Ulasan Program Studi Sarjana
Tata Busana


ZEBRACROSS.ID - 03/05/2021

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tata Busana berarti cara-cara (aturan-aturan) dalam berpakaian dan berhias.

Seperti yang kamu sadari bahwa cara berpakaian dan berhias spesies homo sapiens terus berubah. Maka dari itu, seorang yang ahli dalam bidang tata busana sangat diperlukan dalam dunia yang hingar bingar ini.

Pendidikan di bidang tata busana sudah tersedia mulai dari tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK)

Tapi untuk beberapa orang yang ingin lebih memperdalam ilmunya di bidang tata busana, terdapat pula pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi baik itu pendidikan vokasional atau diploma dan pendidikan akademik atau sarjana.

Kedua jenis pendidikan tersebut memiliki tujuan yang kurang lebih sama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian profesional di bidang tata busana.

Hanya saja pada jenjang sarjana lulusannya juga dapat menjadi tenaga pengajar atau guru pada Sekolah Menengah Kejuruan. >Bahkan jika lulusan sarjana melanjutkan studi pascasarjana atau magister, lulusannya dapat menjadi Dosen.

Tapi tentu saja beban studi sarjana juga lebih berat dibandingkan diploma, karena pada tingkat ini, Mahasiswa juga akan diajarkan banyak mata kuliah terkait ilmu kependidikan dan pengajaran.

.

.

.

Bagaimana kisanak? Sampai disini sudah ada sedikit gambaran tentang pendidikan Tata Busana?

Agar gambaranmu tentang Prodi Tata Busana dan Tata Rias lebih lengkap. Baca ulasan ini sampai tuntas.

Semangat!

Fesyen belakangan menjadi industri yang menguntungkan di Indonesia, karena melihat pertumbuhannya selalu meningkat.

Berdasarkan data dari CNBC Indonesia (2019), perkembangan industri Fesyen mampu berkontribusi sekitar 18,01% atau Rp 116 triliun. Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) juga terus melakukan upaya untuk menguatkan ekosistem dan mendorong pertumbuhan pada subsektor ini.

Fashion bukan hanya sebagai kebutuhan primer saja, namun sudah menjadi kebutuhan artistik sehingga mampu mendorong pertumbuhan industri ini lebih pesat. Menurut data pada tahun 2017, industri fesyen di Indonesia telah menyumbang kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto nasional sebesar 3,76 persen, dengan nilai ekspor mencapai 13,29 Milyar Dollar Amerika.


✤ Sumber: binus.ac.id

Dasar Busana

  • Menelaah kajian sosiologis sejarah dan asal usul budaya berbusana.
  • Memperinci bentuk bentuk dasar busana.
  • Menganalisis perkembangan busana dari abad keabad.
  • Menganalisis perkembangan busana barat dan timur.
  • Menganalisis perkembangan budaya busana di berbagai wilayah Indonesia.
  • Menganalisis trend mode busana.

Piranti Jahit

  • Mendeteksi jenis mesin jahit.
  • Mendeteksi fungsi mesin jahit.
  • Mengoperasikan mesin jahit.
  • Memelihara mesin jahit.
  • Mendeteksi jenis alat bantu menjahit.
  • Mendeteksi fungsi alat bantu menjahit.
  • Mengoperasikan alat bantu menjahit.
  • Memelihara alat bantu menjahit

Ilmu Bahan Busana

  • Memilih jenis dan fungsi bahan pelapis dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi bahan pengeras dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi zipper dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi kancing dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi benang dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi elastik dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi renda dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi pita dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi sequin dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi manik-manik dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi perangkai aksesoris dalam produksi busana.
  • Memilih jenis dan fungsi baleen dalam produksi busana.

Ilmu Tekstil

  • Merinci penggolongan serat tekstil.
  • Mendeskripsikan jenis, sifat, dan karekteristik serat alam, rayon dan buatan.
  • Mendeskripsikan macam-macam benang tekstil beserta sifat dan karakteristiknya.
  • Mengidentifikasi serat dengan uji pembakaran.
  • Merinci konstruksi dan karakteristik kelompok kain woven, knit, crochet, net, dan braiding.
  • Merinci konstruksi dan karakteristik material non-woven.
  • Mengkategorikan kain menurut konstruksinya.
  • Mengklaster kain.
  • Menyiapkan dan menyempurnakan kain.

Pendidikan Konsumen

  • Memahami hak dan kewajiban konsumen.
  • Memahami Undang-undang perlindungan konsumen.
  • Menjelaskan ciri konsumen yang bertanggung jawab.
  • Menganalisis perilaku konsumen dan pola kebutuhan konsumen.
  • Memahami prosedur pengaduan konsumen.
  • Memahami fungsi iklan dan promosi bagi konsumen.
  • Memahami prinsip pengelolaan keuangan.
  • Memahami cara memilih produk busana dan kosmetik.
  • Menganalisis issue dan trend yang berkembang terkait dengan perilaku konsumen dalam memilih produk dan pemenuhan kebutuhannya.

Dasar Desain

  • Menjelaskan tentang unsur-unsur disain.
  • Menjelaskan prinsip-prinsip disain.
  • Menjelaskan tentang teknik dasar warna.
  • Memilih alat dan bahan menggambar.
  • Mengoperasikan alat dan bahan menggambar.
  • Membentuk teknik gores dan teknik arsir.
  • Menggambar dengan menerapkan unsur dan prinsip disain.

Anatomi Tubuh

  • Merumuskan cara menggambar proporsi tubuh wanita, pria, dan anak secara proporsi.
  • Menggambar tiga macam rangka tubuh manusia (rangka benang, balok, elips).
  • Merumuskan cara menggambar proporsi tubuh wanita, pria, dan anak secara illustrasi.
  • Menggambar bagian-bagian tubuh wanita, pria maupun anak.
  • Mennggambar proporsi tubuh wanita, pria, dan anak lengkap dengan berbagai pose.

Sketsa Busana

  • Menelaah konsep teori sketsa busana.
  • Menggambar bagian-bagian busana.
  • Merancang busana wanita.
  • Merancang busana pria.
  • Merancang busana anak.
  • Menciptakan busana menggunakan kain bertekstur halus.
  • Menciptakan busana menggunakan kain bertekstur kasar.
  • Merancang aksesoris.
  • Mewarna menggunakan pinsil, crayon, pastel.
  • Mewarna menggunakan spidol/stabilo.
  • Mewarna menggunakan cat air/poster.

Bahasa Inggris Terapan

  • Memberikan pengetahuan lebih lanjut tentang struktur, gaya bahasa tulis, dan peristilahan di bidang busana dan sektor pendukungnya.
  • Memberikan wawasan dan keterampilan cara-cara berkomunikasi bahasa Inggris Mampu merefleksikan cara berkomunikasi bahasa Inggris pada kegiatan-kegiatan di bidang Indutri busana.
  • Pengenalan serta pembahasan lebih lanjut tentang pemahaman bacaan dan tulisan dibidang busana (clothing industry).

Komputer Terapan I

  • Memahami teori tentang desain grafis.
  • Memahami macam-macam desain grafis untuk bidang busana.
  • Mengoperasikan macam-macam desain grafis untuk bidang busana.
  • Mendesain busana dengan menggunakan Corel Draw.
  • Membentuk pola dengan AutoCad.
  • Mewarna dengan PhotoShop.

Penulisan Karya Ilmiah

  • Memahami Dasar Penulisan Karya Ilmiah.
  • Mendiskripsikan bentuk/macam penulisan karya ilmiah yang relevan dengan bidangnya.
  • Memahami tata tulis karya ilmiah, karya alternatif dan penulisan populer.
  • Memahami kerangka penulisan karya ilmiah, karya alternatif dan penulisan populer.
  • Membuat karya ilmiah yang relevan.
  • Membuat tulisan populer.

Keserasian Berbusana

  • Menjelaskan konsep dasar keserasian berbusana.
  • Menjelaskan konsep tata rias diri.
  • Menyerasikan busana.
  • Merias muka.
  • Merias rambut.
  • Memadankan busana, tata rias muka dan tata rias rambut sederhana.

Kriya Tekstil I

  • Membuat tusuk dasar bordir mesin pada fragmen.
  • Membuat tusuk dasar sulaman tangan pada media fragmen.
  • Membuat hiasan bordir mesin pada busana.
  • Membuat hiasan bordir mesin pada lenan.
  • Membuat hiasan sulaman tangan pada busana.
  • Membuat hiasan sulaman tangan pada lenan

Konstruksi Pola Dan Pecah Model

  • Menjelaskan sejarah pola busana.
  • Mendeteksi tanda-tanda pola.
  • Merinci macam-macam pola dasar.
  • Mengukur badan.
  • Membentuk pola dasar wanita, pria dan anak.
  • Membentuk lipit pantas.
  • Memecah pola krah.
  • Memecah pola lengan.
  • Menganalisis pecah pola rok, blus, dan gaun.
  • Merancang bahan dan harga.

Teknik Dasar Menjahit

  • Memilih alat dan bahan untuk menjahit.
  • Menjahit macam macam kampuh yang meliputi kampuh balik, kampuh pipih, kampuh sarung, kampuh buka, kampuh tutup.
  • Menjahit penyelesaian tepi yang meliputi rompok, serip, depun, lapisan bentuk segitiga, segi empat dan bentuk U.
  • Menjahit belahan yang meliputi belahan satu lajur, belahan sama, belahan pasepoal, belahan manset.
  • Menjahit saku yang meliputi saku tempel, saku klep, saku pasepoal dan saku sisi.
  • Menjahit ban pinggang dengan karet samping, ban pinggang tanpa karet.
  • Menjahit opening system, meliputi ritz jepang dan ritz biasa.
  • Menjahit berbagai macam kancing.
  • Mengaplikasikan berbagai teknik jahit pada busana.

Draping

  • Menjelaskan teknik draping.
  • Merinci alat draping.
  • Membentuk pola dasar busana menggunakan teknik draping.
  • Membentuk draping pola blus pas badan.
  • Membentuk draping gaun pas badan.
  • Membentuk pola draping rok klok.
  • Membentuk pola draping rok lipit.
  • Membentuk pola draping rok pias.
  • Menganalisis pola draping.
  • Mempresentasikan pembuatan busana teknik draping.

Teknik Pembuatan Busana Wanita

  • Menganalisis Model Blouse, Rok, gaun serta modifikasinya.
  • Pecah Pola Blouse, Rok, Gaun serta modifikasinya.
  • Merancang bahan dan harga blouse, rok dan gaun.
  • Memotong blouse, Rok dan Gaun serta modifikasinya.
  • Menjahit Blouse, rok dan gaun serta modifikasinya.
  • Mempresentasikan hasil praktikum menjahit

Teknik Pembuatan Busana Anak

  • Menjelaskan konsep busana anak.
  • Memilih bahan utama dan bahan pelengkapnya.
  • Memecah pola busana anak.
  • Memproduksi jenis busana bermain, tidur, pesta, rekreasi.
  • Mengaplikasikan berbagai macam material busana.
  • Menganalisis mode busana anak.

Teknik Pembuatan Busana Pria

  • Menelaah pengertian tentang busana pria.
  • Menganalisis detil-detil mode busana pria.
  • Membuat pola busana pria; pembuatan kemeja, baju koko, piyama, dan celana panjang.
  • Memotong busana pria dengan material yang sesuai.
  • Menjahit busana pria.
  • Mengerjakan penyelesaian jahitan busana pria.
  • Membuat laporan langkah-langkah pembuatan busana pria

Desain Hiasan Busana

  • Menjelaskan konsep dasar desain hiasan busana.
  • Menerapkan teori desain hiasan pada busana.
  • Menerapkan desain hiasan pada lenan.
  • Memahami pengetahuan tentang berbagai material untuk menghias pakaian.
  • Membuat desain teknik sulaman dan lekapan.
  • Membuat pola hiasan busana dan lenan

Grading

  • Menjelaskan penghitungan cacat kain.
  • Menghitung cacat kain.
  • Merumuskan pengertian grading.
  • Memahami persyaratan membuat grading pola.
  • Merinci langkah-langkah membuat grading pola.
  • Mempresentasikan pembuatan grading untuk berbagai jenis pola (pola dasar, pola blus,
  • rok, gaun, kemeja, dan celana panjang).
  • Mempresentasikan laporan hasil membuat grading pola.
  • Menganalisis grading untuk berbagai jenis pola.

Komputer Terapan II

  • Menjelaskan software bidang industri busana.
  • Memahami macam-macam software untuk bidang industri busana (desain, membuat pola, marker, grading dan plotting).
  • Mengoperasikan software untuk bidang industri busana untuk pembuatan desain, pembuatan pola busana, desain batik, desain border

Teknik Pembuatan Busana Industri

  • Memahami konsep dasar industri busana.
  • Menganalisis pembuatan pola busana, pecah pola dan grading pola busana.
  • Menguasai proses dan alir produksi pembuatan busana di dalam suatu industri busana,
  • Menguasai teknik dan proses pembuatan busana Industri, dengan menggunakan teknik mass production, mulai dari pattern marker, cutting, sewing, dan finishing.
  • Mempraktekktan pembuatan busana dengan teknik industri busana.
  • Membuat laporan produksi.

Tailoring

  • Presentasi berbagai jenis material/kain.
  • Membuat fragmen belahan jas.
  • Membuat fragmen padding.
  • Mengukur badan.
  • Mendesain modelkemeja motif sambung, blazer/jas, dan celana panjang.
  • Membuat pola kemeja motif sambung, blazer/jas.
  • Membuatpolacelana panjang di atasbahan/kain.
  • Merancang harga dan bahan kemeja motif sambung, blazer/jas, dan celana panjang.
  • Memotongbahan kemeja motif sambung, blazer/jas, dan celana panjang.
  • Menjahit kemeja motif sambung, blazer/jas, dan celana panjang.
  • Finishingkemeja motif sambung, blazer/jas, dan celana panjang.
  • Menyusun laporan tertulis hasil praktek pembuatan kemeja motif sambung, blazer/jas, dan celana panjang.

Teknik Menjahit Adibusana

  • Mampu mengidentifikasi material adibusana.
  • Mampu mengidentifikasi model adibusana.
  • Mampu mengidentifikasi teknik jahit adibusana.
  • Mampu menerapkan prinsip teknik jahit adibusana pada produk bustier dari material halus dan bertiras (sutera).
  • Mampu menerapkan prinsip teknik jahit adibusana pada produk kebaya dari material berpori (lace dan brocade).
  • Mampu menerapkan prinsip teknik jahit adibusana pada produk gaun pesta malam dari material melangsai dan transparan (chiffon dan sejenisnya).
  • Mampu membuat laporan produksi secara tertulis.

Ilmu Lingeri

  • Memahami pengetahuan tentang lingeri.
  • Memilih bahan dasar lingeri.
  • Menyusun perencanaan produksi panties, bra, sleepwear dan shapewear.
  • Membuat pola panties, bra, sleepwear dan shapewear.
  • Membuat basic panties.
  • Membuat basic bra.
  • Membuat sleep wear.

Kriya Tekstil II

  • Memahami teori surfaces design pada kain.
  • Memahami teori pewarnaan sintetik dan natural untuk kain.
  • Merancang resep pewarnaan.
  • Praktik membuat celup ikat (tie dye).
  • Memahami teori corak dan motif batik.
  • Praktik membuat batik.
  • Memahami teori dasar merajut.
  • Praktik membuat kain rajut.

Pelengkap Busana

  • Memahami konsep dasar aksesoris dan milineris.
  • Memahami alat dan bahan pembuatan pelengkap busana.
  • Memahami teknik dasar rangkaian macramé beserta penyelesaiannya.
  • Memahami teknik dasar rangkaian manic-manik beserta penyelesaianya.
  • Memahami teknik dasar crochet beserta penyelesaiannya.
  • Merancang rangkaian macramé, manik-manik, dan crochet pada aksesoris (kalung, giwang, gelang, headband, dsb).
  • Membentuk aksesoris (kalung, giwang, gelang, headband, dsb) dengan teknik rangkaian macramé, manik-manik, dan crochet.
  • Membuat milineris (dasi dan cluth bag).
  • Menghitung perkiraan harga jual pelengkap busana (aksesoris dan milineris).
  • Menyusun laporan pembuatan pelengkap busana.
  • Menganalisis issue dan trend pelengkap busana yang berkembang.

MUB Industri

  • Memahami teori dasar mengelola industri busana.
  • Menguasai alur kerja dalam organisasi Industri busana.
  • Membuat bussines plan untuk mengelola usaha busana yang sesuai dengan aspek dan prinsip manajemen usaha busana.
  • Mengelola usaha busana secara profesional dan bertanggung jawab.
  • Membuat laporan pembukuan tertulis secara komprehensif.
  • Mengevaluasi industri busana secara total, baik produk, kinerja personalia, keuangan maupun managemen usaha.

Perencanaan Pameran

  • Mampu membuat perencanaan project pameran busana.
  • Mampu melaksanakan perencanaan project pameran busana.
  • Mampu menyelenggarakan pameran busana.
  • Mampu membuat laporan kegiatan pameran busana.

MUB Modiste

  • Merancang usaha busana modiste/tailor.
  • Melalukan pengelolaan usaha modiste/tailor.
  • Mengevaluasi pelaksanaan usaha.
  • Melaporkan kegiatan usaha.

Perencanaan Modiste

  • Merencanakan produksi project Usaha Modiste.
  • Menampilkan pekerjaan pelayanan prima pada Usaha Modiste

MUB Butik

  • Merancang usaha Butik.
  • Mengelola usaha Butik.
  • Mengevaluasi pelaksanaan usaha Butik.
  • Menyusun laporan kegiatan usaha Butik

Perencanaan Butik

  • Merencanakan produksi project Usaha Butik.
  • Menampilkan pekerjaan pelayanan prima pada Usaha Butik.

Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

  • Memahami Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
  • Memahami Perundang-undangan K3.
  • Memahami Sistim Manajemen K3.
  • Menganalisis dan mencegah Kebakaran.
  • Memahami Alat Pelindung Diri.
  • Memahami K3 Listrik.
  • Memahami konsep dan aplikasi Ergonomi.
  • Menganalisis dan mencegah Bahan Beracun Berbahaya (B3).
  • Menguasai implementasi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K).
  • Memahami Pertolongan dan Pencegahan K3 (P2K3).
  • Memahami Penyakit Akibat Kerja.
  • Merencanakan Gizi Kerja.
  • Konsep dan aplikasi Promosi Kesehatan.
  • Menganalisis Dampak Lingkungan dan NAB.
  • Memahami Alat Pelindung Mesin.

Kewirausahaan

  • Memahami konsep dan dasar-dasar usaha.
  • Memahami bentuk-bentuk usaha.
  • Memahami dasar-dasar organisasi dan manajemen perusahaan.
  • Memahami menajemen sumberdaya manusia.
  • Memahami manajemen keuangan dan perbankkan.
  • Memahami dasar-dasar akuntansi usaha.
  • Memahami manajemen produksi dan operasi.
  • Memahami manajemen pemasaran.
  • Memahami manajemen resiko.
  • Memahami manajemen strategi.
  • Memahami sistem informasi manajemen dan perpajakan.
  • Menyusun rencana bisnis wirausaha.

Manajemen Usaha Busana

    Mampu menjelaskan dasar-dasar pengetahuan tentang manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan manajemen keuangan yang diterapkan dalam manajemen usaha busana.


Statistik Terapan

  • Mampu menganalisa konsep deskriptif dan inferensial, mampu menjelaskan dan menganalisa distribusi frekuensi, tendensi sentral, variabilitas, kurve normal.
  • Mampu membedakan jenis data metrik dan non-metrik dalam statistika.
  • Memiliki kemampuan mengolah data analisis korelasional, regresi sederhana, regresi ganda, uji t, analisis varian, data statistik non-parametrik.
  • Mampu membaca dan menginterpretasikan hasil penghitungan data-data tersebut.

Pameran

  • Menyususn acara pameran busana (fashion display) secara logis, kritis, kreatif dan inovatif,
  • Mendeteksi ramalan trend busana satu tahun mendatang secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
  • Merencanakan dan menata lokasi pameran dengan cermat dan teliti.
  • Melaksanakan proses cutting , sewing , finishing sesuai desain produksi.
  • Merancang sketsa busana original.
  • Memproduksi pola sesuai desain produksi secara cermat dan teliti.
  • Menyeleksi kualitas dalam proses memilih product benda jadi hasil praktikum sesuai dengan sub tema.
  • Menjalin kerjasama yang baik dan benar dengan pihak sponsor.
  • Menjalin kerjasama dalam menyelenggarakan acara pameran.
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban acara pameran.
  • Komunikasi Audiovisual.

Psikologi

  • Menjelaskan makna perbedaan-perbedaan individu dalam industri.
  • Menganalisis jabatan.
  • Mengukur kecakapan kerja karyawan (Measuring Employee Proficiency).
  • Mendiskripsikan pelatihan dan pengembangan personil.
  • Menganalisa tinjauan psikologi dan masalah kewirausahaan.
  • Menyusun pemikiran secara akademik.
  • Menyajikan dalam bentuk visual maupun oral.

Praktik Kerja Lapangan Bidang Busana

    Matakuliah ini memberikan pengalaman praktik sebagai upaya penerapan pengetahuan, keterampilan, dan disiplin kerja pada dunia Industri bidang busana, serta pelaporannya.


Pengantar Pendidikan

    Mengkomunikasikan hakekat pendidikan (sebagai ujung tombak pembaharuan di masyarakat; sebagian dari mekanisme peningkatan mutu kehidupan masyarakat secara luas); konteks dan interaksi pendidikan sekolah dan di luar sekolah; pendidikan untuk semua dan pendidikan sepanjang hayat), dasar teori-filosofis, psikologis, sosial dari pendidikan dan integrasinya untuk mendorong calon guru/tenaga didik menjadi praktisi yang reflektif terhadap issue pendidikan dengan penekanan pada sistem organisasi pendidikan–sekolah dan arah pendidikan masa datang


Perkembangan Peserta Didik

    Mempresentasikan dasar-dasar psikologi–perkembangan peserta didik terhadap pendekatan kebutuhan, motivasi, dan mengatasi permasalahan relevan dengan pembelajaran.


Belajar Dan Pembelajaran

    Mempresentasikan hakekat belajar dan pembelajaran, teori belajar dan pembelajaran serta implikasinya bagi pemilihan model pendekatan


Kurikulum Pendidikan Teknologi Kejuruan

    Memahami teori/konsep, model, dan implementasi kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan


Sumber Belajar

    Mengembangkan dan memanfaatkan berbagai sumber belajar untuk kepentingan pembelajaran.


Perencanaan Pembelajaran

    Merancang proses pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang memberdayakan peserta didik.


Evaluasi Pembelajaran

    Mengembangkan instrumen penilaian, melakukan pensekoran dalam penilaian, dan memanfaatkan hasil penilaian.


Pembelajaran Mikro

  • Memahami konsep dasar pembelajaran mikro.
  • Mengidentifikasi lingkup pembelajaran mikro.
  • Karakteristik peserta didik dan implikasinya dalam komunikasi pembelajaran.
  • Pola interaksi, unsur, model dan prinsip komunikasi pembelajaran serta aplikasinya dalam pembelajaran.
  • Keterampilan dasar mengajar.
  • Praktik pembelajaran.
  • Keterampilan melakukan refleksi hasil pembelajaran

Kajian Dan Praktek Lapangan (KPL)

  • Mahir menyusun perangkat pembelajaran.
  • Mahir menerapkan praktik pembelajaran pada latar kelas sesungguhnya.
  • Mahir melakukan refleksi melalui lesson study dalam rangka meningkatkan kinerja secara berkelanjutan, serta
  • Memiliki sikap dan perilaku yang profesional sebagai calon guru.

Etika Profesi Keguruan

  • Memahami konsep dasar etika profesi.
  • Mengidentifikasi teori etika.
  • Membedakan etika dan etiket.
  • Menganalisis kode etik profesi pengelola usaha, dan tenaga kependidikan bidang boga.
  • Bekerja sama (team work) dalam satu team.
  • Menjaga standar penampilan diri sebagai pengelola usaha, dan tenaga kependidikan bidang boga.

Komunikasi Pendidikan

  • Memahami pengertian dan bentuk bentuk komunikasi dalam dunia pendidikan.
  • Memahami tujuan komunikasi dalam dunia pendidikan.
  • Memahami Model komunikasi.
  • Memahami Prinsip komunikasi.

✤ Sumber: Kurikulum PS Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang

  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup pendidikan tata busana untuk memahami potensi peserta didik SMK Pariwisata Bidang Keahlian Tata Busana dalam layanan pendidikan tata busana pada pendidikan formal
  2. Mampu mengembangkan kurikulum Pendidikan Tata Busana SMK
  3. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pada berbagai pendidikan tata busana.
  4. Mampu mengembangkan dan mengelola pembelajaran pendidikan tata busana sesuai dengan prinsip pedagogic
  5. Mampu menerapkan berbagai pendekatan dan metode pengajaran pendidikan tata busana
  6. Mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK dalam pengajaran tata busana
  7. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam menentukan berbagai alternatif pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik di SMK Bidang Keahlian; tata busana dengan mengaplikasikan nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia.
  8. Mampu menunjukkan kinerja dalam praksis pendidikan tata busana yang dapat dipertanggungjawabkan pada para pengguna pelayanan, pemangku kepentingan, dan masyarakat dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar berpikir kritis dalam humanitarian, pemberdayaan dalam praktik pendidikan tata busana
  9. Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang pendidikan tata busana.
  10. Mampu mengelola usaha modiste, garmen/konfeksi, dan atau Butik

✤ Sumber: Kurikulum PS Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang

  1. Calon Pendidik pada jalur pendidikan formal (Calon Guru SMK Pariwisata Bidang Keahlian Tata Busana)
  2. Pendidik pada jalur pendidikan nonformal (instruktur pada lembaga kursus dan pelatihan bidang busana, mencakup pelatihan membuat hiasan kain dan busana, pelatihan menjahit, pelatihan membuat desain busana).
  3. Perancang program pendidikan dan pelatihan di bidang busana
  4. Asisten Peneliti Bidang Pendidikan tata Busana
  5. Pengelola Butik/ Modiste/ Garmen
  6. Pengelola event pergelaran busana

✤ Sumber: Kurikulum PS Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang

Widya

...Nah, kalo udah kuliah beda lagi, apalagi anak busana, orang yang bukan anak busana pasti memandang kalo anak busana itu harus bisa jait, harus berpenampilan bagus, harus tau ini, harus tau itu lah tentang fashion dalam waktu instan, padahal kan kita masih anak baru dalam bidang fasion ini, kita anak busana masih harus banyak banyak belajar insyaallah biar kita bisa menjadi pengusaha, pendidik dan fashion designer profesional. Aamiin :D

Sebelumnya aku mengira aku ini salah jurusan, yap salah jurusan, karena menurutku dan menurut orang kebanyakan kalo dia dari sma udah masuk IPA yaa pilihan jurusan yang baik itu menjadi dokter, jurusan kesehatan, insinyur, teknik, kalo IPS yaa akuntansi, hukum, menejemen, ekonomi dll.

Tapi ibuku bilang, beliau menguatkan ku yang lagi galau kenapa aku memilih busana ini. Beliau bilang,”ambil positifnya, jurusan ini masih jarang peminatnya, jadi prospek kamu kerja kedepan masih banyak peluang, lagi pula ibu kasian ngeliat kamu mumet belajar angka-angka terus menerus, ngitung, buku rumus bertumuk-tumpuk yang semuanya ini mesti kamu baca dan pelajari untuk membantu mu menemukan jawaban dari soal yang di berikan, makanya dengan busana hidup kamu nanti bakal penuh warna, belajar menggambar, mewarnai untuk menuangkan ide dan imajinasi mu dan ibu doakan semoga windi kelak menjadi pengusaha butik, designer muslimah dan bermanfaat”.

Now Im b, i love fashion, thanks a lot ibu ku, love youuuu <3


✤ Baca selengkapnya di wiidyasr.blogspot.com



Diva Azzahra

...Saya kuliah di jurusan pendidikan tata busana upi, departemen pendidikan kesejahteraan keluarga, Fakultas pendidikan teknik dan kejuruan. sempat diremehkan, atau kalian juga sempat berfikir, ngapain kuliah tata busana, mendingan les aja atau kursus menjahit.

nih ya aku ceritain pengalaman semester pertama aku kuliah di tata busana yang fokusnya di UPI.

kuliah itu berbeda dengan kursus. memang selama semester pertama, kita akan belajar konstruksi pola dan belajar menjahit seperti kursus menjahit pada umumnya. namun itu hanya 50%nya saja.

kuliah di tata busana ini kita belajar Teori Busana, Menganalisis pakaian yang sedang trend dari jaman dulu hingga sekarang, dan segala hal tentang Fashion.

...

kemudian tugas akhir yang menguntungkan. sangat menguntungkan kuliah di tata busana.

JANGAN KHAWATIR gak punya alat alat jahit dan sebagainya. mayoritas ditanggung mata kuliahnya. aku aja di kasih meteran, sekoci, palet, benang, dll. terkecuali mesin jahit, kalian kalo mau masuk tata busana bakal butuh mesin jahit itu pas akhir semester 1 untuk tugas akhir.

jadi gak masalah kalo kalian masuk jurusan tata busana, baru masuk belum punya mesin. tenang aja, lagian awal awal kalian masih belajar teori tentang mesin jahit, perawatannya gimana, macam macam mesin jahit, dll. ditambah lagi di ruang praktikum udah ad mesin jahit portable, mesin jahit highspeed, dan mesin jahit jadoel.

Dan paling MENGUNTUNGKANNYA pada akhir semester 1 kita bakalan punya 1 baju dan 1 rok baru hasil karya kita sendiri yeayy!! karena itu merupakan tugas akhir.

kuliah di tata busana itu menuntut kita harus jalan jalan ke berbagai tempat. mulai pasar loak, gasibu, pasar cimol, mall pvj, mall biasa dan supermarket besar (hypermart/ carefour). kenapa? karena kita harus tau bagaimana fashion yang ada disekitar kita. bahannya seperti apa, harganya seperti apa, kemudian menentukan kecocokan dengan berbagaimacam bentuk badan. dan juga menuntut jalan jalan ke berbagai toko. terutama di jalan otista sih hehe, kemudian tamim, cigondewah --> ya karena itu semua toko alat alat jahit dan toko kain.


✤ Baca selengkapnya di pawvalinus.blogspot.com

Sebelum memilih kampus, perlu diketahui bahwa setiap kampus itu berbeda-beda.

Di beberapa kampus, Prodi Tata Busana bukan hanya tentang pakaian tetapi juga terasuk berhias.

Sebagai gambaran pada Prodi Tata Busana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terdapat 5 Peminatan atau pilihan keahlian yaitu (1) Desain, (2) Butik, (3) Kriya Tekstil, (4) Tata Kecantikan, dan (5) Garment.

Tapi tidak semua Prodi Tata Busana mencakup bidang tata rias.

Misalnya saja pada Prodi Tata Busana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) hanya terdapat 2 peminatan 2 yaitu (1) Desain Mode dan (2) Produksi Busana.

Di UNJ tidak tersedia peminatan di bidang Tata Rias/Kecantikan karena di kampus tersebut Prodi Tata Rias sudah berdiri sendiri.

Intinya, perlu diingat bahwa setiap kampus memiliki kurikulum dan kebijakan yang berbeda-beda. Biarpun nama Prodinya 100% sama alias identik, tak berarti yang didapatkan didalamnya juga sama.

Jadi saran kami, sebelum kamu memilih kampus, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih dalam seluk beluk kampus tujuanmu mulai dari Akreditasi, Kurikulum, Fasilitas, Jaringan Alumni, Harga Otufit Mahasiswanya, dan informasi lainnya.

Oke?

Prodi Sarjana Pendidikan Tata Busana Akreditasi A

  1. Universitas Negeri Yogyakarta
  2. Universitas Negeri Medan
  3. Universitas Negeri Semarang
  4. Universitas Pendidikan Indonesia

Prodi Sarjana Pendidikan Tata Busana Akreditasi B

  1. Universitas Negeri Surabaya
  2. Universitas Negeri Jakarta
  3. Universitas Negeri Malang

Prodi D-III Tata Busana

  1. Universitas Negeri Yogyakarta
  2. Universitas Negeri Jakarta
  3. Universitas Negeri Malang
  4. Universitas Negeri Surabaya
  5. Universitas Negeri Padang
  6. Universitas Negeri Makassar

✤ Sumber: banpt.or.id diakses 21 April 2021

⚠ DISCLAIMER: Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for "fair use" for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.
❉ Bagikan kepada teman dan musuhmu ❉