Ulasan Program Studi Sarjana
Pendidikan Guru Paud


ZEBRACROSS.ID - 03/05/2021

Orang Dengki: "Jadi guru PAUD mah gampang, tinggal ngajarin nyanyi-nyanyi doang"

...

Padahalll asal orang dengki itu ketahui, menjadi guru PAUD itu gak cuma ngajarin nyanyi, tapi juga mengajarkan banyak hal lainnya mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak mulai dari aspek kognitif, fisik-motor, sosial-emosional, bahasa, seni, moral, dan nilai agama untuk anak tersebut.

Dasar orang dengki!1!1

.

.

.

Apakah kamu pernah mendengar tentang Golden Age atau Usia Emas?

Masa emas anak terjadi ketika anak berumur 0-6 tahun atau usia dini. Usia emas adalah masa dimana kemampuan otak anak berkembang dengan pesat.

Pada masa ini sebenarnya peran orang tualah yang sangat penting dan paling diharapkan dapat memaksimalkan usia emas ini.

Tapiiii, tidak bisa dipungkiri saat ini kebanyakan orang tua lebih mementingkan pekerjaannya dan urusannya daripada anaknya. Bahkan di waktu senggang, tidak sedikit orang tua yang membebaskan anaknya untuk bermain hp agar orang tuanya juga bisa main hp.

Bangs*t memang orang tua seperti itu.

Maka dari itu, pendidikan PAUD sangat penting, biarpun tidak bisa sepenuhnya menjadi pengganti peran orang tua.

Apakah kamu tertarik untuk membantu tumbuh kembang generasi penerus bangsa dengan menjadi Guru PAUD?

Sebelum memutuskan pilihan, kenali lebih dalam lagi tentang program studi Sarjana Pendidikan Guru PAUD dengan membaca ulasan ini sampai tuntas.

Semangat!

Bisa membentuk jiwa pembelajar sejati sejak dini

PAUD memiliki berbagai metode dan sarana yang menyenangkan di dalam kelas. Anak usia dini belajar secara efektif. Rasa senang yang selalu dihadirkan di dalam kelas PAUD mendorong anak-anak usia dini menjadi pembelajar sejati. Anak-anak di PAUD akan menyukai belajar dan selalu merasa semangat untuk terus belajar seumur hidup mereka yang disebut dengan istilah pembelajar sejati (Lifelong Learner). Jadi, sebelum masuk sekolah dasar, rasa suka belajar sudah tumbuh sejak masa PAUD.


Mampu bersosialisasi sejak dini

Kita semua mengetahui bahwa manusia merupakan mahluk sosial sehingga selalu memerlukan sosialisasi. Sosialisasi dengan orang-orang selain dengan anggota keluarga amat penting untuk kelangsung hidup seorang manusia. Semakin awal Anda melatih kemampuan bersosialisasi melalui pendidikan anak usia dini maka semakin cepat anak memiliki kepercayaan diri dan mengatasi rasa malu. Rasa malu dan tidak percaya diri yang didiamkan terlalu lama akan menghambat perkembangan sosialnya.


Mampu bekerja sama sejak dini

Kemampuan bersosialisasi akan semakin lengkap apabila ditambah dengan kemapuan bekerja sama sejak dini. Kemampuan bekerja sama bisa didapatkan anak saat masih menjalani pendidikan anak usia dini atau PAUD. Pada masa PAUD, anak-anak akan mempelajari cara berbagi, bekerja sama, dan bergiliran dalam kelas belajar yang menyenangkan. Kemampuan bekerja sama cukup penting untuk dilatih sejak anak masih usia duni.


Bisa melatih konsentrasi sejak dini

Anak yang langsung masuk ke sekolah dasar tanpa menerima pendidikan anak usia dini sebelumnya cenderung merasa seperti baru belajar. Anak seperti ini belum memiliki konsentrasi belajar sebagaimana yang telah dimiliki oleh anak-anak di PAUD. Anak-anak yang ada di kelas-kelas pendidikan anak usia dini sudah terlatih daya konsentrasinya. Lingkungan PAUD yang merupakan tempat belajarnya memiliki dukungan baginya untuk memiliki konsentrasi tinggi.


Mampu melatih kesabarannya sejak dini

Ternyata, kesabaran tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa melainkan juga dimiliki oleh anak-anak. Pada masa usia dini, kesabaran manusia sudah mulai di uji. Selama masa pendidikan anak usia dini, anak-anak akan banyak terlibat pada banyak pengalaman sosial. Selama itu pula, anak usia dini dapat mengeksplorasi dan melatih keterampilannya untuk bersabar. Anak-anak juga akan meniru kesabaran yang dicontohkan oleh para gurunya di PAUD. Sebagai contoh, anak akan diajarkan untuk mengantri dan menunggu gilirannya.


Tertanam rasa hormat kepada yang lebih tua sejak dini

Selama anak Anda di dalam PAUD maka selama itu pula ia akan diajarkan untuk bersikap hormat kepada para gurunya. Anak-anak PAUD akan melakukan yang diperintahkan oleh gurunya untuk bersikap hormat. Anak-anak PAUD pun menjadi terbiasa untuk menghormati orang lain tidak sebatas gurunya saja. Akan tetapi, rasa hormat yang jauh lebih luas lagi. Kelas-kelas PAUD merupakan tempat terbaik untuk mempelajari sikap mulia ini, yaitu rasa hormat.


Memiliki kepercayaan diri dan harga diri sejak dini

Pendidikan anak usia dini yang dilakukan ternyata memiliki dampak positif terhadap kepercayaan diri mereka. Selain itu, anak-anak sejak masih di PAUD akan memiliki jiwa optimis dan terbentuknya harga diri yang cukup tinggi. Mereka pun akan terdorong untuk mengeksplorasi bakat, minat, dan pengetahuan mereka.


Terbiasa dengan keberagaman

Menghormati perbedaan dan keragaman merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh anak-anak selama masa perkembangannya di PAUD. Pendidikan anak usia dini dirancang untuk membimbing anak-anak agar memiliki sikap hormat terhadap orang-orang sekitar.


✤ Sumber: doktersehat.com

Jumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam kurun 3 tahun terakhir meningkat pesat. Tahun 2017 tercatat sebanyak 238.000 lembaga PAUD. Dari angka tersebut, sebanyak 6.000 lembaga PAUD milik pemerintah, sisanya swasta.

"Secara kuantitas, jumlah lembaga PAUD meningkat pesat. Tetapi, harus kita akui sampai saat ini peningkatan secara kuantitas tersebut belum diimbangi dengan peningkatan kualitas," kata Ella Yulaelawati Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


✤ Sumber: news.okezone.com

Ilmu Alamiah Dasar

Matakuliah ini membahas tentang: alam pikiran manusia dan perkembangannya; perkembangan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam; bumi dan alam semesta; keanekaragaman makhluk hidup dan persebarannya; makhluk hidup dalam ekosistem alami; sumber daya alam dan lingkungan; ilmu pengetahuan alam dan teknologi bagi kehidupan manusia; beberapa perkembangan teknologi penting; dan isu lingkungan.


Pendidikan Karakter

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan karakter yang meliputi kondisi kehidupan yang berkarakter, pengembangan pribadi yang berkarakter, kondisi kehidupan yang anti-karakter, dan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran baik secara klasikal, kelompok dan individual untuk anak usia dini.


Pengantar Pendidikan

Matakuliah ini membahas tentang: hakikat manusia dan pengembangannya; pengertian dan unsur-unsur pendidikan; landasan dan asas- asas pendidikan; lingkungan pendidikan; aliranaliran pendidikan; perkiraan dan antisipasi terhadap pendidikan masyarakat masa depan; kurikulum nasional dan muatan lokal; dan sistem pendidikan nasional.


Psikologi Pendidikan

Matakuliah ini membahas tentang: sifat dan hakekat kejiwaan manusia; pertumbuhan dan perkembangan; hereditas dan lingkungan; intelegensi; tinjauan psikologis tentang belajar; dan pemikiran ke arah aplikasi psikologi belajar.


Belajar Dan Pembelajaran

Matakuliah ini membahas tentang: konsep belajar dan pembelajaran; asas dan prinsip pembelajaran; motivasi belajar; pendekatan pembelajaran; pengertian dan kedudukan kurikulum; evaluasi belajar dan pembelajaran; dan kesulitan belajar.


Profesi Keguruan

Matakuliah ini membahas tentang pengertian dan syarat-syarat profesi; kode etik profesi keguruan; sikap profesional keguruan; kompetensi guru; peranan guru sebagai pendidik; peranan guru sebagai administrator pendidikan; sistem dan struktur organisasi sekolah dan TK; serta supervisi pendidikan.


Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini

Matakuliah ini membahas tentang hakikat anak usia dini, pandangan tokoh tentang PAUD; karakteristik AUD; prinsip-prinsip perkembangan AUD; landasan PAUD; dan prinsip-prinsip PAUD.


Strategi Pembelajaran TK

Matakuliah ini membahas tentang kemampuan dalam membuat strategi kegiatan pengembangan di TK. Materi pembelajaran diarahkan pada hakikat pendidikan dan pembelajaran di TK, karakteristik perkembangan anak usia TK, pembelajaran yang berorientasi perkembangan, perencanaan pembelajaran, hakikat strategi pembelajaran, pemilihan dan jenis-jenis strategi pembelajaran, penerapan strategi pembelajaran yang berpusat pada anak melalui bermain, bercerita, bernyanyi, dan strategi pembelajaran terpadu.


Perkembangan Peserta Didik Anak Usia Dini

Matakuliah ini membahas tentang karakteristik dan perbedaan individu; pertumbuhan dan perkembangan anak; pertumbuhan fisik; perkembangan intelektual, sosial dan bahasa; perkembangan afektif; dan tugas-tugas perkembangan anak usia dini.


Dasar-Dasar Matematika Dan Sains

Matakuliah ini membahas tentang materi yang membekali guru/pendidik PAUD tentang penguasaan dasar matematika dan sains, yaitu: himpunan dan operasinya serta sifat-sifat himpunan dan operasi himpunan; logika matematika; mengenal alam; mengenal makhluk hidup; dan mengenal benda-benda di sekitar kita.


Bimbingan Dan Konseling Untuk Aud

Matakuliah ini membahas tentang hakikat bimbingan dan konseling untuk anak usia dini; perkembangan anak usia dini; program bimbingan dan konseling untuk anak usia dini; bentuk layanan bimbingan dan konseling; analisis hasil layanan bimbingan dan konseling; layanan evaluasi dan tindak lanjut serta pelaporan; peran guru/pendamping sebagai pembimbing; dan pengelolaan program bimbingan dan konseling untu anak usia dini.


Profesionalitas Pendidik PAUD

Matakuliah ini membahas tentang tujuan pendidikan di TK; teori dan model inovasi pendidikan di TK; pengemasan materi pendidikan di TK; pengorganisasian lingkungan pendidikan; dan profil pendidik TK. Pengkajian terhadap penerapan profesionalisme pendidik/guru PAUD sehingga dapat membantu mahasiswa meningkatkan motivasi menjadi guru PAUD dan juga pengembangan diri untuk mencapai kesuksesan dalam merintis karir menjadi guru/pendidik PAUD.


Metode Pengembangan Motorik

Mata kuliah ini membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan metode pengembangan motorik, yang meliputi penelaahan tentang hakikat perkembangan motorik, karakteristik, fungsi dan tujuan pengembangan motorik, pengembangan dan metode khusus pengembangan motorik pada anak usia dini (0-6 tahun), serta penelaahan pengembangan kemampuan motorik dalam PKB-TK dan evaluasinya.


Metode Pengembangan Kognitif

Matakuliah ini membahas tentang kemampuan dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak TK. Pengkajian terhadap hal yang berkaitan dengan definisi-definisi, teori-teori dan konsep-konsep dasar mengenai pengembangan kognitif anak hingga pengembangan kognitif tingkat lanjut yaitu dalam ranah kecerdasan majemuk dan kreativitas anak, dan evaluasi pengembangan kognitif.


Metode Pengembangan Moral Dan Nilai Agama

Matakuliah ini mengkaji tentang tahapan perkembangan moral anak TK, pola orientasi moral anak TK, disonansi moral, kecerdasan Moral Menurut Lickona, dan Moral Knowing (kejujuran, toleransi, setia kawan), Perkembangan Nilai-nilai keagamaan pada anak usia TK, Esensi, potret dan target pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak usia TK, dan Spiritual Quotient.


Metode Pengembangan Seni

Matakuliah ini membahas tentang kemampuan dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pengembangan seni di TK dengan pendekatan pembelajaran secara terpadu, serta dapat membantu mengembangkan potensi seni anak didik di Taman Kanakkanak. Disamping itu mata kuliah ini membahas tentang materi bidang keilmuan seni (musik, tari, seni rupa dan kerajinan tangan atau kertas) yang harus dikuasai oleh guru TK dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan potensi seni anak didiknya.


Metode Pengembangan Sosial Emosional

Matakuliah ini membahas tentang kemampuan dalam menerapkan berbagai strategi untuk mengembangkan sosial emosional anak TK.


Metode Pengembangan Bahasa

Matakuliah ini membahas tentang berbagai teori pengembangan bahasa; perkembangan bahasa anak; pengembangan kemampuan bahasa lisan; pengembangan kemampuan bahasa tulisan; kegiatan pengembangan kemampuan berbahasa di TK; media pembelajaran pengembangan kemampuan berbahasa; klasifikasi dan jenis media pembelajaran audio, visual, dan audiovisual; serta penggunaan media audio, visual dan audiovisual dalam pembelajaran bahasa di TK.


Metode Pengembangan Perilaku

Matakuliah ini membahas tentang pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak, dan pengelolaan metode bercerita, metode bercakap-cakap, metode tanya jawab, metode pemberian tugas, metode karya wisata, metode demonstrasi, metode sosiodrama, metode bermain peran, metode eksperimen, serta metode proyek dalam rangka pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak.


Media Dan Sumber Belajar Di TK

Matakuliah ini membahas tentang esensi sumber belajar dalam pembelajaran; hakikat sumber belajar di TK; pembuatan dan penggunaan media pembelajaran; pengelolaan sumber belajar di TK; alat permainan edukatif; pembuatan dan penggunaan alat permainan edukatif; lingkungan sebagai sumber belajar; dan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk anak usia dini.


Manajemen Pendidikan Di Lembaga PAUD

Mata kuliah ini akan membahas tentang konsep manajemen yang dilaksanakan pada pendidikan di taman kanak-kanak yang mencakup perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan dalam rangka mewujudkan sekolah yang berkemampuan unggul dengan pendekatan model manajemen berbasis sekolah.


Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus

Mata kuliah ini membahas tentang kemampuan dalam menangani anak berkelainan (anak dengan kebutuhan khusus). Mata kuliah ini membahas mengenai batasan anak nonnormatif dan berbakat, bagaimana mengidentifikasi-kan anak non-normatif dan berbakat serta bagaimana cara menanganinya secara komprehensif dan terpadu.


Pengembangan Kecerdasan Majemuk

Matakuliah ini mempelajari topik-topik tentang: pengertian kecerdasan majemuk, kegiatan pengembangan yang sesuai dengan karakteristik AUD, delapan kecerdasan yang terdapat dalam kecerdasan majemuk dan cara mengembangkannya untuk AUD, serta permainan berbasis kecerdasan majemuk yang sesuai dengan AUD.


Seni Tari

Matakuliah ini membahas tentang:

  1. Konsep Dasar Tari, yang terdiri atas: 1) Pengetahuan Dasar Tari, 2) Tari sebagai Seni Pertujukkan, 3) Unsur Pokok Tari, 4) Unsur Komposisi Tari, dan 5) Keterampilan Menari.
  2. Kemampuan dan Karakteristik Tari AUD, yang terdiri atas: 1) Kemampuan Dasar Tari AUD, 2) Karakteristik Tari AUD
  3. Penciptaan Tari, yang terdiri atas: 1) Pengetahuan Mencipta Tari dan 2) Pementasan Tari.

Seni Musik

Matakuliah ini membahas tentang:

  1. Konsep Dasar Musik, yang terdiri atas: 1) Pengetahuan Dasar dan Keterampilan Musik dan Bernyanyi, 2) Keterampilan Bermain Musik
  2. Kemampuan Dasar dan Karakteristik Musik AUD, yang terdiri atas: 1) Kemampuan Dasar Musik AUD, 2) Karakteristik Musik AUD
  3. Penerapan Konsep Dasar Musik di TK, yang terdiri atas: 1) Konsep Dasar Musik AUD, dan 2) Merancang Pagelaran Musik di TK

Keterampilan Menggambar

Matakuliah ini menyajikan tentang konsep dasar menggambar yang terdiri atas: 1) pengertian menggambar, 2) manfaat menggambar, kemampuan dasar menggambar yang terdiri atas: 1) memilih media menggambar, 2) menjelaskan gagasan menggambar bagi anak usia dini; konsep dasar dan manfaat melukis bagi anak usia dini yang terdiri atas: 1) pengertian melukis, 2) manfaat melukis, 3) memilih media lukis, 4) menjelaskan gagasan melukis, 5) memilih material melukis, 6) teknik melukis bagi anak usia dini.


Pengembangan Bahan Ajar Di TK

Matakuliah ini membahas tentang hakekat pengembangan bahan ajar TK; prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar; manfaat pengembangan bahan ajar bagi guru dan anak di TK; konsep dasar penyusunan bahan ajar; pedoman implementasi pengembangan bahan ajar; praktek penyusunan bahan ajar di TK; serta evaluasi hasil penyusunan bahan ajar di TK.


Bermain fan Permainan Anak

Mata kuliah ini membahas tentang kemampuan dalam menerapkan bermain dan penggunaan permainan yang sesuai dengan karakteristik anak TK. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai hal yang berkaitan dengan bermain dan permainan yang mencakup batasan tentang bermain, macam-macam permainan, manfaat bermain, bermain dan kreativitas dalam belajar, ide permainan kreatif, aktivitas permainan, konsep belajar terpadu berdasarkan permainan, serta menuntut mahasiswa menerapkan di dalam kegiatan pengembangan di TK.


Pengembangan Kurikulum PAUD

Matakuliah ini mengkaji tentang kemampuan pengembangan kurikulum atau berbagai program kegiatan pengembangan pada lembaga pendidikan prasekolah khususnya Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak. Pengembangan kurikulum tersebut dilakukan dengan cara menjabarkan rambu-rambu menu pembelajaran generik untuk kelompok bermain ke dalam bentuk operasional.


Keterampilan Berkarya Anak Usia Dini

Matakuliah ini membahas tentang konsep dan ruang lingkup seni rupa; konsep dan ruang lingkup pendidikan seni rupa untuk anak usia dini; berbagai keterampilan berkarya seni rupa bagi pendidik anak usia dini; serta keterampilan membimbing dalam berkarya seni rupa berdimensi dua (dwimatra) dan tiga dimensi (trimatra); serta mengembangkan sumbersumber belajar seni rupa untuk anak usia dini.


Pembaharuan Pendidikan Di TK

Matakuliah ini membahas materi meliputi konsep dasar pembaharuan pendidikan di TK, dasar pemikiran perlunya pembaharuan pendidikan di TK, TK yang berorientasi akademik dan non akademik, paradigma baru dalam pendidikan TK, aktivitas bermain sebagai sarana perkembangan dan belajar anak TK, pembelajaran tematik di TK, pembelajaran dengan whole language di TK, KBK di TK dan peran guru sebagai agen pembaharuan pendidikan di TK.


Statistik Pendidikan

Matakuliah ini membahas: permutasi dan kombinasi; peluang; distribusi; ekspektasi; variansi; populasi dan sampel; penyajian data; diagram; dan inferensial statistika: uji hipotesis, uji keberartian, analisis varians, korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda.


Pembelajaran Tematik

Matakuliah ini membahas tentang: pengertian dan konsep pembelajaran tematik, pembelajaran tematik bagi anak usia dini; dan penerapan pembelajaran tematik di TK.


Penelitian Tindakan Kelas

Matakuliah ini membahas tentang: hakikat penelitian tindakan kelas; langkah-langkah penelitian tindakan kelas; perencanaan penelitian; pelaksanaan perbaikan dalam pembelajaran; analisis hasil penelitian tindakan kelas; serta penulisan laporan penelitian tindakan kelas.


Evaluasi Pembelajaran Di TK

Matakuliah ini membahas tentangkemampuan mengakses perkembangan dan pembelajaran terhadap anak usia dini yang meliputi perkembangan perilaku, fisik/motorik, bahasa, kognitif dan seni. Secara praktis pengkajian diarahkan kepada berbagai aspek evaluasi perkembangan anak usia kelompok bermain dan tempat penitipan anak yang mencakup komponen perencanaan asesmen perkembangan pada AUD dan pelaksanaan asesmen perkembangan pada seluruh aspek perkembangan anak, yaitu perkembangan fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional serta pelaporan perkembangan anak usia dini.


Metode Penelitian

Matakuliah ini membahas tentang: peranan penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif.


Analisis Kegiatan Pengembangan PAUD

Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis kegiatan pengembangan Kelompok Belajar (KB), Taman Kanak-kanak (TK) dan Taman Penitipan Anak (TPA).


Pemantapan Kemampuan Profesional

Matakuliah ini menyajikan materi yang membantu mahasiswa mencapai kemampuan ilmiah dalam merancang, melaksanakan, menemukan kekuatan dan kelemahan dalam pengembangan pendidikan untuk anak usia dini yang terdiri dari tiga bagian, yaitu: bagian pertama berisi konsep dasar PKP, yang menjelaskan tentang hakikat PKP dan materi yang terkait dengan penerapan penelitian tindakan kelas dalam kegiatan pengembangan; bagian kedua berisi sistem penyelenggaraan PKP dan bagian ketiga tentang alat penilaian PKP yang akan digunakan dalam proses pelaksanaan dan pelaporan PKP.


Pendidikan Lingkungan Hidup

Matakuliah ini membahas tentang 1) manusia dan sumber daya dan perubahan lingkungan; 2) pokok-pokok masalah lingkungan meliputi: a) populasi manusia dan laju pertumbuhan, b) perkembangan IPTEK, c) penggunaan sumber daya alam; 3) ekologi sebagai dasar pengetahuan lingkungan yang meliputi: a) individu, b) populasi, c) komunitas, d) ekosistem; 4) ciri khas lingkungan (komunitas dan ekosistem tropika) khususnya Indonesia, 5) Sumber daya wilayah pesisir dan laut, sumber masalah lingkungan dan strategi pemecahannya; 6) masalah-masalah lingkungan sehubungan dengan pencemaran udara, sampah, limbah B3.


Kewirausahaan

Matakuliah ini membahas tentang: sikap mental seorang wirausahawan; kepemimpinan; pembuatan keputusan; perencanaan bisnis; manajemen waktu; perencanaan keuangan; produksi dan menilai peluang pasar; dan mengevaluasi kinerja bisnis.


Kesehatan Dan Gizi

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat kesehatan dan gizi, pola hidup sehat, kesehatan anak, tumbuh kembang anak, masalah gizi pada anak, makanan bergizi, makanan sehat untuk anak usia dini, pendidikan kesehatan pada anak dan pelayanan kesehatan anak.


Komputer dan Internet

Matakuliah ini memberikan pengenalan konsep-konsep dasar komputer sebagai media pembelajaran, pengenalan perangkat komputer (software dan hardware), serta dasar-dasar pengolahan data pada komputer. Di samping itu pengenalan terhadap konsep dasar jaringan internet dan penerapannya seperti browsing, menerima dan mengirim e-mail dan download materi berkenaan dengan kebutuhan pengguna.


Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Matakuliah ini membahas tentang pengertian, bentuk, struktur dan fungsi keluarga; fungsi pendidikan dan pengasuhan keluarga; dimensi pengasuhan dalam keluarga; karakteristik pola-pola pengasuhan; pengaruh pengasuhan terhadap perkembangan anak; interaksi pengasuhan dalam keluarga; faktor-faktor yang mempengaruhi pengasuhan dalam keluarga; kompetensi pengasuhan orang tua; serta hasil pengamatan empirik tentang dinamika pengasuhan dalam keluarga.


Komputer Dalam Kegiatan Pengembangan AUD

Matakuliah ini mengkaji tentang kemampuan memahami dasar-dasar komputer, strategi dan metode dalam pembelajaran tentang komputer sehingga memiliki kemampuan untuk membelajarkan anak usia dini dalam mengenal komputer.


Pagelaran Karya

Matakuliah ini mengkaji tentang persiapan penyelenggaraan pagelaran karya, faktor-faktor yang menunjang pelaksanaan dan kelancaran pagelaran karya, dan melakukan pagelaran karya.


Seminar PAUD

Matakuliah ini mengkaji ini tentang ragam penelitian PAUD, permasalahan dalam penelitian PAUD, tinjauan literature; strategi menyusun proposal penelitian PAUD; penyajian dan pembahasan proposal.


KKP

Dalam matakuliah ini, yang dilakukan adalah: minggu pertama, di kampus untuk mereviuw materi pembelajaran, kurikulum, silabus dan latihan mengajar untuk persiapan praktek mengajar di sekolah; melakukan observasi lapangan; praktek mengajar di TK dan Lembaga PAUD; serta menyusun laporan KKP.


Skripsi

Pelaksanaan penelitian di lapangan dilandasi kajian teoritik (penelitian deskriptif atau eksperimen yang bersifat kuantitatif atau kualitatif) melalui penulisan proposal yang lengkap, pembimbingan dan ujian skripsi dalam bidang pendidikan, dan pendidikan anak usia dini.


✤ Sumber: Kurikulum PS Sarjana Pendidikan Guru PAUD Universitas Halu Oleo

  • Pendidik AUD
  • Pendidik, fasilisator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi Ke PAUD-an yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu PAUD dan pembelajarannya

  • Pengembang Media AUD
  • Penghasil produk-produk media PAUD

  • Peneliti PAUD
  • Pengkaji permasalahan pendidikan PG PAUD dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah

  • Pengelola Lembaga PAUD
  • Pengelola lembaga/satuan pendidikan


✤ Sumber: pgpaud.unnes.ac.id

Dina Ramalinda

Saat kegiatan bermain sambil belajar (bukan belajar sambil bermain lho ya… silahkan direnungi perbedaannya), guru harus sabar menghadapi segala keaktifan anak dan harus bisa meresponnya agar anak tidak merasa diabaikan.

Saat anak-anak istirahat, jangan pikir guru-guru TK bisa istirahat layaknya guru SD, SMP, ataupun SMA… Mereka tetap masih berkegiatan menjaga anak-anak yang berlarian ke sana ke mari, menjaga anak yang panjat sana panjat sini,

Guru juga harus memberikan pembiasaan anak untuk toilet training, dan siap tanggap dengan keadaan yang tiba-tiba membutuhkan otak berpikir untuk bisa menyelesaikannya (seperti anak bertengkar, anak berebut, anak jatuh)

Saat waktu pulang sekolah datang, guru pun belum bisa langsung pulang. Mereka masih menjaga anak-anak yang belum dijemput orang tuanya dan memastikan yang menjemput anak adalah orang tua atau pun kerabatnya. Kami harus ekstra berhati-hati mengingat banyak kasus pencullikan anak dengan modus menjemput mereka sepulang sekolah.

Nah, apakah setelah anak-anak dijemput semua guru sudah bisa pulang juga? Oowwww tentu saja tidak. Kami masih harus merapikan media yang telah digunakan anak-anak di hari itu dan menyiapkan media apa yang akan digunakan untuk hari besoknya. Dan ini semua belum termasuk kalau ada rapat.

Tuhkan jadi guru TK itu berat. Apakah kamu bisa kuat?


✤ Baca selengkapnya di mojok.co

Sebelum benar-benar memustuskan memilih jalan ninja sebagai guru, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Apakah kamu suka mengajar?
  • Ingat-ingat sewaktu sekolah dulu, apakah kamu suka mengajari temanmu, atau malah tidak mempedulikan mereka? Apakah kamu sabar ketika yang kamu ajar susah memahami apa yang kamu sampaikan?

  • Apakah kamu suka membaca?
  • Ilmu pengetahuan terus berkembang, jadi membaca adalah salah satu kegiatan yang pasti akan kami lakukan ketika memilih menekuni profesi guru.

  • Apakah kamu menyukai berinteraksi dengan anak-anak?
  • Menjadi guru berarti kamu harus melayani anak-anak dari pagi sampai sore mulai dari senin sampai jumat bahkan mungkin saja sabtu dan minggu. Ini juga menjadi pertimbangan pilihanmu, apakah ingin menjadi guru TK, SD, SMP, atau SMA.

  • Apakah kamu siap menjadi teladan?
  • Guru itu digugu dan ditiru. Jangan sampai kamu mencontohkan hal-hal buruk pada muridmu.

Tentu saja masih banyak pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Ingatlah kisanak, apapun pilihanmu nanti, ketahuilah bahwa seperti kata Ki Hadjar Dewantara: "pada akhirnya semuanya akan menjadi guru".

#Semuagurusemuamurid.

Akreditasi A/Unggul Akreditasi B/Baik Sekali Akreditasi C/Baik

Sumber: BANPT - 25/04/2021
⚠ DISCLAIMER: Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for "fair use" for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.
❉ Bagikan kepada teman dan musuhmu ❉