Sejarah tentu bukanlah hal yang asing lagi. Semua orang punya sejarah.
Gimana ceritanya bisa ketemu, bisa jadi suka, trus pacaran, hingga menjadi sejarah kelam ~
.
.
.
.
.
Buat kamu yang bosen hanya mengetahui sejarah pribadi dan ingin mengetahui sejarah dunia, kuliah program studi sejarah tentu saja adalah pilihan yang tepat.
Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis Program Studi yang mempelajari tentang sejarah yaitu:
Pada ulasan kali ini kita akan fokus membahas tentang Prodi Sejarah (aja) atau Ilmu Sejarah.
Tapi biar kamu tidak bingung, berikut penjelasan singkat tentang perbedaanya
Ilmu Sejarah VS Arkeologi
Ilmu Sejarah melihat pristiwa yang terjadi pada masa lalu dengan menggali informasi berdasarkan naskah atau bukti tertulis, sedangkan arkeologi menganalisis yang tidak tertulis seperti bendawi yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Ilmu Sejarah VS Pendidikan Sejarah
Lulusan Ilmu Sejarah akan mendapatkan gelar S.Hum sedangkan Lulusan Pendidikan Sejarah akan mendapatkan gelar S.Pd.
Dari pemberian gelar tersebut sudah terlihat bahwa lulusan ilmu sejarah lebih berfokus pada pengembangan ilmu di bidang sejarah alias jadi calon peneliti atau ilmuwan. Sedangkan lulusan Pendidikan Sejarah dipersiapkan untuk menjadi tenaga pengajar mata pelajaran sejarah.
Mungkin muncul pertanyaan: Apakah lulusan Prodi Ilmu Sejarah tidak bisa menjadi Guru?
Bisa, bisa banget. Sesuai dengan peraturan dari Kemendikbud, Guru tidak harus lulusan Prodi Kependidikan.
Tapi memang kompetensi utama lulusan Prodi Ilmu Sejarah bukan guru. Jadi Kalo Mau jadi Guru, lulusan Prodi Ilmu Sejarah harus mengambil Program Profesi Guru alias PPG untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik Selama 2 Semester atau 1 Tahun.
Sebenarnya begitu pula dengan lulusan Pendidikan Sejarah, gak cuma bisa jadi Guru. Lulusan Pendidikan Sejarah juga bisa ternak lele hehehe.
Terakhir, Ilmu Sejarah vs Sejarah dan Kebudayaan Islam
Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam mayoritas dibuka oleh Perguruan Tinggi Islam seperti UIN dan IAIN. Jadi otomatis prodi ini lebih banyak berfokus pada Islam, sedangkan Ilmu Sejarah memiliki cakupan yang lebih luas.
Sampai disini sudah bisa membedakan prodi-prodi tersebut?
...
Hal yang membuat orang malas belajar sejarah adalah anggapan bahwa belajar sejarah adalah belajar hafalan baik nama maupun tanggal.
Saat kuliah nanti Mahasiswa Ilmu Sejarah tidak akan belajar cara menghafal melainkan belajar bagaimana melatih kita untuk menggali dan mengklarifikasi informasi. Dengan belajar sejarah dapat membuat kita menjadi orang yang lebih kritis karena dilatih untuk melakukan kritik sumber ketika meriset dan menulis.
Tentu kemampuan tersebut sangat penting disaat dunia telah dipenuhi oleh HOAX, Buzzer dan Don*ld Tr#mp :')
Selain itu sejarah bukan cuma prihal pristiwa peperangan hingga kemerdekaan. Ilmu sejarah itu bisa dikatakan tidak memiliki batas dan mencakup segala hal. Hubunganmu dengan sang mantan juga bisa disebut sejarah.
Bagaimana kisanak? Sampai disini sudah ada sedikit bayangan tentang Prodi Sarjana Ilmu Sejarah?
Tertarique?
Sebelum memutuskan pilihan, kenali lebih dalam lagi tentang Prodi ini dengan membaca ulasan ini sampai tuntas. Oke?
Semangat!
Guru Besar sejarah Indonesia A. B Lapian mengingatkan kita bahwa belajar sejarah setidaknya akan mendapatkan beberapa manfaat antara lain:
Pertama Sejarah sebagai pengingat.
Semua rekam jejak kehidupan manusia yang berkaitan dengan kehidupan masa lalunya baik buruknya, tentu sejarahlah yang mengingatkan kita. Dalam kehidupan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah hingga mendapatkan hak yang layak sebagai sebuah negara itu pun dengan sebuah perjuangan yang cukup berat.
Banyak peristiwa kelam yang di hadapi bangsa indoensia. Disini sejarah mengingatkan kita untuk tidak melupakanya dan menjadikan gambaran ini sebagai modal dasar perjuangan kita kedepan.
Apalagi generasi muda yang baru memulai sebuah perjuangan. Ingat hanya dengan bambu runcing kita bangsa Indoensia dapat berjuang mempertahankan harkat dan martabat kita sebagai manusia yang layak, kesederhanaan yang memberi arti penting bagi keberlanjutan masa depan bangsa.
Hal ini mesti juga di pahami oleh gerasi muda kita dalam perjuang mendapatkan keberhasilan dengan sejumlah prestasi.
Kedua Sejarah sebagai Pemersatu.
Makna sejarah tidak hanya di lihat sebagai bagian masa lalu saja namun lebih dari pada itu penting juga untuk mempersatukan kita sebagai suatu bangsa. ladasan konsepnya adalah ketika kita sebagai bangsa pernah di jajah dan kita bersatu mempertahankan kedaulatan itu.
Dan oleh karena kekuatan itu kita telah bersatu membentuk sebuah negara yang multikultur baik dari segi agama, budaya dan suku. Tidak ada perdebatan saat itu tentang perbedaan, karena kita memang merupakan bangsa yang saat itu mempunyai nasib yang sama.
Karena itu belajar sejarah adalah kita memupuk rasa persatuan kita dalam membangun bangsa yang lebih beradab. Generasi muda juga hedaknya menghilami semangat ini dalam bersatu membangun bangsa. Tidak perlu mempersoalkan apa budayanya, agamanya dan lain sebagainya.
Dan yang ketiga Sejarah sebagai Penyemangat.
Sejarah pada prinsipnya memberi pengertian utama bagi keberlangsungan manusia, artinya sejarah yang berdasarkan masa lalu akan memberi manfaat penyemangat bagi setiap orang. “belajarlah dari sejarah” ini juga merupakan semangat bangsa Indoensia dalam memahami masa lalu sebagai bagian dari menata masa depan. Orang yang dalam hidupnya pernah melakukan kesalahan juga tentu tidak akan mengulanginya lagi, karena patokanya adalah pada sejarah.
✤ Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id
Pengantar Ilmu Budaya
Matakuliah ini membahas (1) hubungan antara manusia dan kebudayaan, (2) manusia dan peradaban, (3) isi kebudayaan, (4) wujud kebudayaan, (5) pranata kebudayaan, (6) sistem dan nilai kebudayaan.
Pengantar Ilmu Sejarah
Matakuliah ini mengenalkan permasalahan pokok sejarah sebagai aktualitas dan sebagai ilmu untuk memahami proses sejarah. Bahasan meliputi apakah sejarah, kegunaan sejarah, jenis-jenis sejarah, kekuatan-kekuatan dalam sejarah, dan sejarah ilmu sosial.
Pengantar Sejarah Indonesia
Mata ajaran ini membicarakan tentang periodisasi sejarah Indonesia, struktur masyarakat Indonesia, dan perubahan dari masyarakat tradisional ke modern.
Sejarah Padaban Eropa Klasik Sampai Abad Pertengahan
Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang sejarah dan peradaban Eropa yang dibentuk oleh peradaban Yunani, Romawi, Israel Kristen, serta sumbangan peradaban timur seperti Mesir, Babilonia, Persia kepada dunia Barat. Selain itu juga diberikan penjelasan tentang keadaan masyarakat Eropa pada Abad Pertengahan, dari aspek politik, ekonomi, sosial, budaya dan religi. Terjadinya disintegrasi kekuasaan Romawi Barat, munculnya feodalisme, peran gereja, hingga perang salib.
Filsafat Ilmu
Mata kuliah ini menjelaskan sejarah perkembangan ilmu, hubungan filsafat, ilmu dan filsafat ilmu, kedudukan filsafat ilmu dalam perkembangan ilmu, keanekaragaman dan pengelompokan ilmu, landasan penelaahan ilmu (ontologi, epistemologi dan aksiologi), metode berpikir ilmiah, masalah kebenaran, dan hubungan antara filsafat, iptek dan kebudayaan.
Pengantar Filsafat Dan Dialektika Pemikiran
Kuliah ini membahas tentang landasan penelaahan ilmu pengetahuan yang mengarahkan mahasiswa untuk dapat berpikir logis-ilmiah serta ruang lingkup tokoh dan aliran-aliran besar dalam perkembangan pemikiran kefilsafatan yang berpengaruh pada perkembangan ilmu pada umumnya, dan ilmu pengetahuan kesusasteraan pada khususnya.
Sejarah Asia
Mata kuliah ini membahas munculnya peradaban-peradaban kuno di Asia, tradisi dan transformasi histori setelah kedatangan bangsa-bangsa Barat, dan kebangkitan bangsa Asia pada abad ke-20.
Sejarah Eropa Modern
Dalam mata kuliah Sejarah Eropa Modern ini, mahasiswa mempelajari berbagai aspek dari perkembangan sejarah Eropa periode Modern, peristiwa-peristiwa sejarah yang penting, maupun berbagai perubahan yang berlangsung dalam kehidupan masyarakat di Eropa.Beberapa pokok perkuliahan yang tercakup antara lain Renaisans di Italia, gerakan reformasi protestan dan kontra-reformasi, Zaman Pencerahan dan Revolusi Perancis, dan perkembangan kapitalisme dari merkantilisme hingga Revolusi Industri.
Sejarah Indonesia Zaman Nirleka Sampai Abad XVI
Mata kuliah ini membicarakan perkembangan sejarah Indonesia sejak prasejarah sampai 1500M. pembahasan meliputi munculnya peradaban nusantara, pelayaran dan perdagangan kerajaan-kerajaan tua, juga mengenai struktur masyarakat dan kekuasaan, hubungan antar bangsa, kebudayaan, dan agama.
Pengantar Antropologi
Matakuliah ini menjelaskan persoalan budaya dan fungsi budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Budaya yang memiliki dimensi ideal normatif, terungkap dalam bentuk simbol-simbol akan dibahas bertalian dengan asalnya, pemeliharaan serta kelestariannya, proses perubahannya, dan fungsinya yang hakiki sebagai sarana pelestarian kehidupan manusia. Dibahas pula pola perilaku budaya dalam konteks-konteks kehidupan keluarga dan kekerabatan, stratifikasi sosial, kehidupan politik dan ekonomi, serta dalam konteks seni, religi, dan magi.
Bahasa Inggris I (Tata Bahasa)
Matakuliah ini membicarakan mengenai struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Adapun latihan-latihan secara khusus ditujukan untuk meningkatkan kecakapan mahasiswa memahami pesan-pesan yang disampaikan kepadanya dalam bahasa Inggris, baik lewat lisan maupun dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.
Bahasa Inggris II (Pemahaman Teks)
Matakuliah ini menjelaskan mengenai struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Adapun latihan-latihan secara khusus ditujukan untuk meningkatkan kecakapan mahasiswa memahami pesan-pesan yang disampaikan kepadanya dalam bahasa Inggris, baik lewat lisan maupun dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.
Bahasa Belanda I (Tata Bahasa)
Matakuliah ini mempelajari tentang dasar-dasar tata bahasa (grammar) bahasa Belanda seperti fonem/fonetik, alfabet, sintaksis, gramatika, bentuk dan susunan kalimat dalam bahasa Belanda yang baik dan benar. Termasuk vocabulary dan pembuatan kalimat dalam bahasa Belanda.
Bahasa Belanda II (Pemahaman Teks)
Mata kuliah ini mempelajari tentang teks peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia (Hindia Belanda) pada masa lalu yang ditulis dengan bahasa Belanda.
Pengantar Kajian Kebudayaan Urban
Mata kuliah ini membahas (1) konsep budaya urban, (2) bentuk dan wujud budaya urban, (3) aspek ideologi dalam budaya urban, (4) budaya urban sebagai kajian budaya populer, (5) analisis teoritik dalam budaya urban
Ilmu Kearsipan
Matakuliah ini membahas mengenai seluk beluk perpustakaan dan kearsipan. Dengan mengikuti mata ajaran ini diharapkan mahasiswa akan mampu menelusuri sumber sejarah dan memanfaatkan koleksi perpustakaan maupun badan arsip secara mudah dan benar.
Sejarah Indonesia Abad XVII-XVIII
Mata ajaran ini akan membicarakan perkembangan Islam dan kerajaannya di Indonesia, sejarah kerajaan-kerajaan tradisional serta struktur kelembagaan, perkembangan perdagangan dan kebudayaan di nusantara serta masuknya bangsa-bangsa Barat (Eropa) dan akibatnya
Historiografi Indonesia
Mata ajaran ini membicarakan tentang perkembangan penulisan Sejarah Indonesia. Kajian tentang tradisi penulisan tradisional, penulisan tentang suku-suku bangsa, penulisan sejarah kolonial dan sejarah mutakhir dengan segala dimensinya (kronologis dan tematiknya)
Sejarah Asia Tenggara
Matakuliah ini akan menjelaskan berbagai perubahan dan peristiwa bersejarah yang dialami bangsa-bangsa di Asia tenggara setelah kedatangan bangsa-bangsa Barat. Perubahan tersebut meliputi perubahan sosial-ekonomi, perubahan demografis, social-politik, munculnya golongan intelektual, kesadaran nasional dan kebangkitan negara-negara modern Asia Tenggara.
Etika Dan Estetika
Mata Kuliah ini membahas tentang ruang lingkup nilai etis dan estetis, tanggung jawab etis maupun estetis manusia dalam memahami seni dan budaya, teori-teori etika dan estetika. Persoalan tentang problem keindahan berkaitan juga dengan pengalaman estetis dan sifat dasar dari pengalaman tersebut. Mata kuliah ini memberikan pemahaman komprehensif perihal nilai etis dan estetis, pengalaman etis dan estetis, perilaku orang yang mencipta dan filsafat seni.
Pengantar Penelitian Dan Teori Kebudayaan
Mata kuliah ini membahas (1) problematika teori dan penelitian kebudayaan, (2) epistemologi penelitian kebudayaan, (3) paradigma penelitian kebudayaan, (4) model telaah budaya: foklor dan etnografi, (5) model telaah budaya: interasionisme simbolik, grounded theory, cross cultural studies, (6) model telaah budaya: analisis konten dan life history, (7) teori-teori klasik penelitian kebudayaan, (8) teori-teori modern penelitian kebudayaan, (9) teori postmodern penelitian kebudayaan, (10) ragam penelitian kebudayaan, (11) aplikasi penelitian kebudayaan
Metode Dan Praktek Penelitian Sejarah
Mata kuliah ini membicarakan tentang prinsip-prinsip penelitian sejarah melalui proses pemilihan topik yang tepat, mencari sumber-sumber sejarah yang relevan (heuristik), menilai sumber-sumber sejarah yang diperoleh (kritik sumber), sintesis fakta sejarah yang diperoleh dari kritik sumber serta penyajiannya dalam bentuk tertulis
Historiografi Umum
Mata ajaran ini menjelaskan tentang model penulisan sejarah sejak zaman kuno sampai abad ke-20, khususnya dalam peradaban Barat (Eropa). Mencakup segi-segi substantive, intelektual dan metodologis yang berguna untuk meningkatkan kritisisme sejarah, substansinya meliputi karya-karya; Herodotus, Thucydides, Polybius, Livius, Tacitus, Augustinus, Julius Caesar, Flavius, Otto von Freising, Orosius, Ibn Khaldun, Machiavelli, Voltaire, Jean Mabillon, David Hume, Gibbon, W. Scott, Leopold Van Ranke dan sebagainya.
Sejarah Indonesia Abad XIX-XX
Mata ajaran ini menjelaskan mengenai perkembangan dan perubahan sosial-ekonomi pada awal abad 19 sampai awal abad 20. Dampak westernisasi terhadap kehidupan sosial ekonomi Indonesia, liberalisasi, monetisasi, transportasi, dan mobilitas sosial. Munculnya reaksi terhadap westernisasi berupa gerakan-gerakan sosial.
Sejarah Masyarakat Dan Kebudayaan Jawa Timur
Mata ajaran ini menjelaskan tentang dinamika sejarah dan budaya masyarakat Jawa Timur dari abad XII hingga masa pemerintahan Orde Baru.
Sejarah Perkotaan
Mata Kuliah ini membahas berbagai aspek perkembangan kota. Materi dimulai dengan defenisi dan teori-teori perkembangan kota, karakteristik kota tradisional, kolonial, dan modern, problem sosial-ekonomi perkotaan, perebutan simbol, perubahan kota-kota di Indonesia, dan berbagai isu di perkotaan.
Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia
Mata kuliah ini menjelaskan akar-akar historis munculnya doktrin nasionalisme, faktor-faktor yang menyebabkan tumbunnya gerakan nasionalisme di Indonesia, dan pengalaman gerakan nasionalisme di Asia. Selain itu, juga menjelaskan kontribusi priyayi, pemuda, buruh, kaum agama, perempuan, dan organisasi-organisasi kedaerahan dan perannya dalam pergerakan nasional.
Sejarah Pemerintahan Dan Ketatanegaraan Republik Indonesia
Matakuliah ini menjelaskan perubahan sistem pemerintahan ketatanegaraan Indonesia sejak masa pemerintahan Kolonial Belanda, hingga sekarang.
Teori Dan Metodologi Sejarah
Mata kuliah ini membahas prosedur ilmiah dalam penelitian sejarah dan penerapan teori-teori, khususnya penggunaan ilmu-ilmu sosial dalam metodologi sejarah.
Sejarah Lisan
Mata kuliah ini menjelaskan, memahami, dan mempraktekantekhnik penelusuran sumber sejarah lisan untuk merekonstruksi sejarah.
Sejarah Ekonomi Perkotaan
Matakuliah ini menjelaskan aktivitas ekonomi masyarakat perkotaan sejak zaman klasik hingga masa pemerintahan Orde Baru serta konsep maupun teori ekonomi dalam penulisan sejarah ekonomi masyarakat perkotaaan di Indonesia.
Seminar Sejarah
Mata kuliah ini bertujuan menjelaskan tentang kaidah-kaidah dalam penelitian sejarah serta memberikan berbagai masukan terhadap hasil karya sejarah mahasiswa, agar mahasiswa mampu menghasilkan karya sejarah kritis yang dapat dipertanggung-jawabkan
Skripsi
Skripsi merupakan tugas akhir program sarjana S1 Ilmu Sejarah berupa karya ilmiah sejarah, atau historiografi. Dalam proses penyusunan skripsi, mahasiswa dibimbing oleh seorang dosen pembimbing yang membantu mengarahkan mahasiswa agar mampu menghasilkan karya sejarah kritis, yang dapat dipertanggungjawabkan dan bermanfaat bagi masyarakat serta keilmuan sejarah.
✤ Sumber: Kurikulum PS Sarjana Ilmu Sejarah Universitas Airlangga
✤ Sumber: um.undip.ac.id
Dengan berbagai kompetensi yang dimiliki, Lulusan Program Studi Sejarah atau Ilmu Sejarah dapat berkarier sebagai Peneliti, Kurator Museum, Arsiparis, Jurnalis, Penulis, dan tentu saja juga bisa menjadi Tenaga Pendidik. Beberapa instansi/lembaga yang banyak menjadi tujuan lulusan prodi ini seperti Dinas Kebudayaan, Lembaga Penelitian dan Pendidikan, Museum, Perusahaan Media, dan masih banyak lagi.
Tidak bisa dipungkiri jika minat masyarakat terhadap sejarah masih sangat kecil, maka dari itu lulusan Prodi ini menjadi harapan untuk memperbaiki kondisi tersebut 😊
Ammar Zuhdi
Q: Bagaimana suka dan duka masuk jurusan ilmu sejarah ?
A:
Suka :
...
...
Duka:
✤ Baca selengkapnya di id.quora.com
Andri
Menjadi mahasiswa Ilmu Sejarah? Hmm, beberapa diantara kalian pasti membayangkan dengan sesuatu yang membosankan, bikin ngantuk, banyak hapalan dll (yang gak enak-enak lah). Bayangan seperti itu mungkin temen-temen dapatkan dari pengalaman ketika belajar di sekolah dari SD, SMP, bahkan lanjut SMA. Ternyata, anggapan itu tidak semua benar. Model dan sistem pengajaran yang ada di perguruan tinggi berbeda dengan sekolah.
Kita disini (di jurusan ilmu sejarah) tidak selalu dibuat bosan atau ngantuk. Ada saat-saat tertentu kita bisa sangat enjoy bahkan ketagihan belajar sejarah. Kita tidak dituntut hafal hari, tanggal, tahun, ataupun nama tokoh karena yang paling penting kita mengetahui dan paham mengenai peristiwa yang terjadi. Kalau toh kita bisa menghapalnya, itu justru lebih bagus.
...
Sebenarnya, belajar sejarah tidak hanya belajar tentang satu aspek saja. Di ilmu sejarah, kita akan mempelajari banyak aspek dalam kehidupan, baik dimensi ekonomi, politik, sosial, budaya. Karena tidak ada satupun yang bisa lolos dari rekaman sejarah. Bahkan mungkin yang orang anggap hal biasa atau sepele seperti “iklan minyak rambut” itupun ada sejarahnya.
Yang ingin saya sampaikan bahwa di ilmu sejarah, kalian bisa mempelajari segala hal, jadi istilah “monoton” barangkali bisa tidak berlaku. Dengan belajar sejarah kita akan tahu segala hal yang bisa jadi orang tidak mengetahuinya.
...
Bagiamana dengan keilmuannya? Sebenarnya, di jurusan ini cara belajarnya simple 3 kuncinya yaitu sering baca buku, sering ngobrol dan diskusi dan juga nulis. Kalau hingga saat ini diantara kalian kurang begitu menarik membaca buku, maka mulai lah sekarang baca buku. Kalian bisa mengawalinya dengan membaca novel atau cerita-cerita sejarah.
Banyak kok novel serial sejarah yang menarik dan ringan untuk dibaca, misalnya karya-karya Pramudya Ananta Toer dan masih banyak lagi. Kemudian, bagaimana untuk menumbuhkan semangat diskusi? Bagi temen-temen yang suka ngobrol, coba deh sesekali waktu obrolannya tentang sejarah. Bisa dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan tentang sesuatu yang unik, aneh atau bagi kalian menarik.
Peristiwa masa lalu yang kontroversial semisal G30 September, Reformasi 1998, seputar kemerdekaan atau bisa juga tentang tokoh tertentu. Dari situ kalian akan terbiasa dalam menumbuhkan rasa ingin tahu. Lalu menulis, cobalah dengan menulis catatan-catatan pribadi kalian. Meskipun ini sepele bagi kebanyakan orang, namun itu bisa menjadi langkah awal untuk menghasilkan karya tulis lainnya. Ingat bahwa karya tulis baik pemikiran, pengetahuan keilmuan dan penemuan tokoh-tokoh besar dunia dimulai dari tulisan, catatan-catatan pribadi mereka.
...
Yang terpenting sebenarnya kita harus memahami betul tentang keilmuan sejarah, kita akan menjadi ahli atau pakar maka demikian dengan sendirinya karier dan pekerjaan akan kita dapatkan...
✤ Baca selengkapnya di andrihistoria.blogspot.com
Program Studi Sarjana Ilmu Sejarah
Akreditasi A:
Akreditasi B:
Akreditasi Baik
Program Studi Sarjana Pendidikan Sejarah
Akreditasi A:
Akreditasi B:
Akreditasi Baik:
Akreditasi C:
Program Studi Sarjana Sejarah Dan Kebudayaan/Peradaban Islam
Akreditasi A:
Akreditasi B:
Akreditasi Baik:
Akreditasi C:
✤ Sumber: banpt.or.id diakses 21 April 2021