Guru bukanlah satu-satunya profesi pada dunia Pendidikan.
Selain guru banyak profesi-profesi lainnya yang sama-sama memiliki tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Salah satu profesi tersebut adalah Administrator atau Manajer Pendidikan yang bertugas dalam perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan aset, infrastruktur, dan jalannya proses pendidikan.
Hal-hal yang diatur seperti manajemen guru, kurikulum, siswa, sarana dan prasana, manajemen keuangan, sampai kebijakan pendidikan serta berbagai hal yang berhubungan dengan Pendidikan.
Di Indonesia terdapat beberapa Program Studi yang menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi tersebut yaitu Prodi Administrasi Pendidikan, Prodi Manajemen Pendidikan, dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam.
Ketiganya hampir sama. Hanya saja jika Manajemen Pendidikan Islam lebih dikaji dengan mengacu pada nilai-nilai ke-Islaman yang berdasarkan Al Quran dan Hadist.
Selain itu Manajemen Pendidikan Islam juga lebih berfokus dalam pengelolaan lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti madrasah, pesantren, perguruan tinggi Islam, dan yayasan pendidikan Islami.
Bagaimana, sudah ada sedicit gambaran tentang prodi ini?
Untuk mengenal lebih jauh tentang Prodi ini, baca ulasan ini sampai tuntas.
Semangat!
Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan
Sejarah perkembangan teori manajemen dan manajemen pendidikan, berbagai konsep, asumsi dan teori manajemen pendidikan, aneka ragam proses manajemen pendidikan, substansi masalah manajemen pendidikan dalam perspektif mikro persekolahan (satuan pendidikan) maupun manajemen pendidikan dalam perspektif makro pendidikan nasional.
Dinamika Kelompok
Memberikan pemahaman mendalam tentang konsep dinamika individu dalam kelompok dan dinamika kelompok dalam organisasi pendidikan. Memberikan pengalaman dalam aneka macam peran melalui berbagai game atau simulasi dan bermain peran, yang ditindaklanjuti dengan refleksi filosofis, teoritik, dan konseptual sesuai dengan perspektif organisasional, manajerial, kepemimpinan, dan supervisi terutama dalam latar institusi pendidikan.
Kebijakan Pendidikan Dan Pembuatan Keputusan
Penguasaan terhadap proses kebijakan dan pembuatan keputusan harus dimiliki oleh seorang manajer pendidikan. Proses kebijakan yang patutdikuasai mulai dari formulasi, legitimasi, komunikasi, implementasi dan peningkatan partisipasi publik sampai dengan evaluasinya.
Kepemimpinan Pendidikan
Matakuliah ini memberikan pembekalan kepada mahasiswa tentang: (1) konsep dasar kepemimpinan: definisi, unsur-unsur, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip, konsep munculnya pemimpin dan syarat-syarat kepemimpinan; (2) tipe dan gaya kepemimpinan; (3) tugas-tugas kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan; (4) komunikasi dalam kepemimpinan pendidikan; (5) pembuatan keputusan dalam kepemimpinan pendidikan; (5) pemecahan masalah secara ilmiah berdasarkan temuan masalah organisasi; (6) manajemen konflik dalam kepemimpinan pendidikan; dan (7) ketrampilan kepemimpinan di lembaga pendidikan
Kewirausahaan Pendidikan
Mengembangkan kompetensi mahasisa dalam menyusun proposal pendirian lembaga pendidikan tertentu sesuai dengan hasil analisis kebutuhan, mengimplementasikan keputusan yang diambil berkaitan dengan pendirian lembaga pendidikan, serta melakukan negosiasi dengan pihak-pihak terkait untuk mewujudkan lembaga pendidikan agar mampu mengaplikasikan IPTEKS bidang manajemen pendidikan untuk mendirikan lembaga pendidikan dan mampu mengaplikasikan IPTEKS bidang manajemen pendidikan untuk usaha mandiri.
Komputer Aplikasi Manajemen Pendidikan
Mata kuliah ini membahas tentang aplikasi program word (lanjut), excel (lanjut), powerpoint (lanjut), access untuk database, dan pemanfaatan website dalam pengelolaan institusi pendidikan. Kemampuan pembuatan database dan pengelolaan website merupakan salah satu skill yang harus dimiliki mahasiswa untuk mengikuti mata kuliah sistem informasi manajemen.
Manajemen Hubungan Masyarakat
Matakuliah ini merupakan salah satu dari kelompok matakuliah keilmuan dan keterampilan (MKK) II yang juga merupakan salah satu substansi manajemen pendidikan. Matakuliah ini membahas tentang dasar, tujuan, prinsip, teknik hubungan masyarakat, konsep dasar pemasaran jasa pendidikan, optimalisasi peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, cara mengelola kegiatan hubungan masyarakat dan pemasaran jasa pendidikan, dan cara berhubungan dan bernegosiasi dengan orang lain berdasarkan prinsip kehumasan.
Manajemen Kelas
Matakuliah ini memberikan wawasan teori maupun praktek tentang: pengertian, pendekatan, ruang lingkup, prinsip dan komponen keterampilan, prosedur, sistem pembelajaran, interaksi belajar-mengajar, fungsi, kreasi dan invoasi pembelajar dan pebelajar dalam manajemen kelas.
Manajemen Keuangan
Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan dalam mengelola keuangan pendidikan dimulai dari penguasaan konsep/teori tentang substansi dan proses manajemen keuangan, peraturan perundangan dalam anggaran pendidikan, serta mengidentifikasi permasalahan dan menemukan solusi pemecahannya. Implikasi dari matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat analisis dalam keuangan pendidikan dan mampu menyusun Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah.
Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran
Matakuliah ini mempelajari konsep dasar kurikulum, pengembangan kurikulum dalam sistem persekolahan di Indonesia, aspek-aspek manajerial penyelenggaraan kurikulum, penyusunan curriculum guide, silabus, dan resource unit, evaluasi capaian kurikulum, yang terdiri dari: aspek yang dinilai, kriteria, dan tata cara penentuan keberhasilan, laporan keberhasilan program pembelajaran
Manajemen Layanan Khusus
Matakuliah ini mengkaji secara teoritis dan praktis bidang manajemen layanan khusus pada lembaga pendidikan, yang meliputi: pengertian, tujuan, prinsip-prinsip, dan ruang lingkup manajemen layanan khusus. Ruang lingkup manajemen layanan khusus di lembaga pendidikan terdiri atas manajemen layanan bimbingan konseling, manajemen layanan kesehatan sekolah (UKS), manajemen kafetaria sekolah, manajemen koperasi sekolah, manajemen asrama sekolah, manajemen perpustakaan sekolah, dan manajemen transportasi sekolah
Manajemen Mutu Terpadu
Matakuliah ini mengkaji secara teoritis dan praktis bidang manajemen dari aspek sejarah gerakan kualitas, konsep dan prinsip MMT, aplikasi konsep MMT untuk kemajuan pendidikan, beberapa pendekatan dan model MMT untuk bidang pendidikan, kepemimpinan dan tim kerja serta alat dan teknik MMT, perencanaan dan pengembangan strategis untuk peningkatan mutu pendidikan, permasalahan dalam sistem pendidikan dari segi MMT, dan kasus-kasus penerapan MMT pada bidang pendidikan dan nonpendidikan.
Manajemen Perkantoran
Matakuliah ini memiliki nuansa Life skill yang dalam proses perkuliahan mengutamakan praktik berbasis masalah. Mahasiswa dihadapkan pada masalah-masalah yang mengarah pada realisasi pekerjaan perkantoran. Materi perkuliahan ini meliputi: konsep dasar manajemen perkantoran, menganalisis pekerjaan perkantoran, etika perkantoran, tata persuratan, pengarsipan, komunikasi kantor, tata ruang kantor, dan permasalahan manajemen kantor pendidikan.
Manajemen Perpustakaan
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar perpustakaan dan konsep dasar manajemen perpustakaan, perencanaan perpustakaan (terutama sarana dan bahan pustaka), penyelenggaraan perpustakaan (terutama pengolahan bahan pustaka), pengawasan perpustakaan, penilaian perpustakaan, dan strategi pengembangan perpustakaan.
Manajemen Perubahan
Matakuliah ini berisi tentang perubahan global, perubahan organisasional (organisasi & lingkungannya, perubahan di bidang pendidikan, dan makna perubahan. Dibicarakan juga konsep perubahan, manajemen perubahan, kepemimpinan perubahan, faktor penentu manajemen perubahan, efek perubahan, dan studi manajemen perubahan.
Manajemen Peserta Didik
Sebagai bagian dari substansi manajemen pendidikan, manajemen peserta didik harus dikuasai oleh seorang manajer dan atau pemimpin pendidikan. Proses manajemen peserta didik, yang dimulai dari rekrutmen, seleksi, penempatan, pengelompokan, pendisiplinan, penilaian dan bahkan pelulusan, patut dikuasai oleh sarjana adminisrasi/manajemen pendidikan. Berbagai latihan terkait dengan wawasan wiyata mandala, pengaturan organisasi siswa intra sekolah, kegiatan ekstra kurikuler dan integrasi karakter haruslah menjadi pengalaman belajar calon manajer pendidikan
Manajemen Sarana Dan Prasarana
Penguasaan manajemen sarana dan prasarana sangat penting bagi manajer pendidikan. Mata kuliah ini bisa menjadi support penguasaan aspek substantif manajemen yang lain, karena hampir semua substansi membutuhkan sarana dan prasarana. Dalam mengikuti matakuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat menguasai teori dan konsep manajemen sarana dan prasarana, mampu mengelola sarana dan prasarana pendidikan yang efektif serta terampil dalam mengorganisir dan memecahkan permasalahan dalam manajemen sarana dan prasana.
Manajemen Satuan Pendidikan
Matakuliah ini berisi tentang tinjauan historis: ilmu manajemen pendidikan, konsep dasar manajemen pendidikan ruang lingkup manajemen pendidikan fungsi-fungsi manajemen pendidikan pada pendidikan dasar, yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pemantauan, penilaian, dan pengawasan.
Manajemen Sumber Daya Manusia
Matakuliah ini mengkaji bidang manajemen sumber daya manusia (SDM) bidang pendidikan, baik secara teoritis dan maupun praktis, yang meliputi: perkembangan manajemen SDM, pengertian SDM dan manajemen SDM, serta proses manajemen pada SDM.
Pengawasan Pendidikan
Matakuliah ini memberikan wawasan teori maupun praktek di lapangan kepada mahasiswa tentang pengertian, proses, konsep, sistem, informasi, tipe-tipe, efektivitas, monitoring dan evaluasi tentang pengawasan dalam pendidikan.
Pengembangan Sistem Manajemen Pendidikan
Mata kuliah ini membahas dan mendiskusikan konsep, prinsip-prinsip, dan aplikasi pengembangn sistem manajemen pendidikan. Pengembangan visi misi organisasi, budaya organisasi, pelaksanaan pengukuran kinerja, manajemen perubahan, dan pengembangan staf.
Pengorganisasian Pendidikan
Teori organisasi pada umumnya, organisasi pendidikan di Indonesia ditinjau dari teori organisasi, organisasi berdasarkan model mesin, model homeostasis sosial, dan model humanistik, organisasi sebagai sistem dengan contoh organisasi pendidikan di sekolah, teknik komunikasi dalam organisasi, tinjauan sosiologi organisasi yang mencakup interaksi sosial dalam organisasi, keefektifan organisasi, budaya dan iklim organisasi, teknik mengelola konflik dalam organisasi, struktur organisasi pendidikan di Indonesia dan aplikasinya dalam satu sistem penyelenggaraan di Indonesia.
Perencanaan Pendidikan
Perencanaan memiliki peran strategis dalam organisasi, kegiatan perencanaan dimaksudkan untuk mengatur berbagai sumber daya agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan. Proses perencanaan dimulai dari perumusan tujuan yang ingin dicapai, pemilihan program untuk mencapai tujuan dan identifikasi serta pengembangan sumber yang jumlahnya selalu terbatas.
Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Manajemen Pendidikan
PPL Manajemen Pendidikan adalah salah satu mata kuliah yang merupakan kegiatan intra kurikuler PPL non keguruan yang dilaksanakan di dalam dan di luar kampus agar para mahasiswa memperoleh pengalaman praktis sesuai dengan latar belakang disiplin ilmu yang dimilikinya di bawah bimbingan Dosen Pembimbing dan Pamong di lapangan.
Sistem Informasi Manajemen
Latar-belakang, konsep, tujuan, dan prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen (SIM), model-model penyajian informasi dalam manajemen pendidikan, pengorganisasian, pengolahan data untuk informasi untuk kepentingan manajerial dan pembuatan keputusan, sistem informasi komponen dan proses dalam SIM, proses otomasi dalam SIM, kontrol sistem informasi dalam- manajemen pendidikan, sistem pengendalian dan pengamanan data baik tradisional maupun otomasi melalui komputer, masalah dan pemecahan dalam penerapan sistem informasi manajemen.
Supervisi Pendidikan
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar supervisi pendidikan; aspek-aspek pengembangan pendidik dan tenaga kependidikanpendekatan supervisi pendidikan; teknik supervisi pendidikan; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan supervisi pendidikan; permasalahan supervisi pendidikan dan alternatif pemecahannya. Perkuliahan dilakukan secara tatap muka, praktek mikro di kelas dilanjutkan dengan pembahasannya.
Supervisi Pengajaran,
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar supervisi pengajaran; keterampilan dasar mengajar, pendekatan konstruktifistik dalam pembelajaran, pendekatan supervisi pengajaran; permasalahan pembelajaran dan proses pelaksanaan supervisi pengajaran; evaluasi pelaksanaan supervisi pengajaran. Perkuliahan dilakukan secara tatap muka, simulasi pelaksanaan supervisi pengajaran di kelas dilanjutkan dengan pembahasannya.
Ekonomi Pendidikan
Mata kuliah Ekonomi Pendidikan mengkaji hakikat, prinsip-prinsip, dan aspek-aspek ekonomi pendidikan. Pendidikan sebagai investasi pembangunan: nilai-nilai strategis pendidikan dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi, pasar kerja lulusan, pengaruh faktor-faktor sosial ekonomi keluarga, organisasional, dan industri terhadap program investasi pendidikan. Kecenderungan pemerintah dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan pendidikan: sumber-sumber anggaran pendidikan di negara-negara berkembang dan akuntabilitas pengelolaan anggaran
Evaluasi Program Pendidikan
Matakuliah ini memberikan pembekalan kepada mahasiswa tentang konsep dasar evaluasi program pendidikan, kedudukan evaluasi program pendidikan, validitas dan reliabilitas alat evaluasi, pelaksanaan evaluasi program pendidikan, pengolahan hasil evaluasi, dan menafsirkan hasil evaluasi program pendidikan, permasalahan pelaksanaan evaluasi program pendidikan dan altematif pemecahannya.
Metodologi Penelitian Kualitatif
Matakuliah ini termasuk kelompok matakuliah Penguasaan Pengetahuan (PP) dan matakuliah Kemampuan Manajerial (KM) berupa penguasaan konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan praktik bagian khusus dalam bidang pengetahuan manajemen pendidikan secara mendalam, terutama memformulasikan penyelesaian masalah procedural untuk mencapai kompetensi utama. Materi kuliah memuat cara melakukan penelitian berdasarkan kaidah ilmiah tingkat tinggi menurut paradigma naturalistik.
Metodologi Penelitian Kuantitatif
Matakuliah ini termasuk kelompok matakuliah Penguasaan Pengetahuan (PP) dan matakuliah Kemampuan Manajerial (KM) berupa penguasaan konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan praktik bagian khusus dalam bidang pengetahuan manajemen pendidikan secara mendalam, terutama memformulasikan penyelesaian masalah procedural untuk mencapai kompetensi utama.
Sistem Belajar Mengajar
Konsep dasar landasan psikologi dalam pembelajaran, pembelajaran sebagai suatu sistem, dan keterampilan dasar mengajar, komponen-komponen pembelajaran, latihan mengelola proses belajar-mengajar.
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Konsep dasar, prinsip, dan prosedur penulisan karya ilmiah. berbagai ciri, jenis, kode etik, dan format karya ilmiah (makalah, artikel, dan skripsi). Bahasa Indonesia dan tanda baca dalam penulisan karya ilmiah. teknik penulisan ilmiah (perujukan, kutipan, daftar rujukan, gambar, dan tabel). Sumber rujukan dalam penulisan karya ilmiah. Pendekatan pemilihan topik, dan pengembangannya ke dalam outline dan paragraf suatu karya ilmiah. Berbagai contoh karya ilmiah.
Kuliah Kerja Lapangan
Pelaksanaan perkulaiahan pada matakulaiah ini dengan melakukan serangkaian kunjungan lapangan (melalui kegiatan observasi, wawancara, dan/atau dokumentasi) guna memperdalam wawasan dan pengalaman langsung mahasiswa terkait implementasi manajemen pendidikan pada lembaga-lembaga pendidikan baik lembaga pendidikan formal, informal, maupun nonformal. Hasil akhir kegiatan perkuliahan ini yaitu diharapkan mahasiswa mendapat wawasan dan pengalaman langsung implementasi manajemen pendidikan serta dapat menganalisisnya dalam bentuk laporan hasil kunjungan lapangan.
Kuliah Kerja Nyata,
Pelaksanaan perkulaiahan pada matakulaiah ini dikoordinasikan dengan LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Universitas Negeri Malang.
Akuntabilitas Sekolah
Bahwa untuk menghasilkan laporan pertanggungjawaban sekolah yang sesuai dengan sistem yang berlaku, tepat waktu, dan mendapatkan opini yang baik, setiap jenjang dan uniti lingkungan pendidikan perlu melakukan pencatatan dan pelaporan sesuai dengan sistem yang berlaku dalam instansi dan peraturan perundang-undangan. Hasil dari itu yaitu akuntabilitas sekolah yang baik sehingga dapat dipercaya stakeholders.
Audit Manajemen Pendidikan
Bahwa untuk menghasilkan laporan pertanggungjawaban sekolah yang sesuai dengan sistem yang berlaku, tepat waktu, dan mendapatkan opini yang baik, setiap jenjang dan uniti lingkungan pendidikan perlu melakukan pencatatan dan pelaporan sesuai dengan sistem yang berlaku dalam instansi dan peraturan perundang-undangan. Hasil dari itu yaitu akuntabilitas sekolah yang baik sehingga dapat dipercaya stakeholders.
Bahasa Asing
Materi kulaih berupa dasar-dasar bahasa Mandarin dan Arab, pemahaman, berbicara, menderngarkan, dan menulis dalam konteks manajemen pendidikan.
Hukum Dan Etika Pendidikan
Materi kulih mempelajari, menganalisa, menelaah dan membandingkan peraturan perundangudangan sesuai dengan obyeknya dengan produk hukum bidang pendidikan yang telah diterbitkan. Selain itu juga di pelajar mengenai dasar-dasar etika yang akan memberikan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulan manusia di dalam kelompok pendidikan.
Manajemen Proyek
Matakuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar manajemen proyek: latar belakang, pengertian, karakteristik manajemen proyek (MP), perbedaan konsep manajemen proyek dengan manajemen umum, parameter manajemen proyek. Tahap-tahap pokok MP: perencanaan proyek (aplikasi microsoft project dalam PERT/CPM, scheduling, budgeting), pelaksanaan, dan evaluasi proyek.
✤ Sumber: Administrai Pendidikan Universitas Negeri Malang
✤ Sumber: Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang
lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat menempati pos-pos kerja berikut:
✤ Sumber: Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang
Program Studi Sarjana Administrasi Pendidikan Akreditasi A
Program Studi Sarjana Administrasi Pendidikan Akreditasi B
Program Studi Sarjana Manajemen Pendidikan Akreditasi A
Program Studi Sarjana Manajemen Pendidikan Akreditasi B
Program Studi Sarjana Manajemen Pendidikan Akreditasi C
Prodi Manajemen Pendidikan Islam dibuka oleh hampir semua perguruan tinggi islam 💚
✤ Sumber: banpt.or.id diakses 21 April 2021