Ulasan Program Studi Sarjana
Perencanaan Wilayah Kota


ZEBRACROSS.ID - 03/05/2021

Banjir, macet, polusi, merupakan beberapa dampak dari buruknya tata kota suatu wilayah.

Di Indonesia, masih sangat banyak wilayah yang tidak tertata dengan baik. Jangankan kota kecil, Ibu Kota Negara saja masih semrawut.

Hal ini tak terlepas dari perencanaan pembangunan yang tidak berjalan dengan baik.

Misal pemerintah yang membiarkan pendirian bangunan di daerah aliran sungai atau DAS. Pemberian ijin kepada pabrik-pabrik penghasil gas berbahaya di dekat permukiman. Dan banyak kebijakan-kebijakan yang tidak didasari oleh perencanaan tata kota yang baik.

Sudahlah, yang berlalu biarlah berlalu. Karena kita tidak bisa merubah masa lalu, satu-satunya cara adalah memperbaikinya di masa depan.

Lalu, siapa yang mempunyai kemampuan untuk melakukan perencanaan pembangunan wilayah yang baik?

Tentu saja lulusan Program Studinya Perencanaan Wilayah Kota a.k.a PWK a.k.a Planologi ~

Secara singkat, planologi berarti ilmu tentang perencanaan (plan berarti rencana dan logi berarti ilmu).

Ilmu perencanaan sendiri adalah ilmu yang sangat luas, namun planologi sudah identik dengan ilmu yang mempelajari perencanaan wilayah dan kota.

Planologi merupakan multidisiplin ilmu yang membahas tentang perencanaan fisik dan perencanaan non-fisik

Perencanaan fisik adalah perencanaan yang berkaitan dengan ruang seperti guna lahan, rancang kota/kawasan, persebaran penduduk, zonasi, dll

Sementara perencanaan non-fisik seperti ekonomi, sosial, kelembagaan, statistik dll.

Inilah yang membedakanan Planologi dengan Prodi di teknik lainnya. Planologi tidak hanya membahas keteknikan, namun juga akan banyak mempelajari ilmu sosial.

.

.

.

Lalu seperti apa proses perkuliahan Mahasiswa Prodi ini?

Hal yang menjadi ciri khas utama Mahasiswa PWK adalah mengerjakan tugas yang sifatnya berkelompok.

Salah satu alasan kenapa mahasiswa Prodi ini akan sering mengerjakan tugas secara berkelompok adalah untuk melatih kemampuan bekerja dalam tim.

Karena dalam merencanakan kota, tentu tidak bisa dilakukan sendirian dan diperlukan pemikiran dari berbagai sudut pandang.

Selanjtunya, ciri khas lainnya mahasiswa PWK adalah melakukan kegiatan survey alias jalan-jalan.

Saat survey nanti (yang juga akan dilakukan berkelompok), Mahasiswa Prodi ini akan meneliti beberapa hal seperti kondisi fisik (kemiringan, jenis tanah, dll), bagaimana penduduknya, apa kegiatan ekonomi masyarakatnya, sarana dan prasarana yang ada, hingga sistem transportasi yang ada di wilayah tersebut.

Setelah itu, Hasil survey tersebut wajib dipresentasikan yang tentunya akan menambah kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking Mahasiswa Prodi ini.

Mahasiwa PWK juga akan seperti DORA yaitu berkutat dengan peta, bahkan mahasuwanya juga bakal dilatih membuat peta dan berkata swiper jangan mencuri. ehehe

.

.

.

Bagaimana kisanak?

Sampai disini sudah lumayan ada gambaran tentang Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah Kota?

Tertarik?

Sebelum memutuskan pilihan, kenali lebih dalam lagi tentang prodi ini dengan membaca ulasan ini sampai tuntas.

Semangat!

Bank Dunia melaporkan bahwa urbanisasi atau perpindahan masyarakat dari desa ke kota ternyata belum berdampak positif di Indonesia terutama terhadap tingkat kesejahteraan. Padahal, saat ini separuh dari warga Indonesia sudah tinggal di perkotaan.

Pertumbuhan kawasan perkotaan yang belum pernah terjadi sebelumnya telah menyebabkan faktor-faktor kepadatan negatif, terkait dengan tekanan penduduk perkotaan pada infrastruktur, layanan dasar, lahan, perumahan dan lingkungan, yang berdampak pada kelayakan huni (livability) kota-kota dan kesejahteraan yang dihasilkan oleh urbanisasi.

Dengan kata lain, urbanisasi belum memenuhi potensinya untuk mendorong peningkatan kesejahteraan, inklusivitas dan kelayakan huni secara berkelanjutan di Indonesia


✤ Sumber: liputan6.com

Pembangunan Berbasis Masyarakat

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan metode pembangunan partisipatif, mampu memahami dan menganalisis kajian kasus terhadap keberhasilan penerapan konsep pembangunan berbasis masyarakat, dan mampu menganalisis dan menyusun konsep atas permasalahan pembangunan melalui program partisipasi masyarakat.


Kependudukan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami permasalahan kependudukan, struktur, persebaran, dan dasar ukuran demografi, proses kependudukan, proyeksi kependudukan dan ketenagakerjaan, serta evaluasi data dan koreksi kependudukan, dan kebijakan kependudukan.


Komputasi Spasial

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami dasar-dasar paparan dengan gambar, gambar bergerak, dan suara, mampu melakukan paparan yang berorientasi spasial dalam waktu terbatas, memahami dan menggunakan aplikasi dasar pemetaan dan permodelan desain, serta perangkat lunak statistik.


Matematika

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan dan menggunakan perhitungan dan operasi dasar matematika, memecahkan permasalahan dengan operasi dasar matematika, serta menganalisis dengan menggunakan metode perhitungan matematika dasar.


Statistika

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami dan dapat menggunakan dasar-dasar statistik dalam lingkup perencanaan wilayah dan kota.


Pengantar Perencanaan Wilayah Dan Kota

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dan permasalahan Perencanaan Wilayah dan Kora di Indonesia, memahami ruang lingkup dan perjalanan sejarah PWK. Mengenali asal mula dan perkembangan kota, memahami dan mempu menjelaskan hakikat teori dan metode dalam PWK, serta memahami dan menjelaskan kembali garis besar dan isu perencanaan, meliputi fisik, tata guna lahan, sarana prasarana, lingkungan, transportasi, perumahan, dan sebagainya yang berkaitan dengan ilmu PWK.


Kepemimpinan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menunjukkan tata cara berkegiatan dan tata cara berorganisasi dalam lingkungan kampus dan lingkungan luar kampus, mampu mengembangkan organisasi sesuai bidang minat dan keilmuannya, berakhlak mulia dan menunjukkan perilaku yang terpuji, serta mampu mengelola dan mengorganisir kelompok sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.


Analisis Sumber Daya Lingkungan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami konteks dan substansi ASDL, memahami isu lingkungan hidup dalam skala nasional dan internasional, memahami sistem nilai lingkungan, memahami konsep lingkungan hidup dalam ilmu PWK, serta mampu mengaplikasikan dan menggunakan metode dan pendekatan dalam analisis lingkungan hidup.


Metode Analisis Perencanaan III

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep dan teori tentang alat-alat ukur yang dipakai pada proses perencanaan, mampu melakukan perhitungan praktis dalam praktek perencanaan, serta mampu menjelaskan dan mengembangkan aspek deskriptif, evaluatif, dan development dari proses perencanaan.


Perencanaan Tapak

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami prinsip, prosedur, dan aplikasi perencanaan tapak serta mengembangkan teori pada objek kasus tapak serta mampu memahami dan menerapkan proses perencanaan tapak, penyelidikan tapak dan analisis, gambar analitik dan gambar konsep, pertimbangan lingkungan dalam tapak, factor yang mempengaruhi orientasi dan tata letak serta gambar teknis pembangunan kawasan.


Perencanaan Kota

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami, menjelaskan kembali, dan mengidentifikasi konsep dan permasalahan perencanaan kota di Indonesia, yang meliputi struktur, pola, dan kedalaman perencanaan kota, prosedur/proses perencanaan kota sesuai dengan struktur dan fungsi, strategi perencanaan kota, serta mampu memberikan analisis/kritik terhadap permasalahan perencanaan kota beserta rumusan arahan/rencana.


Studio Perencanaan Desa

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menerapkan teori dan metode perencanaan desa ke dalam studi kasus secara nyata, mampu melaksanakan survey lapangan dan mengindentifikasi permasalahan nyata di lapangan, mampu melakukan perencanaan spasial pada skala desa yang berorientasi pada masyarakat dan bersifat partisipatif, serta mampu bekerja mandiri dan tim dalam melakukan proses perencanaan.


Pengantar Transportasi

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami memahami tentang dasar-dasar transportasi dalam lingkup perencanaan wilayah dan kota, memahami dan menjelaskan tentang sistem dan jaringan transportasi, fungsi jalan, terminal, pelabuhan, dermaga, bandara udara dalam mendukung pengembangan dan pembangunan wilayah dan kota, mampuberdiskusi dan merumuskan tentang strategi dan kebijakan pembangunan infrastruktur transportasi regional dan nasional di Indonesia, serta mampu menganalisis berbagai masalah, kendala dan tantangan dalam pembangunan transportasi berkelanjutan dalam perencanaan dan pengembangan wilayah dan kota.


Sosiologi

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami berbagai pengertian dasar kemasyarakatan, pendekatan sosiologi sebagai salah satu landasan teoritis perencanaan dan pembangunan, elemen-elemen perubahan social, urbanisasi, kemiskinan, dan permasalahan lain, mampu memahami dan menganalisis karakter social perkotaan dan pedesaan di Indonesia, serta mampu merumusakan suatu permasalahan sosial dalam perencanaan dan pembangunan berupa hasil analisa terhadap suatu studi kasus pilihan terpantau.


Pengantar Ekonomi

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami dasar-dasar ekonomi dan keterkaitannya dengan ilmu perencanaan wilayah dan kota.


Kajian Pariwisata

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami dasar-dasar pariwisata dan perencanaan pariwisata baik dalam skala mikro maupun makro, mampu menjelaskan dampak yang ditimbulkan dari kegiatan pariwisata, mampu menjelaskan potensi dan permasalahan, menjelaskan ruang lingkup pariwisata, bentuk kegiatan pariwisata, dan menjelaskan fenomena pariwisata dalam sebuah studi kasus.


Kemiskinan, Konflik, Dan Kebijakan Publik

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu mengidentifikasi faktor penyebab kemiskinan berdasarkan konsep multidimensional dan mampu menganalisis alternatif pendekatan terhadap kebijakan intervensi pengentasan kemiskinan yang sesuai dikaitkan dengan perencanaan spatial.


Kajian Kawasan Perbatasan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep perencanaan dan permasalahan perbatasan, mampu memahami dan menganalisis konflik perbatasan, memahami pergerakan komoditas di perbatasan, serta mampu mengembangkan dan menyusun konsep pengembangan kawasan perbatasan.


Perencanaan Kawasan Industri

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa memahami konsep perencanaan kawasan industri; Mengerti hirarki perencanaan kawasan dalam skala yang lebih detail dengan perencanaan kawasan industri sebagai kasus utama; Mengevaluasi produk perencanaan kawasan industri yang telah ada; Merumuskan pola, cara, konsep, dan rencana yang tepat bagi pengembangan industri di kawasan tertentu dengan target dan tujuan yang berbeda.


Morfologi Kota

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan konsep morfologi dan struktur kota, mampu menjelaskan dan menganalisa struktur perkotaan dengan menggunakan analysis of urban spatial, serta mampu menjelaskan dan menilai bentuk-bentuk kota berkelanjutan


Persepsi Lingkungan Dan Perilaku Spasial

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan konsep persepsi dan perilaku spasial dan keterkaitannya dengan bidang perencanan wilayah dan kota, mampu memahami dan menganalisis isu-isu sentral terkait dengan persepsi dan perilaku spasial, mampu menganalisis variable terkait dengan persepsi dan perilaku spasial, serta mampu mengembangkan konsep dan interpretasi atas persepsi dan perilaku spasial di bidang PWK.


Pelestarian Kota Pusaka

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya pelestarian kota pusaka, mampu menjelaskan permasalahan-permasalahan terkait dengan pelestarian kota pusaka, mampu menilai dan menganalisis signifikasi cagar budaya kota, serta mampu menyusun rencana pelestarian kota, memilih, dan menerapkan pendekatan perancangan untuk pelestarian kota.


Perencanaan Kota Baru

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu mendefinisikan pengertian umum kota baru, menjelaskan sejarah dan konsep, perencanaan dan pembangunan kota baru, mampu menjelaskan tipologi kota baru di Indonesia, perkembangan kota baru, serta mampu mengaplikasikan proses dan metode analisis dalam perencanaan kota baru.


Infrastruktur Berkelanjutan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep infrastruktur berkelanjutan, mampu menganalisis/menggunakan berbagai macam teknik analisis untuk menilai keberlanjutan, serta mampu mengembangkan konsep ataupun rumusan/arahan bagi pengembangan infrastruktur berkelanjutan.


Transportasi Air

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami prinsip-prisip pengembangan transportasi air, memahami dan mampu menjelaskan kembali isu dan aspek-aspek dalam konsep transportasi air, serta mampu memahami konsep transportasi air sebagai bagian dari sistem transportasi yang lebih luas dan berkelanjutan.


Transportasi Berkelanjutan

(1) Mengidentifikasi dan mengevaluasi karakter, tipologi, bentuk dan ruang perkotaan dan transportasi kota berdasarkan aspek kultur, geografis dan teknologi; (2)Menganalisis permasalahan kota dan transportasi kota, serta menghasilkan transit-ridership yang lebih besar sebagai sebuah konsekuensi alami dari mixed-use development di sekitar station dan sepanjang koridor kota; (3)Mendesain dan mempromosikan desain kota dan transportasi kota yang sustainable, affordable, dan liveable bagi masyarakat kota.


Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami, mengaplikasikan, dan mengembangkan analisis spasial serta aplikasi software berbasis data geografis untuk menyusun perencanaan.


Metodologi Penelitian

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami keterkaitan antara rumusan masalah dengan metode penelitian yang digunakan, memahami dan mampu menggunakan jenis dan metode penelitian, memahami proses penelitian dan operasionalisasi konsep, mampu menyusun rancangan pengujian, dan mampu memahami dan mengaplikasikan tata tulis penulisan karya ilmiah.


Studio Perancangan Kota

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu mengidentifikasi tipologi, bentuk dan ruang perkotaan berdasarkan aspek kultur, geografis dan teknologi, mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan perancangan kota, merancang kota berdasarkan prinsip-prinsip arsitektur kota dan desain kota berdasarkan studi kasus


Studio Transportasi

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek perencanaan sistem transportasi, mampu merencanakan sistem transportasi dengan mengimplementasikan analisis bangkitan-tarikan, sebaran pergerakan, pemilihan moda, dan pembebanan jaringan, mampu menganalisis bentuk spasial lokasi perencanaan, mengevaluasi kemampuan ekonomi, finansial, dan kelembagaan dalam sistem transportasi, serta mampu menyusun rencana sistem transportasi dan merancang simpul transportasi.


Perencanaan Wilayah

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menggunakan pengetahuan tentang perencanaan wilayah, mampu menggunakan teori-teori pengembangan wilayah, serta dapat menyusun strategi pembangunan dan pengembangan wilayah.


Teori Perencanaan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami paradigma dan sintagma perencanaan, serta mampu mengenal pendekatan perencanaan wilayah dan kota, perencanaan sebagai suatu proses dan praktek perencanaan, memahami pengertian, fungsi serta kedudukan perencanaan, memahami berbagai paradigma perencanaan pada masa lalu, saat ini dan masa mendatang, mengenal pendekatan perencanaan wilayah dan kota, perencanaan sebagai suatu proses dan teori di dalam perencanaan, serta mampu mengevaluasi kasus-kasus perencanaan dalam bidang perencanaan wilayah dan kota; baik spasial maupun sektoral.


Pengantar Ilmu Lingkungan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami isu kontemporer lingkungan, memahami sistem nilai berdasarkan ideologi dan konsep lingkungan hidup, mampu mendefinisikan konteks lingkungan berdasarkan elemen fisik, aspek biotik, dan social budaya, mampu memahami konsep dasar ekologi, dan mampu menjelaskan kembali konsep dasar pengelolaan lingkungan dan perannya dalam perencanaan.


Perencanaan Desa Terpadu

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konteks pembangunan komunitas dan perencanaan fisik pedesaan, komponen fisik dan non-fisik dalam kehidupan pedesaan, sistem perencanaan lingkungan pedesaan berkelanjutan, serta perencanaan sektoral pembangunan pedesaan dan penerapan program pembangunan desa di Indonesia.


Tata Guna Dan Penggunaan Lahan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami kerangka dasar analisis guna dan pengembangan lahan, menganalisis aspek kebijakan lahan perkotaan, serta menganalisis aspek pengelolaan lahan.


Metode Analisis Perencanaan I

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan teoritis tentang alat-alat ukur yang dipakai selama proses perencanaan dan mampu melakukan analisis dengan perhitungan-perhitungan praktis di dalam praktek perencanaan


Studio Permukiman Kota

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan teori dan alat ukur (rumus) yang digunakan dalam perencanaan permukiman kota, mampu mengidentifikasi karakteristik suatu lingkungan permukiman dan pemasalahannya, mampu menganalisis atau menghitung proyeksi penduduk, kebutuhan perkembangan permukiman kota, dan sarana prasarananya, serta mampu merencanakan alokasi kebutuhan permukiman dan zona peruntukan, sarana prasarana, dan program/ kegiatan/proyek pembangunan sarana prasarana.


Analisis Lokasi Dan Pola Ruang

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami beberapa konsep dan metode teori lokasi, mampu mengaplikasikan beberapa konsep dan mampu menggunakan berbagai metode analisis lokasi dalam analisis perencanaan ruang.


Prasarana Wilayah Dan Kota

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi potensi dan masalah yang ada pada suatu wilayah dengan perencanaan prasarana wilayah dan kota, mampu menganalisis keadaan prasarana wilayah kota, serta mampu menyusun konsep perencanaan dan pengelolaan prasarana wilayah dan kota.


Evaluasi Lingkungan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami permasalahan lingkungan yang ada pada saat ini. Mata kuliah ini memberikan penjelasan mengenai pengertian dan fungsi evaluasi lingkungan dalam kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan, mampu memahami tentang teknik-teknik dan metodemetode yang ada dalam AMDAL, serta mampu menganalisis berbagai konsep/teknik evaluasi lingkungan


Sistem Informasi Perencanaan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menguasai aplikasi perangkat lunak dalam bidang perencanaan wilayah dan kota serta mampu menggunakan aplikasi penyampaian gambar yang berorientasi pada Geospasial, mampu melakukan analisis dengan menggunakan perangkat lunak berbasis GIS, serta mampu menggunakannya sebagai salah satu dasar pertimbangan pengampuilan keputusan terkait dengan perencanaan spasial.


Pengantar Perencanaan Wilayah

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep dasar perencanaan dan pembangunan wilayah beserta permasalahannya, memahami dan mampu menjelaskan dasar teori dan hakikat perencanaan wilayah, memahami keseimbangan, distribusi dan sistem desa kota beserta strategi-strategi pengembangan wilayah, serta mampu menganalisis garis besar perkembangan dan paradigma ekonomi wilayah.


Perancangan Kota

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu mengidentifikasi tipologi, bentuk dan ruang perkotaan berdasarkan aspek kultur, geografis dan teknologi, mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan perancangan kota


Studio Perencanaan Kota

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai potensi dan permasalahan di dalam perencanaan perkotaan, mampu menganalisis permasalahan sesuai dengan metode analisis perencanaan kota, mampu menyusun konsep perencanaan perkotaan, dan mampu menyusun tujuan, strategi, serta rencana atau arahan perencanaan tata ruang perkotaan.


Perencanaan Transportasi

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan teoritis/filosofis, mampu menganalisis permasalahan-permasalahan mendasar yang harus dilakukan dalam perencanaan transportasi, dan mengembangkan konsep perencanaan transportasi.


Ekonomi Wilayah Dan Kota

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami aspek-aspek yang terkait dengan ekonomi wilayah dan kota, seperti urbanisasi, permukiman, guna lahan, dan sebagainya, mampu memahami dan menjelaskan kembali teori-teori pertumbuhan ekonomi wilayah dan kota dan kebijakan yang terkait, serta mampu mengaplikasikan metode-metode yang digunakan dalam analisis ekonomi wilayah dan kota.


Managemen Dan Perencanaan Properti

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar managemen asset dan property, mampu melakukan analisis terhadap managemen dan perencanaan asset dan property, mampu merumuskan konsep dan strategi perencanaan asset dan property, serta mampu menyusun konsep keberlanjutan property dan mampu menyusun strategi terhadap isu terkait asset dan properti.


Managemen Perkotaan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami berbagai trend dan teori managemen perkotaan dan pembangunan dalam konteks negara berkembang, mampu mengungkapkan pendekatan pendekatan inovatif multi-aktor dan multi-disiplin dalam managemen perkotaan, mampu mengungkapkan variable-variabel pembangunan managemen perkotaan dan strateginya, serta mampu menganalisis dan mengembangkan permasalahan, potensi pembangunan, strategi, dan kebijakan melalui studi kasus.


Kajian Lansekap Perkotaan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kembali factor pembentuk lansekap, manfaat kajian lansekap dalam perencanaan, konsep rekayasa lansekap dalam perencanaan, serta mampu melakukan analisis dan mengembangkan konsep lansekap dalam berbagai isu permasalahan terkait.


Pengelolaan Lingkungan Terkait Perubahan Iklim

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu : (1) Memahami fungsi-fungsi lingkungan; (2) Mengidentifikasi komponen-komponen dalam pengelolaan lingkungan; (3) Memahami dan mengevaluasi keterkaitan kefiatan manusia dan dampaknya terhadap lingkungan; (4) Menghitung dampak kegiatan terhadap komponen pemicu perubahan iklim.


Perencanaan Dan Managemen Lingkungan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian perencanaan lingkungan dan kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan, mampu menjelaskan permasalahan lingkungan dan pengertian penilaian lingkungan, mampu menjelaskan dan mengaplikasikan metode analisis perencanaan lingkungan, serta mampu menggunakan prosedur dan teknik perencanaan lingkungan


Pengelolaan Energi Terbarukan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu : (1)Menidentifikasi jenis jenis energi terbarukan yang potensial dikembangkan di Indonesia; (2) Mengidentifukasi potensi dan tantangan pengembangan energi terbarukan di Infonesia; (3) Menganalisis dampak pemanfaatan energi terbarukan terhadap aspek lingkungan; (4) Menghitung potensi dan pemanfaatan energi terbarukan.


Perencanaan Kawasan Rawan Bencana

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami siklus managemen kebencanaan, mampu memahami kebijakan terkait pengurangan resiko bencana, mampu memahami peran rencana tata ruang dalam pengurangan resiko bencana, mampu mengumpulkan dan manganalisa serta mengkomunikasikan informasi terkait bencana, mampu menganalisa tingkat resiko bencana, dan mampu menjelaskan dan menggunakan metode yang digunakan dalam menganalisis bencana.


Perencanaan Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu mengevaluasi, menganalisa dan merencanakan wilayah pesisir di Indonesia secara sistematis dan komprehensif, mengerti dan paham karakteristik wilayah pesisir sebagai wilayah yang sangat potensial dalam pembangunan secara umum, memahami kebijakan pemanfaatan ruang di wilayah pesisir, memahami potensi dan permasalahan perencanaan wilayah pesisir, serta memahami dan mampu mengembangkan strategi pembangunan wilayah pesisir;.


Perencanaan DAS

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep dan pengertian Daerah Aliran Sungai (DAS) dan siklus hidrologi, memahami konsep one watershed, one plan, and one management, memahami dan mampu menggunakan metode analisis dalam perencanaan DAS, serta mampu memahami fungsi dan keterkaitan DAS dengan tata ruang secara umum.


Perencanaan Daerah Otonomi Baru

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami konsep dan prinsip otonomi daera, aspek hukum dalam pengelolaan daerah otonomi baru, berbagai macam isu dan permasalahan dalam perencanaan dan pembangunan daerah otonomi baru, serta mampu menyusun arahan atau rencana perbaikan terhadap perencanaan dan pengembangan daerah otonomi baru.


Perencanaan Dan Perancangan Desa Berkelanjutan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep dasar desa berkelanjutan, mampu mengidentifikasi kriteria desa berkelanjutan, mampu menganalisis potensi dan permasalahan dalam kaitannya dengan desa berkelanjutan, mampu mengembangkan konsep dan strategi desa berkelanjutan, serta mampu merancancang secara fisik spasial sebuah desa berkelanjutan.


Pembiayaan Pembangunan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan sumber-sumber pembiayaan pembangunan dan factor yang terkait di dalamnya, mampu menjelaskan dan mengidentifikasi fungsi pemerintah dalam pengendalian politik dan ekonomi kota, mampu menjelaskan kembali barang public, keuangan, dan anggaran pemerintah/daerah, mampu mengidentifikasi sumber-sumber pembiayaan pembangunan, dan mampu mengaplikasikan analisis biaya dan manfaat.


Studio Perencanaan Wilayah

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu Menerapkan teori dan metoda perencanaan wilayah ke dalam kasus nyata untuk memberikan pengalaman dalam proses dan prosedur perencanaan wilayah, sehingga diperoleh kemampuan untuk menyusun strategi dan rencana panataan ruang secara terpadu.


Evaluasi Perencanaan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa memahami jenis-jenis evaluasi, mampu memahami penetapan masalah dan evaluasi dalam perencanaan kebijakan, mampu merumuskan pernyataan mengenai masalah dan menetapkan kriteria evaluasi perencanaan, serta mampu menyusun suatu program berupa hasil analisis kebijakan yang dipantau dan dievaluasi dalam penerapannya sebagai suatu pilihan efektif sesuai perkiraan tujuan.


Hukum Administrasi Perencanan

Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa mampu memahami dengan benar konsep, azas, dan teori mengenai hokum penatagunaan tanah dan penataan ruang, yang meliputi perencanaan, pemanfaatan serta pengendalian pemanfaatan ruang serta mampu memahami dan menganalisis problematika hukum konkret (konflik dan solusi) sesuai dengan jenjang penataan ruang, termasuk proses perizinan.


✤ Sumber: Kurikulum PS Perencanaan wilayah Kota Universitas Brawijaya

Shafira

...bayangin aja kalau kota ini gaada yang ngatur. Lahan yang segitu-segitu aja, tapi jumlah manusia selalu bertambah dari waktu ke waktu. Kalau ga direncanain dengan matang, kotanya ga bakal nyaman.

Nah makanya, kalau kalian peka dengan isu-isu saat ini kalian bakal liat banyak banget pembahasan pro kontra tentang fenomena dan isu tata ruang. Hal itu juga semakin membuktikan bahwa masayarakat saat ini mulai peduli dengan kota mereka.

Jadi, untuk prospek kerja kalian ga perlu khawatir.Kenapa? Karena kalian bisa jadi apa aja.

Kalau kalian ingin kerja jadi PNS kalian bisa kerja di instansi-instansi terkait. Kalau ga pengen jadi PNS kalian bisa buat konsultan perencanaan, bisa juga jadi developer, kerja di organisasi dunia seperti UN juga bisa, atau BUMN juga bisa, atau mungkin kalian pengen kerja di bank, itu juga bisa.. hehe.

Kalian punya cita-cita untuk jadi walikota, bupati atau pemimpin daerah bahkan negara cocok banget kalau kalian kuliah di PWK.


✤ Baca selengkapnya di bmshafira.wordpress.com



Debby Rahmi

...Setelah mempelajari lebih lanjut ternyata kami justru lebih banyak mempelajari ilmu sosial pembangunan dibandingkan keilmuan “teknik”. Katanya juga belajar dijurusan ini ibarat bermain games The Sims loh! (Menarik kan?)

...

Dari sebanyak 144 SKS yang kami lalui selama perkuliahan di PL, ada 8 SKS yang paling seru (walau paling menyita waktu), yaitu matakuliah Studio. Ada 4 jenis Mata kuliah Studio di PL: Studio Proses, Studio Tapak, Studio Kota, dan Studio Wilayah. Semuanya mengajak kita jalan-jalan dan menjelajah wilayah baru yang mungkin belum pernah terfikir sebelumnya.

Seru kaan? Inti dari setiap mata kuliah studio ini adalah “Bagaimana kita sebagai planner dapat merencanakan sebuah kawasan, wilayah, atau kota berdasarkan isu-isu yang ada kebutuhan dari masyarakat itu sendiri, dan tentunya bertujuan besar untuk meningkatkan perekonomian wilayah dan kesejahteraan masyarakat”, melalui penyusunan kebijakan tata ruang tapi tetap memperhatikan lingkungan, estetika, dan kebijakan hukum yang berlaku.

Survei-survei yang dilakukan selama studio memberikan kami gambaran bagaimana bekerja sebagai ahli Perencanaan Wilayah dan Kota sebenarnya. Bertemu dengan masyarakat, pemerintah, maupun stakeholder bisnis.

Nah, akibat seringnya melakukan kegiatan studio dengan survei ke lapangan untuk wawancara, menyebarkan kuesioner, observasi, traffic counting, dan kegiatan survey lainnya, anak-anak PL bisa dibilang ahli dalam hal survey-mensurvey.

Dengan keahlian ini kami bisa loh mencari uang saku tambahan dengan membantu kakak-kakak kelas, dosen, dan bahkan pemerintahan untuk membantu mereka mengerjakan survey lapangan untuk penelitiannya.


✤ Baca selengkapnya di debbyrahmi.blogspot.com



Jennie

Generally I recommend this department for those who:

  • suka ngamatin kota! Sadar ga sadar, ternyata banyak teman-teman aku yang seneng ngamatin kota dan berbagai perintilannya.
  • aim to learn many things. Hidup di PWK belajarnya banyak banget, dari ekonomi, sejarah, statistika, sampai sistem sosial.
  • seneng jalan-jalan atau blusukan, karena laboratorium kita ada dimana-mana. Semester depan InsyaAllah angkatanku survei di Pasuruan semua.
  • berpikir sistematis, karena memecahkan masalah perlu tahapan yang runtut. Tapi kalo ngga pun akan terlatih juga kok.
  • loves team work or at least wants to develop your team work skill
  • ga bisa diem di ruang kelas

✤ Baca selengkapnya di joythematch.blogspot.com



Azibi Taufik Jauhari

“Setelah lulus dari PWK UB, saya bekerja di Bappenas sebagai tenaga ahli, kemudian diangkat sbg PNS di Kementerian PU.

Bekerja di departemen pusat menghadapi persaingan dan tantangan kerja yang kuat.

Meski demikian, Alhamdulillah, saya bisa survive. Sebagai alumni PWK UB rasanya kemampuan saya tidak kalah dari alumni perguruan tinggi ‘ternama’ lainnya. Sejak awal bekerja di Kementerian PU saya dipromosikan pada Bidang Bina Program yang merupakan ‘think-tank’ atau ‘otaknya’ Kementerian PU.

Sepenuhnya kemampuan saya sekarang diperoleh dari kuliah di PWK UB selama 4 tahun. Masih ingat salah satu wejangan Dosen kala itu: “Anda jangan seperti kura-kura dalam perahu, jangan menutup mata dengan keilmuan lain.”

Pesan tersebut memotivasi saya untuk belajar mengenai banyak hal, tidak pada satu bidang keilmuan saja.

Dan dalam dunia kerja pesan tersebut terbukti, bahwa sebagai seorang planner professional harus memiliki pengetahuan yang luas.

Inilah yang menjadi modal saya sehingga bisa bersaing di departemen pusat.

✤ Baca selengkapnya di pwk.ub.ac.id

Seorang Planner atau sebutan untuk calon-calon perencanaan wilayah dan kota dapat diibaratkan sebagai dokter kota, dimana pada mula-mula melakukan diangnosis suatu masalah kota selanjutnya memberikan solusi terhadap kota tersebut. Sebenarnya lulusan ini tak perlu khawatir masalah prospek kerja karena Selama masih ada pembangunan, Lulusan PWK akan selalu dibutuhkan

Namun sebagai gambaran, dilansir dari Blog Teknik Universitas Pasundan sarjana perencana wilayah kota memiliki pilihan tempat kerja sebagai berikut:

  • Instansi Pemerintahan
  • Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota cukup banyak dibutuhkan di departemen pemerintah yang memiliki misi di bidang lingkungan, penataan kota, infrastruktur, dan pembangunan di daerah tertinggal. Tidak mengherankan kalau jurusan ini diserap dengan cepat oleh beberapa lembaga atau departemen seperti Departemen Pekerjaan Umum, Dinas Tata Ruang Kota, Kementerian Perumahan, Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal, dan Pemerintah Kota/Kabupaten/Provinsi.

    Saat ini banyak sekali punggawa dari departemen atau lembaga di atas diisi oleh lulusan Planologi. Jadi, tidak mengherankan kalau jurusan ini termasuk salah satu yang paling penting.

  • Instansi Swasta
  • Peluang kerja di bidang swasta juga cukup banyak dan terbuka lebar. Saat ini banyak sekali industri khususnya yang bergerak dalam bidang pembangunan dan properti membutuhkan lulusan Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Planologi untuk mengisi posisi penting.

    Kemampuannya dalam melakukan analisis yang mendalam cukup baik dalam menyelesaikan masalah. Biasanya proyek pembangunan atau infrastruktur melibatkan banyak orang dan berdampak pada masyarakat baik secara sosial atau ekonomi.

    Hampir semua perusahaan yang bergerak dalam bidang properti baik itu pemasaran, pembangunan, hingga perencanaan membutuhkan jasa lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Selama lulusan memiliki kemampuan yang mumpuni, pihak swasta dalam dan luar negeri bisa merekrutnya.

  • Lembaga Profit Dan Non Profit
  • Lembaga profit dan non profit dunia juga membutuhkan jasa lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Kemampuan analisis masalah dan juga perencanaan wilayah yang dibutuhkan oleh lembaga-lembaga yang berlokasi di dalam dan luar negeri. Misal lembaga luar negeri seperti World Bank. Mereka membutuhkan analis apakah suatu negara memiliki perencanaan wilayah yang telat atau tidak. Kalau diberi pinjaman, apakah pembangunan bisa memberikan dampak secara luas atau tidak. Hal-hal seperti ini juga dilakukan oleh lulusan Planologi sehingga mereka berperan sebagai salah satu ujung tombak lembaga keuangan dan donor.

    Beberapa lembaga non profit juga membutuhkan jasa lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Misal suatu lembaga ingin memberikan bantuan. Mereka harus tahu bagaimana perencanaan kota dari daerah yang akan dibantu sehingga semua dana yang tersalur bisa tepat sasaran.

    Lembaga yang bisa dimasuki lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota terdiri dari World Bank, ILO, UNHCR, UNCHS, UNDP, dan beberapa sekretariat organisasi lainnya.

  • Lembaga Pendidikan
  • Lembaga pendidikan juga merupakan tempat yang tepat untuk lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Apalagi saat ini ada banyak sekali kampus yang membuka jurusan ini sehingga peluang kerja akan terbuka dengan lebar.

    Oh ya, peluang kerja ini tidak hanya untuk lembaga negeri saja. Lembaga swasta yang cukup bonafit juga banyak bermunculan di Indonesia.

  • Luar Bidang Keilmuan
  • Secara umum bidang ilmu Planologi tidak hanya mempelajari cara membuat desain wilayah saja. Ada banyak materi kuliah dasar yang bermanfaat untuk diterapkan di banyak lembaga atau perusahaan.

    Beberapa lembaga, perusahaan, atau departemen pemerintah juga menerima lulusan Planologi untuk posisi netral. Bahkan lembaga keuangan pun juga bisa menerimanya karena lulusan dari jurusan ini memiliki keahlian dalam hal ketelitian dan ini sangat dibutuhkan dalam banyak hal.


✤ Baca selengkapnya di teknik.unpas.ac.id

Akreditasi A/Unggul Akreditasi B/Baik Sekali Akreditasi C/Baik

Sumber: BANPT - 25/04/2021
⚠ DISCLAIMER: Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for "fair use" for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.
❉ Bagikan kepada teman dan musuhmu ❉