Ulasan Program Studi Sarjana
Matematika


ZEBRACROSS.ID - 03/05/2021

“Matematika murni adalah ide-ide puisi yang logis”

Apakah kamu juga setuju dengan pernyataan Albert Einstein tersebut?

Disaat orang lain mumet melihat kumpulan angka dan simbol, kamu malah melihatnya seperti puisi?

:)

“Jika orang tidak percaya betapa sederhananya matematika, itu karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya hidup.”

Kamu juga setuju dengan pendapat John von Neumann tersebut? bahwa matematika itu tidaq ribet?

:))

.

.

.

Sebelum membahas tentang Program Studi Sarjana Matematika, mari bahas sedikit lebih dalam tentang matematika.

Biarpun ilmu ini sudah diajarkan dari Sekolah Dasar, tahukah kamu asal kata Matematika?

Matematika berasal dari bahasa setan yang artinya siksaan untuq pelajar.

🤣🤣🤣

.

.

.

Matematika berasal dari Bahasa Yunani yaitu mathematicos yang berarti ilmu pasti. Sementara menurut KBBI, Matematika adalah ilmu tentang bilangan.

Pernahkah kamu bertanya, kenapa Matematika diajarkan mulai dari SD sampai SMA bahkan hingga Peguruan Tinggi?

Alasannya tak lain karena Matematika adalah ilmu yang sangat penting dan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan.

Berbagai manfaat dari Matematika seperti mengembangkan pemikiran, membantu untuk memiliki pemikiran analitis, mempercepat proses berpikir, dan tentu saja banyak bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

.

.

.

Lalu, seperti apa Program Studi Sarjana Matematika?

Program Studi Matematika memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana yanng mampu memberikan solusi bagi pemecahan masalah dengan menggunakan konsep-konsep Matematika.

Selain Prodi Matematika, terdapat beberapa Program Studi yang juga berhubungan erat dengan Ilmu Matematika seperti Pendidikan Matematika, Statistika, dan Aktuaria.

Agar kamu tidak bingung, berikut kami berikan gambaran tentang perbedaan antara setiap prodi tersebut.

Yang pertama adalam Program Studi Pendidikan Matematika.

Dari namanya sudah jelas bahwa lulusannya diarahkan untuk menjadi seorang tenaga pengajar atau Guru Matematika dengan gelar S.Pd.

Mungkin ada pertanyaan: "Emangnya lulusan Matematika (aja) gak bisa jadi Guru?"

Bisa aja sih, cuma bukan disana fokusnya. Di Program Studi Matematika (aja), Mahasiswanya tidak akan mempelajari tentang teknik pengajaran layaknya Prodi Kependidikan.

Selain itu, jarang juga kan ada Guru Sekolah yang menyandang gelar S.Si (Sarjana Sains)

.

.

.

Lalu, jika kompetensi utamanya bukan sebagai guru, jadi apa dong Lulusan Matematika?

Seperti yang dibahas diawal, Matematika adalah Ilmu yang sangat bermanfaat disegala bidang. Jadi, lulusan Prodi ini juga sangat dibutuhkan di berbagai bidang, tidak hanya di bidang Pendidikan. Oke?

Sebagai gambaran, berikut merupakan data sebaran bidang kerja lulusan Prodi Matematika alumni kampus Institut Pertanian Bogor:

  • Bidang teknologi informasi (39%)
  • Media planner (36%)
  • Pendidikan (30 %)
  • Keuangan dan asuransi (10%)

Untuk lebih lengkapnya tentang prospek lulusan prodi ini, dapat kamu lihat di bagian prospek lulusan.

.

.

.

Untuk lebih memahami bahwa Matematika adalah ilmu yang luas dan berhubungan dengan banyak bidang dapat dilihat dari Pembagian Minat atau Kosentrasi di Program Studi ini.

Sebagai contoh di Universitas Indonesia, Prodi Matematika memiliki 5 kelompok pengajaran bidang minat, yaitu:

  1. Matematika Murni;
  2. Matematika Komputasi;
  3. Matematika Statistika;
  4. Matematika Riset Operasi;
  5. Matematika Aktuaria

Sementara di program studi Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran, terdapat dua Kelompok Bidang Peminatan (KBM) yaitu KBM Matematika Murni dan KBM Matematika Terapan.

KBM Matematika Murni terdiri dari dua Kelompok Bidang Keahlian (KBK), yaitu KBK Aljabar dan KBK Analisis dan Geometri.

Sementara KBM Matematika Terapan terdiri dari empat KBK, yaitu KBK Pemodelan Stokastik, KBK Matematika Biologi dan Lingkungan, KBK Riset Operasi dan Optimasi, serta KBK Matematika Ekonomi dan Keuangan.

Dari dua contoh kampus tersebut, sudah paham kan bahwa Matematika itu dipakai oleh banyak bidang, mulai dari Komputasi, Aktuaria, Riset Operasi, hingga Lingkungan.

Selain itu, terlihat pula bahwa kedua kampus tersebut memiliki peminatan yang berbeda-beda.

Maka dari itu, sebelum kamu memilih kampus tidak ada salahnya mengenali kampus tujuanmu, mulai dari Akreditasi, Kurikulum, Fasilitas, Jaringan Alumni, Harga Otufit Mahasiswanya, dan informasi lainnya. Oke?

.

.

.

Selain itu harap diingat bahwa beberapa peminatan atau kosentrasi dari prodi ini sudah menjadi prodi tersendiri seperti Prodi Sarjana Statistika dan Prodi Sarjana Aktuaria.

Jadi, buat kamu yang pengen mendalami Statistika atau Aktuaria lebih awal (tidak melalui Peminatan), bisa langsung masuk prodi tersebut karena sudah banyak kampus yang menyediakannya.

Saran kami, setelah membaca ulasan ini, lanjutkan dengan membaca ulasan kedua Prodi tersebut sebagai pertimbangan tambahan dalam memilih Prodi.

Semangat!

Benarkah belajar matematika bisa menambah kecerdasan?

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Ryuta Kawashima berusaha membandingkan otak peserta penelitian yang bermain game dengan peserta penelitian yang mengerjakan soal matematika yang cukup mudah (misalnya penjumlahan, pengurangan, dan perkalian).

Awalnya para ahli mengira peserta yang bermain game akan memiliki otak yang lebih aktif dibanding yang mengerjakan matematika. Namun, ternyata jumlah bagian otak yang aktif saat mengerjakan matematika lebih banyak daripada saat bermain game.

Ketika Anda mengerjakan soal matematika yang mudah, area prefrontal pada otak anda akan menjadi aktif. Bagian ini berfungsi untuk belajar dan berpikir logis.

Bahkan ketika Anda mengerjakan soal perkalian yang mudah (seperti 4×4), ternyata bagian otak yang berfungsi untuk berbicara juga menjadi aktif.

Ini karena secara tidak sadar otak Anda akan mengingat kembali bacaan tabel perkalian. Hal inilah yang membuat bagian otak Anda yang berfungsi untuk membaca turut menjadi aktif.

Selain itu, mengerjakan soal matematika juga dapat mengaktifkan kedua sisi pada otak Anda (sisi kiri dan kanan).

Karena itu, Profesor Ryuta Kawashima menganjurkan agar Anda mengerjakan soal matematika sederhana beberapa saat sebelum Anda akan mengerjakan sesuatu yang sulit. Hal ini akan membuat Anda memproses informasi dengan lebih efisien karena otak Anda sudah teraktivasi.


✤ Baca selengkapnya di hellosehat.com

Himpunan Dan Logika

Dalam mata kuliah ini, logika difokuskan pada bagaimana membangun dan membuktikan teorema, lemma, proposisi, dan sifat-sifat lainnya. Kemudian dibahas konsep dasar himpunan dari sisi teoritis, sehingga beberapa sifat yang sederhana dibuktikan secara logika dan sistematis.


Aljabar Linier Elementer

Dalam kuliah ini dibahas mengenai kaitan antara matriks, sistem persamaan linier, dan transformasi linier. Selain itu mahasiswa juga diperkenalkan kepada konsep ruang vektor sebagai abstraksi dari himpunan vektor yang dikenal dalam fisika. Pembuktian teorema diperkenalkan, tetapi mahasiswa tidak dituntut menguasai pembuktian.


Matematika Diskrit I

Pembahasan materi dalam mata kuliah ini ditinjau dari sisi teoritis dan aplikasi. Beberapa sifat tentang konsep diskrit dibuktikan dan diinterpretasikan dalam contoh aplikasi.


Teori Bilangan

Dalam kuliah ini diperkenalkan pengertian bilangan ditinjau secara aksiomatik, sehingga pemahaman mahasiswa terhadap definisi dan teorema/sifat-sifat bilangan sangat diperlukan.


Struktur Aljabar

Dalam kuliah ini dibahas tentang struktur yang melibatkan sebuah himpunan dengan satu operasi biner. Konsep dasar yang harus dikuasai mahasiswa adalah identifikasi anggota himpunan dan operasi biner. Penekanan pembelajaran mata kuliah ini adalah pemahaman definisi-definisi yang terkait dengan grup, serta pembuktian teorema, lemma dsb, dan diupayakan ada ilustrasi dalam masalah nyata, agar mahasiswa lebih mudah dalam memahami konsep.


Matematika Diskrit

Dalam kuliah ini dibahas tentang Relasi Rekurensi, Fungsi Pembangkit, Inklusi-eksklusi dan aplikasinya, Otomata dan Bahasa Formal, Sistem Bilangan Berbasis, Aritmetika Modular dan pengantar teori penyandian.


Teori Graf

Dalam kuliah ini dibahas tentang pengertian graf dan subgraf, graf terhubung, matriks pada graf, graf Euler dan graf bipartite, Trees dan spanning tree, graf planar, pewarnaan graf, polinom kromatik, matching, himpunan dominan dan independen, graf berarah, tipe graf berarah, tournamen dan matriks pada graf berarah.


Aplikasi Aljabar Linier Elementer

Dalam kuliah ini dibahas tentang aplikasi dari Aljabar Linier Elementer. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa mendapatkan gambaran bahwa matematika dapat diterapkan pada kehidupan nyata.


Struktur Aljabari

Dalam kuliah ini dibahas tentang struktur yang melibatkan sebuah himpunan dengan dua operasi biner, yang selanjutnya disebut dengan ring , field dan daerah integral, yang merupakan perluasan dari konsep grup. Penekanan pembelajaran mata kuliah ini adalah pemahaman definisi-definisi yang terkait dengan ring, field dan daerah integral, beserta sifatsifatnya, serta pembuktian teorema, lemma dsb, dan diupayakan ada ilustrasi dalam masalah

nyata, agar mahasiswa lebih mudah dalam memahami konsep.


Aljabar Linier

Dalam kuliah ini dibahas tentang pendalaman materi aljabar linier elementer, dengan fokus pembahasan pada pembuktian beberapa teorema, lemma dan sifat-sifat.


Teori Grup Hingga

Dalam kuliah ini dibahas tentang grup dengan order berhingga, yang merupakan salah satu jenis dari grup. Penekanan pembelajaran mata kuliah ini adalah pada pembuktian teorema, lemma dsb, dan diupayakan ada ilustrasi dalam masalah nyata.


Kombinatorika

Dalam kuliah ini dibahas tentang multiset, permutasi dan kombinasi pada multiset, Prinsip Inklusi-eksklusi dan aplikasinya, Relasi rekurensi dan fungsi pembangkit, bilangan Catalan, Stirling dan Bell, disain kombinatorial.


Matriks Atas Ring

Dalam kuliah ini dibahas tentang sifat-sifat dari matriks dengan entri atas ring komutatif. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat membandingkan konsep matriks atas ring bilangan real dengan matriks atas ring komutatif.


Pengantar Teori Modul

Dalam kuliah ini dibahas tentang pengembangan dari grup dan ring. Struktur yang melibatkan dua buah himpunan dengan dua operasi biner, yang selanjutnya disebut dengan modul atas ring. Penekanan pembelajaran mata kuliah ini adalah pemahaman definisi-definisi yang terkait dengan modul atas ring , beserta sifat-sifatnya, serta pembuktian teorema, lemma dsb, dan diupayakan ada ilustrasi dalam masalah nyata, agar mahasiswa lebih mudah dalam


Teori Pengkodean

Dalam kuliah ini dibahas tentang peranan teori pengkodean dalam suatu sistem komunikasi, struktur dari suatu kode linear, dan bagaimana mengkonstruksi suatu kode linear yang baik. Pengetahuan dasar dalam Aljabar Linear Elementer dan Matematika Diskrit II sangat diperlukan dalam mata kuliah ini.


Kapita Selekta Aljabar

Dalam kuliah ini mahasiswa mengkaji karya-karya ilmiah dalam bidang aljabar guna memperluas wawasan tentang perkembangan aljabar. Mahasiswa dapat mereview suatu karya ilmiah materi-materi aljabar, dapat menulis kembali, memahami sertamempresentasikan karya ilmiah tersebut, sekaligus sebagai pembelajaran untuk penulisan tugas akhir (skripsi).


Geometri Analitik

Dalam kuliah ini dibahas pengertian titik, garis, bidang, dan ruang secara analitik. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsepkonsep dasar geometri serta mampu menggunakannya dalam permasalahan matematika dan bidang ilmu lainnya.


Kalkulus I

Dalam kuliah ini dibahas konsep-konsep dasar kalkulus yang meliputi turunan dan integral fungsi satu peubah secara teoritis. Diupayakan agar metode pembelajarannya diintegrasikan dengan program paket komputer.


Kalkulus II

Sebagai kelanjutan mata kuliah Kalkulus I, dibahas penggunaan integral fungsi satu peubah, dilanjutkan dengan pembahasan fungsi dua dan tiga peubah. Seperti pada fungsi satu peubah, dalam mata kuliah ini dibahas konsep limit, kekontinuan, turunan fungsi dua dan tiga peubah, serta integral rangkap. Direkomendasikan pembelajarannya diintegrasikan dengan komputer.


Kalkulus III

Dibahas konsep-konsep dasar kalkulus vector dan kalkulus peubah banyak termasuk fungsi bernilai vektor. Direkomendasikan pembelajarannya diintegrasikan dengan komputer. Selain itu, dalam mata kuliah ini dibahas konsep barisan, deret, dan kekonvergenannya.


Fungsi Kompleks

Dalam kuliah ini dibahas bagaimana membangun suatu fungsi harmonic melalui fendiferensialan fungsi kompleks dan dibuktikan beberapa sifat fungsi kompleks. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa dapat memahami terminologi-terminologi yang berkaitan dengan system bilangan kompleks, dapat melakukan beberapa transformasi daerah di bidang kompleks, memeriksa kekontinuan dan keterdiferensialan fungsi kompleks, serta dapat menjelaskan konsep fungsianalitik dan fungsi harmonik.


Fungsi Kompleks II

Dalam kuliah ini dibahas konsep integral fungsi kompleks dan sifat-sifatnya, deret pangkat dan kaitannya dengan fungsianalitik dan integral fungsi kompleks. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa mampu menjelaskan konsep integral fungsi kompleks, hubungan antara keanalitikan suatu fungsi, deret pangkat, dan integral di ruang kompleks.


Fungsi Univalen

Dalam kuliah ini diperkenalkan ide dasar fungsi univalen. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan ide dasar fungsi univalen, beberapa konjektur tentang fungsi analitik, teorema distorsi serta fungsi convex maupun starlike.


Analisis Real I

Dalam kuliah ini dibahas abstraksi dari konsep-konsep yang telah dibahas pada Kalkulus I sampai dengan III, khususnya mengenai limit dan kekontinuan. Untuk mengasah logika mahasiswa, pembelajaran ditekankan pada pembuktian Lemma, Teorema, dan Proposisi. Serta untuk membantu mahasiswa memahami konsep-konsep yang abstrak, diupayakan adanya ilustrasi atau contoh-contoh kongkrit.


Analisis Real II

Sebagai lanjutan dari Analisis Real I, pada mata kuliah ini dibahas abstraksi dari konsep-konsep yang telah dibahas pada Kalkulus I sampai dengan III, khususnya mengenai integral. Untuk mengasah logika mahasiswa, pembelajaran ditekankan pada pembuktian Lemma, Teorema, danProposisi. Serta untuk membantu mahasiswa memahami konsep-konsep yang abstrak, diupayakan adanya ilustrasi atau contoh-contoh kongkrit.


Analisis Fungsional

Kuliah ini merupakan tinjauan umum dari sifat-sifat himpunan yang digeneralisasi dari sifat sifat sistem bilangan (himpunan) yang telah dikenal. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa dapat membandingkan berbagai ruang fungsional.


Topologi

Kuliah ini merupakan tinjauan umum dari sifat-sifat himpunan yang digeneralisasi dari sifat sifat sistem bilangan (himpunan) yang telah dikenal. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menguraikan sifat-sifat himpunan yang lebih umum.


Pengantar Teori Ukuran

Dalam kuliah ini diperkenalkan pendekatan integral melalui konsep keterukuran suatu himpunan. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan konsep ruang dengan pendekatan ukuran untuk mendefinisikan integral Lebesque.


Kapita Selekta Analisis

Dalam kuliah ini dibahas secara bebas berbagai tinjauan analisis secara teoritis maupun aplikasinya. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa memiliki wawasan yang lebih luas dalam bidang analisis.


Algoritma Pemrograman

Kuliah ini memberikan dasar pengetahuan mengenai sistem komputer, khususnya memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai beberapa algoritma dasar dan pembuatan program dengan suatu bahasa pemrograman. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan prinsip kerja komputer, dapat membuat algoritma dasar dan menuangkannya dalam program dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman sehingga mahasiswa memiliki bekal yang memadai untuk menempuh mata kuliah yang berkaitan dengan komputasi.


Pemrograman Dasar

Sebagai lanjutan dari mata kuliah algoritma pemrograman, dalam kuliah ini dibahas bagaimana mengolah data dengan membangun suatu program komputer. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat membangun program untuk mengolah data dengan tipe array sehingga mahasiswa memiliki bekal yang memadai untuk menempuhmata kuliah selanjutnya yang berkaitan dengan pemrograman.


Perangkat Lunak Matematika

Dalam kuliah ini dipelajari pemanfaatan beberapa perangkat lunak matematika seperti MAPLE dan MATLAB untuk memberikan ilustrasi bagi konsep-konsep atau masalah matematika. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat mengoperasikan dan memanfaatkan beberapa perangkat lunak matematika seperti MAPLE dan MATLAB sehingga selanjutnya tidak mengalami kesulitan untuk memanfaatkannya dalam kuliah kuliah yang memerlukan ilustrasi matematika atau simulasi.


Persamaan Diferensial Biasa

Dalam kuliah ini dibahas pengertian dasar Persamaan Diferensial Biasa (PDB) danterapannya dalam berbagai bidang seperti fisika, kimia, biologi, teknik, ekonomi, dan sebagainya. Selain diberikan definisi, teorema dan pembuktian dalam kuliah, metode pembelajarannya diintegrasikan pula dengan komputer (Mathematica atau MAPLE). Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menyelesaikan berbagai bentuk PDB dengan berbagai metode agar memiliki bekal yang memadai untuk menempuh mata kuliah yang berkaitan dengan persamaan diferensial biasa.


Pemrograman Lanjut

Sebagai lanjutan dari mata kuliah Pemrograman Dasar, dalam kuliah ini dibahas bagaimana membangun suatu program komputer yang lebih kompleks. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa memiliki keterampilan membangun program yang lebih kompleks.


Persamaan Beda

Dalam mata kuliah ini dibahas berbagai sifat yang terdapat dalam kalkulus beda hingga, sehingga di samping penggunaan juga akan diperkenalkan pembuktian sifat-sifat kalkulus beda hingga. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan tentang konsep persamaan beda hingga menyelesaikan berbagai jenis persamaan beda hingga dan menerapkan persamaan beda hingga pada masalah di bidang lain, seperti ekonomi, teknik, dan sebagainya


Metode Numerik

Kuliah ini membahas teori dan algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan metodenumerik pada pencarian akar persamaan tak linear, sistem persamaan linear dan tak linear, regresi, interpolasi, diferensiasi dan integrasi. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan beberapa metode numerik untuk menyelesaikan suatu masalah matematika dan dapat membuat program secara sederhana untuk menyelesaikan masalah matematika.


Persamaan Diferensial Parsial

Dalam kuliah ini dibahas metode penyelesaian persamaan diferensial parsial (PDP) dan terapannya dalam berbagai bidang seperti fisika dan teknik. Metode pembelajarannya diintegrasikan dengan komputer (MAPLE, MATLAB). Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menyelesaikan berbagai bentuk PDP dengan berbagai metode. Selain itu, mahasiswa juga dapat menjelaskan dan menggunakan berbagai bentuk PDP dalam masalah nyata dan memiliki bekal untuk menempuh mata kuliah yang berkaitan dengan PDP.


Fungsi Khusus

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari bagaimana menyelesaikan PD dengan menggunakan deret pangkat. Mahasiswa juga mempelajari beberapa fungsi khusus yang diturunkan dari beberapaPD danpenggunaannya. Selain itu, dipelajari juga deret fungsi orthogonal (trigonometri) untuk menghampiri suatu fungsi periodik. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan penurunan beberapa fungsi khusus dan memahami cara menghampiri suatu fungsi dengan menggunakan deret fungsi-fungsi ortogonal.


Sistem Dinamik Kontinu

Dalam mata kuliah ini mahasiswa mempelajari cara menganalisis perilaku solusi sistem persamaan diferensial biasa, baik yang linier maupun nonlinier. Analisis dilakukan bukan dengan mempelajari solusi eksaknya, melainkan dengan memandangnya sebagai sistem dinamik kontinu. Dalam proses analisis ditentukan titik kesetimbangan sistem dan dipelajari kestabilannya. Perilaku solusi sistem dapat diketahui dengan melihat orbit solusi di sekitar titik kesetimbangan.


Optimasi Numerik I

Pada kuliah ini dibahasberbagai metode untuk menyelesaikan masalah optimasi secara numerik. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan perbedaan beberapa metode untuk menyelesaikan suatu masalah optimasi secara numerik dan dapat membuat programuntuk menyelesaikan masalah optimasi.


Sistem Dinamik Diskrit

Dalam mata kuliah ini diperkenalkan konstruksi sistem fenomena yang terjadi secara dinamis. Setelah menempuh matakuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan sifat-sifat solusi sistem dinamik diskrit.


Persamaan Diferensial Numerik I

Dalam kuliah ini dibahas metode penyelesaian persamaan diferensial biasa (PDB) dengan metode beda hingga. Selain diberikan definisi, konstruksi dan analisis skema beda hingga, pembelajarannya diintegrasikan dengan MATLAB. Di akhir kuliah, mahasiswa akan diberikan tugas besar. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan dan menyelesaikan PDB dari permasalahan nyata secara numerik, khususnya dengan metode beda hingga.


Kalkulus Variasi

Dalam mata kuliah ini dibahas cara-cara menyelesaikan masalah dalam kalkulus variasi.


Pemodelan Matematika

Dalam mata kuliah ini dibahas pengertian model matematika dan bagaimana cara mengkonstruksinya dengan memberikan ilustrasi pembuatan beberapa model matematika dalam kehidupan nyata. Selain itu, dibahas pula beberapa teknik untuk menyelesaikan model, dan menginterpretasikan hasil yang diperoleh. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa mampu menjelaskan pengertian model matematika, mampu menjelaskan cara membangun model matematika sederhana dari masalah nyata, mampu menyelesaikan model matematika yang dibangun, dan mampu menginterpretasikan solusi yang dihasilkannya.


Optimasi Numerik Ii

Pada kuliah ini dibahas berbagai metode untuk menyelesaikan masalah optimasi yang lebih kompleks secara numerik. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menyelesaikan masalah optimasi berdimensi tinggi secara numerik dengan metode yang lebih memadai.


Persaman Diferensial Numerik II

Dalam mata kuliah ini dibahas metode numerik untuk penyelesaian persamaan diferensial parsial (PDP), khususnya dengan metode beda hingga. selain diberikan definisi, konstruksi dan analisis skema beda hingga, pembelajarannya diintegrasikan dengan MATLAB. Pada akhirkuliah, mahasiswa akan diberikan tugas besar.


Pengantar Metode Elemen Hingga

Dalam mata kuliah ini dibahas Metode Elemen Hingga sebagai metode umum untuk mendapatkan pendekatan dari penyelesaian persamaan differensial parsial. Pendekatan berfokus pada konsep matematika, antara lain variasional formula dari persamaan differensial parsial dengan pemahaman minimum pada analisis fungsional. Mata kuliah Pengantar Metode Elemen Hingga ini juga menekankan pada implementasi algoritma yang terkait sehingga merupakan gabungan teori matematika dengan programming tanpa atau dengan menggunakan software.


Kapita Selekta Analisis Terapan

Mata kuliah ini membahas pengembangan dan penerapan matematika terbaru, khususnya topik-topik yang berkaitan dengan pengembangan teori dan metode penyelesaian persamaan diferensial secara analitik serta penerapannya dalam berbagai bidang, misalnya bidang kedokteran, lingkungan, biologi, fisika, ekonomi dan keuangan.


Kapita Selekta Sains Komputasi

Mata kuliah ini membahas pengembangan dan penerapan metode komputasi terbaru, khususnya topik-topik yang berkaitan dengan pengembangan teori dan metode penyelesaian persamaan diferensial secara numerik, pengembangan metode numerik/komputasi, serta penerapannya dalam berbagai bidang, misalnya bidang kedokteran, lingkungan, biologi, fisika, ekonomi dan keuangan serta optimasinya.


Pengantar Statistika

Dalam mata kuliah ini menekankan penguasaan konsep, peranan dasar statistika, statistika deskriptif dan menerapkan dalam statistika inferensial. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menguasai konsep, peranan dasar statistika dan menerapkan dalam statistika inferensial.


Matematika Keuangan

Dalam kuliah ini dibahas tentang penerapan matematika di bidang keuangan. Beberapa pengertian dalam bidang keuangan diperkenalkan terlebih dahulu. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menerapkan model matematika sederhana di bidang keuangan dan mampu menyelesaikannya.


Pengantar Teori Peluang

Dalam kuliah ini diberikan konsep-konsep dasar peluang dan terapannya. Bukti-bukti teorema sederhana diperkenalkan. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa mempunyai kemampuan untuk menjelaskan konsep-konsep dasar peluang dan mengimplementasikan peluang pada masalah realistik.


Matematika Ekonomi Dan Bisnis

Dalam mata kuliah ini dibahas penerapan matematika di bidang ekonomi dan bisnis. Beberapa pengertian dalam bidang ekonomi dan bisnis diperkenalkan terlebih dahulu. Dalam mata kuliah ini dibahas penerapan matematika di bidang ekonomi dan bisnis. Beberapa pengertian dalam bidang ekonomi dan bisnis diperkenalkan terlebih dahulu.


Statistika Matematika

Dalam mata kuliah ini dibahas statistika ditinjau dari sisi matematika dilengkapi dengan buktibukti teorema sederhana serta aplikasinya. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa mempunyai kemampuan untuk menjelaskan konsep-konsep dasar Statistika Matematika dengan pendekatan kalkulus dan menyelesaikan terapan Statistika Matematika pada masalah realistik.


Matematika Asuransi I

Dalam kuliah ini diberikan konsep-konsep dasar aktuaria dan terapan matematika pada asuransi jiwa. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa dapat memahami, menjelaskan dan mampu menyelesaikan aplikasi matematika pada bidang asuransi jiwa.


Riset Operasi I

Dalam mata kuliah ini dijelaskan bagaimana menyelesaikan masalah nyata secara matematika dengan menggunakan teori Riset Operasi. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana teori Riset Operasi berperan dalam pengambilan keputusan secara kuantitatif.


Matematika Asuransi II

Dalam kuliah ini diberikan konsep-konsep dasar aktuaria lanjutan (advanced) dan terapan matematika pada asuransi jiwa. Setelah menempuh matakuliah ini mahasiswa dapat memahami, menjelaskan dan mampu menyesaikan aplikasi matematika pada bidang asuransi jiwa.


Proses Stokastik

Dalam mata kuliah ini dijelaskan bagaimana mengklasifikasikan permasalahan di bidang industri, sosial budaya, finansial dan life science serta menerapkan konsep konsep proses stokastik untuk menyelesaikannya. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa mempunyai kemampuan untuk mengklasifikasi permasalahan di bidang industri, sosial budaya, finansial dan life scince ke dalam proses stokastik, serta menerapkan konsep-konsep proses stokastik untuk menyelesaikan permasalahan di bidangindustri, sosial budaya, finansial dan life scince.


Teori Reliabilitas

Dalam kuliah ini dipelajari prinsip-prinsip dari reliabilitas dan aplikasinya. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa mempunyai kemampuan untuk memahami dan menjelaskan prinsip-prinsip dari reliabilitas, serta menerapkan dan menyelesaikan model reliabilitas dengan prinsip-prinsip yang telah dipahami.


Riset Operasi II

Dalam mata kuliah ini dijelaskan bagaimana memanfaatkan teori Teknik Optimasi untuk menyelesaikan permasalahan nyata. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan perancangan model dalam pengambilan keputusan.


Teori Risiko

Dalam kuliah ini dipelajari prinsip-prinsip risiko dan aplikasinya. Mahasiswa mempunyai pemahaman dan mampu menjelaskan tentang prinsip-prinsip resiko danaplikasinya.


Teori Permainan

Dalam mata kuliah ini dijelaskan bagaimana memanfaatkan model-model matematika dalam bidang permainan. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa dapat merancang model-model permainan dalam bentuk model matematika.


Kapita Selekta Riset Operasi

Memperoleh wawasan tentang penerapan matematika di bidang riset operasi. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat memperoleh wawasan tentang penerapan matematika di bidang riset operasi dan dapat menyajikannya secara lisan dan tulisan.


Kapita Selekta Probabilitas Dan Proses Stokastik

Memperoleh wawasan tentang penerapan matematika di bidang probabilitas dan stokastik. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat memperoleh wawasan tentang penerapan matematika dibidang ilmu probabilitas dan stokastik, dan dapat menyajikannya secara lisan dan tulisan.


✤ Sumber: Kurikulum PS Sarjana Matemarika Universitas Brawijaya

Kompetensi Umum:

  1. Memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan matematika
  2. Memiliki kemampuan merancang, menganalisis dan menyelesaikan masalah matematika dan terapannya
  3. Memiliki kemampuan dasar untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan profesi
  4. Memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan sains dan teknologi.
  5. Memiliki kemampuan daya saing dalam dunia kerja

Kompetensi Khusus:

  1. Mampu menjelaskan teori dasar matematika
  2. Mampu menerapkan konsep dasar algoritma dan pemrograman
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar statistika
  4. Mampu menganalisis permasalahan dunia nyata dan memodelkannya ke dalam bentuk matematis
  5. Mampu menyelesaikan model matematis dan menganalisis hasil yang didapat
  6. Memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap masalah lingkungan, kemasyarakatan, bangsa dan negara.
  7. Memiliki integritas dan mampu menghargai orang lain.
  8. Mampu mengoperasikan dan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi sebagai pendukung bidang matematika.
  9. Mampu mengidentifikasi teori matematika pada perkembangan sains dan teknologi
  10. Mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik.
  11. Mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok.
  12. Memiliki jiwa kewirausahaan yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika.

✤ Sumber: Fakultas MIPA Universitas Indonesia

Wahyu Dwi Lesmono

Selama belajar di jurusan Matematika, ada beberapa matakuliah inti (matakuliah yang hanya membahas di bidang matematika) yang tidak selalu diharuskan untuk menghitung, melainkan harus membutuhkan penalaran, logika, analisis yang kuat, dan terkadang hapalan berdasarkan teori dan definisi yang sudah dipelajari.

Karena kuliah di jurusan matematika memiliki kompetensi utama agar mahasiswa dapat menyederhanakan permasalahan yang kompleks menjadi masalah yang mudah diselesaikan.

Artinya, kita dilatih untuk mencari solusi termudah agar permasalahan yang kompleks dapat dikerjakan dengan mudah dengan menggunakan berbagai cara...

Untuk menguasai materi kuliah di jurusan Matematika, sebagian besar hanya butuh pemahaman konsep dalam penyelesaian permasalahan saja.

Namun ada beberapa materi kuliah yang diharuskan perlu banyak mencoba dan berlatih. Selama belajar di jurusan matematika, dosen hanya menginginkan bagaimana proses dan tahapan yang kita lakukan dalam menyelesaikan soal.

Walaupun hasil matematika yang diharuskan adalah eksak (tepat), namun dosen sangat menghargai mahasiswa yang bisa menjelaskan bagaimana proses dan tahapan dalam menyelesaikan soal walaupun hasilnya terkadang mendekati hasil yang sesungguhnya....


✤ Baca selengkapnya di dsmlmdblog.blogspot.com



Anonim

Selama saya kuliah di Matematika, setiap harinya “selalu” ada hal baru. Mungkin pada awalnya orang-orang akan berfikir Matematika itu apa sih 1 + 1 = 2—selesai. Tapi, saya bisa bilang kalau 1 + 1 = 2 itu bukan Matematika. Itu cuma manfaat dari Matematika.

Kalau kamu bertanya tanya prospek ke depan di jurusan ini, saya jawab, “Tak ada prospeknya!” Suram. Kenapa??? Karena kamu tidak akan pernah tahu kalau kamu belum pernah mencoba...Karena Matematika adalah studi keilmuwan yang bisa diterapkan kemana saja, kapan saja, tergantung kamunya sendiri.

Dalam Matematika, kita tidak diajarkan apa-apa melainkan bagaimana mengurai masalah dan menemukan solusinya. Misal, dalam pengendalian kualitas suatu produksi, kita akan menganalisa apa batasan masalahnya, bagaimana sistem bekerja, dan bagaimana bentuk model pengerjaan, sistem sistribusinya, keuntungan tiap distribusi, dan peramalan distribusi beberapa tahun kedepan.

Karena Matematika adalah studi yang sangat fleksibel dan lulusannya mempunyai peluang besar memosisikan diri di pekerjaan, wajar studi ini memiliki tingkat kesulitan yang tidak biasa.

Namun, dengan kapasitas diri untuk sabar dan rajin, kamu pasti bisa melaluinya dengan sukses.


✤ Baca selengkapnya di seotodidak.com



Dinda

...Alasan kedua, karena matematika mampu melatih manusia berpikir secara teratur, sistematis, dan lebih terkonsep. Dan alasan ketiga, yaitu prospek pekerjaannya.

Dengan menekuni matematika maka pola pikir pun terbentuk dengan baik dan sistematis.

Matematika melatih cara berfikir dan benalar dalam menarik kesimpulan, mengembangkan aktivitas kreatif, mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau memgkomunikasikan gagasan, serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah.

Apabila terdapat permasalahan, maka akan diselesaikan dengan berfikir logis dan terurut...

Banyak hal yang menginspirasi saya untuk tetap berjuang di jurusan matematika ini, yaitu orang-orang dari Jurusan Matematika yang telah sukses setelah lulus.

Seperti Sergey Brin yang merupakan salah satu pendiri Google...Amerika yang notabenenya adalah negara maju, disanalah lulusan matematika sangat dihargai dan yang paling mudah mendapatkan pekerjaan adalah lulusan dari matematika.

Seharusnya seperti itu pula Indonesia, maka dari itu kita sebagai generasi muda yang mengambil Jurusan Matematika...lulusan matematika Indonesia bisa membanggakan nama bangsa Indonesia.


✤ Baca selengkapnya di tugaspti100026.wordpress.com

Matematika merupakan ilmu yang dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan, Jadi seorang lulusan matematika memiliki pilihan berkarier yang sangat banyak. Contohnya hampir semua perusahaan membutuhkan ahli hitung atau seorang analisis untuk perkembangan perusahaan tersebut.

Secara umum, lulusan Program Sarjana Matematika dipersiapkan untuk mampu mengembangkan diri/berkarier sebagai ilmuwan/peneliti, dosen/guru (tenaga akademisi), staf di lembaga swasta maupun negeri baik di bidang industri, asuransi, keuangan, perbankan), serta melanjutkan studi pada strata lebih lanjut untuk mengembangkan pengetahuan dan status akademiknya.

Akreditasi A/Unggul Akreditasi B/Baik Sekali Akreditasi C/Baik

Sumber: BANPT - 25/04/2021
⚠ DISCLAIMER: Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for "fair use" for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.
❉ Bagikan kepada teman dan musuhmu ❉