Ulasan Program Studi Sarjana
Pendidikan Guru Sekolah Dasar


ZEBRACROSS.ID - 03/05/2021

Program Studi Sarjana Pendidikan Sekolah Dasar, sesuai namanya lulusan Program Studi ini akan menjadi Guru Sekolah Dasar (SD)

Guru SD adalah guru yang mengajar di sekolah dasar, salah satu perbedaan guru SD dengan guru SMP dan SMA adalah guru SD merupakan guru kelas. Apa maksud dari guru kelas? Guru kelas adalah guru yang mengajar di kelas tertentu.

Jadi seorang Guru SD harus menguasai semua mata pelajaran karena bukan Cuma 1 mata pelajaran yang diajarkan akan tetapi Guru SD mengajarkan hampir semua mata pelajaran di kelas dimana dia ditempatkan untuk bertugas.

Mungkin ada pertanyaan: Apakah yang bisa menjadi guru SD hanyalah lulusan PGSD?

Jawabannya tidak, ada beberapa mata pelajaran seperi olahraga, agama, dan bahasa inggris dan pelajaran lainnya yang tidak termasuk cakupan PGSD.

Jadi, lulusan Prodi lain seperti Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Bahasa Inggris juga dapat menjadi Guru SD.

Bagaimana kisanak, sudah mulai ada sedikit bayangan tentang Prodi ini.

Agar gambaranmu tentang prodi ini lebih lengkap lagi, baca ulasan ini sampai tuntas. Oke?

Semangat!

#1

Jumlah sekolah dari jenjang SD sampai Sekolah Lanjutan Atas (SLTA), termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB) di Indonesia mencapai 307.655 sekolah pada tahun ajaran 2017/2018. Jumlah tersebut, berdasarkan data pokok pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdiri atas 169.378 sekolah negeri dan 138.277 sekolah swasta.

Jumlah sekolah tingkat SD merupakan yang paling banyak, yakni mencapai 148.244 sekolah Kemudian untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdapat 38.960. Adapun untuk tingkat SLTA sebanyak 27.205 sekolah, terdiri atas SMA 13.495 dan SMK 13.710.


✤ Sumber: databoks.katadata.co.id



#2

Pendidikan d iIndonesia kesulitan mencapai delapan standar pendidikan, salah satunya disebabkan belum idealnya jumlah guru di sekolah-sekolah. Secara nasional, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mencatat, Indonesia mengalami kekurangan 1,1 juta Guru.

Menurut Ali, kekurangan jumlah guru terbanyak terjadi di jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). "Sebab, sebagian besar guru yang pensiun nsetiap tahun mencapai 45 ribu hingga 50 ribu orang," kata Ali di Mataram, NTB, Rabu, 11 September 2019.


✤ Sumber: medcom.id



#3

Apakah Gaji Guru SD berbeda dengan Guru SMP dan SMA?

Untuk masalah gaji tidak ada perbedaan yang berarti apalagi jika sama-sama sudah berstatus PNS, maka gaji guru SD, SMP dan SMA adalah sama yang membedakan adalah golongannya. Jika guru SD bergolongan 3A dan guru SMP bergolongan 3A maka gaji pokoknya adalah sama. Semakin tinggi golongan seorang guru maka gajinya semakin tinggi, apalagi jika guru tersebut sudah sertifikasi maka gajinya adalah dua kali lipat.


✤ Sumber: rijal09.com

Pendidikan Kewarganegaraan

Mata kuliah ini membahas tentang wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi hankamnas, serta sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata).


Pengembangan Kepribadian & Potensi Diri I

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD dalam mengembangkan kepribadiaan dan potensi dirinya melalui kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan dilaksanakan dalam bentuk latihan indoor dan outdor sebanyak 8 kali pertemuan tiap Jum’at – Sabtu dan ditutup dengan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD). Penilaian dilakukan berdasarkan hasil dari pelatihan yang dilakukan melalui nilai proses dan nilai keterampilan mahasiswa.


Perkembangan Peserta Didik

Mata kuliah ini membahas hakikat pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik, dan perbedaan individual (fisik, intelek, emosi, sosial, bahasa, bakat khusus, nilai, moral, dan sikap) anak usia Sekolah Dasar, anak usia Sekolah Menengah dan orang dewasa; kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik (SD, Sekolah Menengah, dan orang dewasa); serta implikasi kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan.


Belajar dan Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang pemahaman dan penguasaan subtansi hakikat belajar dan pembelajaran sebagai komponen dari sistem pembelajaran serta teori belajar yang mendasarinya. Pembahasan materi mencakup hakikat belajar serta teori yang melandasinya dan aplikasinya dalam pembelajaran sesuai dengan masing-masing mata pelajaran. Untuk mengetahui pencapaian kompetensi diperoleh dengan tes tertulis, unjuk kerja dan penugasan.


Pengantar Pendidikan

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat manusia dan pendidikan, landasan pendidikan, lingkungan pendidikan, sejarah pendidikan di Indonesia, macam-macam aliran pendidikan sejak zaman klasik, aliran pokok pendidikan di Indonesia, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan nasional, serta inovasi pendidikan.


Bahasa Indonesia

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki sikap positif terhadap bahasa indonesia. Sikap positif dapat diwujudkan dengan mendorong mahasiswa untuk memelihara bahasa nasional, mengutamakan bahasanya, serta menggunakan bahasanya sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku. Mahasiswa diharapkan dapat menyusun karya ilmiah dalam bentuk dan isi yang baik seperti penulisan makalah skripsi dan lain-lain.


Bahasa Inggris

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD agar mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris sederhana dalam forum formal maupun tidak formal pada tingkat dasar. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa dituntut untuk mempraktekkan materi yang telah dipelajari.


Muatan Lokal

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah perkembangan bahasa daerah (Makassar, Bugis, Mandar, Toraja). Perkembangan budaya daerah menyangkut cerita daerah seperti sinrilik, ujar-ujar, serta makna dan filosofi dari berbagai tari-tarian daerah terutama yang berada pada provinsi Sulawesi Selatan. Untuk mengukur kompetensi dilakukan evaluasi berupa laporan hasil observasi (museum, balai bahasa), penugasan (portofolio), dan tes tulis.


Perkembangan Kepribadian Dan Potensi Diri II

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD dalam mengembangkan kepribadiaan dan potensi dirinya melalui kegiatan pengembangan wawasan Adiwiyata dan UKS. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk latihan indoor dan outdor sebanyak 8 kali pertemuan. Penilaian dilakukan berdasarkan hasil dari pelatihan UKS dan wawasan Adiwiyata serta melalui penyusunan laporan tentang pelaksanaan Adiwiyata dan UKS di sekolah.


Strategi Pembelajaran

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan dan wawasan mengelola pembelajaran di SD.


Pengantar Dasar Matematika

Mata kuliah Pengantar Dasar Matematika (PDM) merupakan mata kuliah wajib yang memberi bekal kepada mahasiswa untuk mampu menguasai dan menerapkan berbagai kemampuan pengetahuan dan keterampilan serta kecakapan memahai dan mengajarkan materi-materi penalaran dalam matematika, logika, himpunan, relasi dan fungsi, persamaan dan pertidaksamaan dan geomteri transformasi serta pemecahan masalah melalui diskusi, penugasan.


Konsep Dasar IPS

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan memahami, mengembangkan dan menerapkan konsep dasar IPS dalam pembelajaran IPS di SD dengan menerapkan model-model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan.


Keterampilan Berbahasa Indonesia

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu menguasai keterampilan berbahasa dan keterkaitan antar aspek keterampilan berbahasa.


Konsep Dasar PPKN

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai substansi bidang studi dan materi kurikuler Pendidikan Pancasila dan mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di SD, serta mampu mengelola pembelajaran yang mendidik untuk SD.


Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang teknologi informasi, teknologi komunikasi, peralatan dan perkembangan teknologi, peranan dan dampak teknologi informasi dan komunikasi serta telekomunikasi di Indonesia.


Pendidikan Seni

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dalam pembelajaran Pendidikan Seni di SD. Mempunyai kemampuan pengetahuan, keterampilan, apresiasi dan kreativitas seni, serta dapat merancang pembelajaran seni secara terpadu di SD bagi dirinya dan menerapkannya dalam pembelajaran di lapangan.


Filsafat Ilmu

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar tentang filsafat ilmu, kedudukan, focus, cakupan, tujuan dan fungsinya. Mata kuliah fisafat ilmu memberikan pemahaman tentang akar pengetahuan, berpikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, metode ilmiah (kekuatan dan kelemahannya), proses, produk, sikap ilmiah. Para tokoh filusuf dan pemikirannya sepanjang peradaban manusia juga di bahas dalam filsafat ilmu.


Perkembangan Kepribadian Dan Potensi Diri III

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD dalam mengembangkan kepribadiaan dan potensi dirinya melalui kegiatan pengembangan karakter diri seperti aoutbod, pelatihan karakter pengembangan dan keagamaan melalui kegiatan pelatihan manasisk haji (bagi yang beragama islam) dan pengebangan kerohanian (bagi mahasiswa non muslim). Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan indoor dan outdor sebanyak 8 kali pertemuan.


Kewirausahaan

Mata kuliah kewirausahaan mengkaji berbagai permasalahan kewirausahaan. Selanjutnya, dibahas pula bagaimana memiliki jiwa kewirausahaan yang tangguh dan berwirausaha.


Bimbingan Konseling

Mata kuliah ini di maksudkan membekali mahasiswa calon guru SD dengan kemapuan bimbingan dan konseling sebagai bagian terpadu dari tugas-tugas kependidikan di sekolah dasar dengan mengusai konsep dan teknik layanan bimbingan dan konseling serta menerapkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri.


Konsep Dasar IPA 1

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu menerapkan konsep dasar IPA dalam pembelajaran di SD.


Teori Dan Apresiasi Sastra SD

Mata kuliah Teori dan Apresiasi Sastra SD terdiri atas: Hakikat sastra anak SD& perspektif sastra SD, sejarah, teori & kritik sastra, genre sastra anak & unsure-unsurnya, pendekatan & aliran-aliran sastra, tokoh sastrawan & karyanya, teknik membaca puisi & teknik bermain drama.


Seni Musik

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dalam pembelajaran Seni Musik di SD. Mempunyai kemampuan pengetahuan, keterampilan, apresiasi dan kreativitas seni, serta dapat merancang pembelajaran seni secara terpadu di SD bagi dirinya dan menerapkannya dalam pembelajaran di lapangan.


Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dan mempraktekkan keterampilan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga serta dapat menilai dan mengevaluasi.


Pendidikan Matematika

Mata kuliah ini memberi pemahaman tentang materi bilangan untuk sekolah dasar dan juga memberi bekal tentang model pembelajaran pada sekolah dasar. Mata kuliah ini juga memberi materi yang memayungi matematika sekolah dasar tentang bilangan dan operasisinya serta teori belajar.


Pendidikan IPS SD 1

Mata Kuliah Pendidikan IPS SD 1 merupakan mata kuliah yang memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD agar menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar, dengan Menguasai konten IPS SD, Strategi Pembelajaran IPS, model pembelajaran IPS SD dan penggunaan Media Pembelajaran IPS SD serta Perencanaan Pembelajaran IPS SD yang inovatif di sekolah dasar.


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai substansi bidang studi dan materi kurikuler Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn1) dan materi kurikuler mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di SD, serta mampu mengelola pembelajaran yang mendidik untuk SD.


Pendidikan Inklusi Di SD

Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD mampu trampil dalam menangani anak berkebutuhan khusus, dan bisa memberikan pelayanan semaksimal mungkin serta bisa menganalisa/ mengesesmen, dan memberikan tindak lanjut sampai ke kompensatorisnya.


Konsep Dasar IPA 2

Mata kuliah ini mengkaji tentang ciri-ciri makhluk hidup, Keaneka ragaman ekosistem, Keaneka ragaman mikrobiota indonesia, keaneka ragaman tumbuhan berpembuluh Indonesia, Keanekaragaman genetik, organisasi kehidupan, ekosistem, Tipe-tipe Bioma, interaksi antar individu dan antar populasi makhluk hidup, Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida makanan, dan masih banyak lainnya.


Seni Rupa dan Kerajinan

Mata kuliah secara khusus memperkenalkan mahasiswa akan aspek seni rupa, kebudyaan, kerajinan, serta estetika penilaian seni rupa. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui serta menguasai pemahaman tentang seni rupa dan kerajian, kekayaan tradisi, seni rupa dan kerajinan dalam kehidupan sehari-hari dan diharapkan memahami materi aplikasinya dalam proses evaluasi aspek seni rupa dan kerajinan anak.


Permainan Olah Raga Tradisional

Pada mata kuliah permainan olah raga tradisional dibahas tentang berbagai permainan tradisional lokal maupun nasional. Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan mempraktekkan berbagai bentuk permainan tradisional dan mengkaji hubungannya dengan kompetensi keolahragaan.


Pendidikan Matematika II

Mata kuliah ini memberi pemahaman tentang materi geometri (bangun datar, bangun ruang dan pengukuran) cara mengajarkan dan mengevaluasinya di Sekolah Dasar. Pengalaman belajar yang diharapkan dapat dialami dan dikondisikan serta direalisasikan untuk mahasiswa adalah kegiatan mengkaji, berlatih, serta menghayati model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan eksplorasi, diskusi dan membiasakan bekerja secara individual dan secara kelompok.


Pendidikan IPS SD II

Mata Kuliah Pendidikan IPS SD, merupakan mata kuliah yang memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD untuk dapat menguasai konsep kurikulum, pendekatan, metode, teknik, LKS dan Evaluasi yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar khususnya dalam pembelajaran IPS.


Pendidikan Bahasa Indonesia 1

Mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia 1 terdiri atas a. karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial. B. Hakikat pemerolehan bahasa hakikat perkembangan bahasa anak (fonologi, morfologi, sintaksis, semantik) c. teori pemerolehan bahasa.d Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar.


Magang 1

Mata kuliah ini memfasilitasi Mahasiswa S1 PGSD untuk memperoleh pengalaman dan mengenal kultur Sekolah Dasar, dengan mencari tahu struktur organisasi sekolah, merasakan iklim persekolahan, mengenal tugas pokok dan fungsi guru secara langsung, dan mengenal sistem administrasi di SD serta kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2,

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai substansi bidang studi dan materi kurikuler Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn II) dan materi kurikuler mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di SD, serta mampu mengelola pembelajaran yang mendidik untuk SD.


Pengembangan Kurikulum SD

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai pengetahuan yang komprehensif tentang kurikulum dan pembelajaran serta kemampuan berperan serta dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran, baik di tingkat regional maupun nasional.


Filsafat Pendidikan

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat manusia dan kebutuhannya akan pendidikan; hakekat pendidikan yang mencakup konsep dan pendidikan serta unsur-unsur pendidikan; landasan-landasan pendidikan di Indonesia; pengertian fungsi dan jenis lingkungan pendidikan; teori/aliran-aliran pendidikan yang mencakup aliran klasik dan pengaruhnya serta 2 aliran pokok pendidikan di Indonesia; dan sistem pendidikan nasional yang mencakup komponen-komponen pokok sistem pendidikan nasional menurut Undang-undang Sisdiknas dan kajian tentang pendidikan an antisipasi masa depan.


Sosiologi Pendidikan

Mata kuliah ini membahas tentang struktur dan proses-proses social yang terjadi dalam pranata pendidikan serta kaitannya dengan pranata lainnya. pendidikan ini tidak hanya pendidikan formal, tetapi juga pendidikan informal dan non formal.


Media Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dasar komputer dan aplikasinya, serta peranan, perancangan, dan pemanfaatan beberapa jenis media dalam pembelajaran yang terdiri atas media cetak, media OHP, media display, media audio-video, media berbasis komputer, dan lingkungan sebagai pusat sumber belajar.


Prespektif Global

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mempersiapkan diri bersikap peka, dan adaptif, kritis dan kreatif terhadap lingkungan sekitar guna memelihara dan memanfaatkan sumber daya alam serta mengembangkan kehidupan yang damai dan harmonis dalam kebinekaan.


Seni Tari

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dalam pembelajaran Seni Tari di SD. Mempunyai kemampuan pengetahuan, keterampilan, apresiasi dan kreativitas seni, serta dapat merancang pembelajaran seni secara terpadu di SD bagi dirinya dan menerapkannya dalam pembelajaran di lapangan.


Pendidikan Matematika III

Memberikan pemantapan tentang materi pemecahan masalah, peluang, dan pengolahan data untuk sekolah dasar dan memberi bekal mahasiswa tentang model pembelajaran serta pemetaan alat peraga peluang dan pengolahan data. Menggunakan penalaran induktif deduktif dalam pembahasan pemecahan masalah, peluang, dan pengolahan data.


Pendidikan IPA SD

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran sains dengan menggunakan pendekatan, metode dan alat bantu pembelajaran yang sesuai dengan materi dan indikator yang harus dicapai seperti yang tercantum pada kurikulum dengan memperhatikan perkembangan dan karakteristik siswa.


Pendidikan Bahasa Indonesia 2

Mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia 2 disajikan secara teori dan praktik, yang mencakup pemahaman dan penerapan strategi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi Sekolah Dasar. Membimbing mahasiswa untuk menguasai substansi metodologi dan materi ajar di kelas tinggi, serta mampu mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar secara kreatif dan inovatif.


Magang 2

Mata kuliah ini memfasilitasi Mahasiswa S1 PGSD untuk memperoleh pengalaman dalam mengenal karakteristik siswa SD secara langsung, mendiagnosa kesulitan belajar siswa SD, melakukan studi kasus terbatas dalam mengamati, mempelajari serta menyusun solusi yang tepat. Kegiatan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan ini melalui observasi langsung di sekolah, menyusun laporan observasi dan melakukan seminar/ Fokus Group Diskusi terkait dengan temuan yang diperoleh di sekolah.


Karya Tulis Ilmiah

Mata kuliah ini terdiri dari teori dan praktik penulisan karya tulis ilmiah yang dimulai dari konsep dasar KTI, jenis dan ciri KTI, identifikasi masalah dan topik dalam KTI, anatomi atau bagian-bagian KTI, langkah-langkah penyusunan KTI, penggunaan bahasa dalam KTI, pengembangan paragraf dan pendahuluan, kajian pustaka dan teknik penulisan KTI, aneka kesalahan dalam penulisan KTI, analisi KTI dan teknik presentase KTI.


Statistik

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dasar statistik, penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram, ukuran pemusatan, ukuran lokasi dan dispersi, memberikan gagasan dasar statistik yang banyak digunakan dalam praktik dan penelitian di bidang pendidikan matematika serta kehidupan sehari-hari. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep statistik dalam penelitian di bidang pendidikan matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari.


Metodologi Penelitian Pendidikan

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai landasan dan prosedur penyusunan proposal; desain penelitian, berbagai cara penarikan sampel, dan pengembangan instrumen penelitian; pentingnya kaitan antara masalah penelitian, tujuan penelitian, hipotesis, dan analisis data; proses dan berbagai aspek pengumpulan data;


Keterampilan Dasar Mengajar

Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan/ mensimulasikan delapan keterampilan dalam pembelajaran: (1) keterampilan membuka dan menutup, (2) keterampilan bertanya, (3) keterampilan memberi penguatan, (4) Keterampilan Menjelaskan, (5) Keterampilan mengadakan Variasi, (6) Keterampilan mengelola Kelas, (7) Keterampilan memimpin didkusi kelompok kecil, dan (8) Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.


Evaluasi Pembelajaran

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan, berlatih mengerjakan soal latihan formatif, melakukan diskusi, tanya jawab dan mempraktekkan evaluasi pembelajaran di kelas.


Pembelajaran Terpadu di SD

Mata kuliah pembelajaran terpadu diharapkan mahasiswa memahami konsep – konsep dasar dan landasan pembelajaran terpadu, model-model dalam pembelajaran terpadu, model pembelajaran terpadu di pendidikan dasar (Sekolah Dasar), pengembangan rancangan pembelajaran terpadu di sekolah dasar, strategi pembelajaran terpadu, penilaian dalam pembelajaan terpadu.


Magang 3

Mata kuliah ini memfasilitasi Mahasiswa S1 PGSD untuk memperoleh pengalaman tentang proses belajar mengajar di kelas melalui pengamatan langsung serta melakukan analisis tentang perangkat pembelajaran yang digunakan guru, Menelaah model, pendekatan, strategi dan metode pembelajaran, Media/sumber belajar, Bahan ajar Menelaah sistem evaluasi serta perangkat evaluasinya.


ESP For Primary Teacher

Mata kuliah ini mengkaji tentang Strategi membaca pemahaman (reading comprehension strategies), teknik dasar penerjemahan (translation techniques), dan istilah-istilah bahasa Inggris yang digunakan dalam proses pembelajaran (Classroom English instruction). Melalui beberapa materi tersebut, mahasiswa S1 PGSD diharapkan dapat memahami dan menggunakan litaratur/referensi berbahasa Inggris.


Manajemen Berbasis Sekolah

Mata kuliah ini membekali pemahaman mahasiswa yang terfokus pada konsep manajemen mutu dan produktivitas SD yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan dalam rangka terwujudnya sekolah yang berkemampuan unggul dengan pendekatan model manajemen berbasis sekolah


Pembelajaran Kelas Rangkap

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji pembelajaran kelas rangkap, berlatih mengerjakan soal latihan formatif, melakukan diskusi, tanya jawab dan mempraktekkan PKR di sekolah.


Pengembangan Multimedia Pembelajaran di SD

Mata kuliah ini membahas tentang media pembelajaran berbasis multimedia dan ICT serta aplikasi dalam pembelajaran di SD dan memanfaatkan berbagai jenis software multimedia pembelajaran (video, Audio, Macromedia Flash, dan lain-lain). Evaluasi yang dilakukan melalui praktikum dengan penilaian proses dan produk.


Pendidikan IPA Lanjutan

Mata Kuliah ini membahas tentang: Konsepsi dan miskonsepsi IPA; metode ilmiah; Pembelajaran Pake; mengelola pembelajaran secara efektif; Analisis kurikulum SD yang berlaku; melayani perbedaan individu dalam kelompok; pertanyaan tingkat tinggi dan LK,; penilaian autentik, , Literasi lintas kurikulum IPA, Keterampilan informasi, dan pengenalan alat laboratorium IPA dan penggunaan kit IPA SD.


Pendidikan IPS Lanjutan

Mata Kuliah Pendidikan Lanjutan, merupakan mata kuliah yang memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD agar memiliki kemampuan menguasai dan mengenal konsep ilmu-ilmu sosial, karakteristik perkembangan peserta didik di SD baik perkembangan fisik, psikologis maupun sosial, memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi IPS utama di Sekolah Dasar dengan kajian tentang karakteristik peserta didik di SD,


Matematika Sekolah Lanjutan

Mata kuliah matematika sekolah lanjutan ini memberikan pemantapan tentang materi Karakteristik Matematika, Teori Bilangan dan Bilangan Lanjutan, Aljabar, Eksponensial, Logaritma, Fungsi Komposisi dan Invers, Barisan dan Deret, Trigonometri, dan Kalkulus Dasar.


Pendidikan Bhs. Indonesia Lanjutan

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar yang ditekankan pada kesesuaian dan keperluan saat ini, serta diharapkan dapat memenuhi tantangan dan keadaan yang dinamis di masa mendatang.


Magang 4

Mata kuliah ini menyiapkan kemampuan awal mahasiswa S1 PGSD terkait proses pembelajaran dengan memberikan pengalaman langsung dalam hal mengajar dalam waktu yang terbatas dengan menjadi “asisten guru”, seperti: a) mencoba mengajar dengan bimbingan melekat guru dan dosen pembimbing, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, pemantapan jati diri pendidik, bukan untuk keterampilan pembelajaran, bukan PPL; b)Melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstra kurikuler.


Demokrasi dan HAM

Mata kuliah ini berisi pokok bahasan yang berkaitan dengan konsep demokrasi dan HAM Indonesia, serta pembinaan generasi muda. Melalui mata kuliah ini diharapkan pembaca, khususnya mahasiswa PGSD mempunyai kemampuan untuk menjelaskan konsep dan pelaksanaan HAM serta pembinaan generasi muda.


Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Mata kuliah ini di maksudkan membekali mahasiswa calon guru SD dengan kemampuan untuk mengetahui penyebab, mengidentifikasi dan menguasai strategi-strategi pendidikan bagi anak berkebutuan khusus.


Pengelolaan Perpustakaan di SD

Mata kuliah ini membahas tentang pengantar umum perpustakaan, sejarah perpustakaan, perpustakaan sekolah, administrasi, dan organisasi perpustakaan, koleksi perpustakaan, klasifikasi katalogisasi, pelayanan perpustakaan, pengelolaan dan perawatan bahan perpustakaan.


Kurikulum ISSU

Mata kuliah ini memberikan pandangan yang luas mengenai masalah kurikulum yang berkenan dengan konsep, teori, landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Macam-macam model konsep dan model pengembangan kurikulum, implementasi, manajemen, inovasi, dan evaluasi kurikulum serta masalah-masalah pendidikan dan pengembangan kurikulum di tingkat Sekolah Dasar. Bahan kuliah bersifat terbuka dan sesuai dengan perkembangan ilmu dan pengembangan kurikulum.


Kapita Selekta Pendidikan

Mata kuliah ini membahas tentang dinamika pendidikan sebagai pelaksanaan pendidikan nasional sehingga kajian dalam mata kuliah ini tentang isu-isu strategis yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia dalam persepktif nasional baik pada tatanan makro secara nasional maupun regional, dan pada tatanan mikro pada tingkat satuan pendidikan.


✤ Sumber: Kurikulum PS Sarjana PGSD Universitas Negeri Makassar

Selain menjadi --tentu saja-- Guru SD, lulusan PGSD juga banyak yang mengajar pada Bimbingan Belajar baik tatap muka maupun Online, bahkan membuka usaha Bimbingan Belajar Sendiri. Selain itu, lulusan PGSD juga dapat melanjutkan studi Pasca Sarjana dan menjadi Dosen, Peneliti dan Pengembang pendidikan tingkat sekolah dasar.

Fendra Nugroho

Q: Dapatkah kamu berbagi suka duka menjadi Guru SD?

A:

Karena saya seorang guru SD maka izinkanlah saya berbagi suka duka mengajar di SD. Aalangkah baiknya jika saya awali dengan sukanya dahulu karena memang suka duka, bukan duka suka jadi harus suka dahulu. Baiklah langsung saja tentang sukanya menjadi guru SD.

...

Mengajar SD tentu tak bisa lepas dengan anak-anak, karena siswa SD memang masih anak-anak. Mengahdapi anak-anak itu bisa begitu menyenangkan namun bisa juga terasa merepotkan, tergantung kita mensikapinya.

Nah kita merasakan suka tentu saya memilih mensikapinya secara menyenangkan. Berikut ini saya sampaikan karakteristik siswa SD yang menyenangkan:

Nurut sama gurunya, bahkan dalam banyak kasus lebih nurut dengan gurunya dari pada dengan orang tuanya. Jadi mengatur anak SD itu lebih mudah dari pada anak SMP ataupun anak SMA.

Pembawaanya ceria. Anak-anak SD itu masih belum banyak terkontaminasi dengan persoalan hidup ataupun kisah percintaan remaja yang rumit dan bisa membuat galau. Anak SD masih santai dan ceria menghadapi hidup. Murid ceria gurupun akan lebih ceria. Masalah apapun lupa kalau sudah melihat keceriaan anak-anak.

Tingkah polos dan lucu yang bisa membuat diri ini tersenyum. Entahlah setiap hari selalu ada saja polah tingkah anak-anak yang bisa membuat diri ini tersenyum.

Bahkan saat ada sesuatu yang membuat diri ini rasanya ingin marah, namun tiba-tiba hilang karena melihat polah tingkah mereka.

Sebenarnya masih banyak sukanya mengajar SD. Namun saya kira itu sudah cukup mewakili. Sekarang mari kita ke dukanya. Satu-satunya duka adalah ketika menghadapi siswa yang luar biasa. Luar biasa susah untuk mengikuti aturan pembelajara.

Namun ketika anak-anak sudah mulai membuat jengkel, saya kembali mengingat mereka masih anak-anak.

Kita sebagai guru memang harus tak pernah bosan untuk membimbing mereka agar menajdi pribadi yang baik.

Dan pada akhirnya seberapapun menjengkelkannya, diambil sukanya saja. Sedangkan dukanya buang saja jauh-jauh.

Ketika kamu mulai merasa jengkel dengan muridmu, bayangkan bahwa mereka adalah ladang amal jariyahmu, yang semoga saja memudahkan langkamu menuju Surga.

Saya kira cukup sekian pengalaman dari saya, semoga bermanfaat.


✤ Baca selengkapnya di id.quora.com



Nia

Mengajar anak SD ternyata tidak gampang tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Apalagi ketika mengajar anak SD kelas 1, 2, 3.

Pada usia- usia seperti itu mereka sedang berada pada fase peralihan dari fase bermain ke fase belajar, begitu dengan psikologisnya pikirannya masih ingin bermain.

Saat itu saya mengajar anak tersebut harus penuh kesabaran dimana ketika saya ingin mengajar materi anak anak seusia mereka masih terlihat main dan gaduh bersama teman- temannya, senjata ampuh dengan teriakanpun kadang tidak digubris maka disini saya punya innisiatif untuk membuat game yang berkaitan dengan materi tersebut dan agar materi yang saya ajarkan tidak membosankan dan bisa diterima oleh anak- anak tersebut.

harus penuh kesabaran mungkin ketika menjadi guru tapi disini saya kadang merasa jengkel tapi kadang juga senang ketika melihat mereka yang masih imut- imut dan lucu – lucu.

sebagai guru juga harus memunya sifat flexible dan kreatif dan tidak monoton agar murid tidak merasa bosan atau malah bermain sendiri.

Selain itu juga saya mengalami ketika mengajar anak kelas 1 khususnya ada beberapa anak yang kadang mood mereka jelek maka saya harus mengalah dulu dan menuruti mood si anak.

menjadi pengajar harus extra sabar, disinilah kesabaran diuji, jangan mudah marah dan tidak boleh pantang menyerah untuk mengajar mereka...


✤ Baca selengkapnya di nia457.wordpress.com

Akreditasi A/Unggul Akreditasi B/Baik Sekali Akreditasi C/Baik

Sumber: BANPT - 25/04/2021

Sebelum benar-benar memustuskan memilih jalan ninja sebagai guru, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Apakah kamu suka mengajar?
  • Ingat-ingat sewaktu sekolah dulu, apakah kamu suka mengajari temanmu, atau malah tidak mempedulikan mereka? Apakah kamu sabar ketika yang kamu ajar susah memahami apa yang kamu sampaikan?

  • Apakah kamu suka membaca?
  • Ilmu pengetahuan terus berkembang, jadi membaca adalah salah satu kegiatan yang pasti akan kami lakukan ketika memilih menekuni profesi guru.

  • Apakah kamu menyukai berinteraksi dengan anak-anak?
  • Menjadi guru berarti kamu harus melayani anak-anak dari pagi sampai sore mulai dari senin sampai jumat bahkan mungkin saja sabtu dan minggu. Ini juga menjadi pertimbangan pilihanmu, apakah ingin menjadi guru TK, SD, SMP, atau SMA.

  • Apakah kamu siap menjadi teladan?
  • Guru itu digugu dan ditiru. Jangan sampai kamu mencontohkan hal-hal buruk pada muridmu.

Tentu saja masih banyak pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Ingatlah kisanak, apapun pilihanmu nanti, ketahuilah bahwa seperti kata Ki Hadjar Dewantara: "pada akhirnya semuanya akan menjadi guru".

#Semuagurusemuamurid.

⚠ DISCLAIMER: Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for "fair use" for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.
❉ Bagikan kepada teman dan musuhmu ❉