Ulasan Program Studi Sarjana
Manajemen


ZEBRACROSS.ID - 03/05/2021

Manajemen tentunya bukan kata yang asing lagi.

Dari sejarahnya, kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu ménagement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur.

Manajemen adalah ilmu yang sangat penting, mulai dari perseorangan atau individu hingga cakupan besar seperti perushaan hingga negara.

Nahhh...

Kerena pentingnya ilmu manajemen ini membuat banyak orang ingin mempelajarinya lebih serius. Buktinya, Program Studi Sarjana Manajemen menjadi salah satu prodi yang paling poluler di Indonesia.

Hal lain yang juga mendorong tingginya peminat Prodi ini adalah kebutuhan akan lulusannya yang sangat tinggi.

.

.

.

Fakta bahwa lulusan skill manajemen sangat penting dan sangat dibutuhkan memunculkan ungkapan bahwa lulusan manajemen “gampang mencari kerja”.

nahhh, disinilah masalahnya dimulai...

Terlalu banyak orang yang memilih masuk prodi ini hanya dengan alasan gampang nyari kerja!


Padahal...tidak semudah itu feruguso 🙅

Ketahuilah bahwa puluhan ribu Sarjana Manajemen 'lahir' tiap tahunnya!

Bayangkan saja, jumlah kampus yang menyediakan prodi ini sangat banyak, lebih dari 700 kampus. Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa menemukan dengan mudah kampus yang membuka Program Studi Manajemen.

Kayak nyari ind*maret lah ~


Selain itu, peminat Prodi ini juga sangat banyak.

Prodi ini selalu masuk TOP 5 jumlah peminat terbanyak tiap tahunnya, baik itu jalur SNM, SBM, Mandiri, hingga jalur misterius yang hanya diketahui beberapa orang.

Jadi, biarpun kebutuhan akan ahli manajemen sangat banyak, harus diingat pula bahwa sainganmu juga tidak kalah banyak.

Ada gula ada kopi semut. Oke?

.

.

.

Dalam persaingan ketat tersebut, kunci agar bisa unggul adalah memiliki orang dalam kelebihan dan 'keunikan' dibanding lulusan lainnya terutama dalam hal softskill.

Jadi, Mahasiswa apapun itu, khususnya Mahasiswa Manajemen harus rajin mengembangkan diri.

Bisa dengan ikut dan aktif di organisasi, sering-sering ikut lomba, kursus bahasa asing, memperluas jaringan orang dalam pertemanan, dan sebagainya.

Setelah itu baru kemungkinan besar ungkapanan gampang cari kerja akan menjadi kenyataan. Betul?

Dan menurut hemat kami, pada hakekatnya tidak ada prodi yang memang bener-bener gampang cari kerja, kecuali kedinasan.

Justrue, yang perlu diingat adalah lulusan manajemen tidak diarahkan untuk menjadi pekerja melainkan --yang lebih mulia-- yaitu untuk menciptakan lapangan kerja

.

.

Maka dari itu, kami sangat menyarankan agar kamu tidak terburu-buru dalam memilih program studi.

Jangan terlalu mudah memutuskan memilih suatu prodi hanya karena 'katanya gampang cari kerja' apalagi karena 'ikut-ikutan teman' dan 'yang penting kuliah'. Oke?

Apalagi saat ini sudah terdapat banyak pilihan yaitu lebih dari 100 prodi lainnya yang mungkin lebih sesuai denganmu.

.

.

Salah satu prodi yang sangat mirip dengan prodi ini dan banyak membuat calon mahasiswa bingung adalah Prodi Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis.

Bahkan jika dilihat dari segi peminatan atau kosentrasi, kedua prodi tersebut sangat mirip. Contohnya di Universitas Brawijaya:

Prodi Manajemen Universitas Brawijaya terdapat 5 pilihan Peminatan/ kosentrasi untuk Prodi Manajemen yaitu:

  1. Manajemen Keuangan
  2. Manajemen Pemasaran
  3. Manajemen Sumberdaya Manusia
  4. Manajemen Operasional
  5. Manajemen Strategik

Sementara pada Prodi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya terdapat 4 pilihan yaitu:

  1. Manajemen Sistem Informasi
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia
  3. Manajemen Keuangan
  4. Manajemen Pemasaran

Bahkan ada kata manajemen di setiap peminatan Prodi Ilmu Administrasi Bisnis 🙈

.

.

Lalu apa yang membedakannya?

Setelah melakukan riset yang cukup dalam dari berbagai sumber salah satunya dari tulisan Hermawan Budiyanto yang berjudul Administrasi Bisnis dan Manajemen, kami akhirnya menemukan sedikit titik terang.

Secara sederhana, dapat dikatakan jika lulusan Program Studi Manajemen lebih mengarah pada kompetensi terkait cara atau proses untuk 'mencapai tujuan'.

Sedangkan di Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Lulusannya lebih diarahkan pada kemampuan untuk 'menentukan tujuan'.

Singkatnya, Manajemen itu EKSEKUSI, Administrasi Bisnis itu VISI.

.

.

Memang pada prakteknya nanti, tidak ada yang bisa membatasi peran dari lulusan kedua prodi tersebut. Tapi setidaknya kamu tahu apa yang akan kamu tekuni saat kuliah nanti. Betul?

Kita analogikan kedua prodi tersebut adalah sebuah pisau, yang satu ukurannya kecil dan yang sutunya besar.

Tentu saja kedua pisau tersebut bisa digunakan untuk memotong, tapi jika kamu ingin memotong daging, tuntu akan lebih bagus menggunakan pisau besar. Sedangkan jika kamu ingin mengukir buah, lebih mudah menggunakan pusau kecil. Betul?

Apakah bisa mengukir buah menggunakan pisau besar?

Tentu. Tapi akan lebih lama dan kamu harus menyesuaikan dirimu yang sudah terbiasa menggunakan pisau kecil. Begitu pula sebaliknya. Oke?

Semoga analoginya masuk 👌

.

.

.

Bagaimana kisanak? Sampai disini sudah ada sedikit gambaran tentang Program Studi Sarjana Manajemen?

Agar gambaranmu tentang prodi ini semakin jelas, baca ulasan ini sampai tuntassss.

Semangat!

Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Sebab, saat ini rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3,1 persen dari total populasi penduduk.

Meskipun rasio wirausaha di Indonesia sudah melampaui standar internasional, yakni sebesar 2 persen, Indonesa perlu menggenjot lagi untuk mengejar capaian negara tetangga. Misalnya, Singapura saat ini sudah mencapai angka 7 persen, sedangkan Malaysia berada di level 5 persen. Apabila dihitung dengan populasi penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa, jumlah wirausaha nasional mencapai 8,06 juta jiwa.


✤ Sumber: kemenperin.go.id

Pengantar Ekonomi 1

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal bagi teori ekonomi dan gambaran secara menyeluruh mengenai dasar mikroekonomi. Melalui mata ajar ini mahasiswa diharapkan dapat memahami ilmu mikroekonomi secara umum melalui diagram dan rumus yang sederhana. Setelah mengikuti mata ajar ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dasar-dasar mikroekonomi yaitu permintaan dan penawaran; bagaimana pasar berinteraksi; elastisitas dan aplikasinya; permasalahan konsumen, produsen dan efisiensi pasar; serta berbagai contoh kebijakan pemerintah antara lain dalam perpajakan, subsidi, organisasi industri dan pasar tenaga kerja.


Statistika Ekonomi Dan Bisnis

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan metode statistika dasar dalam pengolahan data. Titik berat dari mata kuliah ini adalah pada statistika inferens. Pembahasan pada mata kuliah ini diawali dengan metode dalam melakukan deskripsi terhadap data kuantitatif, yang dilanjutkan dengan persoalan probabilitas. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menggunakan peralatan–peralatan metode statistika untuk melakukan peringkasan data, menghitung probabilitas, dan melakukan inferens (penarikan kesimpulan tentang populasi berdasarkan hasil sampel).


Matematika Ekonomi Dan Bisnis

Matematika adalah salah satu alat analisis yang komprehensif untuk menjelaskan berbagai persoalan dalam bidang ekonomi dan bisnis. Matematika tidak dapat dipisahkan dari ilmu ekonomi dan bisnis modern karena peranannya sebagai bahan pengantar dalam ilmu tersebut. Keunggulan pendekatan matematik adalah kemampuannya dalam menganalisis masalah yang melibatkan banyak variabel dan kemampuannya dalam memperkirakan arah serta besaran perubahan suatu variabel.


Pengantar Ekonomi 2

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal secara menyeluruh mengenai dasar teori makroekonomi serta peran ilmu makroekonomi dalam masyarakat. Topik yang dibahas adalah pengantar untuk pemahaman indikator dan konsep teori dasar makroekonomi, yaitu inflasi, pertumbuhan ekonomi dan pengangguran; serta peran pemerintah dalam makroekonomi yaitu melalui kebijakan fiskal, kebijakan moneter dan pertumbuhan ekonomi. Melalui mata ajar ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan ilmu makroekonomi secara umum melalui diagram dan rumus yang sederhana.


Mikroekonomi 1

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pendalaman dari dasar-dasar mikroekonomi, dengan topik bahasan utama: konsep pasar dan harga, perilaku konsumen dan produsen, struktur pasar, strategi kompetitif serta keseimbangan umum dan kegagalan pasar. Akan dibahas pula penggunaan teori untuk menjelaskan berbagai gejala maupun kebijakan mikroekonomi dalam konteks perekonomian Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif, grafis dan empiris studi kasus. Untuk itu pengetahuan tentang kalkulus elementer diperlukan agar dapat mengikuti mata ajar ini.


Pengantar Bisnis

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep “bisnis” kepada mahasiswa. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diperkenalkan dengan pengertian dan konsep dasar bisnis, lingkungan yang mempengaruhi bisnis dan jenis organisasi bisnis. Selain itu dalam mata kuliah ini juga akan diperkenalkan berbagai fungsi operasional bisnis dalam perusahaan seperti Sumberdaya Manusia, Operasi, Pemasaran dan Keuangan.


Pengantar Manajemen

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu menganalisa effektivitas proses manajemen dengan berfokus pada organisasi bisnis. Materi akan dibahas meliputi konsep manajer dan manajemen, teori dan pemikiran dalam manajemen, budaya organisasi dan lingkungannya, tanggung jawab sosial dan etika manajerial, proses pembuatan keputusan, dasar-dasar perencanaan dan perencanaan stratejik, struktur dan desain organisasi, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan tim, pengelolaan perubahan dan inovasi, perilaku individu dalam organisasi, komunikasi, motivasi, kepemimpinan, serta pengendalian dalam organisasi.


Manajemen Keuangan

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib fakultas bagi seluruh mahasiswa semester ke-3 (tahun ke-2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill berupa keterampilan teknis dan analisis keuangan yang harus dimiliki oleh individu yang terlibat dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Termasuk didalamnya keputusan penting dalam bidang keuangan seperti keputusan investasi, keputusan alokasi aset dan keputusan pendanaan.


Pengantar Akuntansi

Mata kuliah ini membahas: (1) Konsep dasar akuntansi, kegunaan laporan keuangan, serta tahapan siklus akun-tansi di perusahaan jasa dan dagang; (2) Konsep, teknik pencatatan serta penyajian akun kas dan bank, piutang dagang, wesel tagih, persediaan barang dagang, aset tetap dan aset takberwujud di laporan posisi keuangan; (3) Konsep dasar, prinsip, teknik pencatatan dan penyajian liabilitas jangka pendek, liabilitas jangka panjang, investasi serta ekuitas dientitas berbentuk persekutuan dan Perseroan Terbatas (PT), teknik penyusunan laporan arus kas, serta analisis sederhana atas laporan keuangan.


Acuan Perilaku Ekonomi& Bisnis

Mata kuliah ini diwajibkan kepada mahasiswa atas dasar kesadaran akan pentingnya peserta didik memahami bahwa tindakan dan pengambilan keputusan ekonomi didasari oleh acuan-acuan yang dipercayai atau dianut. Mata kuliah ini menekankan penting dan perlunya mahasiswa mendapatkan pemelajaran dari pengalaman yang dialaminya sendiri, yaitu melalui keterlibatannya baik secara langsung maupun tidak dalam kehidupan bersama.


Pengantar Teknologi Informasi

Setelah mengikuti mata ajar ini mahasiswa diharapkan mampu mengilustrasikan komponen dasar suatu system informasi, penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan daya saing perusahaan, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pengambilan keputusan operasional/manajerial.


Akuntansi Biaya Untuk Manajemen

Mata Kuliah ini membahas pengertian biaya, tujuan dan ruang lingkup akuntansi biaya, serta metode pencatatan dan teknik penghitungan biaya. Termasuk dalam pokok bahasan dalam mata ajaran ini adalah penger-tian biaya tersebut dalam kaitannya dengan penentuan harga pokok barang maupun jasa, proses pengumpulan biaya dengan metode harga pokok pesanan dan metode harga pokok proses, alokasi joint cost untuk by product dan joint product, pengelolaan persediaan, tenaga kerja serta alokasi biaya overhead pabrik secara tradisional dan kontemporer.


Manajemen Sumber Daya Manusia

Mata kuliah ini merupakan pengantar ke arah pemahaman mahasiswa tentang pengelolaan sumber daya manusia dan hubungannya dengan strategi perusahaan. Materi kuliah menekankan pada fungsi dan konsep manajemen SDM yang meliputi perencanaan, analisis dan rancangan pekerjaan, perekruitan dan seleksi, orientasi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, penilaian prestasi kerja, pengembangan karir, penentuan remunerasi, strategi pemeliharaan karyawan, serta hubungan industrial dan kesehatan dan keselamatan kerja.


Manajemen Pemasaran

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar dalam bidang pemasaran yang ditujukan bagi mahasiswa program studi S1 Manajemen FEB UI semester ke-3 (tahun ke-2). Cakupan mata kuliah ini meliputi: pengertian pemasaran dan pemahaman akan peranan manajemen pemasaran, analisis peluang-peluang pemasaran, perilaku pembeli konsumen dan bisnis, serta unsur-unsur utama suatu strategi perencanaan pemasaran yaitu segmen pasar, target pasar, positioning, dan marketing mix.


Pengelolaan Risiko Usaha

Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dan praktik pengelolaan risiko bisnis/usaha di berbagai sektor, baik yang bergerak di bidang jasa maupun manufaktur. Dalam proses pengelolaan risiko usaha ini dijelaskan tentang building block pengelolaan risiko, managing corporate risk dari berbagai jenis potensi risiko yang mungkin terjadi di suatu entitas/perusahaan. Dalam building block manajemen risiko usaha, mahasiswa diajak untuk membahas dan mengidentifikasi berbagai potensi risiko internal & eksternal, serta bagaimana memitigasinya.


Pengantar Manajemen Sains

Mata ajar ini akan membahas beberapa alat riset operasi yang relevan dengan kebutuhan dan penggunaan dalam pengambilan keputusan manajemen, diantaranya adalah linier programming, goal programming, non-linier programming, teori antrian, dynamic programming, dan simulasi montecarlo, untuk permasalahan yang sifatnya deterministik ataupun probabilistic.


Perilaku Keorganisasian

Mata ajar ini akan membahas berbagai aspek penting dalam organisasi, yaitu dasar-dasar perilaku individu, sikap dan kepuasan kerja, kepribadian dan nilai, persepsi dan pengambilan keputusan individual, motivasi, emosi dan mood, dasardasar perilaku kelompok, kerja tim, komunikasi, kepemimpinan, kekuasaan dan politik, konflik dan negosiasi, dasar-dasar struktur organisasi, budaya organisasi, kebijakan dan praktik SDM, dan manajemen perubahan dan stres.


Akuntansi Manajemen Untuk Bisnis

Mata ajar ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami peranan akuntansi dalam perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan manajemen. Secara lebih spesifik, tujuan mata ajar ini adalah memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai anggaran, biaya standar, perilaku biaya terhadap volume kegiatan, analisis relevant cost, pusat-pusat pertanggungjawaban, pengukuran kinerja keuntungan, transfer pricing, dan manajemen biaya berbasis kegiatan (activity based management).


Manajemen Stratejik

Manajemen Stratejik merupakan mata kuliah wajib yang memberikan pengertian dasar tentang manajemen stratejik dan model rencana stratejik (strategic planning model). Mata kuliah ini memberikan tekanan pada sistimatika penyusunan Rencana Stratejik, peralatan analisis yang umum digunakan dan konsep‐konsep yang populer.


Pengambilan Keputusan Manajerial

Pengambilan keputusan adalah sebuah proses mental dan intelektual dalam memilih sebuah alternative dari berbagai alternative yang tersedia. Setelah mengikuti mata kuliah ini dengan metod PBL, mahasiswa akan mampu mengaplikasikan teknik pengambilan keputusan yang tepat sesuai dengan situasi keputusan yang dihadapi.


Tanggung Jawab Sosial dan Etika Bisnis

Setelah mengikuti mata ajar ini mahasiswa diharapkan mampu memahami pengetahuan dasar tentang tanggung jawab sosial dan etika bisnis. Setelah ada pemahaman dasar, diharapkan mahasiswa bisa menganalisa sekaligus merekomendasikan tindakan organisasi terhadap semua hal yang berkaitan dengan tanggung jawab dan etika bisnis, sekaligus mengkomunikasikan pada stakeholder.


Struktur dan Proses Organisasi

Struktur dan Proses Organisasi berfokus pada pendalaman keilmuan tentang organisasi sebagai suatu sistem yang harus beradaptasi dengan lingkungan bisnisnya agar dapat bertahan. Konsep yang menjadi bahasan dalam mata kuliah ini meliputi tujuan dan desain sktruktural organiasasi, jenis organisasi, dan proses yang berlangsung dalam organisasi.


Bisnis dan Ekonomi Indonesia

Mata kuliah ini dirancang untuk memperkenalkan aspek-aspek penting dari praktek bisnis dan manajemen di lingkungan perekonomian Indonesia. Setiap bagian akan diisi dengan bahasan yang utuh mengenai aspek bisnis tertentu dan disertai dengan ilustrasi persoalan yang khas Indonesia. Pembahasan akan diawali dengan penjelasan mengenai lingkungan usaha, kemudian diikuti dengan praktek memulai suatu usaha, perancangan fasilitas usaha dengan memperhatikan kendala infrastruktur, pengenalan perilaku konsumen dan rancangan pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, serta pembiayaan usaha dan hubungan investor.


Pasar dan Lembaga Keuangan

Mata kuliah Pasar & Lembaga keuangan merupakan matakuliah yang memperkenalkan mahasiswa terhadapkonsep dan praktek terkait pasar keuangan, lembaga keuangan serta cakupannya. Mata kuliah ini terbagi menjadi enam bagian penting yaitu (1) Pasar dan lembaga keuangan dalam konteks perannya dalam perekonomian, (2) Karakteristik dan kriteria dari masing-masing pasar dan lembaga keuangan serta isu lain terkaitnya, (3) Kebijakan moneter dan bank sentral, (4) Penilaian kinerja dan risiko yang dihadapi oleh lembaga keuangan, (5) Pengaturan dan pengawasan pasar dan lembaga keuangan,(6) Inovasi keuangan.


Pengantar Hukum Bisnis

Mata ajar ini membekali mahasiswa agar memahami pengertian tentang konsep dasar hukum pada umumnya, kaitannya antara instrumen hukum dengan aspek bisnis,dalam mengantisipasi perkembangan kegiatan usaha, sehingga diharapkan mahasiswa mampu menganalisis permasalahan bisnis yang berkaitan dengan perkembangan hukum.


Manajemen Sumber Daya Manusia

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya pengelolaan dan strategi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka mencapai tujuan organisasi serta melihat penerapannya dalam organisasi. Mata kuliah ini merupakan pengantar ke arah pemahaman mahasiswa tentang pengelolaan sumber daya manusia dan hubungannya dengan strategi perusahaan.


Metode Riset Bisnis

Mata kuliah ini membahas tentang tahapan-tahapan melakukan penelitian, mulai dari identifikasi permasalahan penelitian, penyusunan desain penelitian untuk menjawab permasalahan tersebut hingga penulisan proposal penelitian. Penyusunan desain penelitian yang baik akan mengarahkan peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian serta mencapai tujuan penelitian yang menjadi alasan dilakukannya penelitian.


Sistem Informasi Perusahaan

Setelah mengikuti mata ajar ini mahasiswa diharapkan mampu memodelkan proses bisnis perusahaan dengan menggunakan pendekatan Resources Event Agent (REA) Ontology dan mengembangkan sistem basis data yang terpadu untuk UKM atau organisasi berskala kecil-menengah. Mata ajar ini akan membahas topik-topik: Pemodelan proses bisnis dengan menggunakan pendekatan REA Enterprises Ontology, perancangan relational database, query, dan proses-proses bisnis dalam suatu perusahaan.


Manajemen Operasi

Setelah mengikuti mata ajar ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip perencanaan dan pengoperasian sistem operasi baik untuk perusahaan manufaktur maupun jasa. Mata ajar ini akan membahas topik-topik: Penyiapan sistem operasi (perencanaan produk dan jasa, penentuan strategi proses, penentuan lokasi fasilitas, penentuan tata-letak fasilitas, manajemen proyek, dan manajemen rantai pasokan), dan topik-topik pengoperasian sistem operasi (perencanaan agregat, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan manajemen pemeliharaan).


Bisnis Internasional

Mata ajar ini akan membahas beberapa konsep penting dalam bisnis internasional yaitu globalisasi dan dampak lingkungan global pada organisasi, perdagangan dan kebijakan perdagangan, foreign direct investment, strategi perusahaan internasional, termasuk manajemen lintas budaya dan SDM internasional.


✤ Sumber: Kurikulum PS Sarjana Manajemen Universitas Indonesia

Manajemen Keuangan

Statistika Lanjutan

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan konsep-konsep dan teknik-teknik dalam statistika. Statistika Lanjutan ini merupakan kelanjutan dari statistika ekonomi yang harus diikuti oleh mahasiswa fakultas ekonomi. Mata kuliah ini membahas metode statistika untuk inferens dengan kai-kuadrat, anova, dan beberapa metode non parametrik, menghitung dan menginterpretasikan hasil analisis regresi, menghitung dan menggunakan angka indeks, serta menghitung persamaan time series sederhana. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan perhitungan statistika.

Ekonomi Moneter

Mata ajar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang mekanisme dasar dan hubungan saling mempengaruhi antara variabel moneter dengan berbagai variabel makroekonomi serta pengaruh kebijakan pemerintah dalam sektor finansial terhadap perekonomian. Topik yang dijelaskan pada mata ajar ini di antaranya adalah jenis lembaga keuangan dan mekanisme pasar keuangan, mekanisme dasar dan hubungan antar variabel inti moneter dengan berbagai variabel makroekonomi utama, pengaruh kebijakan pemerintah di sektor finansial dalam perekonomian. Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa mengerti dasar-dasar ekonomi moneter.

Analisis Laporan Keuangan

Mata ajar Analisis Laporan Keuangan membahas konsep-konsep analisis laporan keuangan perusahaan manufaktur dan jasa untuk tujuan analisis dan penilaian kinerja keuangan masa lalu, saat ini, dan memprakirakan kinerja perusahaan di masa depan. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu menyusun laporan keuangan proforma perusahaan manufaktur dan jasa sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia.

Pengantar Ekonometrika

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam hal pengujian analisis ekonomi. Pembahasan meliputi pengertian dan penggunaan teknik Ordinary Least Square (OLS), Generalized Least Square (GLS), identifikasi dan pemecahan masalah pelanggaran terhadap asumsi-asumsi dasar statistik (heteroskedastisitas, korelasi serial, dan multikolinearitas), masalah pengukuran dan persamaan simultan.

Simulasi Bisnis

Mata ajar ini bertujuan mengintegrasikan semua apek-aspek manajemen yang sudah dipelajari oleh mahasiswa kedalam suatu perencanaan operasi dan keuangan perusahaan dalam bentuk program komputer (spreadsheet) yang terintegrasi. Simulasi bisnis yang diajarkan terbatas pada aplikasi untuk studi kelayakan usaha. Diharapkan dengan kemampuan teknis tersebut dan teori-teori manajemen yang sudah dimiliki, mahasiswa dapat membuat program simulasi kelayakan sebuah investasi baru.

Manajemen Portfolio

Mata ajar ini membahas tentang pengenalan portofolio, proses pembentukan portofolio, analisis portofolio serta evaluasi kinerja porto folio pada aset keuangan, yaitu saham dan obligasi. Dalam pengenalan portofolio, akan didiskusikan konsep dasar portofolio, jenis-jenis asset (aset riil dan asset financial), jenis-jenis instrumen keuangan (instrument pasar uang, pasar modal dan derivatif) serta mekanisme perdagangan di pasar keuangan.

Praktikum Riset Keuangan

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan, konsep dan alat-alat analisis dalam bidang riset keuangan, yang membedakan dengan riset-riset bisnis yang lain; serta topik-topik utama dalam riset keuangan, penggunaan perangkat lunakriset keuangan, serta pembuatan analisa riset keuangan. Kuliah ini merupakan integrasi dan koordinasi dari mata kuliah konsentrasi keuangan.



Manajemen Pemasaran

Studi Kelayakan Bisnis

Mata ajar ini merupakan mata kuliah yang: (1) mendorong mahasiswa untuk mampu mem-buahkan ide bisnis seorisinil mungkin, (2) dapat menjadi stimulator untuk mela-kukan bisnis, (3) pengajarannya merupakan gabungan antara cara klasikal dan problem based learning, (4) mengintegrasikan mata kuliah-mata kuliah: manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen SDM, manajemen keuangan, dan mata kuliah lainnya misalnya teori ekonomi, dan pengantar bisnis, (5) membutuhkan partisipasi aktif dan kreatifitas mahasiswa dalam menuangkan ide bisnisnya ke dalam sebuah laporan studi kelayakan bisnis, (6) harus melakukan kegiatan survei untuk mendapatkan angka riil, (7) harus melakukan kerja sama kelompok.

Perilaku Konsumen

Mata ajar ini membahas faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam perilaku konsumen yang menjadi dasar pengambilan keputusan konsumen. Faktor-faktor tersebut menjadi dasar pertimbangan dalam penetapan strategi bauran pemasaran perusahaan (produk, harga, distribusi, dan promosi). Mata kuliah ini akan menggunakan metode pemelajaran berbasis student centered learning, antara lain collaborative learning, small group discussion dan experiential learning.

Manajemen Produk & Harga

Mata kuliah akan membahas mengenai manajemen produk (baru) dan manajemen harga. Manajemen produk: Pengertian dan jenis-jenis produk dan jasa, Siklus hidup produk dan tahapan pengembangan produk baru mulai dari identifikasi peluang, gagasan produk, disain produk, pengembangan, pengujian dan peluncuran produk, serta inovasi dan pengelolaan produk di perusahaan. Sedangkan manajemen harga membahas Metode-metode penetapan harga, serta faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga suatu produk, juga membahas variabel harga lain diantaranya Konsep priceceilling dan pricefloor, Keterkaitan harga dengan siklus hidup produk, PsychologyPricing.

Pemasaran Relasional

Mata kuliah ini akan membahas beberapa komponen penting dalam pemasaran relasional (PR), yaitu faktor penggerak PR, perencanaan program PR, implementasi program PR, pengawasan dan pengendalian PR, etika dalam PR, Key Account Management (KAM) dan Customer Relationship Management (CRM).

Manajemen Distribusi

Mata kuliah akan membahas mengenai manajemen distribusi yaitu: (1) Jenis-jenis dan karakteristik saluran distribusi (Consumer Marketing Channel & Industrial Marketing Channel); (2) Fungsi-fungsi saluran distribusi; (3) Strategi, implementasi dan evaluasi dalam saluran distribusi dan distribusi fisik; (4) Lingkungan Persaingan Distribusi (Wholesale, Retail).

Pemasaran Internasional

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami alasan pemasaran produk ke luar negeri, langkah-langkah dalam melakukan pemasaran ke luar negeri, serta bagaimana melakukan pemasaran ke luar negeri. Pembahasan dalam mata kuliah ini terfokus pada cara menyelenggarakan pemasaran keluar batas negara : mengapa perlu dilakukan, masalah-masalah yang dihadapi, apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya, agar pemasaran ke manca negara dapat dijalankan secara efektif, berkat pemahaman atas perbedaan lingkungan.

Perencanaan Pemasaran

Mata kuliah ini akan membahas proses perencanaan pemasaran dan kendala-kendala yang mungkin terjadi dalam praktiknya di perusahaan, analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan yang antara lain terdiri atas audit pelanggan, pasar, pesaing dan produk, bagaimana menetapkan satu tujuan pemasaran yang baik, serta menyusun rencana bauran pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Berbagai topik bahasan ini nantinya digunakan untuk menyusun satu rencana pemasaran dari suatu merek produk.

Komunikasi Pemasaran

Mata kuliah ini akan membahas beberapa komponen penting dalam melakukan komunikasi pemasaran, yaitu proses komunikasi dengan target, pengertian komunikasi pemasaran terpadu, pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi pemasaran (target konsumen, agency, media), peran teknologi dalam melalukan direct marketing, pengukuran efektifitas komunikasi, serta pembahasan secara khusus pada masing-masing bauran komunikasi pemasaran yaitu iklan, sales promotion, humas, publikasi, dan personal selling.

Praktikum Riset Pemasaran

Mata kuliah ini akan membahas beberapa komponen penting dalam melakukan riset pemasaran, yaitu identifikasi masalah penelitian pemasaran melalui pengamatan dan kajian literatur, menyusun proposal dan laporan penelitian, memilih dan menggunakan desain penelitian yang tepat, mengidentifikasi variabel penelitian dan menyusun kuesioner, menentukan dan menggunakan teknik pengolahan data yang sesuai dengan tujuan penelitian.

Pemasaran Jasa

Dinamika sektor jasa terlihat dari perkembangan berbagai industri jasa seperti perbankan, asuransi, penerbangan, telekomunikasi, ritel, pariwisata, dan perusahaan-perusahaan jasa profesional seperti kantor akuntan, konsultan, dan pengacara. Selain itu terlihat juga dari maraknya organisasi nirlaba, seperti LSM, lembaga pemerintah, rumah sakit, universitas, dan lain-lain yang kini telah makin menyadari perlunya peningkatan orientasi kepada pelanggan/konsumen.



Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Organisasi

Dinamika Kelompok

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai proses terbentuknya kelompok dan dinamika kelompok serta pentingnya memelajari dinamika kelompok. Di samping itu mahasiwa akan memelajari penerapan dinamika kelompok dalam organisasi seperti pembuatan keputusan, kepemimpinan, dan pengelolaan konflik untuk memperbaiki kinerja kelompok. Mahasiswa juga akan mendiagnosis masalah atau kisah sukses yang terjadi dalam sebuah organisasi berdasarkan kerangkat teoritik yang telah dipelajari.

Hubungan Industrial

Mata ajaran ini merupakan salah satu topik dari fungsi integrasi Manajemen SDM yang membahas hubungan antara pihak-pihak terkait atau berkepentingan dalam proses pembuatan barang atau pelayanan jasa, yaitu pekerja, pengusaha, pemerintah dan masyarakat lainnya. Mata ajaran ini akan menguraikan perkembangan Hubungan Industrial di Indonesia, serta memperkenalkan berbagai peraturan ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia berikut problematika penerapannya, khususnya di era reformasi saat ini.

Pengadaan SDM

Pengadaan SDM adalah fungsi krtitis organisasional yang mencakup akuisisi, pemberdayaan, dan upaya mempertahankan tenaga kerja berkualitas. Pengadaan SDM menjadi fungsi yang sangat kritis dalam mendefinisikan efektivitas organisasional, mengingat bahwa biaya tenaga kerja seringkali merupakan pos biaya terbesar dalam struktur biaya organisasi, dan dengan mempertimbangkan bahwa keputusan untuk mempekerjakan anggota organisasi semestinya tidak dapat dengan mudah untuk dilakukan.

Budaya Organisasi

Pada mata ajar ini mahasiswa akan mempelajari topik-topik seputar pengertian dan dimensi budaya organisasi, peran budaya organisasi dalam meningkatkan efektivitas organisasi, pembentukan dan pengembagan budaya organisasi, peran manajemen puncak dalam pembentukan dan pengembangan bidaya organisasi serta pengelolaan budaya organisasi dalam merger, akuisisi, join venture maupun bentuk-bentuk kerja sama lintas budaya lainnya.

Manajemen Kinerja & Sistem Balas Jasa SDM

Kompensasi merupakan satu dari beberapa strategi yang paling ampuh bagi organisasi untuk dapat mempengaruhi karyawan/anggotanya. Jika dikelola dengan baik, hal tersebut akan memegang peran utama kesuksesan organisasi dalam implementasi strategi pengelolaan sumber daya manusia. Namun bila tidak dikelola secara profesional, secara potensial akan mengakibatkan turunnya motivasi dan kepuasan kerja karyawan/anggota di dalam organisasi.

Pelatihan Dan Pengembangan SDM

Mata kuliah ini memberikan pemahaman apa itu pelatihan dan pengembangan SDM, mengapa pelatihan dan pengembangan SDM diperlukan oleh organisasi, dan bagaimana merancang program pelatihan dan pengembangan SDM yang efektif. Lebih lanjut, mahasiwa akan mempelajari teori dan metode pembelajaran, teknik analisis kebutuhan pelatihan dan evaluasi efektivitas pelatihan, serta peran teknologi dalam pelaksanaan pelatihan dan pengembangan SDM, termasuk bagaimana cara mengatasi hambatan dalam eksekusinya.

Desain Organisasi

Mata ajar ini akan berisi tentang topik-topik seputar bagaimana suatu organisasi mengatur struktur, proses-proses lateral, sistem balas jasa dan pengelolaan sumberdaya manusia, agar sesuai dengan strategi organisasi dengan mempertimbangkan pengaruh kekuatan eksternal dan internal berdasarkan kerangka kerja The Five Star Model yang dikembangkan oleh Galbraith.

Studi Kelayakan Bisnis

Mata ajar ini merupakan mata kuliah yang: (1) mendorong mahasiswa untuk mampu mem-buahkan ide bisnis seorisinil mungkin, (2) dapat menjadi stimulator untuk mela-kukan bisnis, (3) pengajarannya merupakan gabungan antara cara klasikal dan problem based learning, (4) mengintegrasikan mata kuliah-mata kuliah: manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen SDM, manajemen keuangan, dan mata kuliah lainnya misalnya teori ekonomi, dan pengantar bisnis, (5) membutuhkan partisipasi aktif dan kreatifitas mahasiswa dalam menuangkan ide bisnisnya ke dalam sebuah laporan studi kelayakan bisnis, (6) harus melakukan kegiatan survei untuk mendapatkan angka riil, (7) harus melakukan kerja sama kelompok.

Praktikum Riset SDM

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah metode riset bisnis untuk mahasiswa konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan dipersiapkan untuk melaksanakan aplikasi konsep riset SDM dan Organisasi secara menyeluruh terhadap proses dan kegiatan manajemen sumber daya manusia baik. Tujuan yang diharapkan adalah mahasiswa mampu secara mandiri melaksanakan riset yang bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan maupun untuk memecahkan suatu masalah.

Negosiasi Dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial

Topik mata kuliah ini terkait erat dengan kehidupan mahasiswa sehari-hari, yang selalu berhubungan dengan proses negosiasi dan menemui beragam konflik. Mata ajar ini membahas beragam tipe negosiasi, penggunaan pengaruh dalam negosiasi, pengelolaan konflik, serta pemakaian mediasi dan arbitrasi untuk menyelesaikan perselisihan.



Manajemen Operasi

Manajemen Teknologi Dan Inovasi

Matakuliah ini membahas implikasi strategis teknologi dan inovasi untuk perusahaan (manufakturdanjasa) di dalam iklim bisnis yang dinamis mulai dari komponen input, proses dan produk (termasuk pasar). Materi yang disajikan adalah tentang keutamaan, jenis, organisasi, strategi, analisis, seleksi, implementasi dan penilaian suatu inovasi dalam suatu perusahaan.

Manajemen Proyek

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menyusun dokumen proyek untuk fase-fase perencanaan, implementasi, monitoring, evaluasi, dan penutupan, baik untuk proyek manufaktur maupun proyek jasa. Mata kuliah ini membahas topik-topik: siklus hidup, organisasi, perencanaan dan penjadwalan, alokasi sumber daya, estimasi biaya dan penganggaran, pengendalian, evaluasi, audit, pelaporan, penyelesaian, penyelesaian konflik, dan manajemen risiko proyek.


✤ Sumber: Kurikulum PS Sarjana Manajemen Universitas Indonesia

Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Aspek Keterampilan Khusus

  1. Mampu menjalankan fungsi-fungsi manajemen dalam mengelola suatu organisasi
  2. Mampu mengelola fungsi-fungsi organisasi (operasional, pemasaran, keuangan, SDM, dan Sistem Informasi)
  3. Mampu memberikan alternatif solusi atas permasalahan organisasi berdasarkan hasil identifikasi dan analisis lingkungan
  4. Mampu menggunakan alat-alat bantu dalam pengambilan keputusan manajemen
  5. Mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung dalam pengambilan keputusan manajerial
  6. Mampu melakukan analisis persoalan-persoalan manajerial secara komperehensif berdasarkan prinsip-prinsip manajemen terkini.

Aspek Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep dasar dan praktek manajemen
  2. Menguasai berbagai metode pengambilan keputusan manajemen
  3. Menguasai pengetahuan dasar untuk pengembangan karakter
  4. Menguasai prinsip-prinsip good corporate governance

✤ Sumber: manajemen.feb.ub.ac.id

Muhammad Satria

Q: Bagaimana rasanya kuliah di jurusan manajemen? Apakah sulit? Apakah membingungkan? Apa saja yang dipelajari?

A:

Rasanya ? Enjoy ~

Saya bisa menikmati pelajaran-pelajaran manajemen dan ekonomi secara keseluruhan.

Apakah sulit dan membingungkan ? Sulit itu relatif, tergantung kemampuan kamu sendiri. Membingungkan apabila kamu saat belajar dasar teori dan logika dari ilmu manajemen di semester-semester awal tidak paham dengan baik.


✤ Baca selengkapnya di id.quora.com



Pelangi Senja

Ternyata kuliah di manajemen itu ga semudah yang aku pikirkan...jangan kira kuliah lebih mudah daripada sekolah, textbooknya itu udah bahasa inggris, tebel-tebel pula.

Malah ada yang sampe seribu halaman yang buku statistika, huff… Tapi tenang satu buku yang tebel itu biasanya buat dua semester kok. Kuliah juga dituntut untuk aktif dalam kelas, sering bertanya, berdiskusi, berargumen dan pastinya juga akan sering presentasi.

Dalam kuliah ga ada lagi deh yang namanya malu ngomong di depan orang banyak. Nggak usah khawatir jadi mahasiswa, seiring berjalannya waktu juga akan terbiasa kok.

Oh ya kalo UTS, kuis atau UAS kadang-kadang boleh open book lohh atau boleh bawa catetan kecil (tergantung dosennya sih kalo dia baik), tapi kalo belum belajar sebelumnya tetep aja ga ngerti sama sekali.

Hahaa.. Atau karena kebanyakan soal ujian di kuliah tuh essay (udah gaada lagi tuh pg kcuali UAS agama kmaren) dan soalnya biasanya meminta kita untuk menganalisis suatu masalah, nah makanya ga ada di buku.

...Oh ya, ngomong-ngomong aku dari jurusan IPA loh SMAnya tapi pas kuliah jadi ngambil jurusan IPS, dan menurut aku manajemen cocok-cocok aja buat anak IPA yang mau pindah ke jurusan berbau-bau IPS di kuliah.

Karena di manajemen matematikanya juga lumayan, ada kalkulus juga macam limit, diferensial dan integral tapi tidak sesulit seperti di jurusan teknik atau matematika tentunya.

Bahkan kata salah satu dosenku, jurusan manajemen lebih banyak hitungannya daripada jurusan akuntansi dan nanti juga bisa mengambil konsentrasi manajemen keuangan kalo suka banget matematika.


✤ Baca selengkapnya di shachabim.blogspot.com



Anonim

Q: Saya ingin kuliah di jurusan Manajemen. Apakah normal jika saya khawatir mengingat banyaknya jumlah lulusan Manajemen setiap tahunnya?

A:

Halo calon lulusan manajemen, Menurut saya normal, karena rasa khawatir adalah tanda bahwa kita peka terhadap sekitar, dan kamu peka terhadap kondisi dimana banyaknya jumlah lulusan manajemen setiap tahunnya dan itu bisa menjadikan kita termotivasi untuk menjadi yang lebih baik dari yang terbaik, sehingga kita menjadi lebih giat untuk menuntut ilmu.

Lulusan manajemen banyak yang meneruskan pendidikannya lebih lanjut, misalnya dari S1 Langsung ke S2 atau seterusnya. kita tidak pernah tahu langkah apa yang akan dilakukan lulusan manajemen setelah ia lulus dari perguruan tinggi. Atau bisa jadi setelah ia lulus ia akan bekerja.

Jika khawatir akan pekerjaan, menurutku ada beberapa hal yang mungkin dapat mengurangi rasa khawatirmu :

· Dalam setiap tahun pasti ada tenaga kerja (pegawai) yang akan pensiun.

· Posisi tempat pegawai yang pensiun menjadi kosong, lalu posisi itu akan diisi, bisa dengan rekrutmen atau menaikkan pegawai lama yang mungkin bisa ahli dalam bidang tersebut.

· Setiap tahun juga pasti akan ada yang membuka pekerjaan yang membutuhkan lulusan manajemen (jurusan lainpun begitu).

· Semua ilmu yang didapat di perguruan tinggi akan dipakai dan digunakan baik itu Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Peternakan, Matematika, Pertanian, dll.


✤ Baca selengkapnya di id.quora.com

Dengan kemampuan di bidang manajemen Lulusan program studi S1 Manajemen memiliki banyak sekali pilihan karier. Beberapa pilihan karier yang dapat dipilih antara lain Manajer tingkat pertama dibidang Pemasaran, Operasi, SDM, dan Keuangan baik di institusi pemerintah maupun swasta.

Selain menjadi manajer, Sarjana Manajemen juga memiliki kompetensi untuk menjadi Analis dan konsultan di lembaga konsultan manajemen dan lembaga penelitian pemerintah maupun non-pemerintah, menjadi Dosen di perguruan tinggi dan /atau trainer di lembaga pelatihan.

Terakhir, tentu saja yang paling keren adalah ikut serta membantu mengurangi jumlah pengangguran dengan menjadi Wirausahawan.

Akreditasi A/Unggul Akreditasi B/Baik Sekali Akreditasi C/Baik

Sumber: BANPT - 29/11/2021
⚠ DISCLAIMER: Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for "fair use" for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.
❉ Bagikan kepada teman dan musuhmu ❉