Ulasan Program Studi Sarjana
Ilmu Komunikasi


ZEBRACROSS.ID - 03/05/2021

Sebelum membahas tentang Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi, mari bahas dari yang paling dasar yaitu: Apa itu Komunikasi?

Menurut KBBI, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Ingat kata kuncinya adalah bisa dipahami, bukan cuma sekedar haha hihi atau...

p

p

p

p

p

p

p

p

p

p

p

p

p

gak jawab PKK!1!1

...

Komunikasi yang baik bukanlah hal yang mudah dan tidak bisa dilakukan sembarangan, tentu saja ada ilmunya. Karena banyak orang yang ingin belajar ilmu tentang komunikasi, maka dibuatlah prodi Ilmu Komunikasi di banyak sekolah atau perguruan tinggi.

Setelah mengetahui bahwa komunikasi bukanlah hal yang mudah, selanjutnya kamu juga perlu tahu bahwa komunikasi itu penting, bahkan sangat penting!

Contoh yang paling sederhana dan bisa ditemui sehari-hari adalah betapa banyaknya orang bertengkar karena miskomunikasi?

Mungkin kamu juga sering mengalaminya, apalagi kalau lewat chat. kata-kata sederhana seperti 'owh' atau 'iya' bisa diintrepertasikan dengan banyak makna dan ekspresi.

.

Berkomunikasi tidak hanya penting untuk kehidupan sehari-hari saja, tapi juga dalam banyak hal seperti pekerjaan, sekolah, politik, dan masih banyak lainnya.

Terkait politik misalnya, bagaimana seseorang dengan komunikasi politiknya dapat meyakinkan orang lain untuk mempercayai, mendukung, hingga memilih dirinya.

Bahkan... tidak dibutuhkan mesin jet atau baling-baling yang berotasi dengan kecepatan tinggi untuk membuat seseorang melayang.

Cukup dengan sebuah rayuan gombal ~

.

.

.

Rasanya penjelasan diatas cukup untuk menggambarkan betapa pentingnya memiliki keahlian dalam bidang komunikasi.

Di Indonesia, Selain Prodi Ilmu Komunikasi, terdapat beberapa jenis program studi sarjana lainnya yang juga berfokus pada kompetensi atau keahlian di bidang komunikasi.

Mulai dari Prodi yang mengandung unsur ‘komunikasi’ seperti Desain Komunikasi Visual, Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, serta Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Hingga cabang dari Ilmu Komunikasi yang sudah menjadi Prodi tersendiri seperti Prodi S1 Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Televisi dan Film, Manajemen Komunikasi, dan masih banyak lainnya.

.

Salah satu kampus yang menaruh perhatian khusus pada ilmu di bidang komunikasi adalah Universitas Padjadjaran.

UNPAD adalah Perguruan Tinggi pertama di Indonesia yang mendirikan Fakultas Ilmu Komunikasi. Fakultas ini menaungi 6 prodi yang memiliki fokus kajian di bidang komunikasi, yaitu

  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Informasi dan Perpustakaan
  • Hubungan Masyarakat
  • Manajemen Komunikasi
  • Jurnalistik
  • Televisi dan Film.

Sementara, di kampus lainnya kebanyakan hanya membuka Prodi Ilmu Komunikasi saja dan didalamnya terdapat peminatan atau kosentrasi yang bisa dipilih untuk ditekuni mahasiswanya.

Misalnya Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia memiliki 5 peminatan yaitu: Kajian Media; Jurnalisme; Penyiaran; Hubungan Masyarakat; dan Periklanan.

Sementara di Universitas Brawijaya memiliki 3 Peminatan yaitu: Kajian Media dan Komunikasi; Public Relations; dan Manajemen Komuniikasi.

Bagaimana dengan peminatan di kampus lainnya?

Tentu saja berbeda. Perlu kamu ingat bahwa setiap kampus memiliki kurikulum dan kebijakan yang berbeda-beda. Maka dari itu, tidak ada salahnya mengenali lebih dalam kampus tujuanmu. Bukan hanya akreditasinya, tapi juga kurikulum, fasilitas, harga outfit mahasiswanya dan lain-lain. Oke?

.

.

Bagaimana? Sampai disini sudah ada gambaran tentang Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi?

Tertarique?

Tapi, sebelum memutuskan pilihan, kenali lebih dalam lagi tentang ap aitu Ilmu Komunikasi dengan membaca ulasan ini sampai tuntassss. Oke?

Semangat!

Mungkin salah satu alasan yang membuat orang ragu untuk mengambil prodi ini karena merasa bahwa Prodi ini cuma cocok para extrovert dan tidak sesuai bagi dirinya yang merasa introvert dalam artian pendiam.

Memang banyak anggapan bahwa mahasiswa ilmu komunikasi adalah orang yang extrovert dengan gaya yang fashionable dan memiliki pergaulan yang luas.

Tapi dari hasil riset kami, tidak sedikit mahasiswa ilmu komunikasi yang pendiam, berpenampilan sederhana, pemalu, bahkan malu-maluin...

.

.

.

Tentunya masalah introvert dan extrovert tidaklah sepenting niat dan kemauan yang kamu miliki. Jika niat dan kemauanmu tinggi kamu bisa menghadapi segala rintangan dan meraih apa yang kamu inginkan.

Menurut kami, skill yang paling penting bukanlah tentang bagaimana sikap dalam pergaulan, melainkan kemampuan berpikir KREATF.

Apakah anak introvert tidak bisa berpikir kreatif? Tentu saja bisa!

Di Prodi ini kamu akan belajar untuk berpikir kreatif dengan berbagai tugas yang akan melatih kreatifitas seperti membuat Film Pendek, Iklan, Essay, Berita, dan masih banyak lainnya.

Semoga bisa menjadi pertimbangan 🙏

Pengantar Ilmu Antropologi

Memberikan pemahaman dan ruang lingkup dan konsep-konsep dasar dalam Antropologi sosial budaya. Pokok bahasan terdiri atas sub-sub disiplin Antropologi dengan penekanan pada sub disiplin Antropologi sosial budaya, sejarah perkembangan Antropologi, metode penelitian etnografi dan relevansi Antropologi dengan kehiduapan masa kini


Pengantar Ilmu Politik

Memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai teori-teori dan konsep dan ilmu politik serta bagaimana menerapkannya dalam menganalisa kehidupan politik di Indonesia


Pengantar Metode Penelitian Sosial

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengantar bagi mahasiswa dalam mempelajari penelitian sosial, mata kuliah ini menjelaskan tentang pengertian penelitian sosial, dasar pemikiran diperlukannya suatu penelitian sosial, prinsip umum yang berlaku dalam penelitian sosial, keragaman jenis penelitian yang ada dalam ilmu-ilmu sosial, gambaran proses penelitian sosial pada umumnya, jenis sumber data yang digunakan, variasi teknik pengumpulan data serta teknik analisis yang ada dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif


Pengantar Sosiologi

Memperkenalkan pokok bahasan Sosiologi, konsep, teori sosiologi serta bagaimana menerapkannya untuk memahami lingkungan sekitar dan masyarakat


Pengantar Statistik Sosial

Memberikan pengertian dasar mengenai statistic deskriptif dan inferensial. Pokok bahasan adalah penyajian data, teori sample, teori probabilitas dan analisa univariat dan bivariat


Pengantar Ilmu Komunikasi

Membahas pengertian, konsep‐konsep dasar dan proses komunikasi dalam kehidupan manusia, serta ruang lingkup dan perkembangan pokok ilmu komunikasi sebagai gambaran awal mengenai ruang lingkup pengajian dan penerapannya.


Teori Komunikasi

Membahas model‐model, teori‐teori, dan pendekatan‐ pendekatan dalam ilmu komunikasi sebagai ilmu pengetahuan sosial yang bersifat multidisplin.


Filsafat Komunikasi

Mata kuliah ini membahas pendekatan filsafat terhadap komunikasi, baik dalam pengembangan ilmu, teori, karya, perilaku, maupun praktik komunikasi. Setelah mempelajari konsep pokok dari beberapa disiplin filsafat (a.l. epistemologi, aestetika, logika, etika, metafisika), pembahasan lebih mendalam difokuskan pada masalah/isu yang berkenaan dengan dilema-dilema etik.


Pengantar Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Mata kuliah ini membahas pengertian, pendekatan, konsep dasar dan proses dalam konteks perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.


Komunikasi Antar Pribadi

Membahas pengertian, pendekatan, teori-teori, konsep-konsep dasar dan proses komunikasi antarpribadi dalam konteks hubungan pertemanan, pasangan, keluarga dan hubungan di tempat kerja.


Pengantar Kajian Media

Membahas prinsip, konsep, dan isu-isu dalam konteks kajian media yang dikaitkan dengan dinamika proses produksi isi, karakteristik medium dan karakteristik khalayak.


Pengantar Jurnalisme

Membahas dunia kewartawanan dalam pemahaman jurnalisme sebagai ilmu dan demokratisasi, nilai-nilai dasar dan prinsip jurnalisme, peranan dan fungsinya dalam kehidupan masyarakat, jurnalisme sebagai profesi, serta pola dan perkembangannya.


Pengantar Penyiaran

Membahas sejarah dan perkembangan media penyiaran, perkembangan programming media penyiaran (dari media informasi menjadi media hiburan untuk kemudian menjadi media interaktif), serta kebijakan dan regulasi di bidang penyiaran.


Pengantar Humas

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip, konsep dasar dan model-model Hubungan Masyarakat yang meliputi: pengertian, fungsi, posisi dan peran Humas dalam organisasi, lingkup kegiatan Humas internal dan eksternal, perencanaan dan pengelolaan Humas, serta kompetensi profesi dan etika di bidang Humas.


Departemen Ilmu Komunikasi

Pengantar Periklanan Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip, konsep dasar dan strategi-strategi pengelolaan merek dalam alur kerja industri periklanan.


Komunikasi Global

Mata kuliah ini membahas pengertian, pendekatan, teori-teori, dan proses dalam konteks komunikasi global terkait dengan perkembangan kepentingan ekonomi dan politik global.


Komunikasi Kelompok & Organisasi

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, pendekatan, proses dan peran komunikasi dalam konteks kelompok dan organisasi.


Komunikasi Massa

Mata kuliah ini membahas pengertian, pendekatan, proses dan konsep-konsep dasar dalam konteks komunikasi massa serta meliputi sejarah dan isu-isu utama dalam perkembangannya.


Srategi Komunikasi

Mata kuliah ini membahas teori-teori dan konsep-konsep dalam strategi komunikasi, yang meliputi rancangan desain dan evaluasi terkait dengan isu-isu masyarakat perkotaan dan industri serta penggunaan teknologi.


Penelitian Terapan Komunikasi

Mata Kuliah ini memberi bekal kemampuan beragam metode penelitian dalam riset terapan yang meliputi: merancang, mengumpulkan data, menganalisis serta menyusun laporan hasil riset terapan dengan isu-isu masyarakat perkotaan dan industri serta penggunaan teknologi dalam masyarakat.


✤ Sumber: Kurikulum PS Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia

Peminatan Kajian Media

Pengantar Teori Media

Membahas pengertian, konsep-konsep dan teori-teori mengenai komunikasi, komunikasi massa, dan media massa massa yang dikaitkan dengan sejarah, proses, representasi dan literacy media

Pengantar Teori Kritis

Membahas perspektif klasik dan kritis yang digunakan dalam mengevaluasi industri media, dengan memperkenalkan berbagai varian teori-teori ekonomi politik dalam kajian komunikasi.

Media Dan Masyarakat

Mata Kuliah ini membahas hubungan timbal balik antara media massa dan masyarakat. Di satu sisi, dibahas tentang bagaimana isi media massa dipengaruhi oleh berbagai faktor meliputi: kepentingan dan kekuatan politik, kepentingan eknonomi dan bisnis, serta faktor sosial dan budaya. Di sisi lain, dibahas tentang pengaruh media massa terhadap masyarakat dalam berbagai isu spesifik, antara lain: kekerasan, perilaku seks, gender, parasangka dan stereotip, gaya hidup, hubungan antar kelompok serta perilaku politik.

Pengantar Ekonomi Media

Mata kuliah ini membahas formulasi struktur, prilaku dan kinerja dalam menilai industri media, seperti: televisi, radio, majalah, suratkabar, dan buku dengan menggunakan prinsip-prinsip ekonomi.

Komunikasi Politik

Mata Kuliah ini membahas peran komunikasi dalam proses politik, terutama berbagai bentuk komunikasi politik dari pemerintah, partai politik, perusahaan/korporat, gerakan sosial dan kelompok interest dalam konteks lokal dan global. Fokus komunikasi politik tidak lagi hanya terpusat pada pemerintah dan partai politik, namun juga sektor korporat, dimana pendekatan professional marketing, periklanan dan hubungan masyarakat adalah kunci dalam komunikasi politik modern.

Komunikasi Dan Industri Budaya

Mata Kuliah ini membahas perkembangan media sebagai industri budaya, yakni industri yang berperan dalam mereproduksi budaya serta fator-faktor yang mempengaruhinya. Mengikuti paradigma kritis, mata kuliah ini menggambarkan bagaimana media massa di Indonesia – media cetak, media penyiaran, film, rekaman musik, buku, games, dan sebagainya – berposisi sebagai komoditas yang proses produksi-distribusi dan konsumsinya mengikuti logika kapitalisme.

Media Dan Kajian Budaya

Memperkenalkan peran media dalam memproduksi, memelihara, mereproduksi, dan menyebarkan makna, pola berpikir dan prilaku budaya masyarakat kontemporer. Bentuk kultur media dan kultur industri budaya seperti televisi, film, musik populer, media cetak dan media baru dapat menyajikan gambaran tentang ideologi, kelas sosial, nasionalitas, etnisitas, ras dan jender, yang dikonstruksikan atau dikemas dalam bentuk hiburan.

Media Dan Komunikasi Antarbudaya

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana peran media dalam proses komunikasi antarbudaya pada konteks regional, nasional maupun internasional. Fokus pembahasan terkait pada aspek-aspek perbedaan budaya yang mewarnai keberlangsungan proses tersebut. Pembahasan berbagai isu aktual dilakukan melalui beberapa pendekatan yang terkait dengan paradigma-paradigma dalam ilmu komunikasi.

Kebijakan Dan Regulasi Media

Mata Kuliah ini membahas berbagai peraturan perundangan yang menjadi landasan kebijakan untuk mengatur media di Indonesia. Juga dibahas beragam kebijakan dan peraturan dalam latar belakang historis dan filosofis, serta implikasi terhadap masyarakat.

Metode Analisis Teks Media

Membahas ragam analisis teks dari beragam paradigma positivist, post positivist, interpretif dan kritis.

Manajemen Media

Mata Kuliah ini membahas penataan media massa sebagai produk bisnis yang harus senantiasa mempertimbangan faktor-faktor: produksi, distribusi, promosi dan konsumsi. Dibahas juga perbedaan penataan media sesuai dengan jenis media yang dikembangkan, antara lain: suratkabar, majalah, stasiun televisi, stasiun radio, film, dan media online. Perhatian akan dipusatkan pada media massa di Indonesia.

Kajian Dampak Media

Mata Kuliah ini membahas mengenai kaitan antara media dan khalayak. Isi media memiliki hubungan yang signifikan bagi munculnya berbagai efek terhadap: keyakinan (belief) dan nilai-nilai, sikap dan tingkah laku khalayak. Secara khusus juga mengevaluasi berbagai efek isi media yang dalam konteks sosial, politik, kesehatan dan ekonomi.

Etika Media

Membahas tentang berbagai prinsip-prinsip dan pedoman prilaku terkait dengan moralitas dan profesionalitas yang diterapkan dalam organisasi media untuk melindungi organisasi media yang bersangkutan dan privasi khalayaknya.

Skripsi/Tugas Karya Akhir

Pembuatan penelitian di bidang kajian media atau pembuatan penelitian terapan untuk mengevaluasi program komunikasi.




Peminatan Jurnalisme

Dasar-Dasar Penulisan

Membahas teori dan tata cara penulisan agar mahasiswa dapat melakukan penghimpunan bahan (fakta), memiliki kemampuan melihat korelasi berbagai fakta tentang suatu masalah, menarik interpretasi atau membuat kesimpulan, memahami cara-cara penyusunan fakta dan opini dengan teknik pengutaraan secara tertulis dalam alur pikiran (struktur) yang jernih dan dengan bahasa yang mudah dipahami

Etika Jurnalisme

Membahas berbagai aspek etika jurnalisme (media cetak, radio, televisi dan media online), Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI), Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS), serta kasus-kasus pelanggaran etika jurnalisme.

Videografi Berita

Membahas konsep-konsep dasar mengenai proses produksi dan pascaproduksi audio dan video untuk pembuatan berita, khususnya penggunaan kamera video, perangkat keras dan perangkat lunak audio, serta perangkat keras dan perangkat lunak untuk penyuntingan audio dan video.

Meliput Dan Menulis Berita

Membahas teknik meliput dan menulis berita termasuk cara-cara mengumpulkan bahan-bahan, mewawancara narasumber, mengolah informasi, dan data hingga akhirnya menyajikannya dalam bentuk berita. Di dalamnya termasuk pembahasan dan penerapan Bahasa Indonesia untuk jurnalisme, jenis-jenis berita, konsep 5 W + H, struktur berita piramida terbalik, serta praktek meliput dan menulis.

Jurnalisme Foto

Membahas teknik-teknik fotografi untuk jurnalisme profesi, profesi jurnalis foto, kriteria foto layak siar, ragam kategori, menulis caption, penyuntingan foto dan etika foto jurnalisme, serta praktek pengambilan dan penyuntingan gambar.

Menulis Feature Dan Artikel Opini

Membahas seluk beluk lahirnya sebuah tulisan feature dan artikel opini yang lazim dikenal dalam media massa, jenis-jenis feature dan artikel opini, teknik penulisan feature dan artikel opini, struktur feature dan artikel opini, serta praktek penulisan feature dan artikel opini.

Menulis Naskah Berita Radio & TV

Membahas teknik menulis berita radio dan televisi yang meliputi teknik pengumpulan bahan, penulisan script berita (naskah untuk voice over), sound bite, struktur berita, serta praktik pembuatan berita radio dan televisi.

Menyunting Naskah Surat Kabar Dan Majalah

Membahas proses dan teknik menyunting naskah untuk surat kabar dan majalah berdasarkan kriteria jurnalisme yang menjadi dasar pertimbangannya, serta melaksanakan praktik penyuntingan naskah.

Desain Surat Kabar Dan Majalah

Membahas prinsip, fungsi, elemen, dan jenis-jenis desain surat kabar dan majalah, tahapan kerja mulai dari penuangan ide sampai eksekusi desain, serta mempraktikkan membuat desain surat kabar dan majalah dengan menggunakan perangkat lunak yang ada.

Produksi Media Cetak

Menjalankan proses kerja jurnalisme media cetak yang dimulai dari pengelolaan ruang berita, perencanaan isi media, peliputan, penulisan, penyuntingan, pembuatan desain halaman, pencetakan serta pendistribusian media

Produksi Berita Dan Feature Radio

Menjalankan proses produksi paket dan buletin/program berita serta program feature radio mulai dari tahap perencanaan, pengumpulan bahan, peliputan, menulis naskah berita, proses produksi sampai tahap penyajian program untuk disiarkan.

Produksi Berita Dan Feature TV

Menjalankan proses produksi paket dan buletin/program berita serta program feature televisi mulai dari tahap perencanaan, pengumpulan bahan, peliputan, menulis naskah berita, proses produksi sampai tahap penyajian program untuk disiarkan

Jurnalisme Online

Menjalankan proses jurnalisme online mulai dari perencanaan, peliputan, penulisan, serta penyajian berbagai karya jurnalisme dengan menggunakan teknologi multimedia dan didistribusikan melalui internet.

Magang

Magang (internship) diartikan sebagai kegiatan belajar yang merupakan kerja-sama (cooperative learning arrangement) antara Program S1 Ilmu Komunikasi FISIP-UI dengan suatu institusi pemerintah maupun swasta yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam disiplin ilmu komunikasi di suatu setting yang profesional.

Skripsi/Tugas Karya Akhir

Pembuatan penelitian di bidang jurnalisme atau pembuatan proposal professional untuk membuat media/program baru di media cetak/ radio/televisi/media online




Peminatan Penyiaran

Teknik Kamera

Membahas aspek teknis yang meliputi jenis-jenis kamera video, pencahayaan dan diafragma, manual dan auto focus, white dan black balance, berbagai jenis lensa dan filter, berbagai jenis camera support (tripod, singlepod, jimmy jib, dinky dolly, dolly track, porta jib, steady cam); aspek artistik seperti angle (low, normal dan high angle), sizes (longshot, medium longshot, medium shot, kne shot close up, big close up, dll), moving (zoom in, zoom out, pan left, pan right, track ini, track out, dll).

Hukum Dan Etika Penyiaran

Membahas berbagai aspek hukum dan etika penyiaran baik yang berlaku secara nasional (UU Penyiaran serta Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran /P3 & SPS) maupun internasional.

Manajemen & Bisnis Media Televisi

Berbagai model dan struktur manajemen media televisi (termasuk manajemen sumber daya manusia dan manajemen keuangan), unsur-unsur manajemen, SOP dalam manajemen, prosedur pengambilan keputusan, proses bisnis media televisi, penyusunan business plan, creative & busines development, etika dan pertanggungjawaban bisnis, sumber pendapatan bisnis media televisi, serta CSR dalam bisnis media televisi.

Produksi Video 1

Membahas metode analisis dan bedah naskah, penyusunan shooting script, hunting dan budgeting, perencanaan kebutuhan teknik, pengorganisasian kru, production meeting, teknik pengambilan gambar dengan single camera, tata cahaya, tata suara dan tata artistik dalam produksi single camera, penyusunan shooting breakdown dan schedule, perencanaan dan pelaksanaan editing, serta praktek produksi single camera

Produksi Video 2

Membahas SOP produksi acara TV dengan multi kamera, metode analisis dan bedah naskah, penyusunan shooting script, budgeting, perencanaan kebutuhan teknik, pengorganisasian dan pembagian kerja bagi kru multi camera, production meeting, tata cahaya, tata suara dan tata artistik dalam produksi multi camera, penyelenggaraan rehearsal dan pengambilan gambar di studio, sistem komando Pengarah Acara kepada kru, sistem komando Floor Director kepada Pengisi Acara, serta praktek produksi multi camera.

Pascaproduksi Video

Membahas berbagai jenis perangkat keras dan perangkat lunak untuk editing online baik untuk visual maupun audio, sistem pengoperasioan perangkat lunak, konsep element of edit, colour direction, fungsi video effect, ilustrasi grafis , ilustrasi audio, teknik dubbing dan subtitling, disertai praktek editing audio dan video.

Penulisan Naskah Dan Desain Program

Membahas model penyusunan desain program TV, riset untuk penyusunan desain program dan penulisan naskah, strategi penetapan target audience, strategi peluncuran, promosi, pengembangan dan evaluasi program acara. Berbagai model skenario program TV (drama, nondrama, musik dan hiburan) metode penulisan naskah (sinopsis, treatment dan skenario), pengembangan alur, perwatakan dan struktur dramatik dalam naskah televisi.

Penyutradaraan Program TV

Membahas tugas pokok dan tanggungjawab pengarah acara dalam produksi single camera maupun multi camera, budgeting dan scheduling, metode pembuatan shooting script, metode analisis dan bedah naskah, kepemimpinan pengarah acara dalam produksi di studio, penyelenggaraan rehearsal, perencanaan dan setting tata artistik, tata cahaya dan tata suara, metode pengarahan terhadap kru dan pengisi acara, metode evaluasi produksi, serta praktik penyutradaraan.

Manajemen Pemograman Siaran TV

Membahas penyusunan strategi programming dan penyusunan pola siaran televisi, strategi penjadwalan dan penempatan program (scheduling), strategi akuisi (pembeliaan dan pengadaan) program dalam maupuan luar negeri, analisis rating dan strategi kompetisi, strategi pengembangan program acara (program development), perencanaan dan evaluasi pencapaian target audiences, analisis viewing habit.

Pemasaran Dan Penjualan Program TV

Membahas cara merumuskan segmentasi, target dan positioning, brand development strategy, strategi promosi program (on air dan off air), strategi promosi lintas media, image building strategy, penyelenggaraan ajang pemasaran. Selain itu membahas juga sisi penjualan dengan melihat televisi sebagai media iklan, perkembangan dan pertumbuhan belanja iklan, strategi produk dalam beriklan, analisis rating program untuk keperluan penayangan iklan, penetapan harga iklan (rate card), strategi perumusan dan penetapan paket sponsor/iklan, pengembangan program taylor made, serta sistem pelaporan penayangan iklan televisi.

Produksi Drama TV

Membahas teknik produksi drama dengan single camera, metode analisis dan bedah naskah, penyusunan breakdown dan jadwal shooting, penyusunan kru dan artis call, perencanaan tata artistik, tata suara dan tata cahaya, budgeting, mencari lokasi, casting, reading, perumusan shooting script (blocking, moving, dekupasi), teknik pengambilan gambar dengan single camera (ulang gaya, continuity), clapper dan script, teknik editing program, serta praktik menjalankan produksi sehingga dihasilkan sebuah program drama televisi.

Produksi Musik Dan Hiburan

Membahas proses produksi untuk beragam jenis program musik (video clip, live performance, konser, dll) dan jenis-jenis program hiburan (variety show, kuis, games, talent scouting, talkshow, dll), teknik penyusunan desain produksi, teknik penulisan naskah, perencanaan tata dekor, tata suara dan tata cahaya; teknik pengambilan gambar, teknik editing serta praktik menjalankan produksi sehingga dihasilkan sebuah program musik dan hiburan.

Produksi Dokumenter TV

Membahas jenis dan fungsi program dokumenter TV, teknik penyusunan desain produksi, penulisan naskah, perumusan shooting script (shooting plan), teknik pengambilan gambar, teknik editing, serta praktik menjalankan produksi sehingga dihasilkan sebuah program dokumenter televisi.

Skripsi/Tugas Karya Akhir

Pembuatan penelitian di bidang penyiaran TV atau pembuatan proposal professional untuk membuat media/program baru di media cetak/ radio/televisi/media online.




Peminatan Hubungan Masyarakat

Manajemen Humas

Memberikan pemahaman tentang berbagai teori, konsep dan model dalam bidang Humas yang meliputi perencanaan program Humas untuk jangka pendek dan jangka panjang; pengorganisasian, pengenalan khalayak, penentuan media, evaluasi kegiatan Humas; serta membahas pengelolaan klien dan teknik ‘spin doctor’.

Manajemen Kontinuitas Bisnis

Mata Kuliah ini memberikan pemahaman tentang cara mengidentifikasi dampak potensial yang menjadi ancaman suatu organisasi; memberikan desain strategi untuk pemulihan organisasi; serta menjalankan strategi secara efektif untuk keberlangsungan dan membangun nilai organisasi.

Teknik Negosiasi & Presentasi

Mata Kuliah ini memberikan pemahaman untuk menerapkan beragam strategi lobi dan negosiasi dengan pendekatan integratif, kolaboratif dan “win-win solution” untuk mencapai tujuan komunikasi; serta memberikan dasar-dasar public speaking sebagai kegiatan presentasi kerja Humas.

Teknik Penulisan Kreatif

Mata Kuliah ini memberikan kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip dasar beragam gaya penulisan terkait dengan kegiatan humas.

Hubungan Media

Mata Kuliah ini dirancang untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan humas dengan mengenali perbedaan karakter serta elemen media konvensional dan media baru untuk mencapai segmentasi khalayak Humas yang dituju.

Komunikasi Internal

Memberikan pemahaman tentang teori, dan konsep komunikasi yang dilakukan para pekerja di dalam berbagai jenis organisasi. Khususnya komunikasi yang terkait dengan hak dan kewajiban serta advocacy dan litigasi yang patut diketahui pekerja agar dapat membangun keterikatan dan produktivitas untuk mencapai reputasi organisasi.

Hubungan Keuangan Dan Investasi

Mata Kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep dan praktik komunikasi untuk kegiatan Humas di bidang keuangan dan investasi yang mendukung klien untuk mengembangkan beragam strategi dan aktivitas untuk mengelola hubungan dengan investor seperti: pelaporan keuangan, meningkatkan permodalan, penawaran saham, IPO, mergers dan akuisisi untuk membangun reputasi organisasi.

Tanggung Jawab Sosial Korporasi

Mata Kuliah ini memberikan pemahaman tentang beragam pendekatan dan peran suatu perusahaan terkait tanggung jawab sosial melalui berbagai kegiatan di dalam lingkungannya untuk mendapatkan citra dan reputasi positif.

Audit Komunikasi

Memberikan pemahaman tentang beragam metode dan strategi manajemen yang digunakan untuk mengevaluasi kegiatan komunikasi suatu organisasi terkait dengan kebutuhan organisasi maupun khalayak yang dituju, meliputi: pengelolaan kesalah pahaman informasi, pembentukan opini.

Humas Global

Memberikan pemahaman berbagai teori, konsep, model serta paradigma baru humas yang berkembang terkait dengan perubahan yang terjadi di tingkat global dengan menyertakan pendekatan multi budaya.

Humas Politik

Memberikan pemahaman mengenai konsep-konsep dan peran Humas untuk berbagai kegiatan komunikasi politik pada lembaga-lembaga pemerintah, partai politik, perusahaan serta lembaga swadaya masyarakat untuk tujuan politik.

Humas Pemasaran

Memberikan pemahaman mengenai program dan strategi marketing dengan menerapkan teknik dan caracara Humas di dalam menawarkan produk/jasa/ide/keahlian kepada konsumen untuk mencapai tujuan pemasaran dan keuntungan perusahaan.

Etika Humas

Mata Kuliah ini memberikan wawasan, pemahaman, mengenai berbagai aspek sikap dan etika di bidang Humas sebagai bekal dalam menjalankan profesi Humas.

Skripsi/ Tugas Karya Akhir

Pembuatan penelitian di bidang Humas atau pembuatan proposal /karya professional untuk membuat program humas baru.




Peminatan Periklanan

Dasar-Dasar Pemasaran

Mata kuliah ini membahas batasan lingkungan pemasaran, analisis situasi lingkungan pemasaran, bauran pemasaran dan strategi-strategi pemasaran.

Analisis Konsumen

Mata kuliah ini membahas proses pengambilan keputusan konsumen, berbagai faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen, perbedaan perilaku konsumen online dan offline, dan berbagai strategi pemasaran terkait dengan perilaku konsumen.

Pemasaran Digital

Mata kuliah ini membahas fungsi web, email, mobile phone, online advertising, dan media social sebagai media pemasaran, serta berbagai strategi penggunaan media digital dalam komunikasi pemasaran.

Pemasaran Sosial

Mata kuliah ini membahas perbedaan antara pemasaran sosial dan komersial, serta berbagai strategi dalam pemasaran sosial

Komunikasi Pemasaran Terpadu

Mata kuliah ini membahas peranan kampanye komunikasi pemasaran terpadu dalam pengelolaan merek, desain strategi komunikasi pemasaran terpadu (mencakup analisis situasi, tujuan pemasaran dan komunikasi, strategi kreatif, strategi media dan budgeting) serta evaluasi kegiatan komunikasi pemasaran terpadu.

Perencanaan Dan Pembelian Media Pemasaran

Mata kuliah ini membahas perbedaan fungsi dan karakteristik media, analisis data dalam perancangan strategi media dan desain strategi dan budgeting media.

Creative Thinking

Mata kuliah ini membahas pengertian kreativitas dari berbagai perspektif keilmuan, dan berbagai teknik berpikir kreatif baik visual maupun verbal.

Copy Writing

Mata kuliah ini membahas berbagai strategi pengembangan pesan dalam komunikasi pemasaran, teknikteknik penulisan persuasive dalam media cetak, penyiaran, dan digital.

Pengantar Desain Grafis

Mata kuliah ini membahas konsep dasar dalam desain grafis (mencakup konsep dasar tipografi, layout, dan warna), proses persepsi dan desain, serta software dasar dalam desain grafis.

Perencanaan Kreatif Periklanan

Mata kuliah ini membahas peranan penting strategi kreatif dalam kegiatan komunikasi pemasaran dan periklanan, berbagai pendekatan-pendekatan dalam pengembangan strategi kreatif periklanan, serta langkah-langkah dalam pengembangan strategi kreatif periklanan.

Praktik Desain Grafis

Mata kuliah ini membahas peran desain grafis dalam kegiatan kampanye komunikasi pemasaran, penggunaan berbagai software-software desain, dan karya desain untuk memenuhi suatu tujuan komersial

Teknik Penulisan Proposal & Presentasi

Mata kuliah ini membahas teknik menulis proposal kampanye komunikasi pemasaran, penggunaan multimedia dalam penulisan proposal dan teknik presentasi secara efektif dan persuasif.

Etika Periklanan

Mata kuliah ini membahas etika dalam iklan dan komunikasi pemasaran serta penerapannya dalam perilaku berkarya.

Praktikum Periklanan

Mata kuliah ini membahas alternatif solusi desain dan eksekusi kreatif, yang mencakup perencanaan strategi, eksekusi kreatif, media, dan evaluasi kampanye komunikasi pemasaran.


✤ Sumber: Kurikulum PS Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia

Lutfiah

Saudara : Yah, ngapain buang-buang waktu aja kuliah komunikasi, tiap hari juga kita ngomong, kuliah itu yang prospek kedepannya menjajikan, kaya kedokteran.

Sabar…

Anak Komunikasi harus kuat, kebal, santai menghadapi kalimat-kalimat menakjubkan kayak gitu.

Yang harus diketahui adalah, bahwa di komunikasi nggak semata-mata belajar ngomong aja, kan komunikasi juga bukan Cuma berbicara dan berkoar-koar tanpa arti, kalau kayak gitu mah, anak kecil juga bisa.

Lebih dari itu, di Komunikasi mempelajari tentang bagaimana menjalin sebuah hubungan yang baik, mempelajari cara-cara berkomunikasi antar individu, antar kelompok bahkan antar budaya. Sering lihat kan berita-berita di media tentang berbagai macam konflik yang terjadi kayak pencemaran nama baik...apa sebabnya? Sebab salah berkomunikasi.

Jadi, di ilmu komunikasi bukan Cuma pinter ngomong, tapi pintar berkomunikasi dengan baik, jadi adalah stereotip yang salah kalau Cuma orang yang ‘pinter’ atau ‘banyak’ omong aja yang bisa masuk ilmu komunikasi.


✤ Baca selengkapnya di itslutfia.wordpress.com



Erny Kurniawati

...Bagi yang memiliki minat pada bidang komunikasi pasti kuliah di jurusan ini terasa sangat menyenangkan. Bagaimana tidak? Kami kuliah dengan durasi yang tidak terlalu lama.

Banyak dosen berpikir, waktu kuliah lama tidak berarti meningkatkan pemahaman mahasiswanya. Oleh karena itu, dosen (sepertinya) lebih memilih kualitas mengajar dibandingkan kuantitasnya (durasi).

Sementara itu, ujian di jurusan ini juga cukup unik. Selama saya berkuliah di sini, saya lebih sering mendapat ujian take home yang dikerjakan di rumah, daripada ujian di dalam kelas.

Namun jangan salah, beban take home ini justru lebih berat lho daripada ujian di kelas! Hal yang mengasikan lainnya adalah kami bisa belajar sambil santai misal menganalisis film, menganalisis acara televisi, stasiun televisi, iklan, dan lain sebagainya.


✤ Baca selengkapnya di ernykurnia.com



Yulianaharianja

...Nah kebetulan aku ambil peminatan Komunikasi Strategis. jadi waktu semester 4-6, mata kuliah kamu itu mulai berat eh sangat berat:

Marketing Communication
Crisis Management
Event Management
Social Marketing Communication
Riset Komunikasi Strategis
Periklanan
dan lain-lainnya

See the difference? Mati gak tuh dalam satu semester biasanya kamu itu ngerjain lebih dari satu campaign yang pastinya bukan cuma konsep tapi harus eksekusi.

Bikin event yang bener-bener dari konsep, nyari duit, eksekusi, belum lagi nanti pas pitching dimaki-maki dikomentarin sama dosen.

Kuliah kita emang kelihatannya gampang, bikin event dan campaign sana sini, yang bener-bener terjun ke lapangan dan ngadepin orang yang aneh-aneh mulai dari client dan lain-lain.

But this is why I love my major because semua teori yg ada di kelas itu applicable ke society.


✤ Baca selengkapnya di yulianaharianja.wordpress.com



Ricky Wirianto

...aku mengambil penjurusan Broadcasting yang dimana pembelajarannya lebih spesifik mengenai media-media khususnya jurnalisme di Indonesia.

Praktek yang dilakukan selama aku kuliah beragam, seperti fotografi jurnalistik, pembuatan program berita yang didalamnya termasuk peliputan berita dilokasi langsung misalnya KPK, gedung DPR MPR, demo,

Bawaslu dan tempat-tempat yang sering kalian saksikan di televisi, pembuatan majalah, pembuatan program radio, pembuatan iklan televisi, musik video, program realiti, talk show, dokumenter dan masih banyak lagi!

Capek? Iya, apalagi ketika berada di smester 5 dan kamu yang mengejar target lulus dengan durasi 3,5 tahun, tapi percayalah bahwa hal tersebut menyenangkan!

Bahkan kadang aku dengan teman-teman sering berpikiran kangen dengan praktek-praktek pada saat kuliah.


✤ Baca selengkapnya di ceritaricky.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Prodi Ilmu Kominikasi memiliki banyak peminatan. Tiap peminatan tersebut menghasilkan lulusan dengan berbagai pilihan karir.

  • Lulusan Peminatan Kajian Media dapat berkarier sebagai akademisi, peneliti, dan analis media di bidang komunikasi dan media.
  • Lulusan Peminatan Jurnalisme dapat berkarier sebagai reporter media cetak, radio, televisi, media online; editor, penulis artikel, dan jurnalis foto.
  • Lulusan Peminatan Penyiaran dapat berkarier sebagai sutradara, produser, penulis naskah dan editor.
  • Lulusan Peminatan Hubungan Masyarakat dapat berkarier sebagai staf humas di kantor konsultan, lembaga pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), maupun perusahaan swasta.
  • Lulusan Peminatan Periklanan dapat berkarier di bidang periklanan seperti bina usaha, kreatif dan perencanaan media periklanan.

Beberapa prospek lulusan diatas hanyalah sebagian kecil saja dari banyaknya pilihan karier dan peluang yang bisa diraih oleh lulusan ilmu komunikasi yang memiliki kompetensi di bidang komunikasi yang tentnunya sangat dibutuhkan dalam segala bidang.

Akreditasi A/Unggul Akreditasi B/Baik Sekali Akreditasi C/Baik

Sumber: BANPT - 25/04/2021
⚠ DISCLAIMER: Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for "fair use" for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use.
❉ Bagikan kepada teman dan musuhmu ❉