknik Komputer Agamua Wamena Papua


✤ Sumber: banpt.or.id diakses 21 April 2021

⚠ DISCLAIMER: Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for "fair use" for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.
❉ Bagikan kepada teman dan musuhmu ❉