Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi sudah meresapi segala aspek kehidupan manusia.
Dengan kemajuan teknologi khususnya teknologi komputasi, banyak hal positif yang didatangkan.
Untuk memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan baik, tetunya dibutuhkan ahli-ahli di bidang teknologi komputasi.
Saat ini, sudah berkembang berbagai macam program studi pada rumpun ilmu komputer.
Jadi, agar bisa membedakan dan tidak bingung antara satu dengan yang lain, kami akan jelaskan secara singkat domain dan batasan-batasan setiap program studi tersebut.
.
.
.
Perlu diketahui bahwa kebanyakan Perguruan Tinggi di Indoensia membuat kurikulum dengan mengacu kepada Computing Curricula (CC2005) yang diterbitkan oleh The Joint Task Force for Computing Curricula.
CC2005 merupakan panduan dalam menyediakan program studi sarjana di bidang komputer yang terdapat 5 sub disiplin yaitu:
CC2005 membagi 5 (lima) lapisan fokus keilmuan komputasi, meliputi:
CC2005 juga menetapkan dua arah metode pengembangan yaitu:
Dari diagram diatas dapat dilihat arah atau penekanan suatu program studi. Dimana ada yang lebih teoritis, ada yang lebih aplikatif, ada yang 22nya. Ada yang fokusnya di software, ada yang di hardware, ada yang 22nya.
Selain itu, pada gambar tersebut juga terlihat bahwa semua bidang beririsan satu sama lain. Artinya biarpun spesialisasinya berbeda-beda namun tetap saling melengkapi dan saling berkaitan satu sama lain.
.
.
.
Nah, sekarang mari berfokus membahas lebih dalam mengenai program studi Teknik Informatika/Ilmu Komputer (CS).
Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa Program Studi Ilmu Komputer (Computer Science) dominan berada pada area teoritis.
Maka tak salah jika di awal perkembangan program studi ini banyak Perguruan Tinggi yang menempatkannya pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau FMIPA bersama Program Studi yang meninitk beratkan pada pengembangan teori lainnya.
Tapi saat ini, di Indonesia lebih banyak kampus menggunakan nama Teknik Informatika dibandingkan Ilmu Komputer.
Hal ini dikarenakan Program Studi Teknik Informatika tidak hanya menitik beratkan pada teori, tetapi juga tentang penerapan ilmu komputasi dalam hal ini mencakup disiplin SE atau Software Engineering.
Jadi, secara singkat dapat dikatakan bahwa Prodi Teknik Informatika merupakan gabungan disiplin Computer Science dan Software Engineering.
Untuk melihat cakupan dari sub disiplin Software Engineering dapat dilihat pada gambar berikut:
Biasanya penggabungan sub disiplin Software Engineering pada Prodi ini dapat dilihat pada peminatan atau kosentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswanya. Salah duanya adalah Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Sepuluh November a.k.a ITS.
Prodi Teknik Informatika Universitas Braiwjaya memiliki 4 pilihan peminatan atau konsentrasi yaitu:
Sementara itu, Prodi Teknik Informatika ITS menawarkan 8 program keahlian yaitu:
Bagaimana dengan peminatan di kampus lain?
Tentu berbeda-beda. Perlu diingat bahwa biarpun suatu kampus mempunyai nama prodi yang 100% sama, tidak berarti apa yang dipelajari juga 100% sama.
Setiap kampus memiliki kurikulum dan kebijakan yang berbeda-beda.
Maka dari itu, mengenal lebih dalam kampus tujuanmu adalah hal yang penting. Bukan hanya akreditasinya, tapi juga kurikulum, fasilitas, harga outfit mahasiswanya dan lain-lain. Oke?
.
.
.
Sampai disini sudah ada gambaran tentang Prodi Teknik Informatika?
Tertarique?
Sebelum Sebelum memutuskan pilihan dan agar kamu tidak salah jalan, kenali lebih dalam lagi tentang Progra Studi Sarjana Teknik Informatika dengan membaca ulasan ini sampai tuntas. Oke?
Semangat!
Dikutip dari Website Teknik Universitas Pasundan, berikut adalah beberapa Karakter Mahasiswa yang Cocok untuk Teknik Informatika?
...
Kalaupun kamu belum memiliki karakter tersebut, jangan khawatir. Karakter itu bisa dibentuk, asalkan kamu mempunyai minat dan niat di bidang Informatika :))
#1
Pemerintah telah membina dan mendanai startup agar Indonesia tidak kalah dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Sejak 2015 pembinaan sudah dilakukan mulai dari 54 startup. Kini jumlahnya sudah mencapai 1.307 startup.
Pengamat pendidikan Universitas Paramadina Totok Amin berpendapat, untuk memulai suatu bisnis, maka yang perlu dibangun pertama kali adalah kreativitas, ketekunan, dan kompetensi-kompetensi dasar dalam berbisnis.
✤ Sumber: economy.okezone.com
#2
"Sekitar 30 persen saja (mahasiwa yang punya motivasi belajar TI). Ya itu, jurusan TI itu dipikirnya cuma belajar komputer, animasi atau apa, eh ternyata di dalam belajar pemrograman, di luar ekspektasi, tapi sudah terlanjur masuk kulilah dan susah keluar," papar Erma. Menurut survei Dicoding tentang demografi developer Indonesia, hanya 56 persen lulusan TI yang berkarir sebagai developer di perusahaan. Sisanya kebanyakan bekerja sebagai developer lepas.
Penelitian itu dilakukan pada bulan April lalu, melibatkan 150.000 developer TI yang tersebar di 460 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Fakta lain yang ditemukan, walaupun mayoritas responden merupakan lulusan TI, namun dua dari tiga responden mengaku baru "merasa" belajar programming setelah mengikuti kursus online, seperti yang diadakan Dicoding.
✤ Sumber: Artikel di Kompas.com
#3
Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang developer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software.
Menurut survey stackoverflow.com kurang lebih ada 16 jenis bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan pada tahun 2018 dari sekian banyak bahasa pemrograman. Yaitu: 1) JavaScript; 2) Java; 3) Python; 4) C#; 5) PHP; 6) C++; 7) C; 8) TypeScript; 9) Ruby; 10) Swift; 11) Go; 12) Kotlin; 13) Perl; 14) SQL; 15) VBA; dan 16) HTML dan CSS.
✤ Sumber: badoystudio.com
Dasar Pemrograman
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar mengenai konsep dasar-dasar pemrograman dan mempraktekkannya. Perkuliahan dilakukan di kelas dan praktik dilakukan di kelas maupun di laboratorium. Mahasiswa akan belajar tentang algoritma sederhana, cara menuangkan algoritma, konsep percabangan, konsep perulangan, input, proses dan output, merumuskan solusi algoritma untuk permasalahan iterative dan percabangan bertingkat, menelusuri dan mensimulasi eksekusi fungsi rekursif dan mengimplementasikan algoritma sesuai rumusan solusi dalam bentuk program dengan bahasa pemrograman tertentu.
Sistem Digital
Mata kuliah ini menjelaskan berbagai macam sistem bilangan, menentukan fungsi Boolean dari suatu sistem digital dan melakukan penyederhanaan menggunakan beberapa metode. Mata kuliah ini juga menjelaskan fungsi dan karakteristik berbagai komponen sistem digital dan menjelaskan proses analisis dan perancangansistem digital baik berupa rangkaian kombinasional maupun sekuensial.
Struktur Data
Mahasiswa akan mempelajari berbagai macam struktur penyimpanan, penyusunan dan pengaturan banyak data serta algoritma terkait. Konsep abstraksi data dibahas untuk menentukan jenis struktur data secara linear maupun non-linear dengan contoh-contoh permasalahan. Praktikum dalam bahasa C/C++ dilakukan untuk implementasi struktur
Organisasi Komputer
Matakuliah ini menjelaskan dasar kerja komputer dan komponen pembentuknya serta urutan untuk mengeksekusi suatu instruksi. Jugamenjelaskan organisasi dan fungsi setiap komponen pembentuk komputerserta menjelaskan konsep pipelining sebagai salah satu cara untuk pemrosesan secara paralel
Pemrograman Berorientasi Objek
Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan belajar memodelkan permasalahan pemrograman menggunakan konsep pemrograman berbasis objek. Konsep- konsep pemrograman berorientasi objek yang diajarkan antara lain berupa konsep kelas, inheritance, overriding, overloading, polimorfisme, abstractclass, dan interface. Mahasiswa juga akan diajarkan mengenai daur hidup objek di dalam memori komputer. Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk dapat memanfaatkan pustaka standar di dalam bahasa pemrograman objek (collections, iterator, GUI). Sehingga pada akhirnya mahasiswa dapat membuat program yang handal (reliable).
Aljabar Linier
Pada mata kuliah ini, mahasiswa belajar menyelesaikan masalah sistem persamaan linier (SPL) dengan menggunakan komputasi matriks.
Komputasi Numerik
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan komputasi kepada mahasiswa agar mampu menganalisa permasalahan numerik dan melakukan komputasi untuk mencari solusi pendekatan dengan metode yang benar, baik secara mandiri atau juga dalam kerjasama tim.
Matematika Diskrit
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar konsep logika, metode-metode pembuktian, struktur diskrit yang meliputi himpunan, fungsi dan relasi, konsep penghitungan, dan rekursif. Tujuan dari mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan konsep logika, metode pembuktian, himpunan, fungsi, induksi matematis & rekursi, relasi dan dapat mengaplikasikannya pada permasalahan nyata, baik dengan kinerja individu maupun secara berkelompok dalam kerjasama tim
Sistem Basis Data
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang bagaimanamemodelkan data dan informasi dalam bentuk diagram konsep dan diagram fisik serta menerapkannya ke dalam basis data dalam suatu DBMS menggunakan DDL. Mahasiswa juga belajar tentang konsep aljabar relasional dan DML serta penerapannya untuk mengelola data dan informasi dalam basis data. Mahasiswa juga belajar membuat aplikasi basis data untuk memanipulasi data dalam basis data. Perkuliahan dan praktek dilakukan di dalam kelas maupun laboratorium secara individual dan kelompok.
Sistem Operasi
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar mengenai konsep dasar-dasar sistem operasi dan mempraktekkannya. Perkuliahan dilakukan di kelas dan praktik dilakukan di kelas maupun di laboratorium. Mahasiswa akan belajar tentang konsep sistem operasi beserta manajemen dan strukturnya
Perancangan dan Analisis Algoritma
Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan belajar mengenai perancangan dan analisis algoritma dalam pemrograman. Konsep-konsep perancangan dan algoritma yang dibahas antara lain perhitungan kompleksitas algoritma dalam notasi asimtotik, menganalisis kebenaran menggunakan loop invariant dari algoritma iteratif (straight-forward) dan divide-conquer. Mahasiswa juga diharapkan mampu menjelaskan strategi dan analisis rancangan serta implementasi algoritma rekursif dan non rekursif untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan program yang nyata.
Probabilitas dan Statistik
Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar memahami Ruang Sampel, Ruang Kejadian, Aksioma probabilitas dan Menghitung Probabilitas, Probabilitas Bersyarat, Teorema Bayes, Probabilitas Diskrit dan Kontinu, Ekspektasi, Distribusi Sampling, Estimasi, Uji Hipotesis, Analisis Variansi dan Principle Component Analysis
Kecerdasan Buatan
Pada matakuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang intelligent agent baik secara teori di kelas maupun praktek melalui tugas project. Intelligent agent akan memanfaatkan algoritma pencarian (search), algoritma berbasis pengetahuan (knowledge-based) serta algoritma pembelajaran (learning- based.)
Manajemen Basis Data
Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari tentang pemodelan sistem kompleks di bidang industri sesuai dengan business rule yang diterapkan pada studi kasus. Dari pemodelan yang telah dibuat sebelumnya, mahasiswa akan menerapkan SQL Programming dan melakukan administrasi database untuk mendapatkan performa yang optima
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu melakukan analisis system yang diawali dengan menetapkan kebutuhan, Teknik-teknik mendapatkan kebutuhan, Strategi menganalisis kebutuhan. Mahasiswa mampu memodelkan kebutuhan dengan menggunakan notasi, metode dan tools yang ada seperti DFD, Kamus Data, UML (Obyek), FDD, ERD. Meliputi pemodelan proses dan pemodelan data.
Jaringan Komputer
Mahasiswa belajar mengenai cara komunikasi antar komputer. Bagaimana data bisa terkirim dari satu komputer ke komputer lain berdasarkan konsep OSI Layer
Pemrograman Web
Mahasiswa memiliki pemahaman yang mendalam, kritis dan sistematis tentang karakteristik dan prinsip desain website yang baik, mampu mendemonstrasikan bagaimana teknologi web digunakan pada situs-situs web terkini.
Grafika Komputer
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diberikan berbagai materi dan praktek agar mampu membuat program aplikasi grafik interaktif untuk mendesain objek tertentu yang sesuai dengan kebutuhan user di dunia nyata menggunakan pustaka grafika (misalnya OpenGL, Direct3D).
Kecerdasan Komputational
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang metode klasifikasi, metode clustering, metode optimasi, fuzzy logic serta kombinasi metode-metode tersebut.
Perancangan Perangkat Lunak
Pada mata kuliah ini, mahasiswa memahami prinsip-prinsip perancangan perangkat lunak, mampu mengurai kompleksitas pada domain permasalahan, mampu memilih pendekatan yang sesuai dengan domain permasalahan, mampu memilih arsitektur yang sesuai dengan perangkat lunak yang akan dibangun, mampu menggunakan pola-pola perancangan pada suatu permasalahan perancangan. Mahasiswa bisa membangun model perancangan perangkat lunakyang mampu mengantisipasi perubahan sesuai dengan studi kasus yang diberikan menggunakan pendekatan tertentu
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Pada mata kuliah ini, mahasiswa memahami prinsip-prinsip manajemen proyek perangkat lunak, mampu mengurai kompleksitas pada domain permasalahan, mampu memilih pendekatan yang sesuai dengan domain permasalahan, mampu memilih arsitektur yang sesuai dengan perangkat lunak yang akan dibangun, mampu menggunakan pola-pola perancangan pada suatu permasalahan perancangan. Mahasiswa bisa membangun model perancangan perangkat lunakyang mampu mengantisipasi perubahan sesuai dengan studi kasus yang diberikan menggunakan pendekatan tertentu
Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja
Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan belajar konsep dasar desain kerangka kerja dan memanfaatkan kerangka kerja yang sudah tersedia. Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan kerangka kerja pada sebuah proyek perangkat lunak dengan efektif dan efisien. Pemanfaatan kerangka kerja menyesuaikan dengan konteks proyek perangkat lunak yang sedang dikerjakan. Mahasiswa dapat mengidentifikasi kebutuhan kerangka kerja, batasan-batasan, keuntungan dan kerugian dari segi biaya dan waktu.
Teori Graf & Otomata
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan mengenai latar belakang perancangan bahasa pemrograman dan memberikan kemampuan
memodelkan permasalahan nyata menggunakan otomata sebagai alat pemodelannya (dengan studi kasus bahasa pemrograman).
Interaksi Manusia dan Komputer
Mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer berfokus pada proses desain interaksi antara manusia dengan komputer dan pembangunan antar muka untuk melakukan interaksi. Interaksi antara manusia dengan komputer, berlangsung di dalam antar muka yang melibatkan perangkat lunak dan perangkat keras. Desain antar muka berdampak pada daur hidup suatu perangkat lunak. Desain dan implementasi fungsi-fungsi pokok dalam suatu perangkat lunak mempengaruhi antar muka pengguna. Mata kuliah ini melibatkan beberapa lintas disiplin ilmu seperti: psikologi, ergonomi, antropologi, ilmu komputer, desain grafis dan produk.
Pemrograman Jaringan
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar bagaimana membuat aplikasi yang bisa berkomunikasi dengan aplikasi lain pada jaringan komputer dengan menggunakan socket programming. Selain itu mahasiswa juga belajar cara komunikasi antar aplikasi.
Rekayasa Kebutuhan
Mahasiswa belajar mengenai teknik-teknik untuk mengamankan informasi yang ada di dalam komputer dan membuat program yang aman.
Keamanan Informasi dan Jaringan
Mahasiswa belajar mengenai teknik-teknik untuk mengamankan informasi yang ada di dalam komputer dan membuat program yang aman
✤ Sumber: Kurikulum PS Sarjana Teknik Informatika ITS
Refyan S.
Wahai adik-adik yang saya kasihi,
Bila motivasi kalian masuk IT hanya karena kalian suka main game, ingatlah bahwa jurusan ini bukan untuk bermain. Di manapun yang namanya kuliah itu ya belajar. Kenapa saya bilang begini? Karena dulu banyak teman saya yang masuk ke jurusan komputer karena hobi main game dan mengira bahwa jurusan ini akan seindah hobinya tersebut.
Perlu diingat juga, yang diajarkan oleh pihak kampus itu lebih dari setengahnya tidak terpakai ketika bekerja nanti. Oleh karena itu, janganlah kalian hanya menunggu disuapi kampus.
Sekarang ini sudah banyak situs yang bagus untuk belajar programming, seperti MDN, Codeacademy, Freecodecamp, dan sebagainya. Perbanyaklah ilmu kalian dengan belajar dari luar kampus.
Saya selalu sarankan kalian agar membuka situs pencari kerja seperti Jobstreet atau Qerja. Tujuannya apa? Agar kalian dapat update apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dan cobalah untuk mempelajarinya.
Dan dengan kalian sering membuka situs lowongan kerja seperti ini, siapa tahu kalian menemukan lowongan yang pas, entah itu sebagai magang atau paruh waktu. Bila ada kesempatan itu, janganlah pernah kalian buang.
Jangan pikirkan tentang gaji terlebih dahulu karena kalian akan mendapat hal yang jauh lebih besar dari uang, yakni ilmu. Jujur, pengalaman saya magang 1 tahun itu lebih berguna daripada saya 3 tahun kuliah karena selama magang saya mempraktekan ilmu yang didapat secara langsung dan kontinu.
Semoga sukses.
✤ Baca selengkapnya di id.quora.com
Alifa Nurani Putri
...Mungkin banyak yang bertanya, kuliah bertahun-tahun di Informatika ITB ini dapat apa saja? Apa bedanya jika semua mata kuliah itu dipelajari sendiri? Apalagi coding, bisa dong otodidak? Nah, menurut saya ada satu hal yang membedakan, yaitu “pengalaman”.
Bagi orang biasa kayak saya, kuliah di Informatika ITB sangat amazing. Saya bisa bertemu, kenal, bekerja sama bersama teman-teman yang hebat dan imba, yang sangat saya kagumi bagaimana mereka bisa sangat tekun di bidang profesionalnya.
Apalagi coding, rasanya menjadi seseorang yang imba dalam coding memang kudu pinter, tapi kudu berpengalaman juga. Jadi, selama kuliah bertahun-tahun ini, ya selain belajar mata kuliah Informatika, sambil juga berlatih practice di bidang Informatika, salah satu yang sering diasah adalah kemampuan coding. Dan saya yakin, kalau ingin menjadi seseorang yang sukses di bidang IF ini, tetap harus jago coding, walaupun bukan sekedar jago coding...
✤ Baca selengkapnya di alifanuraniputri.wordpress.com
Nandatamaraa
Bangga ?
Jelaaaass~ Buat bisa lolos Teknik Informatika itu tidak mudah, karena peminatnya yang banyak.
...
Setelah masuk masa perkuliahan, apa masih bangga?
Nah, itu masalahnya. Kebanggaan itu belum tentu berlangsung lama. Terutama bagi mereka yang mulai merasa Teknik Informatika bukan passion-nya. Bukan makin naikin semangat kuliah, yang ada bikin merasa tersesat. Nggak heran kalo ada beberapa orang yang awalnya lolos Teknik Informatika tiba-tiba menghilang tanpa jejak -____-
Mata kuliahnya mudah ?
Awalnya sih emang masih mudah. Tapi setelah menjalani masa-masa sebagai mahasiswi Teknik Informatika selama hampir 2 tahun, mulai terasa susahnya -____- Bukannya mau nakut-nakutin, tapi ya emang gitu kenyataannya.
Suatu program atau aplikasi yang menurut kita biasa-biasa aja, belum tentu coding-nya juga sebiasa-biasa aja tampilannya. Contoh sederhana, biasanya kalo mau bikin baris baru kita tinggal tekan “Enter”. Nah kalo udah masuk ke bahasa pemrograman, “Enter” yang tinggal tekan aja itu ada syntax sendiri. Udah gitu, seringnya sih lain bahasa pemrograman, ya lain lagi syntax-nya. Baru pemrograman, belum masalah jaringan -___-
Mudah ?
Kata “mudah” di dunia perkuliahan itu hanyalah mitos dik adik :’) Tidak hanya Teknik Informatika, mau program studi apa pun itu, pasti ada enak dan nggak enaknya. Maka dari itu, sebelum memilih, teliti dulu. Apa program studi yang kita pilih udah sesuai dengan keahlian kita ? Kuliah itu nggak segampang dan seenjoy sekolah. Ibaratkan orang yang salah ambil langkah, nggak nutup kemungkinan dia bakal jatuh...
✤ Baca selengkapnya di nandatamaraa.blogspot.com
Yohanes Gultom
Q: Apa saja kenyataan pahit yang Anda terima sebagai lulusan Teknik Informatika di Indonesia?
A:
Tidak ada. Dengan meningkatnya kebutuhan akan lulusan teknik informatika/ilmu komputer dan ditambah melimpahnya materi belajar & komunitas daring (online), saya tidak bisa menemukan kenyataan yang pahit.
Soal gaji saya rasa hanya masalah supply & demand. Kebanyakan lulusan teknik informatika/ilmu komputer berkualitas yang saya temui, jarang sekali mengeluh soal gaji. Yang mereka lakukan jika tidak puas dengan gaji, adalah:
Cek kebutuhan (requirement) posisi dengan gaji yang diinginkan di perusahaan lama atau perusahaan lain.
Introspeksi & tingkatkan kemampuan & pengalaman (kalau perlu, lakukan di luar jam kerja) untuk mencapai kebutuhan posisi dari langkah 1.
Setelah merasa punya kemampuan & pengalaman cukup, ajukan promosi atau kirim lamaran ke posisi dari langkah 1. Jika belum berhasil, ulangi langkah 1–3.
Perlu diingat juga, kesempatan untuk bekerja di luar negeri juga sudah semakin terbuka. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:
Ikuti & menangkan kompetisi internasional seperti Google Jam, HackerRank, Kaggle. dsb. Jika menang, tinggal tunggu saja tawaran-tawaran berdatangan.
Kirim lamaran langsung ke perusahaan di luar negeri. Semakin dekat (secara geografis) negara tsb, semakin besar kemungkinan diterimanya.
Bekerja di perusahaan nasional yang memiliki proyek-proyek di luar negeri. Saat bekerja di sana, coba melamar & wawancara di perusahaan-perusahaan local
Bekerja jarak jauh (remote) melalui layanan sejenis upwork.com, freelancer.com, remoteok.io dsb. Belakangan, stackoverflow.com juga menayangkan lowongan kerja remote.
✤ Baca selengkapnya di id.quora.com
Pada era hingar bingar sekarang ini, IT sudah menjadi kebutuhan mutlak bukan hanya untuk organisasi tetapi juga untuk setiap individu. Oleh karena itu, kebutuhan tenaga kerja profesional di bidang Teknik Informatika ini sangat tinggibaik di tingkat nasional maupun internasional. Selain diserap oleh pasar tenaga kerja, seorang lulusan Teknik Informatika juga dapat dengan mudah menjadi seorang entrepreneur dengan keahlian dan kreativitasnya di bidang ilmu Informatika.
Sebagai gambaran, dikutip dari Website ITB, berikut adalah beberapa bidang yang dapat ditekuni oleh Sarjana Teknik Informatika:
Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.
Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak
Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.
Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan
Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.
Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.
Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informatika sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, telekomunikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.
Terkait dengan ukuran perangkat lunak, sarjana informatika dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenar-an fungsi dari sebuah perangkat lunak.
Dengan berbagai bekal keinformatikaan yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.
Dengan berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.
Selain bidang-bidang profesional di atas, sarjana Teknik Informatikajuga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.