Agribisnis sebanarnya bukan kata baku. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata baku alias yang lebih formal adalah Agrobisnis.
Tapi itu gak terlalu penting sih ehehe.
.
.
.
Lalu apa itu Agribisnis?
Agribisnis merupakan gabungan dari dua kata yaitu agriculture yang berarti pertanian dan bisnis yang berarti usaha untuk mendapatkan keuntungan dari segi ekonomi. Jadi kalo digabung Agribisnis adalah bisnis pada bidang pertanian mulai dari hulu hingga ke hilir.
Yang diamksud dari hulu ke hilir adalah dimulai dari mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pascapanen, proses pengolahan dan tentu saja proses pemasaran hingga sampai ke tangan konsumen.
Berbicara masalah pertanian, banyak yang menyempitkan cakupan bidang ini hanya sebatas bercocok tanam atau berkaitan dengan kegiatan persawahan.
Menurut Safety and health in agriculture yang diterbitkan International Labour Organization pada tahun 1999, pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.
Hayati sendiri berarti segala sesuatu yang bersifat hidup atau berhubungan dengan kehidupan.
Jadi, pertanian dalam pengertian yang luas mencakup semua kegiatan yang melibatkan pemanfaatan makhluk hidup (termasuk tanaman, hewan, dan mikroba) untuk kepentingan manusia.
.
.
.
Lalu apa itu Program Studi Agribisnis?
Berbeda dengan Prodi Agroteknologi yang fokus pada pengelolaan tumbuhan atau tanaman. Program Studi Agrobisnis lebih menekankan pada sisi ekonomi dan bisnis di sektor pertanian.
Mahasiswa Prodi Agribisnis akan mempelajari banyak hal yang berkaitan tentang bisnis, mulai dari strategi bisnis, pengemasan, pemasaran, dan masih banyak lainnya.
Program studi Agrobisnis didirikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengatasi permasalahan sosial ekonomi di sektor pertanian.
Btw, selain Agrobisnis, Prodi ini juga memiliki nama lain yaitu Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian. Bahkan karena banyak berkaitan dengan ilmu ekonomi, Di Institut Pertanian Bogor, Prodi Agribisnis masuk Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Tapi kebanyakan masih di bawah Fakultas Pertanian sih ~
.
.
.
Tidak bisa dipungkiri jika ekonomi pertanian adalah ekonomi rakyat, khususnya rakyat kecil di pedesaan. Diperkirakan sekitar 100 juta jiwa atau hampir separuh dari jumlah rakyat Indonesia menggantungkan nasibnya pada sektor pertanian.
Tentu dengan meningkatkan dan mengembangkan ekonomi pertanian akan berdampak besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia.
Maka dari itu, apresiasi yang sebesar-besarnya kami berikan untuk setiap pihak yang mau mengembangkan sektor ini 💚
.
.
TapiIII, sebelum memutuskan pilihan --agar tidak salah jalan-- kenali lebih dalam lagi tentang apa itu Program Studi Agribisnis dengan membaca ulasan ini sampai tuntas.
Semangat!
#1
Dalam empat tahun terakhir, Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian tumbuh signifikan. Pada 2014, Sektor Pertanian (termasuk kehutanan dan perikanan) berkontribusi sekitar 13,14 persen terhadap ekonomi nasional dan pada 2017 naik menjadi 13,53 persen. Bahkan jika diperhitungkan dengan industri agro dan penyediaan makanan dan minuman yang berbasis bahan baku pertanian, total kontribusinya mencapai 25,84 persen.
✤ Sumber: katadata.co.id
#2
Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan hasil pertanian Indonesia pada 2018 mengalami surplus senilai $10 miliar atau setara Rp139,6 triliun. Nilai ekspor sebesar $29 miliar, sedangkan nilai impor hanya $19 miliar.
Kementan meningkatkan diplomasi dengan sejumlah negara sehingga proses perizinan ekspor secara langsung bisa lebih dipermudah. Negosiasi menjadi tahapan penting karena kepentingan negeri ini harus bisa terpenuhi
Salah satu bukti keberhasilan diplomasi adalah saat pemerintah China telah mengizinkan Indonesia untuk kembali mengekspor manggis. Sebelumnya, pemerintah China sempat mengeluarkan larangan manggis Indonesia untuk masuk negara mereka karena dianggap tidak memenuhi standar baku mutu.
✤ Sumber: pertanian.go.id
#3
Sektor Pertanian di Indonesia saat ini masih menjadi ruang untuk rakyat kecil. Kurang lebih 100 juta jiwa atau hampir separuh dari jumlah rakyat Indonesia bekerja di sektor pertanian. Untuk itu Kementerian Pertanian telah melakukan berbagai upaya untuk membina para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) agar menjadi pondasi yang kuat dalam mendukung ekonomi Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan menggelar pelatihan manajemen agrobisnis untuk pelaku usaha kecil dan menengah bekerjasama dengan Asian Productivity Organization (APO) dan Cornel University.
✤ Sumber: pertanian.go.id
Pengantar Kewirausahaan
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa mengenai peran dan pentingnya kewirausahaan, bagaimana membangun impian, pengembangan motivasi berwirausaha, karakteristik wirausaha, penemuan dan pengembangan ide berwirausaha serta pengalaman dari para praktisi bisnis.
Dasar-Dasar Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa mengenai konsep bisnis, sistem agribisnis dan keterkaitan antar subsistem, eksplorasi lingkungan bisnis, aplikasi prinsip ekonomi dalam bisnis, pengambilan keputusan di bawah risiko dan ketidakpastian serta aplikasi prinsip manajemen dalam bisnis.
Kewirausahaan
Mata kuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang perkembangan konsep-konsep kewirausahaan, peranan kreativitas, inovasi, dan berbagai kecerdasan dalam kewirausahaan, serta berbagai hal yang terkait dengan persiapan untuk menjadi wirausaha.
Hukum Dan Etika Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang aspek legal dan prinsip moral sebagai kerangka yang jelas bagi pemangku kepentingan agribisnis, agar dicapai keputusan bisnis yang baik, transaksi bisnis yang seimbang dan setara, dan terciptanya keadaban dalam praktis agribisnis. Difokuskan untuk konteks Indonesia.
Metode Kuantitatif Bisnis I
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang kegunaan, persyaratan dan prosedur berbagai metode statistika, yang umum digunakan untuk menganalisis permasalahan bisnis, yang mencakup metode statistik nonparametrik bivariate interdependency, bivariate dependency, multivariate dependency dan multivariate interdependency.
Peramalan Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang peramalan bisnis yang mencakup berbagai metode peramalan yang umum digunakan untuk menyusun perencanaan dan pengambilan keputusan bisnis, meliputi model time series (naive, average, trend, smoothing exponential, dekomposisi, arima, sarima, ARCH/GARCH), model kausal, dan metode peramalan kualitatif.
Sistem Informasi Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang permasalahan dan perkembangan serta peran sistem informasi bisnis, pengertian sistem, informasi, dan sistem informasi bisnis, struktur sistem informasi bisnis, konsep dan teknologi informasi dalam agribisnis, siklus hidup sistem dalam sistem informasi bisnis, sistem informasi personal, sistem informasi kelompok, sistem informasi perusahaan, evaluasi dan jaminan mutu sistem informasi bisnis, dan implikasi etis dari sistem informasi bisnis.
Dinamika Pasar Agribisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang dinamika pasar agribisnis yang mencakup perspektif konsumen dan ruang lingkupnya, perubahan pasar global produk agribisnis, diagnosis proses pengambilan keputusan pembelian, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian, tanggung jawab dan perlindungan terhadap konsumen serta konsep supply chain management dalam merespon perubahan pasar.
Kepemimpinan Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang definisi, ruang lingkup dan teori kepemimpinan, nilai-nilai kepemimpinan, berperilaku sebagai pemimpin bisnis, pembentuk kepemimpinan, motivasi dalam kepemimpinan, pengenalan diri, gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, nilai- nilai universal kepemimpinan bisnis, dan pemimpin bisnis yang kreatif.
Negosiasi Dan Advokasi Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang negosiasi dan advokasi bisnis sebagai proses komunikasi, peran presentasi dalam negosiasi dan advokasi bisnis, konsep negosiasi, proses negosiasi yang efektif, bagaimana menangani konflik, penyusunan kontrak bisnis, konsep advokasi, proses advokasi, evaluasi dampak advokasi, dan kasus advokasi bisnis Indonesia dan peranan media massa dalam advokasi bisnis.
Risiko Agribisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan mengenai konsep risiko dan ketidakpastian, jenis-jesnis risiko dalam bisnis, teori pengambilan keputusan dan game theory, penilaian risiko spesialisasi dan portofolio, model-model risiko dalam bisnis, risiko dalam perbankan, dan strategi pengelolaan risiko.
Ekonomi Manajerial
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa mengenai aplikasi prinsip-prinsip mikroekonomi untuk pengambilan keputusan manajerial, meliputi analisis dan peramalan permintaan, analisis produksi dan biaya, penetapan harga, struktur pasar, risiko dan ketidakpastian serta penganggaran modal.
Metode Kuantitatif Bisnis II
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa tentang metode kuantitatif deterministik untuk perencanaan, analisis, dan pengambilan keputusan bisnis menggunakan perencanaan linear dan variasinya meliputi multi tujuan, bilangan bulat, transportasi, transipmen, penugasan, model dinamik, dan model pengambilan keputusan kriteria jamak (analytic hierarchi process) dengan memanfaatkan perangkat lunak komputer.
Usaha Tani
Mata kuliah ini memberikan kemampuan pemahaman, penerapan, dan analisis kepada mahasiswa tentang ekonomi dan manajemen usaha tani yang mencakup ruang lingkup, faktor-faktor sosiobiofisik, bentuk organisasi dan corak perkembangan, faktor produksi usahatani (unsur pokok), pendapatan, efisiensi, pembukuan, dan perencanaan usahatani.
Bisnis Internasional
Mata kuliah ini di desain untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang hakikat bisnis internasional dan tiga lingkungan dimana bisnis internasional dilakukan, pentingnya organisasi-organisasi internasional serta bagaimana mereka mempengaruhi bisnis di level internasional, kekuatan-kekuatan yang tidak bisa dikendalikan yang bekerja di semua lingkungan bisnis internasional, bagaimana cara manajer berurusan dengan seluruh kekuatan yang mempengaruhi bisnis.
Studi Kelayakan Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang arti, ruang lingkup dan manfaat studi kelayakan bisnis, konsep siklus proyek/ bisnis, aspek-aspek studi kelayakan bisnis; identifikasi biaya dan manfaat bisnis, konsep nilai uang (time value of money), pembayaran kredit dengan deferred annuity, kriteria investasi; serta kelayakan suatu bisnis, analisis biaya sumberdaya domestik (DRC) dan analisis matriks kebijakan (PAM).
Pembiayaan Agribisnis
Mata kuliah ini akan menjelaskan dan menganalisis pengertian dan ruang lingkup pembiayaan agribisnis, perencanaan dan pengendalian keuangan, konsep dan kebutuhan pembiayaan perusahaan agribisnis, sumber-seumber pembiayaan agribisnis, keputusan pemilihan sumber pembiayaan serta kebijakan pembiayaan agribisnis tidak langsung (pembiayaan non market).
Koperasi Dan Kelembagaan Agribisnis
Mata kuliah ini di desain untuk memberikan pemahaman tentang: operasi dan peran pentingnya dalam pengembangan sistem agribisnis yang mensejahterakan petani; bagaimana keunggulan mekanisme koperasi, bagaimana mengelola koperasi sebagai suatu bentuk lembaga berdimensi sosial-ekonomi; dan strategi pengembangan koperasi yang sesuai dengan jati dirinya, serta peran penting wirakoperasi (co-operative entrepreneurs) dalam pengembangan koperasi agribisnis yang tangguh.
Pemasaran Produk Agribisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang sistem pemasaran produk agribisnis yang mencakup konsep, ruang lingkup, pendekatan studi dan analisis sistem pemasaran produk agribisnis berdasarkan perspektif ekonomi dan manajemen termasuk kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pemasaran produk agribisnis serta alternatif solusi meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemasaran produk agribisnis.
Metodologi Riset Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang metodologi riset meliputi prinsip dasar metode ilmiah, proses penelitian, rancangan penelitian, kajian literatur, pengumpulan dan pengukuran data, analisis data, dan etika penelitian bisnis. Mata kuliah ini disertai dengan praktikum di kelas untuk melatih mahasiswa dalam memahami laporan hasil penelitian dan mampu menyusun proposal kajian bisnis.
Praktikum Terpadu Agribisnis
Mata kuliah ini memberikan penerapan secara interdisipliner dari ilmu-ilmu produksi, pemasaran dan perencanaan, kelembagaan, kebijakan, serta komunikasi dan advokasi dalam pengembangan komoditas pertanian melalui pendekatan sistem agribisnis.
Ekonomi Agribisnis
Mata kuliah Ekonomi Agribisnis adalah paket ilmu-ilmu dasar dan terapan, metoda dan alat analisis yang akan memberikan kemampuan pemahaman, penerapan dan analisis kepada mahasiswa tentang agribisnis sebagai satuan usaha dan sistem aktivitas penciptaan nilai tambah (yaitu bisnis pengadaan input, produksi primer, pengolahan, distribusi dan pemasaran) dari komoditi hayati.
Strategi Dan Kebijakan Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pentingnya berpikir dan bertindak strategik dalam menjalankan bisnis, yang mencakup konsep dan ruang lingkup strategi dan kebijakan agribisnis, proses perumusan strategi yang diawali dengan proses identifikasi issue strategik pada lingkungan eksternal serta lingkungan internal perusahaan, berbagai bentuk pilihan strategi, analisis perumusan alternatif strategi dan proses evaluasi alternatif strategi.
Pembangunan Dan Politik Agribisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang ruang lingkup dan permasalahan pembangunan dan politik agribisnis, struktur dan peranan agribisnis, sumber-sumber pertumbuhan, teori-teori pembangunan, peranan dan kendala teknologi, peranan dan kendala kelembagaan, pasar dan alokasi sumberdaya, kegagalan pasar dan kegagalan pemerintah, kerangka analisis kebijakan...
Perencanaan Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pengertian dan ruang lingkup perencanaan bisnis, pemilihan ide perencanaan bisnis baru dan ide pengembangan/ perluasan bisnis, analisis situasi bisnis, perencanaan operasi/ produksi barang/ jasa, perencanaan pemasaran barang/ jasa, perencanaan sumberdaya manusia, perencanaan keorganisasian bisnis, perencanaan kolaborasi bisnis, perencanaan pembiayaan dan estimasi finansial dan prakiraan risiko
Sumber: Kurikulum PS Sarjana Agribisnis Institut Pertanian Bogor
Selain menjadi Pengusaha di bidang pertanian yang handal, inovatif, kompetitif dan berkelanjutan, lulusan Program Studi Agribisnis juga memiliki berbagai prospek lain seperti:
Intinya, selama masyarakat masih membutuhkan produk pertanian, Lulusan Agrobisnis akan selalu dibutuhkan. 👌
Disyacitta Nariswari
...Pada awalnya karena gw sendiri memang merasa kurang sreg dengan jurusan gw ini, maka gw mengikuti perkuliahan dengan setengah hati. Gw bersikap acuh tak acuh, apalagi jika mata kuliah sudah berkaitan dengan pertanian. Bahkan saat belajar mengenai mata kuliah sosial dan atau mata kuliah ekonomi, jika disangkutpautkan dengan pertanian, rasanya gw mau marah-marah sendiri. Karena gw ingin sekali belajar ilmu sosial dan ilmu ekonomi secara umum, tidak terspesifikasi pada bidang pertanian saja. Hal itu tentu tidak mungkin, karena jurusan gw adalah Sosial Ekonomi Pertanian sehingga semua ilmu yang gw dapatkan haruslah berkaitan dengan pertanian...
...Kebanggaan tersebut semakin lama semakin meningkatkan kepercayaan diri gw, bahwa Fakultas Pertanian bukanlah sebuah fakultas yang dapat dipandang sebelah mata. Dan hingga saat ini gw berkuliah di semester enam, sedikit demi sedikit gw telah memahami berbagai hal mengenai pertanian...
✤ Baca selengkapnya disini: dancittamenulis.blogspot.com
Lika Lulu
...Jawaban jujurnya, Agribisnis ini merupakan pilihan ketiga saya setelah Manajemen UI dan Manajemen Unpad. Terkesan pilihan sisa dan bukan minat utama saya. Pas awal perkuliahan pun saya menjalaninya setengah hati, karena mayoritas teman saya kuliah di UI dan ITB, kalaupun Unpad masuknya jurusan favorit seperti kedokteran. Maklum, mahasiswa baru, masih labil. Hehe.
...Di tahun 2013 saya memilih komoditas beras organik yang menggunakan sistem SRI sebagai objek penelitian saya dengan judul Green Supply Chain Management. Dengan membuktikannya sendiri, saya semakin yakin pertanian masa depan akan lebih baik. Saya tidak lagi menyesal, bahkan saya ingin menjadi bagian dari perubahan tersebut...
...Wah, ternyata PR kita masih banyak ya? Jadi, masih banyak peluang buat kamu, aku, dan kita semua untuk ambil bagian dan berkontribusi di sektor pertanian. Lantas pertanyannya adalah, “Apakah kamu terpanggil untuk ikut andil dalam perbaikan bangsa ini di sektor pertanian?“...
✤ Baca selengkapnya disini: seotodidak.com
Rizky Ashyanita
...Itu dulu juga sempat mengganggu pikiran saya.kalau saya sudah lulus saya mau kerja apa? Mau jadi petanikah? Percuma dong kuliah jauh, bayar mahal – mahal kalau jadi petani? Auk, deeeh -__-
Tetapi seiring dengan berjalannya waktu saya bangga dan saya bersyukur bisa masuk di jurusan dan fakultas saya sekarang. Saya bisa lebih mengenal pertanian lebih dalam, suka dukanya para petani yang gak pernah difikirkan sama orang – orang kebanyakan, mensyukuri segala apa yang dianugerahkan Tuhan, dan mempelajari hal – hal sepele tapi itu sangat mempengaruhi kehidupan manusia...Itu salah satu alasan mengapa sekarang saya bersyukur banget bisa jadi bagian dari keluarga besar mahasiswa pertanian...
...Untuk pekerjaan sendiri saya juga udah gak sebingung dulu lagi...Dapet kerja atau enggak itu sebenernya juga tergantung dari kita sendiri. Kalau kitanya rajin nyari, terus punya banyak chanel, mau berusaha, insyaallah kita dapat kok pekerjaan yang kita ingini...
✤ Baca selengkapnya disini: simatakodok.blogspot.com